Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Senin, 25 Oktober 2021, 08:00 WIB

Yuk Merapat! Ini 5 Daftar Komunitas Pecinta Kucing Yang Ada di Indonesia

Yuk Merapat! Ini 5 Daftar Komunitas Pecinta Kucing Yang Ada di Indonesia

komunitas pecinta kucing - alphacoders

Komunitas pecinta kucing terus berkembang dan tumbuh dengan cepat, apalagi semakin banyaknya pecinta kucing. Berikut ini daftar komunitas pecinta kucing

Sobat Pintar, Saat ini ada banyak komunitas pecinta kucing yang telah tersebar di seluruh Indonesia, setiap tahunnya perkembangannya pun cukup besar dan terus bertambah.

Mengenai pengikutnya juga tersebar dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari usia dewasa, anak remaja, dan lintas generasi lainnya yang memberikan warna komunitas kucing tersebut. 

Tujuan dari pembentukan komunitas itu memang berbeda-beda antara satu sama lainnya, namun fokusnya tetap sama yaitu memberikan pemeliharaan terhadap kucing.

Apabila kamu ingin bergabung dan menyukai kucing, langsung saja bergabung pada beberapa komunitas yang tersebar di kota kamu berada. Nah, berikut ini kami memberikan referensinya, simak yuk.

Daftar Komunitas Pecinta Kucing Indonesia

Komunitas Pecinta Kucing
komunitas pecinta kucing - wallpaper flare

Apabila kamu ingin mengikuti komunitas, tentunya harus sesuai dengan tempat atau domisili kamu berada. Biasanya pembahasannya akan dilakukan secara langsung atau melalui grup media sosial.

Jika kamu tertarik untuk bergabung, dibawah ini ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih dan ikuti. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Indonesia Cat Association (ICA)

Termasuk kedalam bagian komunitas lama dan besar di Indonesia yang berfokus pada pemeliharaan kucing dan sebagainya.

Komunitas Indonesia Cat Association (ICA) sendiri sudah lama terbentuk, tepatnya pada tanggal 01 April 2003. Tempat satu ini memang dibuat dan dikhususkan untuk orang-orang yang mencintai dan menyayangi kucing peliharaannya. 

Tujuannya memang sebagai tempat atau wadah yang bisa berbagai mengenai informasi dalam dunia kucing dan memberikan kasih sayang untuk kucing di rumah.

Tidak tanggung-tanggung komunitas ICA tidak hanya tumbuh di satu kota saja. Tetapi, menyebar ke beberapa penjuru daerah mulai dari komunitas pecinta kucing Surabaya, Jakarta, Bandung, Solo, dan Yogyakarta. 

Menariknya lagi apabila kamu ikut pada komunitas Indonesia Cat Association tersebut akan ada lomba atau kompetisi rutin yang diselenggarakan, salah satunya yang paling banyak diikuti dan ditunggu oleh anggota komunitas.

Apabila kamu berada disalah satu wilayah dari komunitas tersebut, tidak ada salahnya ikut bergabung bersama-sama. 

  • Lokasi: Grand ITC Permata Hijau 1st Floor Block B.6 Unit 6-7 Jl. Arteri Permata Hijau – Jakarta Selatan 12210
  • Situs: https://ica.or.id/
  • Facebook: INDONESIAN CAT ASSOCIATION
  • Instagram: @indonesian.cat.association

2. Komunitas Pecinta Kucing Bandung Raya (KPK)

Untuk kamu yang berada di kota Bandung dan ingin mengikuti perkembangan dunia seputar kucing, mungkin bisa bergabung pada komunitas tersebut.

Sementara ini memang aktivitasnya banyak dilakukan melalui media sosial, tetapi bersifat privat dan tidak sembarangan orang bisa mengaksesnya, sehingga harus menjadi anggota terlebih dahulu. 

Tahapan proses masuknya sendiri tidak mudah dan harus menunggu keputusan pihak admin terlebih dahulu, sehingga apabila kamu tertarik untuk bergabung harus bersabar dalam menunggunya.

Karena sebelum bergabung dan masuk kamu akan diberikan beberapa pertanyaan, apabila disetujui tentunya kamu akan bergabung dan ikut pada komunitas itu. 

Tujuan dari grup atau komunitas pecinta kucing (KPK) Bandung Raya tersebut untuk membantu dalam menyambung dan mempererat tali silaturahmi antar pecinta kucing.

Secara sederhananya memang dibuat untuk orang-orang Bandung yang menyukai kucing dan mempunyai wadah untuk sharing serta membahas info terbaru terkait kucing peliharaannya. 

  • Lokasi: Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Situs: Link
  • Facebook: Komunitas Pecinta Kucing (KPK) Bandung Raya
  • Instagram: -

3. Save Love Cat (SLC)

Sedikit berbeda dengan beberapa komunitas yang telah disebutkan sebelumnya, SLC atau komunitas pecinta kucing Depok ini berfokus pada semua ras dan jenis kucing yang ada tanpa terkecuali.

Dengan demikian tidak hanya melihat dari kecantikan dan kegemasan kucing tersebut, tetapi diperuntukkan untuk memberikan rasa kasih dan peduli terhadap kucing-kucing terlantar dan berada di jalanan. 

Komunitas ini baru berjalan sekitar 3 tahun, karena berdiri pada bulan Agustus, 2018 kemarin dan baru diresmikan sebagai komunitas penyayang kucing Oktober 2018.

Awal terbentuknya memang dari kegiatan kucing jalan, sehingga banyak masyarakat yang peduli dan ikut bergabung dalam komunitas tersebut dalam menyelamatkan kucing. 

Sekarang ini Save Love Cat (SLC) masih terus aktif dan memberikan perlindungan terhadap berbagai kucing yang terlantar.

Apabila kamu memiliki rasa dan kepedulian yang sama, rasanya bisa bergabung dan ikut terlibat dalam berbagai agenda yang dibuat dalam komunitas SLC tersebut. 

  • Lokasi: Depok, Jawa Barat, Indonesia
  • Situs: Link
  • Facebook: SAVE LOVE CAT INDONESIA
  • Instagram: @savelovecatindonesia

4. D’Jaboers

Apabila kamu sedang mencari komunitas pecinta kucing Bogor, Depok dan Jakarta mungkin bisa ikut langsung dari komunitas D’Jaboers.

Nama tersebut diambil dari akronim wilayah yang telah disebutkan diatas dan fokus sebagai wadah untuk penyuka kucing yang tersebar di ketiga kota tersebut, sehingga siapapun bisa mengikutinya asal berada pada kota yang disebutkan itu. 

Aktivitasnya pun relatif menarik dan terkadang sering melakukan kopdar, khususnya untuk wilayah Bogor yang rutin berkunjung ke rumah kucing.

Hal ini dilakukan untuk membantu beberapa kegiatan, karena melalui rumah kucing ada lebih dari 100 kucing terlantar yang perlu diselamatkan secara keseluruhannya. 

Dengan demikian, apabila kamu ingin berkontribusi besar terhadap beberapa agenda atau kegiatan dalam merawat kucing tidak ada salahnya bergabung dalam grup D’Jaboers tersebut.

Apalagi tujuannya juga menarik dan membantu kucing terlantar, sehingga akan membantu Anda lebih peduli terhadap sesama makhluk hidup. 

  • Lokasi: Depok, Jakarta, dan Bogor
  • Situs: Link
  • Facebook: D'Jaboers Cat Lovers
  • Instagram: @djaboerscat

5. Tenggarong Cat Lover (TCL)

Merupakan salah satu komunitas pecinta kucing Kalimantan terbesar yang khususnya berada di Kalimantan Timur. Uniknya, komunitas TCL fokusnya pun sangat menarik yakni dengan memberikan pelayanan khusus terhadap kesehatan kucing.

Karena melalui TCL tersebut kamu bisa menemukan posyandu dan perawatan kucing yang diselenggarakan oleh mereka. 

Bahkan, tidak hanya itu saja setiap anggota komunitas dan masyarakat yang menyayangi kucing akan diberikan pelatihan dan informasi cara merawat kucing dengan baik dan benar.

Tentunya kegiatan tersebut sangat menarik dan membuat kamu akan memiliki banyak jaringan yang tersebar dan membantu pecinta kucing lainnya.

  • Lokasi: Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
  • Situs: Link
  • Facebook: Tenggarong Cat Lovers (TCL)
  • Instagram: - 

Sobat pintar, demikianlah beberapa daftar komunitas pecinta kucing yang ada di Indonesia.

Mungkin ulasan komunitas diatas dapat membantu kamu dalam menemukan serta bergabung ke dalamnya, dalam rangka untuk menyambung ikatan persaudaraan serta membantu kucing yang terlantar lainnya. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.finansialku.com/komunitas-pecinta-kucing/
  • https://www.suara.com/lifestyle/2019/07/06/092825/pecinta-kucing-yuk-merapat-ke-komunitas-save-love-cat?page=all
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar