Hari ini: Selasa, 01 Desember 2020
Sabtu, 17 Oktober 2020, 16:00 WIB

Ternyata Ini Alasan Kenapa Kucing Suka Makan Rumput & Tanaman yang Paling Disukai

Ternyata Ini Alasan Kenapa Kucing Suka Makan Rumput & Tanaman yang Paling Disukai

Beberapa kali kucing selalu terlihat memakan rumput. Padahal dia bukan hewan herbivora. Ternyata ini alasan kucing kenapa memakan rumput lho

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sering melakukan gerakan-gerakan yang menggemaskan. Banyak tingkah aneh kucing yang terkadang membuat kita bertanya-tanya.

Bahkan terkadang kita ingin bereksperimen untuk dicoba dengan kucing kita. Misalnya membunyikan suara rintihan anak kucing kecil di dekat kucing untuk sekedar melihat reaksinya.

Ada beberapa eksperimen lain juga seperti menaruh mentimun di belakangnya, apakah dia takut atau tidak.

Namun ada juga beberapa hal yang tidak bisa dijelaskan dari tingkah laku kucing selama ini. Contohnya saja kucing yang memakan rumput, setelah itu merasakan badannya seperti mengalami ketagihan.

Nah, dari sini PetPi akan mencoba untuk memberikan informasi kira-kira kenapa kucing suka makan rumput ya? Bagi yang penasaran, yuk ikutin terus informasi dari PetPi berikut ini yang sudah dirangkum dari beberapa sumber terpercaya.

Kenapa Kucing Suka Makan Rumput?

Kucing Suka Makan Rumput

Terkadang aktivitas ini tidak masuk akal secara teori pada umumnya, karena kucing adalah salah satu hewan karnivora. Sudah pasti rerumputan yang bisa kita temukan di dekat rumah adalah salah satu jenis tumbuhan yang tidak mungkin dimakan oleh si kucing.

Tapi pada kenyataanya, mengapa kucing tetap suka makan rumput ya?

Ternyata perilaku ini pernah diteliti oleh salah satu Universitas California dari jurusan Kedokteran Hewan. Mereka pernah mempresentasikan penemuannya di kongres internasional Etologi terapan ke 53 yang diadakan di Norwegia.

Riset ini telah melibatkan setidaknya 1000 pemilik kucing di internet yang menghabiskan waktu setidaknya 3 jam sehari untuk bersama dengan kucing kesayangannya.

Hasilnya, sebenarnya sudah dapat diduga-duga, karena perilaku seperti ini adalah hal yang umum dilakukan oleh si kucing. Dari survey tersebut menunjukan bahwa:

  • 71% hewan karnivora pernah terlihat memakan tumbuhan hijau lebih dari 6 kali
  • 11% tidak pernah terlihat memakan tumbuhan hijau
  • 27% kucing memuntahkan rumput setelah memakannya

Banyak yang menjelaskan bahwa kucing memakan rumput ketika ia sedang mengalami gangguan kesehatan.

Namun hanya sekitar seperempat dari mereka yang muntah setelah memakan rumput, dan 91% responden mengaku bahwa kucing tidak tampak terlihat sakit sebelum memakan tanaman. Bahkan, muntah hanyalah efek yang ditimbulkan setelah ia memakan rumput.

Kesimpulan yang didapatkan dari peneliti adalah kebiasaan ini adalah salah satu insting kucing yang memang hadir dari proses pada evolusi kucing.

Teori ini berdasarkan penelitian yang juga dilakukan oleh simpanse dan beberapa hewan liar yang menunjukan bahwa mengunyah rumput bisa saja mengeluarkan parasit di usus dan bisa meningkatkan aktivitas otot di saluran pencernaan.

Kebiasaan ini sudah berkembang secara turun temurun dari leluhurnya. Maka dari itu kebiasaan ini bisa jadi bagus untuk kesehatan tubuh si kucing.

Sehingga selama ini kucing yang memakan rumput memang membutuhkan kandungan rumput untuk meningkatkan fungsi tubuhnya.

Pendapat Lain Mengenai Fungsi Kucing Memakan Rumput

Alasan Kenapa Kucing Makan Rumput

Selain penelitian di atas, banyak beberapa ahli yang berpendapat bahwa fungsi kucing memakan rumput untuk kesehatan tubuh lainnya. Diantaranya adalah berikut.

Membutuhkan Enzim Nabati

Menurut penelitian yang ada, beberapa kucing muntah setelah memakan rumput karena mereka membutuhkan enzim nabati untuk memecah makanan yang ada di perutnya.

Namun bukan berarti kucing yang makan rumput selalu akan memuntahkan rumputnya, mungkin kebanyakan kucing yang memakan rumput justru mengeluarkan rumputnya saat buang air besar bersama sisa-sisa makanan yang tidak bisa dicerna dengan baik olehnya. 

Hal ini cukup masuk akal, karena kebanyakan kucing liar pastinya memakan sembarangan makanan yang mungkin ada beberapa bagian tidak bisa dicerna dengan baik. Contohnya seperti bulu, tulang atau bagian lain yang sulit dicerna.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Kucing Lebih Baik Dipelihara Dibandingkan Anjing, Yakin Anjing Lebih Pintar?

Sebagai Pencahar Alami

Pendapat lain menyebutkan bahwa memakan rumput sebagai pencahar alami bagi tubuhnya. Kucing yang sehat akan selalu melakukan yang namanya self grooming untuk membersihkan tubuhnya dari parasit.

Hasil dari self grooming biasanya menghasilkan hariball. Ketika ada hairball di dalam tubuhnya, biasanya kucing akan memuntahkan kembali hairball tersebut. 

Namun beberapa ahli berpendapat bahwa hairball yang terlanjur masuk jauh ke pencernaan akan menghambat sistem pencernaannya. Hal inilah yang coba dipecahkan oleh kucing untuk membutuhkan sedikit bantuan mendorongnya ke luar lewat kotorannya.

Nah, rumput yang dimakan si kucing dipercaya sebagai pencahar alami untuk memecah hairball yang ada di dalam pencernaannya.

Tanaman yang Disukai Kucing

Tanaman Yang Disukai Kucing

Kebanyakan kucing memang terlihat sering makan rumput liar yang berada disekitar rumah, namun ada beberapa tanaman ternyata yang disukai oleh kucing. Berikut ini adalah tanaman yang disukai kucing beserta manfaatnya.

Catnip

Semua pemilik kucing biasanya tau tanaman ini. Catnip adalah tanaman yang paling disukai oleh kucing. Catnip disukai karena dianggap membuat kucing bahagia. Bisa dibilang ini menjadi cemilan saat kucing mulai mengalami kelelahan.

Tanaman ini juga dianggap bisa mengurangi stress pada kucing. Bukan hanya itu juga, catnip juga bisa berfungsi sebagai obat alami anti gatal yang dibutuhkannya. 

Kandungan dari tanaman ini merupakan sejenis zat terpenoid yang bernama nepetalactone. Zat ini bisa berinteraksi melalui indera penciuman kucing sehingga kucing bisa saja mengalami efek halusinogen.

Valerian

Tanaman ini mempunyai aroma yang tajam dan dikenal untuk membantu seseorang menjadi lebih rileks dan tidur lebih nyenyak. Selain itu tanaman Valerian bisa menstimulasi kucing yang tadinya malas menjadi bergerak lebih aktif lagi.

Bukan sampai disitu saja, jika kucing mengonsumsi tanaman ini, dipercaya membuat kucing memiliki bulu yang sehat.

Itulah dia alasan kenapa kucing suka makan rumput yang sudah dijelaskan berdasarkan penelitian dan beberapa pendapat ahli yang menelitinya.

Jika nantinya kamu menemukan kucingmu yang suka memakan rumput lalu memuntahkannya, biarkan saja karena itu adalah hal yang umum terjadi pada kucing. Semoga tidak ada lagi pertanyaan tentang ini ya. Semoga bermanfaat! 

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.hillspet.com/cat-care/behavior-appearance/why-do-cats-eat-grass
  • https://www.petmd.com/cat/wellness/evr_ct_eating_gras
  • https://www.purina.co.uk/cats/behaviour-and-training/understanding-cat-behaviour/why-do-cats-eat-grass
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar