Hari ini: Kamis, 08 Desember 2022
Rabu, 05 Januari 2022, 10:00 WIB

5 Alasan Kenapa Kucing Suka Mencakar Sofa dan Cara Mengatasinya

5 Alasan Kenapa Kucing Suka Mencakar Sofa dan Cara Mengatasinya

kucing suka mencakar sofa - nutrisourcepetfoods

Furniture di rumah rusak di cakar kucing? Yuk cari tahu penyebab dan cara mencegah kucing yang suka mencakar sofa dan barang-barang lainnya di rumah.

Sobat Pintar, untuk kamu yang memiliki kucing peliharaan di rumah, pastinya bertanya-tanya kenapa kucing suka mencakar sofa, bukan?

Kucing memang senang sekali mencakar sofa atau kursi yang ada di rumahmu. Namun, apa kamu tahu? Kegiatan mencakar sebenarnya merupakan salah satu pertanda baik untuk kucing kamu, lho. 

Walaupun demikian, kamu pastinya tidak ingin jika semua perabotan menjadi berlubang, lecet dan bahkan sampai rusak sebab dicakar oleh kucing.

Untuk itu, mari kita cari tahu bersama-sama apa saja alasan dan cara mengatasi kucing yang senang mencakar sofa atau kursi berikut ini. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa Alasan Kucing Suka Mencakar Sofa?

Alasan Kenapa Kucing Cakar Sofa
alasan kenapa kucing cakar sofa - shopify

Bukan hanya sifat alami, ternyata aktivitas mencakar merupakan hal yang dibutuhkan oleh kucing, lho. Mungkin kucing tidak selalu mencakar di tempat yang sama dan tentu saja kamu tidak ingin kucingmu mencakar kursi atau sofa di rumahmu. 

Untuk kamu yang memelihara kucing, melihat kebiasaan kucing yang sering mencakar sofa ini pastinya menjengkelkan bukan? Bagaimana tidak, kebiasaan ini bisa menyebabkan kerusakan. Nah, di bawah ini akan dijelaskan penyebab dan alasannya. Simak baik-baik ya! 

1. Mencakar Melepaskan Stresnya

Aktivitas mencakar untuk kucing ternyata bisa membantu ia untuk meregangkan otot nya dan juga melepaskan stres atau menghilangkan ketegangan di tubuhnya.

Ketika menggaruk, tubuh kucing akan melepaskan hormon sehingga akan membuatnya merasa lebih baik. 

Selain itu, mencakar juga membantu nya melepaskan lapisan terluar dari cakarnya. Kegiatan tersebut merupakan cara kucing untuk menjaga supaya cakarnya tetap sehat. 

2. Cara Berkomunikasi

Kucing mencakar sofa menjadi bentuk komunikasinya pada manusia atau ke kucing lainnya. Dengan mencakar, ia meninggalkan bekas caraan pada sofa atau di tempat lainnya. 

Biasanya tempat yang dicakar oleh kucing ini di area yang bisa dilihat, sebab kucing mau memperlihatkan jika ini merupakan tempat ia tinggal dan sudah menjadi wilayah kekuasaanya.

Ini merupakan hal alami bawaan dari leluhurnya, yang jika di alam mencakar pohon. 

3. Tanda Wilayahnya

Selain untuk menandakan wilayah dengan tanda cakarannya, kucing pun akan meninggalkan aroma melalui cakarannya.

Hal tersebut dikarenakan area telapak kaki kucing mempunyai kelenjar yang bisa mengeluarkan aroma untuk digunakannya saat ini menandakan daerah kekuasaannya. 

Oleh karena itu, ketika kucing sedang mencakar, ia juga akan meninggalkan aroma di tempat tersebut.

Zat yang ditinggalkan olehnya bernama feromon dan tidak bisa tercium dengan indra penciuman yang dimiliki manusia. Tetapi, kucing dan hewan lainnya dapat mencium aroma itu dengan jelas. 

4. Menajamkan Cakarnya

Alasan selanjutnya mengapa kucing suka mencakar yakni terdapat lapisan yang mati pada bagian cakarnya. Lapisan luar ini biasa disebut sebagai sarung kukunya.

Mencakar juga bisa membuat kukunya menjadi tajam sehingga dapat digunakan olehnya sebagai pertahanan diri dari bahaya yang mengancam di lingkungan sekitar.

5. Mencari Perhatian

Terakhir alasan kenapa kucing suka mencakar sofa adalah mencari perhatian pada pemiliknya.

Biasanya mereka akan menggaruk perabotan yang ada di dekatnya agar pemiliknya tersebut menyadari akan keberadaan dirinya sehingga mengajaknya bermain.

Nah jika kamu melihat tingkah laku yang seperti itu, bisa jadi kamu jarang bermain dengannya, lho.

Bagaimana Cara Mengatasi agar Kucing Tidak Mencakar Sofa?

Cara Mengatasi Kucing Suka Cakar Sofa
cara mengatasi kucing suka cakar sofa - ctf

Setelah kamu mengetahui alasan-alasan kenapa kucing suka mencakar sofa, selanjutnya kita akan membahas cara mengatasi agar kucing tidak lagi mencakar sofa. 

1. Buat Kucing Tidak Menyukai Sofa

Apakah kamu tahu jika ada aroma yang tidak disenangi oleh kucing

Kucing tidak menyukai aroma wangi yang sangat menyengat sebab ia memiliki indra penciuman yang cukup tajam. Oleh sebab itu, kucing tidak menyukai wangi parfum, kulit buah jeruk, mentol dan pengharum ruangan. 

Nah, kamu dapat menyemprotkan pengharum ruangan atau aroma lainnya pada sudut kursi atau sida yang tidak boleh dicakar oleh kucing.

Namun, tetap jangan menyemprotkannya secara berlebihan, karena indra penciumannya berbeda dengan manusia sehingga ia mungkin bisa terganggu oleh aroma tersebut. 

2. Sediakan Tempat untuk Mencakar

Apabila kamu menjadikan sofa sebagai tempat yang tidak disenangi oleh kucing, maka sebagai gantinya kamu harus menyediakan tempat untuk menggaruk untuk kucing mu. Kamu dapat menyediakan karpet garuk atau tiang garuk yang khusus untuk kucing mu di rumah. 

Kamu juga bisa membuatnya sendiri, lho. Kamu hanya membutuhkan kayu, kardus yang kokoh dan juga tali tambang untuk melilitkannya.

Kamu dapat membuat tempat menggaruk yang disukai oleh kucing mu. Apabila ia senang menggaruk ke atas maka buatlah secara tegak dan bila ia senang menggaruk di karpet maka buat tempat tersebut di lantai. 

3. Letakan Tempat Mencakar di Tempat yang Tepat

Setelah menyediakan tempat mencakar untuknya, penempatan karpet atau tiang garuk untuk kucing juga penting untuk kamu perhatikan.

Jangan meletakkannya di tempat yang malah menjauhi sofa, tetapi kamu dapat meletakkannya pada tempat biasa dimana kucing senang menggaruk dan pada area bermainnya di dalam rumah. Dengan peletakan yang tepat, kucing tetap bahagia dan perabotan kamu juga aman dari garukannya. 

4. Ajarkan Kucing

Apabila kamu sudah menyediakan tempat alternatif untuk menggaruk, namun kucing mu tetap saja menggaruk di sofa, maka kamu harus bisa melatihnya agar ia mengerti. Caranya dengan memberikan pancingan pada karpet atau tiang khusus menggaruk. 

Contohnya, kamu dapat memberikan sedikit tanaman catnip bila ia menyukainya, benda atau camilan kesukaan di tempat yang sudah disediakan tersebut.

Jangan lupa, dalam hal ini kamu harus melatihnya secara konsisten sampai kucing mu mengerti jika ia harus menggaruk pada tempat yang sudah kamu sediakan. 

5. Sering Ajak Kucing Bermain

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu sering mengajak kucingmu bermain. Karena alasan dari kucing suka mencakar sofa yaitu ia bosan. Jadi, jika kamu melihat kucing mu akan mencakar-cakar sofa.

Kamu bisa langsung mengalihkan perhatiannya dengan mengajaknya bermain sampai ia lupa dengan hal tersebut. 

Nah, itu tadi beberapa alasan kenapa kucing suka mencakar sofa dan cara mengatasinya yang dapat kamu terapkan di rumah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kamu ya, Sobat Pintar!  

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://bobo.grid.id/read/081825361/ingin-mencegah-kucing-menggaruk-ujung-sofa-dan-kursi-lakukan-cara-ini?page=all
  • https://www.suara.com/lifestyle/2021/09/06/082028/4-alasan-kucing-menggaruk-sofa-dan-furnitur-simak-tips-mengatasinya-berikut-ini?page=all
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar