Hari ini: Kamis, 26 Mei 2022
Kamis, 28 April 2022, 17:00 WIB

Bulu Kucing Gimbal? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bulu Kucing Gimbal? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

penyebab bulu kucing gimbal - tufts catnip

Penyebab bulu kucing gimbal dapat dikarenakan banyak faktor, mulai dari jarang disisir hingga faktor kesehatan. Berikut fakta tentang penyebabnya

Hai, Sobat Pintar. Kembali lagi bersama petpi, kali ini kita akan membahas tentang penyebab bulu kucing gimbal. Bagi kamu yang memiliki kucing berbulu lebat, pasti sering berhadapan dengan masalah yang satu ini, bukan?

Kira-kira menurut kamu, kenapa bulu kucing jadi gimbal? Terus bagaimana sih caranya supaya bulu mereka bisa tetap cantik dan tertata rapi tanpa adanya gumpalan-gumpalan pada area-area tertentu?

Maka dari itu,  yuk mari kita simak bersama informasi yang akan petpi berikan di bawah ini.

Penyebab Bulu Kucing Menggumpal dan Menjadi Gimbal

Penyebab Bulu Kucing Gimbal
penyebab bulu kucing gimbal - square space

Tiap masalah yang terjadi pada hewan peliharaan tentu ada penyebabnya, begitu pula dengan bulu gimbal pada kucing.

Umumnya bulu gimbal ini sering kali dialami oleh kucing yang memiliki bulu panjang, seperti Persia atau jenis kucing dengan bulu lebat lainnya.

Pasti kamu sebagai pemilik selalu merasa kesulitan saat membuang bulu-bulu tersebut, dan bahkan bila sudah bisa terlepas maka suatu hari nanti pasti mereka akan mengalaminya lagi.

Sebenarnya apa sih penyebab bulu kucing gimbal?

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Jarang Disisir

Jika kamu memelihara kucing dengan bulu yang lebat, sebaiknya rajin-rajinlah menyisir bulunya agar tidak terjadi gimbal.

Saat menyikat bulu mereka pun jangan hanya pada bagian yang terlihat saja, tetapi sampai kebagian dekat kulit.

Karena apabila kamu tidak rutin melakukan kegiatan ini, bulu kucing akan jadi menggumpal dan jika sudah lama, kamu bisa kesulitan untuk mengurainya menggunakan sisir.

Sehingga dengan terpaksa bulu tersebut harus dipotong atau dicukur.

2. Jarang Dimandikan

Penyebab selanjutnya adalah karena bulunya terlalu kotor. Kotoran yang menempel pada bulu kucing juga akan membuat bulu mereka menjadi saling menempel, sehingga menyebabkan gimbal. 

Karena itulah kamu harus rajin memandikan kucing peliharaan untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada rambut kucing.

Mandikanlah setidak seminggu sampai dua minggu sekali kucing kesayanganmu.

3. Setelah Mandi Tidak Langsung Dikeringkan

Hal yang satu ini merupakan salah satu penyebabnya dan kadang diabaikan oleh pemilik kucing, yaitu setelah memandikan kucing tidak langsung dikeringkan dan disisir.

Sama seperti manusia yang jika selesai keramas rambut sebaiknya dikeringkan sambil disisir, selain merangsang pertumbuhan kegiatan ini juga bisa menghindari terjadinya kusut pada rambut.

Begitu pula pada kucing, khususnya kucing dengan bulu lebat. Jika setelah dimandikan tidak langsung dikeringkan, maka akan menjadikan bulu gimbal.

Apalagi bila kucing hanya dijemur begitu saja, bulu di bagian dalam tidak bisa kering dan malah lembab.

Karena masih lembab inilah yang membuat bulu-bulu tersebut jadi menggumpal dan tahukah kamu, selain membuat bulu kucing gimbal.

Kucing kesayanganmu bisa terkena penyakit kulit juga, karena itu setelah memandikan mereka pastikan kamu mengeringkannya dengan benar, ya.

4. Terinfeksi Jamur

Penyebab berikutnya kenapa bulu kucing menggumpal (gimbal) adalah karena adanya jamur pada kulit mereka. Ketika jamur ini muncul, kucingmu akan sangat sering menggaruk terus menerus pada area-area tertentu. 

Selain bisa membuat luka dan kebotakan, kucing yang terlalu sering menggaruk juga dapat menyebabkan bulu pada area tersebut menjadi gimbal atau menggumpal.

Apabila kamu melihat gejala tersebut, langsung mandikan saja kucingmu, ya.

5. Tidak Memotong Bulu Kucing

Kenapa Bulu Kucing Gimbal
kenapa bulu kucing gimbal - The Dodo

Untuk penyebab gimbal pada bulu kucing yang satu ini biasanya terjadi pada kitten, kucing yang sudah tua, sakit atau memang si kucing kurang menjaga kebersihan dirinya.

Ketika buang air, sering kali kotoran mereka menempel pada area sekitar anusnya dan apabila tidak segera dibersihkan, maka hal ini bisa menyebabkan gimbal.

Karena itu, sebagai pemilik kamu juga harus rajin memperhatikan bagian anusnya tersebut.

Cara paling mudah jika tidak ingin hal ini terjadi adalah dengan rajin memotong bulu-bulu pada area tersebut hingga pendek, jadi kamu tidak akan direpotkan kembali dengan bulu gimbal.

6. Kucing Sudah Tua atau Sedang Sakit

Sobat Pintar yang memiliki kucing, pasti tahu bagaimana kebiasaan kucing kesayangannya. Dimana mereka itu suka menjilati tubuhnya agar selalu bersih, sehingga bulu-bulu pada tubuh mereka menjadi tidak gimbal.

Namun, ketika kucingmu sudah tua atau sakit, kegiatan menjilati bulu ini akan berkurang bahkan sama sekali tidak dilakukan.

Karena itu, sebagai pemilik yang baik kamu harus menggantikan tugas mereka. Dengan rajin membersihkan serta menyikat bulu kucingmu secara rutin supaya tidak ada yang menggumpal.

Apabila kamu tidak ingin repot sama sekali, kamu bisa saja mencukurnya di toko hewan terdekat.

7. Terlalu Sering Dimandikan

Wah, siapa yang menyangka jika terlalu sering memandikan kucing malah membuat bulunya menjadi kusut atau gimbal (menggumpal). Kenapa demikian?

Ternyata hal ini disebabkan karena lapisan pada bulu mereka akan berkurang, selain itu juga akan merusak jaringan atau sistem pada rambut kucing.

Karena alasan inilah, kucing tidak boleh dimandikan terlalu sering. Bahkan ada sebuah penelitian di Amerika yang menyatakan, jika kamu ingin memandikan kucingmu sebaiknya 3-4 minggu sekali saja.

Tetapi, bila kucingmu memiliki bulu yang panjang maka bisa 1-2 minggu sekali.

8. Terjangkit Kutu atau Tungau

Kutu ini bisa bermacam jenisnya, namun yang paling sering membuat bulu menjadi gimbal adalah kutu yang seperti pasir.

Biasanya kutu-kutu ini berkumpul pada bagian bawah tiap helai bulu dan membuat kucingmu tidak nyaman sehingga mereka menggaruk bagian tersebut.

Dimana hal ini bisa mengakibatkan bulu menjadi kusut dan gimbal. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan sisir kutu.

Lakukan kegiatan tersebut secara rutin hingga kucingmu terbebas dari kutu yang menempel pada bulu mereka.

Nah, sobat pintar bagaimana menurut kalian tentang informasi mengenai penyebab utama kenapa bulu kucing gimbal ini? Menarik bukan? 

Jika bulu kucingmu saat ini sudah terlanjur gimbal dan sulit untuk disisir, maka cara mengatasi bulu kucing gimbal satu-satunya adalah dengan mencukur bagian yang kusut tersebut. 

Tidak perlu khawatir jika mereka kedinginan, karena kamu bisa memberikan mereka pakaian untuk sementara waktu. Selain itu, bulu kucing akan tumbuh dengan lebih cepat.

Akhir kata, semoga dengan membaca artikel ini, kamu akan lebih memperhatikan lagi kesehatan dari bulu kucing kesayangan kamu di rumah.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kucingpersia.co.id/penyebab-kucing-gimbal-sulit-disisir/
  • https://www.faunafella.com/bolehkah-memandikan-kucing-setiap-hari

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar