Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Senin, 21 Desember 2020, 16:00 WIB

Jangan Salah, Ini Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Jangan Salah, Ini Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat memelihara kucing - healthline

Memelihara hewan tidaklah merepotkan, malah justru membawa manfaat bagi kesehatan tubuh, Berikut ini adalah 7 manfaat pelihara kucing bagi kesehatan manusia

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia. Tingkah lakunya yang sangat menggemaskan kerap membuat kita terhibur.

Dari bentuk fisik kucing yang mungil dan bulunya yang membuat kita gemas, seakan-akan kita ingin sekali memeluknya.

Namun beberapa orang beranggapan bahwa memelihara kucing tidak bagus untuk kesehatan tubuh manusia terutama untuk perempuan.

Kucing dianggap mampu menyebarkan virus yang membuat kebanyakan wanita mengalami kemandulan bahkan sampai kematian di dalam janin. Hal-hal ini yang menjadi keraguan banyak orang untuk memelihara kucing di dalam rumah.

Padahal, kenyataannya banyak manfaat memelihara kucing yang bisa kita rasakan. Tidak hanya memuaskan hobi saja, namun untuk kesehatan tubuh dan mental, memelihara kucing bisa menjadi alternatifnya.

Nah, kira-kira apa saja manfaat pelihara kucing di rumah? Yuk ikutin terus informasi dari PetPi berikut ini.

Manfaat Memelihara Kucing Bagi Manusia

Manfaat Kucing Untuk Dipelihara
Manfaat kucing untuk dipelihara - indianaexpress

Beberapa penelitian mengatakan bahwa siapapun orang yang menonton video kucing di internet saja akan meningkatkan energi seseorang dan menciptakan mood yang positif.

Jadi tidak heran jika memelihara kucing saja kita bisa mendapatkan banyak manfaatnya. Berikut manfaat pelihara kucing di rumah.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Bisa Menghilangkan Stres

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa kucing bisa menjadi alat penenang dikala kita mendapatkan banyak tekanan.

Menurut penelitian, jika kamu menghabiskan waktu sekitar 15 - 30 menit per hari untuk bermain bersama kucing, kamu mungkin akan mendapatkan mood yang bagus.

Ketika kita bermain dengan kucing, maka kadar serotonin di dalam tubuh yang berfungsi untuk menciptakan perasaan yang rileks akan meningkat.

Sementara itu kadar kortisol di dalam tubuh yang berfungsi menciptakan suasana yang stres akan segera menurun. Itulah mengapa setiap kita bermain dengan kucing, maka mood dan energi kita akan bertambah.

Bisa Memulihkan Trauma

Banyak penelitian yang sudah meneliti tentang manfaat kucing bagi kesehatan tubuh. Kita juga sudah menemukan banyaknya manfaat yang didapat dari memelihara kucing. Bahkan menurut penelitian lain, kucing bisa saja mempercepat pemulihan trauma seseorang

Penelitian mengatakan bahwa, pasien yang sedang dalam masa pemulihan karena PSTD melaporkan bahwa dirinya menjadi sedikit lebih baik berkat kehadiran kucing yang berada disampingnya.

Berbeda dengan orang-orang yang mempunyai penyakit trauma yang sama, ketika tidak didampingi kucing maka kemunduran fisik dan mental justru malah meningkat.

Bisa Memiliki Jantung yang Sehat

Memelihara hewan peliharaan apapun sebenarnya akan bermanfaat baik untuk kesehatan jantung kita. Khususnya kucing, hewan ini bisa menurunkan stres seseorang dan menurunkan tingkat kecemasan dalam hidup seseorang.

Membelai kucing memiliki efek yang positif bagi kita. Studi menyebutkan bahwa selama 10 tahun memelihara kucing, sang pemilik memiliki persentase 30 persen lebih kecil kemungkinan meninggal karena serangan jantung atau stroke daripada pemilik hewan peliharaan lainnya.

Hal itu membuktikan bahwa manfaat memelihara kucing juga bagus untuk jantung manusia.

Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat pelihara kucing selanjutnya bisa membantu kita tidur lebih nyenyak.

Lagi-lagi beberapa penelitian dan jajak pendapat di eropa sana menemukan bahwa wanita yang memelihara kucing melaporkan bahwa mereka bisa tidur lebih nyenyak dengan kucingnya.

Hal ini dikuatkan juga dengan penelitian dari Pusat Klinik Obat Tidur yang menunjukkan 41 persen orang dalam penelitian itu mengindikasikan bahwa mereka tidur lebih nyenyak karena adanya hewan peliharaan di sampingnya, sementara itu hanya ada 20 persen yang merasa terganggu kehadiran hewan peliharaan.

Kucing Bisa Menyelamatkan Manusia

Kita memang selalu beranggapan bahwa kucing adalah hewan peliharaan yang menganggap dirinya adalah raja dan tidak akan peduli dengan pemiliknya. Namun ternyata kucing juga telah menyelamatkan banyak nyawa selama bertahun-tahun lamanya.

Seekor kucing di Inggris memperingatkan sang pemilik ketika dia akan mengalami serangan epilepsi, sementara itu ada cerita lainnya bahwa kucing di Montana membangunkan dua manusia saat kebocoran pipa gas.

Petugas pemadam kebakaran memberi tahu pasangan tersebut bahwa rumah ini bisa saja dengan mudah meledak jika bukan karena intervensi dari si kucing.

Bisa Membantu Menjaga Lingkungan sekitar

Saat kamu memiliki kucing di dalam atau di luar rumah kalian, tandanya kamu akan selalu berada di dalam lingkungan yang bersih.

Mengapa demikian? Karena kebersihan rumahmu akan selalu terjaga karena kebiasaan kucing yang bersih dengan selalu membuang air pada tempat yang telah disediakan.

Selain itu, manfaat kucing bagi lingkungan adalah bisa membantu menjaga lingkungan sekitar agar terhindar dari serangan tikus dan serangga. Jenis kucing apapun akan selalu waspada ketika ada serangga atau hama yang datang ke dalam rumah dengan sengaja.

Bisa Membantu Tubuh Menjadi Tetap Bugar

Memiliki hewan peliharaan apapun sebenarnya bagus untuk membuat tubuh kita tetap bugar. Meskipun banyak hewan yang lebih aktif dari kucing, misalnya anjing yang bisa menjadi teman olahraga yang baik, namun kucing juga merupakan sahabat yang bisa membantu kita agar badan tetap bugar.

Pemilik kucing manapun akan mengatakan saat kucing bermain, ia akan cepat bosan dengan permainan kita. Sayangnya asumsi itu salah, kucing yang merasa bosan berarti membutuhkan stimulasi atau permainan baru yang mungkin bisa kamu ciptakan.

Kamu bisa memberikan sedikit variasi mainan seperti memainkan cahaya laser atau bermain dengan sedikit kemoceng yang diberikan makanan, agar kucing juga senantiasa ikut bergerak apalagi dengan tubuhmu.

Cara Bersenang-Senang dengan Kucingmu

Manfaat Memelihara Kucing
cara bersenang-senang dengan kucing kesayangan - omlet

Salah satu manfaat terbesar memiliki kucing peliharaan adalah kamu tidak memerlukan banyak ruang untuk bermain bersamanya. Tidak seperti hewan besar lainnya yang membutuhkan banyak ruang untuk bermain dan berlari-larian. Kamu hanya membutuhkan ruang tamu dengan ide-ide kreativitas untuk mengajaknya beraktivitas dengan seru.

  • Bermain petak umpet. Permainan ini memang sangat favorit dari kecil. Hingga saat ini, bahkan masih seru untuk memainkannya bersama-sama. Nah, kali ini kamu bisa mengajak kucing kesayangan bermain dengan cara menyembunyikan mainan atau benda yang membuatnya tertarik.
  • Balon tiup, salah satu kesenangan dalam memiliki kucing karena minat mereka yang selalu antusias dengan hal-hal yang biasa. Meniup gelembung-gelembung udara yang membuat kucing terpesona dengan ini lalu bisa membangkitkannya dari istirahat yang panjang.
  • Bermain harta karun, Kucing pada umumnya menyukai dengan kegembiraan dan tantangan yang membuat pikiran mereka tetap tajam. Tempatkan lah beberapa kudapan di tempat yang mungkin agak sulit dijangkau olehnya. Lalu ajaklah dia untuk menemukan sebongkah cemilan yang sudah kamu kasih ditempat yang tersembunyi.
  • Menggunakan aplikasi, para developer aplikasi telah meluncurkan berbagai macam aplikasi iphone dan tentunya Android. Banyak dari aplikasi-aplikasi ini yang menawarkan permainan untuk menghibur kucingmu.

Nah, ternyata masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan tanpa harus susah untuk mengajaknya jalan keluar rumah. Hal ini karena memang sifat kucing yang tidak terlalu aktif seperti anjing saat bermain.

Itulah beberapa informasi tentang banyak manfaat memelihara kucing bagi manusia. Bagi kamu yang baru ingin memulai merawat kucing, kamu bisa mempertimbangkan ini sebagai keuntungan dalam memeliharanya.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri setelah bermain dengan kucing peliharaanmu ya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Senin, 19 Oktober 2020, 19:30 WIB
Update pada: Senin, 21 Desember 2020, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pethelpful.com/cats/Pros-and-Cons-of-Owning-a-Cat
  • https://www.liputan6.com/global/read/4068764/6-manfaat-ilmiah-memelihara-kucing-nomor-4-paling-romantis
  • https://www.victorpest.com/articles/unexpected-benefits-of-having-a-cat
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar