Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Sabtu, 20 Februari 2021, 19:30 WIB

Ternyata Ini Alasan Kenapa Kucing Suka Mengejar Sinar Laser

Ternyata Ini Alasan Kenapa Kucing Suka Mengejar Sinar Laser

kenapa kucing main laser - kate zen world

Pernah lihat kucing yang mengejar sinar laser? Hal ini tidak ada yang aneh, namun kamu harus tau alasan kenapa kucing suka mengejar sinar laser berikut ini

Setiap pemilik kucing kebanyakan pernah bermain dengan cahaya. Salah satu cahaya yang sering dimainkan biasanya cahaya laser. Laser pointer yang biasa kita pakai untuk presentasi, terkadang malah dijadikan alat permainan untuk si kucing.

Meski laser ini tidak beraroma dan sangat kecil, namun kucing sangat antusias untuk bermain dengan laser ini. Anehnya lagi, kucing tetap akan terlihat antusias walaupun dia tau bahwa dia tidak bisa menangkap laser tersebut.

Menariknya lagi, ternyata banyak sekali yang memperdebatkan kenapa kucing suka mengejar laser. Banyak berpendapat juga bahwa hal ini tidak baik untuk kesehatan kucing. Lantas jika memang tidak baik, mengapa kucing sering sekali mengejar sinar laser yang dimainkan?

Penasaran jawabannya, yuk cek artikel di bawah ini.

Penglihatan Kucing Saat Melihat Laser

Kucing Main Laser
kucing main laser - catster

Secara ilmiahnya, penglihatan manusia dan kucing berbeda. Ini bisa terlihat dari sel retinal yang dihasilkan dari retina yang mengubah energi cahaya dan dikirim ke otak menjadi sebuah gambar.

Sel retinal yang ditemukan ada dua jenis, ada yang berbentuk batang dan ada yang berbentuk kerucut.

Secara umum, jika banyak sel yang berbentuk kerucut berarti ia lebih mampu melihat warna dan lebih bisa fokus terhadap suatu objek.

Sedangkan sel yang berbentuk batang lebih berfungsi untuk melihat dalam kondisi cahaya yang sedikit serta lebih bisa mendeteksi serangan.

Kucing ternyata memiliki sel berbentuk batang yang lebih banyak dari manusia.

Itu artinya kucing sangat lihai untuk menangkap gerakan walaupun dalam kondisi yang gelap. Kelemahannya adalah, ia tidak mampu membaca objek secara detail atau warna dengan baik.

Faktanya, kucing memang dirangsang seperti itu. Ia bisa memaksimalkan matanya untuk menangkap mangsa yang bergerak cepat walaupun itu pada malam hari.

Artinya, walaupun kucing melihat objek secara detail sangat buruk, namun dia sangat baik untuk melihat gerakan yang terjadi saat cahaya laser dimainkan.

Walaupun kamu memainkan cahaya laser pada kegelapan ya. Karena ia mempunyai sel batang yang bisa melihat gerakan cepat dengan sangat baik.

Jadi pendeknya, dia mampu menangkap gerakan-gerakan yang bersumber dari cahaya laser tadi Sobat Pintar.

Dengan modal gerakan saja kucing dapat menerkam lawannya ya, apalagi jika kucing bisa melihat dengan jelas.

Perdebatan Tentang Kucing dan Laser

Alasan Kenapa Kucing Suka Laser
Perdebatan tentang laser - morin ville vet

Mungkin banyak orang yang memperdebatkan tentang hal ini, apakah boleh memainkan kucing dengan laser pointer? Namun sebenarnya hal ini sudah berlangsung cukup lama.

Masalah utama yang diperdebatkan dari sinar laser ini adalah ketika kucing mengejar laser namun itu adalah sebuah ejekan baginya.

Ingat, kucing kamu sedang mengintai warna gerakan laser dan ingin menerkamnya karena memang otaknya mempunyai insting seperti itu. Jadi kucing akan mengeluarkan instingnya untuk memangsa buruannya karena ada sinar laser yang bergerak.

Jika dilihat kucing tidak melakukan ini dengan jelas sebagai bentuk permainan, terkadang mimik wajahnya melihat keseriusan untuk menangkap laser ini.

Laser sendiri adalah target yang tidak bisa didapatkan oleh kucing. Kucing kamu tidak akan bisa menangkap lalu memakannya dan tidak akan bisa menyelesaikan insting predatornya pada saat itu.

Beberapa kucing menyadari bahwa sinar laser adalah sebuah tipuan, namun ada juga kucing yang merasa frustasi dan stres karena tidak bisa mendapatkan sinar laser.

Oleh karena itu, lebih baik saat kamu memainkan laser yang digerakkan di depan kucingmu, kamu juga harus mempersiapkan sedikit makanan atau camilan yang bisa kamu berikan setelah selesai bermain.

Hal ini justru akan menstimulasi dirinya bahwa ada sesuatu yang harus dimangsa setelah itu kucing akan mendapatkannya.

Nah begitulah kesimpulan tentang perdebatan kenapa kucing suka mengejar laser berikut. Ternyata alasannya sangat ilmiah, bahwa kucing menganggap laser adalah sebuah mangsanya.

Hal ini boleh dilakukan asal kamu juga mempersiapkan makanan untuk diberikan kepadanya. Semoga setelah membaca ini tidak ada yang memperdebatkannya lagi ya, semoga bermanfaat!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Terbit: Sabtu, 26 September 2020, 19:30 WIB
Update pada: Sabtu, 20 Februari 2021, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/03/200300465/mengapa-kucing-bersemangat-mengejar-sinar-laser-?page=all
  • https://www.petmd.com/news/view/why-are-cats-obsessed-laser-pointers-35474
  • https://www.thesprucepets.com/reasons-why-cats-chase-lasers-4690886
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar