Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Senin, 12 April 2021, 12:45 WIB

Hati-Hati! Ini 7 Jenis Penyakit Kucing Kampung yang Paling Umum Menyerang

Hati-Hati! Ini 7 Jenis Penyakit Kucing Kampung yang Paling Umum Menyerang

penyakit pada kucing kampung - cat time

Kamu memelihara kucing kampung di rumah? Waspadai 7 penyakit kucing kampung yang sering menderitanya bahkan bisa menyebabkan kematian berikut ini

Hewan peliharaan membutuhkan perawatan yang cukup baik untuk terhindar dari penyakit. Namun tidak dipungkiri, setiap hewan peliharaan yang kita rawat pasti pernah mengalami gangguan kesehatan walaupun sudah dirawat dengan baik.

Tidak terkecuali dengan kucing. Di Indonesia banyak yang memelihara kucing kampung atau kucing domestik sebagai hewan peliharaan.

Selain mudah didapatkan, kucing kampung dinilai lebih kuat dibanding kucing ras lainnya.

Sayangnya kucing kampung tidak dapat terhindar dari penyakit.

Nah, berikut ini PetPi akan kasih tau kamu jenis penyakit kucing kampung yang paling umum menyerangnya. Kira-kira apa ya? Yuk ikutin terus informasinya berikut ini.

Jenis Penyakit Kucing Kampung

Penyakit Kucing Kampung
Penyakit kucing kampung - pet central

Setiap jenis ras kucing pasti mempunyai masalah yang berbeda-beda. Ini bisa dilihat dari kekuatan tubuhnya dan lingkungan sekitarnya yang tidak mendukung. Kucing kampung sendiri juga punya penyakit yang biasanya sering menyerang.

Berikut ini adalah daftar penyakit pada kucing kampung.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Penyakit Cacingan

Cacingan merupakan penyakit yang sering terjadi pada kucing yang kurang terawat kebersihannya. Kebanyakan kucing kampung memiliki sifat naluri yang liar.

Terkadang ia masih sering keluar rumah untuk mencari makanan jika ia kurang puas makan makanan yang kamu berikan.

Hal ini bisa menyebabkan kucing tersebut terkena penyakit cacingan. Makanan yang tidak bersih atau terkontaminasi dengan cacing bisa menimbulkan efek yang berbahaya pada kucing kesayanganmu.

Jika sudah terkena cacingan, otomatis penyakit tersebut akan menyerang bagian usus kucing dan dapat menyebar ke organ tubuh lain. Gejala awalnya kamu bisa melihat dari muntahan kucing yang mengeluarkan cacing. 

Penyakit Heartworm

Penyakit ini disebarkan oleh nyamuk yang terinfeksi oleh larva cacing. Ini merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada kucing rumahan.

Terlepas dari namanya, heartworm merupakan penyakit yang mengganggu paru-paru kucing. Ini merupakan perhatian penting bagi pemilik kucing yang memang tinggal di daerah pada nyamuk.

Nyamuk yang terinfeksi membawa parasit cacing jantung yang bernama Dirofilaria immitis. Nyamuk menggigit kucing dan akan menularkan larva ditularkan ke aliran darah.

Larva akan bermigrasi ke jantung selama sekitar empat hingga enam bulan, seiring berjalannya waktu, mereka menetap di jantung. Sehingga penyakit ini jika didiamkan bisa menyebar ke paru-paru.

Penyakit Mata

Penyakit Mata Pada Kucing Kampung
penyakit mata pada kucing kampung - cat on the web

Penyakit pada kucing kampung selanjutnya, menyerang mata kucing yang merupakan bagian penting dari kucing. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerangnya.

Gejala umum yang terjadi adalah saat mata kucing mengeluarkan cairan seperti air mata yang agak kental. Selain itu, gejala lainnya tergantung dengan penyakit mata yang menginfeksinya. 

Contoh penyakit mata pada kucing yang sering menyerang adalah, glaucoma, katarak, konjungtivitis dan penyakit mata lainnya. Kebanyakan sakit mata disebabkan oleh lingkungan yang tidak bersih sehingga menimbulkan virus yang menyerang mata.

