Hari ini: Selasa, 01 Desember 2020
Jumat, 04 September 2020, 19:00 WIB

Ternyata Begini Cara Cari Tau Ciri Ciri Kucing yang Sudah Memasuki Usia Tua Paling Akurat

Ternyata Begini Cara Cari Tau Ciri Ciri Kucing yang Sudah Memasuki Usia Tua Paling Akurat

ciri ciri kucing sudah tua - unsplash

Kamu pelihara kucing namun tidak tau umurnya berapa? Jangan Khawatir, begini ciri ciri kucing sudah tua dan cara mengetahui umurnya dengan akurat

Buat kamu yang mempunyai kucing sebagai hewan peliharaan, mungkin tidak mau kehilangan kucing mu untuk selamanya karena sudah ada ikatan batin.

Namun hal ini sudah pasti tidak bisa kamu lakukan, karena setiap makhluk hidup seperti kucing peliharaanmu sejatinya akan menua dan akhirnya mati. 

Terkadang kita sebagai pemilik kucing sering melupakan kapan ia lahir dan sudah usia berapa kucing kita sekarang. Selain itu, kadang ada beberapa pemilik yang mempunyai kucing dari usia yang sudah besar, jadi tidak tahu persis kapan kucing ini lahir.

Untuk mengetahui ciri ciri kucing yang sudah tua, kita perlu mengamati beberapa hal seperti fisik dan tingkah lakunya.

Kali ini PetPi akan membantu kamu untuk memberikan informasi bagaimana cara mengetahui umur kucing dan ciri ciri kucing yang sudah tua.

Sama seperti manusia, kucing pun mempunyai ciri ciri fisik yang bisa kita lihat dengan mudah. Nah, berikut ini adalah cara tau ciri ciri kucing sudah tua yang dijamin cukup akurat.

Ciri Ciri Kucing Sudah Tua

Ciri Ciri Kucing Sudah Tua
ciri ciri kucing yang usianya sudah tua - massey

Sebelum kita mengetahui caranya, sebaiknya kita mempelajari sedikit ciri ciri kucing sudah tua. Kucing biasanya sudah dianggap memasuki usia tua jika berumur diatas 11 tahun.

Lebih dari itu, kucing membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut agar berumur lebih panjang sesuai yang kamu harapkan. Berikut ini adalah ciri cirinya.

Gangguan Tidur

Kondisi pertama yang menandakan bahwa kucing yang kamu pelihara sudah masuk ke masa tua adalah dengan keadaannya yang sering mengalami gangguan pada aktivitas istirahat atau tidurnya.

Kucing yang sudah memasuki usia tua cenderung lebih mudah terbangun dengan suara-suara kecil dan sulit untuk tidur kembali.

Pola tidur ini semakin hari akan semakin parah menjelang usianya yang semakin tua. Kucing kadang bisa saja hanya beristirahat namun ia tidak tidur dengan total karena psikisnya sudah mulai khawatir dengan gangguan kecil yang dianggap menyerang tubuhnya.

Baca Juga: Kucing Muntah Busa Putih? Ketahui Penyebab dan Cara Mengobatinya!

Perubahan Interaksi pada Kucing

Ciri ciri kucing yang sudah tua selanjutnya adalah terjadinya perubahan interaksi pada kegiatan sehari-harinya. Hal ini sudah biasa terjadi pada makhluk hidup apapun yang memasuki usia tua.

Terkadang kucing bisa saja terlihat lebih manja kepada pemiliknya karena ia merasa di masa-masa tua ini ingin lebih disayang lagi.

Namun, ada yang malah bersikap sebaliknya. Kucing bisa saja malah bersikap tidak peduli dengan siapapun karena dirinya tidak memiliki ketertarikan lagi untuk berinteraksi.

Contohnya jika dipanggil, kucing ini akan diam saja di tempat menikmati lingkungannya sambil menggurau. Padahal mungkin kamu memanggil untuk memberinya makanan.

Melakukan Kebiasaan Buruk

Seperti halnya manusia, kucing yang sudah tua perilakunya sudah tidak bisa dikontrol lagi, sehingga lebih sering akan melakukan berbagai macam kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan pemilik rumah kesal karena rumahnya menjadi kotor.

Kondisi ini bisa dibilang hal yang normal bagi setiap hewan peliharaan yang memasuki usia lanjut.

Beberapa hal buruk yang mungkin saja dilakukannya diantaranya adalah kucing tua biasanya sering mengotori rumah dengan cara membuang air kecil dan buang air besar yang sembarangan.

Hal itu mungkin dilakukannya tanpa sadar, karena bisa saja kondisi kucing peliharaanmu telah mengalami amnesia ringan sehingga melakukan hal seperti itu dianggap aktivitas yang biasa.

Mengalami Kebingungan

Hal lain yang menjadi ciri khas kucing mengalami kondisi yang sudah tua adalah kebingungan atau disorientasi. Kucing akan mengalami kondisi kesulitan untuk mengenali benda yang ada disekitarnya.

Padahal ketika usia kucing masih masa-masa produktif, beberapa benda akan ia sentuh sebagai mainan. 

Selain benda, kucing yang sudah tua juga bisa saja lupa dimana letak rumahnya. Kondisi ini menyebabkan kucing yang sudah tua terkadang menghilang saat pergi jauh dari rumahnya.

Bahkan mitosnya menyebutkan, kucing yang sudah tua memang akan menjauh dari rumah supaya tidak terlihat jika ia sakit lalu akhirnya meninggal. Padahal, kucing bisa saja tersesat karena lupa dan kebingungan arah untuk ia kembali pulang.

Perubahan Fisik Seperti Gigi Menguning

Hal terakhir yang bisa menjadi tanda bahwa kucingmu sudah tua adalah adanya perubahan bentuk fisik. Bentuk fisik yang berubah tersebut bisa diamati oleh pemilik kucing secara langsung.

Jika kamu sering berinteraksi dengannya, pasti kamu sudah paham beberapa bentuk fisik dari kucingmu yang sudah berubah menjadi lebih renta.

Beberapa bentuk fisik yang menggambarkan kucingmu sudah tua salah satunya adalah bagian gigi. Gigi pada kucing akan tampak berwarna lebih kuning, terlihat tumpul dan beberapa gigi bahkan sudah terlepas atau ompong.

Selanjutnya PetPi bakal kasih tau kamu cara mengetahui umur kucing pada bahasan selanjutnya.

Cara Mengetahui Umur Kucing

Cara Mengetahui Umur Kucing
Cara mengatahui umur kucing - rover

Umur kucing memang sulit untuk kita ketahui, kecuali kamu memang memeliharanya sejak ia lahir. Akan tetapi, usia kucing sebenarnya bisa kita lihat dan perkirakan dengan memeriksa bagian tubuh dari kucing kamu.

Kamu tidak harus ke dokter hewan untuk tau berapa usia kucing peliharaanmu. PetPi akan kasih tau cara mengetahui umur kucing paling akurat berikut ini.

Baca Juga: Ingin Tahu Cara Merawat Kucing Persia? Ikuti 6 Langkah Mudah Ini!

Periksa Gigi Kucing

Pertama, hitung jumlah gigi kucing. Gigi kucing adalah salah satu ciri yang bisa kamu amati untuk mengetahui umur kucingmu. Kondisi gigi kucing akan berubah seiring dengan bertambahnya umur. Ketika kucing sedang bersantai, kamu bisa coba periksa jenis gigi kucing untuk mengira-ngiranya.

  • Gigi pertama yang akan tumbuh pada anak kucing adalah gigi seri pada saat umurnya sekitar 2-4 minggu, taring sekitar umur 3-4 minggu, geraham sekitar umur 4-6 minggu. 
  • Kucing yang umurnya kurang dari empat bulan, pastinya belum memiliki geraham.
  • Pada usia enam bulan keatas, kucing sudah memasuki masa-masa dewasa. Artinya semua gigi kucing akan berwarna putih.

Perhatikan Gigi yang Menguning

Hal kedua, kamu bisa perhatikan gigi yang menguning pada kucingmu. Gigi kucing akan memperlihatkan tanda-tanda penuaan seiring dengan pertambahan usianya. Gigi berwarna kuning menandakan bahwa kucing sudah dewasa dan tua. 

  • Usia dua tahun gigi kucing sudah mulai sedikit menguning.
  • Usia diatas lima tahun, gigi kucing makin bertambah kuning.
  • Pada usia diatas 10 tahun, semua gigi kucing akan nampak kuning.

Periksa Kondisi Gigi Kucing

Periksa kondisi fisik gigi kucing. Salah satu indikasi penuaan biasanya dilihat dari mulai usangnya gigi-gigi kucing. Gigi yang usang biasanya akan kehilangan ketajamannya sehingga lebih tumpul dibandingkan gigi kucing muda.

Beberapa gigi juga akan mudah tumpul dan patah. Bahkan pada usia lanjut, gigi kucing bisa saja lepas dari gusinya alias ompong. Semakin tua, gigi kucing akan semakin mengalami resesi gusi dan banyak karang yang terdapat pada gigi.

Itulah dia informasi yang lengkap mengenai ciri ciri kucing yang sudah tua. Jika kucingmu memiliki ciri-ciri seperti diatas, berarti kucingmu sudah memasuki masa-masa lanjut usia dimana dia justru malah membutuhkan kasih sayang dan perhatian lebih.

Semoga informasi yang PetPi berikan ini bisa bermanfaat buat kamu ya.

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://dokterhewan.co.id/detailpost/cara-mengetahui-umur-kucing-kesayangan-anda
  • https://kumparan.com/kumparansains/5-tanda-kucing-peliharaanmu-sudah-masuk-usia-tua/full
  • https://www.royalcanin.com/id/cats/health-and-wellbeing/how-old-age-affects-cats
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar