Hari ini: Senin, 26 Februari 2024
Jumat, 10 Maret 2023, 21:00 WIB

Kucing Eksotis: Ciri-ciri, Sejarah, Harga hingga Tips Merawatnya

Kucing Eksotis: Ciri-ciri, Sejarah, Harga hingga Tips Merawatnya

Mengenal kucing exotic shorthair, ras kucing bulu pendek dengan bentuk muka yang unik - LoveToKnow Pets

Apakah kamu sedang mencari kucing peliharaan yang unik? Jika iya, maka kucing eksotis bisa menjadi rekomendasi terbaik. Cek ulasan ini untuk mengenalnya!

Sobat Pintar, apakah kamu sudah pernah mendengar tentang kucing eksotis? Ya, kucing lucu yang merupakan hasil persilangan ras kucing Persia dan ras bulu pendek Amerika ini tentunya sangat menarik untuk kamu ketahui.

Pasalnya, jika kamu melihat secara sekilas kucing ini hampir sama dengan kucing yang ada pada umumnya. Hal ini karena kucing eksotis atau disebut juga exotic shorthair memiliki ciri khas berupa bulu yang pendek.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai kucing Exotic Shorthair ini, maka kamu bisa simak penjelasan lengkap terkait ciri-ciri kucing eksotis, asal usul, harga, hingga tips merawatnya dengan benar di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Sejarah Kucing Eksotis

Asal Usul Kucing Exotic Shorthair
asal usul kucing exotic shorthair - hewanesia

Hewan lucu yang memiliki bentuk menggemaskan ini merupakan hasil perkawinan silang antara ras kucing Persia dan ras kucing Amerika shorthair. Adanya perkawinan ini membuat kucing Persia exotic shorthair memiliki bentuk yang unik.

Proses perkawinan silang ini pertama kali dilakukan pada tahun 1950 dengan tujuan awal untuk mendapatkan versi bulu pendek dari ras kucing Persia. Proses perkawinan silang ini melahirkan kucing dengan bulu yang pendek dengan warna perak.

Seiring berjalannya waktu, kucing ini mengalami perubahan dengan varian yang cukup banyak sehingga membuat kucing ini memiliki nama exotic shorthair Ketika pertama kali masuk di Indonesia, kucing ini tampak seperti kucing kampung.

Hal ini sangat wajar mengingat bulunya yang pendek dan hampir sama dengan bentuk kucing biasa. Setelah beberapa dekade, akhirnya kucing ini mulai terkenal sebagai pengganti kucing Persia yang memiliki perawatan sulit karena bulunya yang panjang.

Ciri-ciri Kucing Exotic Shorthair

Ciri Ciri Kucing Eksotis
ciri ciri kucing eksotis - dailypaws

Salah satu ciri khas lainnya yang ada pada kucing eksotis, yakni terletak pada hidungnya yang memiliki bentuk unik. Selain itu, terdapat juga beberapa ciri-ciri lainnya yang telah PetPi rangkum untuk Sobat Pintar.

Berikut ini beberapa ciri-ciri kucing exotic shorthair yang bisa kamu lihat dari bentuk bagian luarnya.

1. Bulu yang Pendek

Ciri utama dari kucing eksotis adalah memiliki panjang bulu luar yang pendek. Hal ini karena kucing eksotis merupakan ras kucing dari perkawinan silang antara ras kucing American Shorthair dengan ras kucing Persia.

Meskipun memiliki bulu seperti kucing ras Persia, kamu tidak perlu khawatir untuk merawat bagian bulu dari kucing exotic shorthair. Adanya bulu yang pendek tentu membuat kucing ini lebih mudah untuk kamu rawat jika dibandingkan dengan kucing Persia.

2. Hidung yang Unik

Ciri lainnya yang bisa kamu temukan dari kucing eksotis adalah memiliki hidung yang unik. Pada bagian wajah kucing eksotis memiliki hidung yang pesek dengan posisi mengangkat sedikit keatas.

Selain itu, kucing ini juga memiliki ukuran dahi yang sedikit lebih lebar dengan ukuran mata yang besar dan bulat. Meski terlihat menyeramkan, jika kamu lihat secara lebih dekat kucing ini sangat lucu dan unik.

3. Memiliki Beragam Warna

Exotic shorthair merupakan jenis kucing dengan pola warna yang berbentuk stripped lucu. Variasi stripped ini kadang bercampur dengan berbagai warna, seperti warna biru, coklat, krem, silac, hitam ataupun putih.

Selain itu, mereka juga memiliki pola warna unik seperti shaders dan smoked. Bahkan jika kamu beruntung, maka bisa melihat jenis warna kucing ini dengan varian warna bicolor, calico, ataupun particolor.

4. Ukuran Badan

Biasanya, bentuk badan dari kucing excotic shorthair ini tidak terlalu besar. Untuk jenis dewasa saja, mereka hanya mampu tumbuh dengan ukuran 4 hingga 6 kg.

Meski demikian, adanya bentuk serta wajah yang unik tersebut malahan membuat kucing ini tampak gemuk meski dengan bulu pendek.

Karakteristik Kucing Eksotis

Sifat Kucing Exotic Shorthair
sifat kucing exotic shorthair - thesprucepets

Kucing exotic shorthair merupakan kucing hasil dari perkawinan silang antara ras Persia dan Amerika shorthair. Adanya perkawinan ini juga membuat kucing ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan nenek moyangnya.

Nah berikut ini ada beberapa karakterisik yang khas dari kucing eksotis yang wajib juga untuk diketahui jika kamu hendak memeliharanya, yaitu:

1. Tenang dan Lembut

Berbeda dengan kucing munchkin yang kadang tampak liar meski sudah dirawat beberapa tahun. Pada exotic shorthair kamu akan mendapatkan kucing dengan karakter yang lembut dan tenang.

Meski demikian, beberapa dari ras kucing ini juga ada yang tempramen walaupun jarang ditemukan oleh para cat lover yang sudah memeliharanya.

2. Jauh Lebih Aktif

Jika dibandingkan dengan kucing Persia, maka kucing eksotis jauh lebih aktif. Bulunya yang pendek membuat kucing ini semakin tampak lincah dan aktif dalam berbagai hal.

Tidak hanya itu saja, kucing ini juga selalu terlihat penasaran dan mudah untuk bermain. Sehingga, kamu pasti akan tidak pernah bosan ketika memeliharanya.

3. Mudah Berbaur dengan Peliharaan lain

Persamaan kucing ini dengan rasa Persia, yakni mudah untuk berbaur dengan hewan peliharaan lainnya. Hal ini membuat Sobat Pintar tidak perlu khawatir jika di rumah memiliki hewan seperti anjing ataupun sebagainya.

4. Memiliki Kesetiaan

Jika kamu sering bermain dengan kucing ini, maka mereka akan tampak melihatkan kesetiaan serta rasa suka kepada pemiliknya. Hal ini juga yang membuat kucing ini terlihat tidak suka apabila ditinggalkan oleh pemiliknya dalam waktu yang lama.

Harga Kucing Eksotis

Harga Kucing Exotic Shorthair
harga kucing exotic shorthair - dailypaws

Jika kamu bertanya berapa harga jual kucing eksotis, maka jawabannya akan sangat beragam. Namun, rentang harga dari kucing ini berkisaran diantara Rp2.000.000 hingga Rp20.000.000. Hal ini mengingat kondisi seperti warna bulu, umur hingga kualitas dari perawatan kucing tersebut.

Kemudian apabila dilihat dari ciri-ciri dan karakteristiknya, maka kucing ini sangat cocok untuk hewan peliharaan rumahan. Hal ini juga yang membuat kucing eksotis banyak memiliki banyak peminat sehingga harga kucing eksotis pun semakin mahal.

Tips Merawat Kucing Eksotis

Perawatan Kucing Exotic Shorthair
perawatan kucing exotic shorthair - infobinatang

Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki kucing ini, tentunya perlu memahami terlebih dahulu cara memeliharanya agar kucing dapat berumur panjang. Pada dasarnya, merawat kucing ini sama dengan merawat kucing seperti ras lainnya.

Di bawah ini beberapa tips dari PetPi yang bisa kamu terapkan jika ingin memelihara kucing eksotis di rumah, seperti:

Rajin Membersihkan Kandang

Kandang tentunya menjadi rumah utama bagi kucing dan menjadi tempat yang paling sering untuk mereka kunjungi. Kebersihan kandang tentunya perlu kamu jaga dalam setiap harinya. Hal ini mengingat kandang bisa saja menjadi sumber penyakit bagi kucing.

Merawat Bulunya

Meski memiliki bulu yang lebih pendek dari ras Persia, kamu tetap perlu menjaga bulu kucing tersebut. Sisirlah bulu kucing eksotis secara rutin menggunakan sisir logam selama 2 kali sehari agar terjaga serta bersih.

Jika kamu menemukan bulu yang tampak kusam serta kusut, maka lakukan konsultasi dengan dokter hewan. Adanya bulu yang kusut secara terus menerus bisa saja menandakan bahwa kucing tersebut mengalami masalah atau sakit.

Berikan Makanan Bergizi dan Vitamin

Pilihlah jenis makanan bergizi yang memang cocok atau disukai oleh kucing eksotis. Serta berikan juga vitamin yang cukup agar kucing mengalami masa pertumbuhan yang bagus.

Adanya pola makan yang baik ini tentu akan membuat kucing menjadi bugar. Bukan hanya itu, tumbuh kembang dari si meong pun akan selalu terjaga dan sesuai dengan usianya.

Ajak Bermain

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan ketika memelihara kucing eksotis adalah mengajaknya bermain. Adanya permainan ini tentu akan membuat kucing menjadi lebih jinak.

Kamu juga bisa memberikan beberapa mainan untuk kucing yang bisa kamu beli di toko hewan. Dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan kucing, maka hal ini juga membantu mereka untuk mencegah obesitas.

Kucing eksotis ini merupakan jenis kucing yang sangat cocok untuk kamu pelihara di rumah. Bentuknya yang lucu serta karakteristiknya yang tenang membuat kucing ini mudah untuk diajak bermain.

Sobat Pintar, demikianlah akhir dari ulasan lengkap terkait kucing exotic shorthair yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat bagi kalian semua ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_eksotis
  • https://www.kucingklik.com/harga-kucing-exotic-horthair/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom.) Binus University 2013 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, ikan dan juga hewan peliharaan lainnya.

Ingin bekerja sama dengan PintarPet? Hubungi saya disini.

Komentar