Penyakit Ginjal 

Selain yang disebabkan oleh kebersihan dan virus yang menginfeksi, ada lagi penyakit kucing yang disebabkan oleh kekurangan gizi. Kucing kampung yang tidak terawat bisa menderita penyakit ginjal. Namun, penyakit ini tidak langsung menderita kucing secara langsung. 

Penyakit ini sifatnya muncul bertahap sehingga kucing tidak menampakkan tanda-tanda sedikitpun. Hal ini justru sangat berbahaya saat kucing kamu sudah terinfeksi lama.

Ginjal sendiri merupakan organ penting sebagai tempat penyaringan dan pembuangan racun pada tubuh kucing.

Penyakit Jamur Pada Kucing

Penyakit pada kucing kampung paling umum yang terakhir adalah penyakit jamur pada kucing. Jamur merupakan penyakit yang menyerang pada kulit kucing.

Penyakit pada kulit kucing ini menyerang pada anggota tubuh yang tidak tertutup bulu kucing, seperti wajah, telinga dan kaki kucing. Ini sering menyerang kucing kampung yang tidak terawat dengan baik.

Penyebabnya bisa karena bakteri yang bersarang pada tempat tinggalnya yang kotor. Gejala awalnya adalah saat kucing mulai menggaruk-garuk bagian yang terkena jamur secara terus menerus.

Setelah itu kulit akan menjadi kemerahan dan mulai mengeluarkan cairan berwarna kuning. Bila dibiarkan, bisa jadi menyebar ke seluruh tubuh sehingga kucing akan merasakan kesakitan yang luar biasa. 

Infeksi Saluran Pernapasan

Penyakit selanjutnya yang bisa menderita kucing kampung adalah infeksi saluran pernapasan.

Penyebab penyakit ini bisa dari virus dan bakteri dari kucing yang sudah terinfeksi sebelumnya atau dari makanan dan air yang dikonsumsi oleh kucing kita. 

Ciri yang bisa kamu perhatikan saat kucing terkena infeksi saluran pernapasan adalah, demam yang tak kunjung sembuh, pilek, hidung menjadi kotor, nafas menjadi cepat dan kucing tidak mau makan.

Sebenarnya penyakit ini bisa menyerang kucing dengan rasa apa saja, namun, kucing kampung sering sekali terkena penyakit ini karena lingkungan tempat tinggalnya yang kurang bersih dan sering mengkonsumsi makanan sembarangan.

Radang Telinga pada Kucing

Jenis penyakit kucing kampung yang terakhir adalah radang telinga. Radang telinga merupakan penyakit yang juga sering menimpa kucing kampung.

Penyebab utamanya adalah bakteri, tungau, luka pada telinga, dan gangguan hormon atau kekebalan tubuh yang lemah. 

Jika tidak diobati, penyakit ini bisa berakibat menjadi fatal. Kucing yang terkena penyakit ini akan menurun fungsi pendengarannya saat radang pada telinga ada di bagian dalam. Selain itu, radang telinga juga bisa menjalar ke penyakit polip.

Hal itu yang membuat kucing kampung menjadi tulis alias tidak mendengar apapun karena bagian telinga dalam tertutup dengan tumor atau kanker.

Beberapa ciri-ciri yang bisa waspadai apabila melihat kemerahan pada daun telinga kucing, bengkak dan terdapat ada kotorannya, segera mungkin kamu bawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Itulah dia beberapa penyakit pada kucing kampung yang sering menyerangnya. Hal yang terpenting untuk mencegahnya adalah menjaga kebersihan dan memberikan nutrisi yang terbaik untuknya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat para pemilik kucing kampung, share artikel ini jika melihat ada temanmu yang sedang mencari masalah pada kucing kampungnya.

VIDEO: Ini Penyakit Umum Yang Sering Diderita Kucing Kampung Rumahan!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Kamis, 14 Januari 2021, 16:00 WIB
Update pada: Senin, 12 April 2021, 12:45 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://www.animalplanet.com/pets/5-most-dangerous-cat-diseases/
  • https://www.aspca.org/pet-care/cat-care/common-cat-diseases
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180808112504-277-320466/6-penyakit-berbahaya-yang-bisa-ditularkan-kucing-tak-terawat

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar