Hari ini: Kamis, 26 Mei 2022
Senin, 28 Februari 2022, 10:00 WIB

VCO Untuk Kucing: Resiko, Manfaat, dan Cara Memberikannya

VCO Untuk Kucing: Resiko, Manfaat, dan Cara Memberikannya

vco untuk kucing - pixabay

VCO untuk kucing apakah berbahaya? Jangan sembarangan, cek dulu fakta tentang kegunaan minyak kelapa untuk kucing berikut ini agar tidak salah

Sobat Pintar, pernah tidak memberikan VCO atau Virgin Coconut Oil, sering juga disebut minyak kelapa murni ke kucing? Ternyata minyak yang satu ini sering kali dijadikan solusi untuk kesehatan anabul.

Tapi, rupanya VCO untuk kucing ini masih mengundang pro dan kontra. Apakah boleh diberikan atau ada efek sampingnya? Kalau boleh bagaimana cara memberikannya? Nah, agar kamu bisa lebih paha, yuk bahas bersama dengan Petpi. 

Resiko VCO Untuk Kucing

Resiko Vco Untuk Kucing
resiko vco untuk kucing - tailor made health

VCO memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Tetapi, ternyata juga banyak sekali yang percaya bisa memberikan manfaat yang baik untuk kucing.

Hanya saja, pemberian VCO untuk kucing masih diperdebatkan. Jadi, apakah boleh diberikan? Berikut penjelasannya. 

Pada dasarnya pemberian VCO untuk anabul, terutama kucing terbilang efektif. Namun, sebagai owner yang baik, kamu harus tahu dulu risikonya.

Kandungan yang ada dalam VCO tidaklah terlalu bagus untuk kucing. Apalagi ketika kucing mempunyai potensi untuk mengalami sakit pankreatitis. 

Kondisi tersebut bisa lebih parah, karena dalam VCO terdapat kandungan akan lemak jenuhnya terbilang tinggi.

Jika kamu tahu bahwa kucing punya masalah di organ pankreas, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan. Jadi, memang tidak disarankan untuk memberikan VCO yang dicampur dengan makanan. 

Sobat Pintar, harus tahu bahwa daging serta susu dari kelapa tidak baik untuk kesehatan pencernaan kucing. Kondisi yang akan dialami kucing jika terlalu banyak mengkonsumsi VCO adalah sakit perut hingga diare. 

Tidak hanya itu saja, kandungan lemak dalam minyak kelapa juga terbilang tinggi. Jadi, jika kucing sudah terbilang gemuk, jangan diberikan. Bisa menyebabkan obesitas pada anabul kesayangan. 

Manfaat VCO Untuk Kucing Disertai Cara Memberikannya

Manfaat Vco Untuk Kucing
manfaat vco untuk kucing - Seaside Wildflower

Dari penjelasan singkat di atas, pasti Sobat Pintar bertanya-tanya bagaimana cara memberikan VCO pada kucing. Di atas sudah jelas bahwa memberikan VCO pada kucing tidak boleh sampai termakan atau terjilat.

Karena seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa resikonya terlalu tinggi. Lalu penggunaan VCO yang tepat untuk kucing itu seperti apa?

Penggunaan atau pemberian yang benar adalah hanya untuk suplemen atau obat oles saja. Dimana ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Berikut ini adalah manfaat dan cara memberikan VCO untuk kucing

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Menyehatkan Bulu Kucing

Sama seperti manusia, kulit kucing juga bisa kering. Ada banyak sekali penyebab kenapa kulit kucing bisa kering, misalnya terkena jamur, cuaca yang terlalu panas dan lain sebabnya.

Apabila kamu mendapati kulit kucing kering dan seperti berketombe, maka bisa memberikan VCO kepada mereka. 

VCO mempunyai kandungan vitamin E yang sangat tinggi, sehingga akan sangat baik untuk melembabkan kulit kucing. Untuk itu, berikut ini adalah cara memberikan VCO untuk kucing guna melembabkan kulit dan bulunya, yaitu: 

  • Ambil satu sendok makan VCO
  • Setelah itu oleskan pada bagian kulit kucing yang kering atau terkena jamur. 
  • Kemudian pijat-pijat pelan hingga VCO meresap pada kulit kucing. 

Kamu bisa memberikan VCO untuk mengatasi kulit kering pada kucing ini sehari sekali saja. Pastikan kucing tidak menjilatnya.

Walaupun sebenarnya tidak apa-apa, tapi mengingat risiko yang sudah dijelaskan tadi, lebih baik meminimalisir jumlah VCO yang terjilat. 

Apabila kulit kucing sehat, maka bulu kucing juga akan ikut menjadi sehat. Pemberian VCO secukupnya pada kucing akan membuat bulu mereka menjadi sangat halus dan mengkilap. Jadi, kucing akan terlihat cantik dan bersih. 

2. Membersihkan Hairball

Hairball atau bola bulu adalah kondisi umum dari kucing. Karena kucing sering menjilat tubuh mereka sendiri, maka bulu-bulu yang lepas akan tertelan. Maka daripada itu, bulu tersebut harus dikeluarkan. Meski kucing mempunyai cara sendiri untuk mengatasi hairball dengan memakan rumput, tapi jika kucing tidak pernah keluarkan tentu saja kamu harus membantunya dengan menggunakan VCO. 

Cara untuk memberikannya sendiri juga harus hati-hati untuk mengukur jumlahnya. Berikan saja sekitar ¼ sendok makan saja. Kamu bisa berikan secara langsung VCO ini. Tapi, kamu tidak boleh terlalu sering memberikan VCO pada kucing untuk penanganan hairball. 

Lalu, sebelum kamu berikan VCO, lebih baik biarkan kucing menjilat sedikit saja. Tunggu sesaat, apabila tidak ada reaksi alergi, maka bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi hairball. Namun, jika terlihat ada reaksi alergi seperti diare, lebih baik mencari cara lain. Karena seperti yang sudah dijelaskan pada poin risiko, pemberian VCO memang harus hati-hati. 

3. Menyembuhkan Luka Luar

Terkadang kucing bisa terluka karena berbagai macam hal. Misalnya mereka berantem dengan kucing lain, menggaruk area kulit yang gatal secara berlebihan dan lain-lain.

Jika kamu ingin membuat luka cepat kering, bisa menggunakan VCO untuk kucing. Caranya juga sama, hanya perlu mengoleskan secara langsung VCO ke area luka. Ingat, hanya area sekitarnya saja, jangan langsung di bagian lukanya.

Kamu juga harus ingat bahwa VCO ini bukan obat untuk luka. VCO hanya akan membantu proses penyembuhan luka lebih cepat dan mencegah infeksi saja. Untuk pengobatan luka yang serius, tetap harus ke dokter hewan. 

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat di atas, bisa kita simpulkan bahwa pemberian VCO pada kucing masih boleh. Hanya saja sesuai takaran dan harus disesuaikan dengan kondisi kucing peliharaan kamu ya.

Selain itu, pemberiannya sendiri pun tidak boleh berlebihan apalagi sampai menjadikan VCO sebagai suplemen harian. 

Sobat Pintar, apakah sudah jelas ulasan tentang pemberian VCO untuk kucing di atas? PetPi harapkan, kamu menjadi lebih waspada dalam memberikan VCO ini ya.

Selama memang tidak berlebihan, VCO masih aman kok. Tapi, kamu tetap harus memperhatikan kondisi kucing agar tidak ada efek samping yang berat. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://fanicat.com/vco-untuk-kucing/
  • https://kucingpedia.com/vco-untuk-kucing/
  • https://www.halodoc.com/artikel/adakah-efek-samping-pemberian-minyak-vco-untuk-kucing

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar