Hari ini: Minggu, 17 Oktober 2021
Kamis, 07 Oktober 2021, 10:00 WIB

Mengenal Jenis Warna Kucing dan Pola Bulunya Disertai Karakternya

Mengenal Jenis Warna Kucing dan Pola Bulunya Disertai Karakternya

jenis warna kucing - pixabay

Jenis warna kucing ada banyak ragamnya. Setidaknya ada 5 jenis warna di dunia ini yang harus diketahui para pecinta kucing. Berikut rangkumannya

Sobat pintar, kita semua tahu bahwa kucing adalah hewan peliharaan yang lucu dengan berbagai tingkahnya yang menggemaskan.

Bukan hanya itu saja, hewan berbulu ini juga mempunyai wajah yang lucu sehingga wajar apabila banyak orang suka memeliharanya di rumah. Di dunia ini, ada banyak sekali jenis atau spesies kucing yang memiliki ciri fisik berbeda.

Mulai dari ukuran, pola bulu, hingga jenis warna kucing pun beragam. Apakah kamu tahu berupa jumlah warna bulu kucing yang ada di dunia saat ini?

Sebelum membahas hal tersebut, sebaiknya kamu mengetahui apa faktor yang mempengaruhi warna dari bulu kucing. Dan ternyata itu adalah induknya, warna bulu kucing bisa beraneka ragam karena disebabkan oleh faktor tersebut.

Beberapa Jenis Warna Kucing Yang Paling Sering Ditemui

Jenis Warna Kucing
jenis warna kucing - pixabay

Sebagian orang pasti penasaran apa saja warna kucing? Kenapa bisa anak kucing (kitten) mempunyai warna yang berbeda dari induknya?

Untuk menjawab rasa penasaran kamu memang tidak mudah, namun memang warna bulu jenis hewan ini secara umum berbeda dan menyesuaikan kelompok mereka. Bahkan kepribadian mereka yang berbeda-beda bisa disebabkan oleh perbedaan ini.

Sangat unik, bukan? Silahkan simak informasi berikut sampai habis jika kamu ingin mengetahui fakta sebenarnya.

Jika kamu bertanya ada berapa sih jumlah warna kucing yang ada saat ini. Berikut jawaban yang Petpi sediakan.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Solid

Gambar Kucing Berwarna Solid
gambar kucing berwarna solid - tumblr

Jenis warna kucing yang pertama adalah warna solid yang artinya mereka hanya memiliki satu warna yang menutupi seluruh tubuhnya. Seperti warna abu-abu, coklat, kuning, hitam, dan putih yang memiliki perbedaan karakter masing-masing. Seperti berikut.

  • Kucing hitam memiliki warna bulu yang pekat. Sebagian besar masyarakat Indonesia percaya bahwa kucing ini dapat membawa dampak negatif dalam kehidupan dan juga sering dikait-kaitkan dengan hal-hal mistis. Namun secara karakter, hewan ini pandai berburu mangsa, aktif dan cerdas.
  • Kucing putih memiliki sifat yang pemalu mudah gelisah, dan biasanya punya warna biru yang menjadi ciri khasnya.
  • Kucing abu-abu terlihat tenang dan dewasa. Mereka juga sangat suka bermain, atraktif, iseng, dan punya rasa penasaran yang tinggi. Kelebihan lain yang dimiliki hewan ini adalah matanya yang bulat dan cantik.
  • Kucing coklat cukup langka di Indonesia, memiliki karakter yang hampir sama dengan kucing hitam. Kucing ini juga sangat manja dengan pemiliknya.

2. Tabby

Gambar Kucing Berwarna Tabby
gambar kucing berwarna tabby - pcdn

Jenis warna kucing tabby biasanya dimiliki oleh kucing liar seperti warna coklat, orange, dan abu-abu perak. Tubuh mereka terlihat memiliki pola garis-garis seperti harimau. 

Bahkan pada dahi kucing ini juga ada pola seperti huruf M yang menempel. Berikut ini adalah karakter dari kucing dengan warna tabby berdasarkan polanya.

  • Ticked Tabby, contohnya kucing Somalia dan Abyssinians. Kucing ini memiliki pita pada setiap batang rambut dengan warna pada bagian dasar yang lebih terang. Pada tubuhnya juga ada beberapa bintik warna warni tanpa garis.
  • Classic Tabby, disebut juga dengan blotched tabby karena punya warna atau pola hanya pada bagian panggul. Warna tersebut membentuk garis melingkar seperti kue keong.
  • Mackerel Tabby, pada kedua sisi tubuhnya terdapat garis-garis vertikal dengan garis tulang belakang yang lebih gelap dan memanjang sampai ke ekor.
  • Patched Tabby, jenis kucing ini sulit untuk ditemukan dan biasanya dilahirkan oleh kucing betina dengan gen jingga bawaan.
  • Spotted Tabby merupakan kucing berbintik dengan ukuran dan jarak yang beragam. Biasanya mereka tidak mempunyai pola yang teratur. Seperti bercak roset pada kucing bengal yang membuatnya tampak seperti jelmaan harimau kecil.

3. Bicolor (Kucing 2 Warna)

Gambar Jenis Warna Kucing Bicolor (belang)
gambar kucing belang atau bicolor - saymedia

Sering disebut sebagai kucing belang karena mereka mempunyai dua warna lucu yang sangat bervariasi. Biasanya kucing dengan jenis warna bicolor mempunyai karakter moody dan misterius.

Terkadang mereka sangat manja dengan pemiliknya, namun beberapa jam kemudian mereka sangat tidak suka disentuh-sentuh. Meskipun moodyan, kucing bicolor sangat atraktif dan pandai. Berikut karakter kucing bicolor berdasarkan polanya.

  • Kucing badut mempunyai warna putih yang lebih dominan di bagian tubuh dan membuatnya terlihat sangat kontras dengan warna lain.
  • Kucing hitam putih memiliki perpaduan warna monokrom. Biasanya warna putih ini terdapat pada bagian dada, badan, serta kaki mereka.
  • Kucing dilute memiliki warna bulu pudar yang terlihat mengagumkan.
  • Kucing van bicolor mempunyai tubuh yang lebih didominasi oleh warna putih, dengan beberapa bagian ditutupi oleh warna hitam. Misalnya telinga, ekor dan punggung.
  • Kucing smokes adalah kombinasi bulu abu-abu dan hitam, namun pada bagian dalamnya juga terdapat warna putih yang kontras.

4. Point

Gambar Kucing Berwarna Point
gambar warna point pada kucing siam - thediscerningcat

Jenis warna kucing point biasanya dipengaruhi oleh gen bawaan dari induk sehingga akan tampak lebih terang. Berikut ini adalah beberapa jenisnya, seperti:

  • Lilac point adalah kucing dengan warna spot terang atau gelap yang terdapat pada bagian tubuh tertentu.
  • Chocolate point, biasanya pada kaki atau hidung akan berwarna merah muda.
  • Seal point memiliki spot gelap pada bagian telinga, kaki, atau hidung.
  • Flame point memiliki warna putih yang cantik, namun pada bagian ekor, telinga, wajah maupun kaki terdapat warna yang lebih gelap.
  • Lynx point tampak pada kucing yang memiliki bagian ekor dan wajah berwarna cream, atau warna lainnya yang bisa gelap dan terang.

5. Tiga Warna

Gambar Kucing Tiga Warna
gambar kucing tiga warna - coolwallpapers

Kucing dengan jenis bulu tiga warna mayoritas berjenis kelamin betina. Mereka mempunyai karakter yang suka bermain, penasaran, aktif dan dinamis. Berikut adalah jenis-jenis kucing yang memiliki tiga warna.

  • Tabico adalah kucing yang memiliki warna putih, coklat, serta pada bagian tubuhnya terdapat garis-garis lembut yang semakin menambah indah bulunya.  
  • Calico adalah hasil perpaduan warna putih, orange dan hitam. Kucing ini ada yang berwarna pucat dan ada juga yang berwarna terang.
  • Torbie merupakan kucing yang didominasi oleh warna orange. Jadi bagian tubuhnya hampir sebagian besar ditutupi oleh warna bulu tersebut, contohnya adalah Garfield.
  • Tortie (Tortoiseshell) memiliki pola belang yang sangat unik, biasanya terlihat dari kombinasi dua warna yakni abu-abu putih cream dengan abu-abu.

Itulah dia beberapa jenis warna kucing yang harus kamu ketahui. Tidak penasaran lagi kan? Semoga informasi Petpi dapat memberi jawaban yang memuaskan, ya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://okdogi.com/pola-warna-bulu-kucing/
  • https://www.kucingklik.com/warna-dan-pola-bulu-kucing/
  • https://www.ruparupa.com/blog/warna-kucing/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar