Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Kamis, 19 Agustus 2021, 16:00 WIB

Ini Rahasia Dibalik Kenapa Kucing Mendengkur Beserta Penyebabnya

Ini Rahasia Dibalik Kenapa Kucing Mendengkur Beserta Penyebabnya

kenapa kucing mendengkur - pumpkin

Banyak yang bertanya, kenapa kucing mendengkur? Ternyata ini merupakan salah satu cara kucing untuk berinteraksi terhadap sesama maupun pemiliknya.

Halo Sobat Pintar, artikel kali ini Petpi akan berbagi tentang kenapa kucing mendengkur, kalau diantara kalian adalah seorang pecinta kucing atau memelihara hewan lucu berbulu lembut ini, pasti tahu dan sering mendengar bila kucing kesayangan kalian sedang mendengkur padahal mereka tidak sedang tidur.

Menurut sobat, kira-kira kenapa ya kucing mengeluarkan suara dengkuran (purring) tersebut? Jika menurut penelitian sebenarnya kucing mendengkur karena mereka sedang dalam keadaan bahagia atau senang.

Namun, apa memang hanya saat si kucing bahagia saja hingga mengeluarkan suara dengkuran tersebut? Yuk, kita cari alasannya kenapa kucing kesayangan kalian itu mendengkur.

Kenapa Kucing Mendengkur?

Kenapa Kucing Mendengkur
kenapa kucing mendengkur - petmd

Sebagian besar orang percaya jika dengkuran kucing merupakan tanda jika kucing merasa bahagia dan merasakan kepuasan.

Bahkan tidak jarang juga suara dengkuran tersebut sampai membuat tubuh kucing bergetar saking kerasnya si kuning mendengkur. Namun, ternyata suara dengkuran itu dapat memiliki banyak arti.

Berikut ini adalah alasan kenapa kucing mendengkur dengan keras :

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Kucing Sedang Lapar

Alasan kucing mendengkur yang pertama adalah karena dia lapar. Suara dengkuran yang satu ini bisa kita sebut sebagai dengkuran permintaan. Karena suara dengkuran yang dikeluarkan akan terdengar lebih keras dan juga kasar.

Kucing tahu bila dia bisa mendapatkan apa yang dia inginkan bila melakukan hal-hal yang kita sebagai pemiliknya menyukai hal tersebut.

Para peneliti mengatakan jika kucing itu memang makhluk manipulatif, karena mereka dapat melakukan apapun demi mendapatkan apa yang mereka inginkan dari manusia, dimana manusia itu pada dasarnya tidak pernah dapat menolak saat melihat kelucuan hewan berbulu lembut tersebut. 

2. Kucing Sedang Menenangkan Diri

Alasan kenapa kucing mendengkur berikutnya adalah untuk menenangkan diri. Bila kucing merasa stres atau tertekan akan sesuatu.

Biasanya juga mengeluarkan suara dengkuran, tujuannya untuk membuat dirinya sendiri merasa tenang dan juga relaks.

Kucing yang stres atau tertekan, biasanya akan memilih untuk diam sembari atau memposisikan dirinya seakan tidur namun sebenarnya tidak dan biasanya kucing akan menjadi sedikit sensitif atau defensif.

Bila menemukan kucing kalian dalam keadaan seperti itu, jangan langsung didekati. Berikan mereka waktu untuk menyendiri, setidaknya hingga mereka merasa tenang.

Namun, apabila hal tersebut sampai membuat mereka tidak mau makan bahkan sampai seharian, ada baiknya kalian periksakan ke dokter.

3. Membangun Sebuah Ikatan

Alasan selanjutnya adalah kegiatan ini merupakan suatu usaha untuk menumbuhkan sebuah ikatan antara induk dan anak-anaknya.

Suara dengkuran yang dikeluarkan oleh induk kucing ditujukan agar anak-anak kucing datang dan mendekat kepadanya. Suara dengkuran ini juga dapat dianggap sebagai lagu pengantar tidur bagi anak kucing.

Hal ini juga biasanya dilakukan oleh kucing peliharaan dengan pemiliknya untuk membangun sebuah kepercayaan dan kesetiaan.

Biasanya kucing akan mendekati kalian di waktu-waktu tertentu tanpa adanya niat meminta sesuatu, dia akan dengan tiba-tiba menghampiri kalian entah saat kalian sedang santai atau sedang tidur lalu mengeluarkan suara dengkuran.

4. Ekspresi Rasa Senang

Selanjutnya alasan dibalik kenapa kucing mendengkur adalah ketika merasa bahagia, senang dan puas akan apa yang mereka dapatkan.

Misalnya ketika selesai makan, mereka akan mendekati kalian dengan suara dengkuran halus sebagai tanda terima kasih atau saat kalian mengelus-elus kepala kucing, mereka juga akan mengeluarkan suara dengkuran tanda jika mereka senang dengan perlakuan yang kalian berikan.

5. Terapi

Sobat tahukah kalian jika suara dengkuran kucing juga bisa menjadi terapi kesehatan? Banyak penelitian yang menyatakan jika dengkuran kucing bisa membantu seseorang yang sedang depresi berat menjadi lebih terkontrol, selain itu dengkurannya juga dapat membuat tekanan darah menjadi stabil.

Banyak rumah atau panti jompo yang dengan sengaja memelihara beberapa ekor kucing dengan maksud selain menjadi teman para penghuni juga diharapkan dapat membantu para orang tua disana untuk lebih tenang dan tidak mudah stres.

6. Kucing Sedang Sakit

Disaat kucing sedang sakit pun, mereka akan mengeluarkan suara dengkuran. Hal ini dipercaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

Seperti saat kucing sedang stres, suara dengkuran yang dikeluarkannya juga memiliki tujuan agar tubuhnya lebih relaks.

Bahkan beberapa ahli juga mengatakan jika suara dengkuran ini seperti mantra bagi kucing. Jadi, tidak heran bila kucing dapat lebih cepat pulih dari sakit dibandingkan dengan hewan lainnya.

Tidak jika saat sakit saja, kucing yang sudah sekarat pun akan mengeluarkan dengkuran untuk membuat dirinya sendiri lebih relaks.

7. Merasa Aman dan Nyaman

Alasan kenapa kucing mendengkur yang terakhir adalah kucing merasa aman dan juga nyaman oleh lingkungannya.

Tidak adanya tekanan, hal menakutkan yang membuatnya stres, tidak ada rasa sakit dan yang ada hanyalah hal-hal yang membahagiakan. Bila dia merasa nyaman dengan hal-hal di sekitarnya, maka dia mengeluarkan suara dengkuran halus tanda bahagia.

Ternyata setiap dengkuran memiliki arti yang berbeda ya, sobat. Karena itu ada baiknya sebagai pemelihara kucing, tidak ada salahnya untuk mempelajari karakter dan mengenali setiap kebiasaan mereka.

Ini bertujuan agar kalian dan kucing peliharaan memiliki ikatan dan tahu apa yang sedang terjadi tanpa harus menunggu berhari-hari. Apalagi jika ternyata mereka sakit.

Dengan terjalinnya ikatan yang kuat antar hewan dan pemilik tentu akan lebih memudahkan saat harus melakukan tindakan.

Seperti misalnya jika kucing kalian berkelahi lalu terluka, kalian akan dengan mudah mengobatinya karena kucing memiliki rasa percaya jika tidak apa-apa kalau itu adalah kamu. 

Nah, sobat pintar itulah tadi beberapa hal mengenai kenapa kucing mendengkur yang dapat petpi bagikan kepada kalian, semoga informasi yang petpi berikan dapat menambah pengetahuan kita semua mengenai hewan kesayangan.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.halodoc.com/artikel/ini-alasan-mengapa-kucing-suka-mendengkur
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/amp/eka-amira/penyebab-kucing-suka-mendengkur-c1c2
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar