Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Sabtu, 16 Oktober 2021, 10:00 WIB

Mengenal 9 Masa Pertumbuhan Kucing Kesayangan di Rumah

Mengenal 9 Masa Pertumbuhan Kucing Kesayangan di Rumah

masa pertumbuhan kucing - pixabay

Masa pertumbuhan kucing perlu dipahami dan diketahui, sehingga membuat kamu akan lebih mudah ketika hendak merawatnya. Berikut penjelasannya

Sobat pintar, sebagai pecinta kucing kamu harus mengetahui mengenai tahapan atau masa pertumbuhan kucing yang kamu pelihara tersebut.

Hal ini untuk mengetahui umur kucing dari kitten hingga dewasa. Dengan demikian akan memberikan kamu kemudahan untuk menentukan dan menyediakan kebutuhannya nanti. 

Tindakan ini memang belum banyak diketahui oleh masyarakat, padahal mempelajari pengetahuan dasar terkait kucing tersebut sangat penting.

Terutama dalam memantau kesehatan dan tumbuh kembangnya kedepan. Nah, bagaimana proses dari masa pertumbuhan kucing tersebut? Simak yuk penjelasan lengkapnya. 

Tahapan Masa Pertumbuhan Kucing

Masa Pertumbuhan Kucing
masa pertumbuhan kucing - pixabay
Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Umur 0-6 Hari

Memasuki umur 0-6 hari tersebut kucing masih dalam lingkungan induknya dan belum mampu berjalan, kucing hanya mampu mengeliat dan belum banyak gerakan yang menggemaskan untuk kamu saksikan.

Makanannya pun hanya air susu ibu (ASI) kucing yang didapatkan langsung dari induknya tersebut. 

Apabila kamu baru pertama kali dalam merawat kucing yang melahirkan dan merawat anaknya, maka perlu diperhatikan pada proses pemberian ASI-nya.

Karena ada sebagian induk kucing yang enggan memberikan susunya, nah kamu bisa mengatasinya dengan cara memberikan susu khusus bayi kucing yang bisa didapatkan dari toko hewan terdekat. 

2. Umur 3-5 Hari

Masa pertumbuhan kucing selanjutnya adalah umur 3-5 hari. Pada tahapan ini, dapat dikatakan bahwa anabul kamu masih dalam tahap kitten atau anak kucing yang baru lahir.

Biasanya ketika baru lahir ke dunia, anak kucing tersebut akan membawa ari-ari, dimana nantinya ari-ari tersebut akan dimakan dan dibersihkan oleh induknya.

Setelah itu, tali pusarnya yang masih menempel pada perutnya pun perlahan akan mengering serta terlepas sendiri. Namun, perlu dipahami bersama bahwa jangan pernah sekali-kali memotong ari-ari tersebut sendiri.

Biarkan proses ini berjalan alami, lagipula apabila kamu salah memotongnya hal itu dapat menyebabkan infeksi yang dapat membahayakan induk dan anak kucing itu sendiri.

3. Umur 7-10 Hari

Memasuki tahapan masa pertumbuhan kucing umur 7-10 hari, tentunya kondisi kitten tersebut masih begitu lemas dan belum bisa bergerak dengan lincah.

Untuk makanannya sendiri hanya mengandalkan air susu indukan kucing. Proses pertumbuhannya sendiri agak sedikit meningkat, karena waktu 0-6 hari mata anak kucing masih belum terbuka sempurna, ketika memasuki hari ke 7 sampai 10 hari, mereka sudah mampu membuka matanya tersebut. 

Peranan kamu memang tetap memantau dan memastikan induk kucing untuk merawatnya, sehingga anak kucing tetap sehat dan tumbuh dengan ceria nantinya.

Memang terkait air susu kucing tersebut harus ekstra dalam memperhatikannya, apabila induk kucing masih malas untuk melakukannya mau tidak mau harus kamu bertindak memberikannya. 

Tahap ini termasuk neonatal (fase kritis anak kucing), sehingga kamu perlu memberikan nutrisi yang berkualitas kepada induk kucing, tempatkan pada lingkungan yang nyaman, hangat, dan bersih.

Apabila induk kucing mati dan tidak mau mengurus, memang kamu harus ekstra merawat anak kucingnya mulai dari halus handuk pada bagian anus untuk merangsang buang air besar atau kecilnya. 

4. Umur 2-3 Minggu

Apabila kucing kamu sudah pada masa pertumbuhan kucing umur 14 hari atau sudah lewat dari 2 minggu, tentunya kucing kamu sudah mampu untuk merangkak dan perlahan berjalan.

Namun, biasanya aktivitas yang dilakukan masih terlihat agak berat dan lemas. Untuk matanya sendiri sudah mampu melihat secara jelas dan mampu melihat objek sekitarnya. 

Kebutuhan makanannya sendiri memang masih bergantung pada ASI induknya, namun biasanya mereka sudah memperlihatkan ketertarikan dengan bau-bau makanan sejenis lainnya.

Memasuki umur 2 minggu sampai 3 minggu tersebut gigi kucing juga sudah perlahan tumbuh, sehingga mereka akan merasakan gatal dan mulai ingin menggigit sesuatu. 

5. Umur 4 Minggu

Memasuki masa pertumbuhan kucing umur 4 minggu atau 1 bulan, biasanya anak kucing kamu dirumah akan memperlihatkan beberapa kelincahannya mulai dari berlari dan bermain dengan beberapa saudaranya.

Giginya pun sudah perlahan tumbuh, termasuk gigi taringnya. Untuk makanannya sendiri memang masih bergantung pada susu dari induknya. 

Namun, jika kamu ingin memberikan makanan tambahan bisa dengan makanan yang sudah dihaluskan atau mencari khusus untuk anak kucing.

Tetap perhatikan saja kesehatannya dan perilaku yang diberikan oleh induknya. Terkadang ada beberapa induk kucing yang bertindak sembarangan dan tidak terlalu memperhatikan anaknya. 

6. Umur 6 Minggu

Jika kucing kamu sudah memasuki umur 6 minggu atau 1 bulan 2 minggu, maka pada masa pertumbuhan kucing ini kamu akan melihat tumbuh kembangnya yang berbeda.

Karena memasuki umur tersebut, maka kamu akan melihat aktivitas yang begitu lancar dan mulai berlarian kesana kemari. Kaki dan tangannya pun sudah kuat dan perlahan mencoba untuk memanjat. 

Memasuki umur 5 minggu atau 6 minggu sudah bisa kamu berikan obat cacing, tetapi sebelum melakukannya lebih baik untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter hewan terdekat.

Selanjutnya kamu mulai persiapkan kotak pasir dan buat tempat bermainnya. Dengan demikian kucing kamu tidak melakukan permainan kotor luar rumah. 

Terpenting kamu memberikan mainan yang aman dan tidak berbahaya dalam melakukan aktivitasnya tersebut. Perlu dipahami dengan jelas dan lihat secara menyeluruh agar tetap sehat dan mendukung kegiatannya. 

7. Umur 3 Bulan

Dapat dikatakan kucing kamu sudah memasuki masa pertumbuhan kucing remaja, tentunya dalam tahap ini kamu akan mendapatkan pertumbuhan gigi yang sudah sempurna dan bisa diberikan beberapa makanan pendukung dengan jenis lainnya.

Beberapa kucing sudah bisa lepas dari proses menyusui dan bahkan mampu kamu berikan vaksin pada klinik atau dokter hewan terdekat. 

Tetap perhatikan semuanya dengan jelas, sehingga kucing kamu selalu sehat dan tidak mengalami permasalahan yang mengganggu faktor lainnya. 

8. Umur 6-8 Bulan

Kucing umur 6 bulan atau 8 bulan sudah bisa dikatakan memasuki umur pra dewasa, tentunya memasuki umur tersebut sudah tertarik untuk bermain bersama lawan jenisnya.

Pada tahapan ini, ada sebagian kucing betina yang sudah bisa kawin. Namun, sebaiknya jangan mengawinkannya pada masa pertumbuhan kucing pra dewasa ini karena organ reproduksinya belum sempurna seluruhnya.

Oleh karena itu, disarankan untuk menunggunya sudah benar-benar dewasa saja. 

9. Umur 1 Tahun

Pada tahap umur 12 bulan atau 1 tahun ini, PetPi ucapkan selamat karena kucing kamu sudah tumbuh dewasa dan siap untuk bereproduksi atau kawin dengan lawan jenisnya.

Tetapi perlu diingat bahwa ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika kucing sudah dewasa yakni seperti mengevaluasi berat badan dan nutrisi dari makanan yang diberikan.

Selain itu, usahakan untuk ajak kucing kesayangan rajin beraktivitas seperti olahraga serta jangan lupa juga membersihkan giginya, ya. 

Sobat pintar, itulah beberapa penjelasan mengenai masa pertumbuhan kucing dari umur 0 hingga 12 bulan yang bisa kamu lihat sendiri di rumah.

PetPi harap kamu selalu konsisten dalam memperhatikan kesehatan dan proses perawatannya, ya. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/proses-pertumbuhan-pada-kucing
  • https://kucingpersia.co.id/proses-pertumbuhan-pada-kucing/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar