Hari ini: Minggu, 17 Oktober 2021
Jumat, 17 September 2021, 10:00 WIB

Berbagai Cara Mengobati Kencing Batu Kucing Disertai Penyebab Dan Gejalanya

Berbagai Cara Mengobati Kencing Batu Kucing Disertai Penyebab Dan Gejalanya

cara mengobati kencing batu kucing - walker villevet

cara mengobati kencing batu kucing adalah dengan melakukan diet dan juga gaya hidup yang baik. Berikut panduannya agar kucingmu terhindar dari batu kencing

Hai, sobat pintar. Hari ini Petpi akan memberikan sebuah informasi tentang cara mengobati kencing batu kucing kepada kalian semua, karena pasti ada diantara kalian memelihara hewan berbulu lembut ini dan tahu pasti jika kucing merupakan salah satu binatang yang mudah terkena penyakit saluran kemih.

Rasanya sedih sekali kalau menyaksikan hewan peliharaan kita sakit dan sebagai pemilik, kalian pasti akan melakukan pengobatan apapun untuk mereka.

Ketika kucing terkena penyakit yang berkaitan dengan saluran kencing, gejala yang paling sering terlihat adalah terjadinya perubahan perilaku, misalnya :

  • Terlihat gelisah
  • Bolak-balik ke litter box
  • Urin yang keluar tidak banyak
  • Urin terlihat berwarna merah (bila sudah parah)
  • Tidak mau makan
  • Lebih sering minum (dehidrasi)
  • Masalah pada pencernaan

Jika, sobat menemukan tanda-tanda seperti yang telah disebutkan diatas, sebaiknya segera lakukan beberapa langkah berikut agar kucing kalian tidak mendapatkan penanganan yang salah.

Mari sama-sama kita simak artikelnya dibawah ini.

Bagaimana Cara Mengobati Kencing Batu Pada Kucing?

Cara Mengobati Kencing Batu Kucing
cara mengobati kencing batu kucing - empire

Setiap penyakit pasti ada cara untuk mengatasi dan mengobatinya, termasuk kencing batu pada kucing kesayangan kalian.

Sebenarnya agar kucing bisa terhindar dari masalah saluran kemih, kalian harus memperhatikan beberapa penyebab kencing batu pada kucing berikut ini :

  • Terlalu sering diberikan makanan kering. Kurangi pemberian makanan kering, karena pada dasarnya dryfood tidak memiliki kandungan mineral yang cukup bagi kucing. Porsi yang terlalu banyak, membuat cairan dalam tubuh terlalu cepat terserap dan ginjal bekerja lebih keras agar dapat memproses racun dan limbah.
  • Jarang diberikan makanan basah. Perbanyak makanan basah untuk asupan hariannya karena wet food merupakan pilihan terbaik dibandingkan dry food, namun memang tidak dipungkiri jika harganya jauh lebih mahal. Tetapi, dengan mengkonsumsi makanan jenis ini akan membuat kucing kalian lebih terhidrasi dan tentunya kenyang.
  • Kucing mengalami obesitas. Jaga berat badan kucing kalian karena kucing yang obesitas dapat terkena berbagai masalah kesehatan dan salah satunya adalah gagal ginjal dan infeksi saluran kemih.
  • Sering lupa mengisi wadah minum. Selalu pastikan wadah minum terisi dengan air, lalu agar lebih steril kalian bisa memberikan mereka air bersih atau masak, selain itu jangan lupa untuk mengganti air dan mencuci tempat minum mereka setiap hari.
  • Jarang membersihkan litter box. Terakhir pastikan kotak pasir selalu bersih. Percaya tidak percaya, terkadang kucing tidak mau menggunakan litter box yang kotor atau masih ada kotorannya. Hal ini menyebabkan kucingmu memilih untuk tidak kencing dan akhirnya menjadi sakit.

Selain penyebab kencing batu pada kucing diatas, rasa stres juga bisa menjadi pemicu terjadinya masalah pada saluran kemih. Jika memang disebabkan oleh stres berlebih, biasanya dokter hewan akan memberikan saran sebagai berikut :

  • Pastikan jika kucing kalian mudah untuk menjangkau litterbox mereka.
  • Jika ada kucing atau hewan lain dirumah dan mereka selalu bertengkar, sebaiknya dipisahkan.
  • Rubahlah ruang atau area kucingmu bermain menjadi lebih aman dan menstimulasi mereka agar lebih lincah dalam bergerak.
  • Siapkan diffuser feromon, makanan terapeutik dan obat anti depresan (sesuai dengan resep dokter)

Lantas, apakah ada cara yang tepat untuk mengobati kencing batu pada kucing? Tentu saja ada, yuk simak beberapa cara berikut.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Cara Mengobati Kencing Batu Kucing Secara Alami

Tentunya sebagai pecinta kucing, kamu ingin selalu mengusahakan cara alami yang terbaik untuk mengobati peliharaanmu. Untuk kasus penyakit saluran kemih yang khususnya kencing batu, caranya adalah dengan selalu memastikan kucingmu untuk minum lebih banyak.

Kenapa demikian? karena cara ini berfungsi untuk membuat kandung kemih terbasuh dan mengeluarkan sisa racun atau zat lain yang dapat membuat lapisan menjadi iritasi serta penyebab peradangan. 

Selanjutnya kamu juga harus selalu memberikannya asupan cairan, hal ini dilakukan karena bisa mengurangi zat kimia dan bakteri yang terdapat didalam kandung kemih.

Selain itu, cara ini juga bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan, selain dengan air kalian dapat menggunakan makanan basah dan ada baiknya tidak memberikan makanan kering terlebih dahulu.

Cara Mengobati Kencing Batu Kucing Yang Sudah Parah

Namun, jika penyakit ini sudah memperburuk keadaan si kucing maka kalian harus segera membawanya ke dokter hewan. Tindakan ini adalah satu-satunya cara agar kucing kamu dapat ditangani lebih lanjut tentang penyakitnya.

Di klinik, dokter biasanya akan memberitahukan seberapa berat kondisi dan penanganan yang akan mereka lakukan, misalnya:

  • Dokter Akan Melakukan Uji Kultur

Biasa metode ini digunakan sebagai identifikasi infeksi dan menemukan obat antibiotik yang efektif untuk mengobati peradangan pada saluran kencing. Antibiotik sendiri merupakan obat yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

  • Mengobati Kucing Menggunakan Antibiotik Spektrum

Memberikan obat antibiotik jenis ini dianggap mampu membunuh jenis bakteri apapun yang ada di dalam tubuh kucing. Bila kucing belum pernah terkena infeksi, tidak perlu ragu untuk menggunakan obat tersebut. Jenis antibiotik yang umumnya digunakan, yaitu clavulanic acid, Cephalosporins, sulfonamida dan amoxicillin. Semua obat tersebut harus sesuai resep dokter hewan.

  • Menggunakan Glukosamin

Tujuan adalah agar menstimulasi GAG (glycosaminoglycan) pada kucing. Kandung kemih dapat memproduksi lapisan seperti mukus yang memiliki fungsi melindungi dindingnya dari zat berbahaya. Karena ketika kucing terinfeksi, lapisan tersebut akan menipis dan akan terjadi iritasi. Namun, ada baiknya sebelum menggunakannya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

  • Memberikan Asam Askorbat Atau Kapsul Cranberry

Fungsinya adalah untuk mengasamkan kencing kucing. Beberapa ahli memang merekomendasikannya untuk mengurangi terjadinya resiko infeksi. Ekstrak cranberry sendiri mengandung proanthocyanidins yang dapat mencegah dinding kandung kemih tertembus bakteri.

Terkadang ada kondisi-kondisi tertentu yang mengharuskan kucingmu untuk menjalani perawatan ekstra, seperti harus di kateter, biasanya keadaan ini merupakan tindakan medis agar kucing dapat mengeluarkan urine yang telah lama tidak keluar.

Bahkan kadang kala urine yang keluar melalui tindakan tersebut sudah bercampur dengan nanah juga darah. 

Nah, sobat pintar. Bagaimana menurut kalian tentang informasi yang sudah petpi bagikan mengenai cara mengobati kencing batu kucing diatas. Petpi berharap dari artikel kali ini kalian bisa lebih memperhatikan tingkah laku kucing peliharaan.

Kucing gemuk memang lucu,  namun, seperti yang sudah dijelaskan bila kegemukan atau obesitas dapat menjadi salah satu penyebab kucing terkena kencing batu.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.halodoc.com/artikel/begini-cara-menangani-kucing-yang-susah-bak-dan-bab
  • https://www.royalcanin.com/id/cats/health-and-wellbeing/how-to-treat-a-cat-with-urinary-issues

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar