Hari ini: Minggu, 19 Mei 2024
Selasa, 18 Juli 2023, 12:00 WIB

Mengenal Jenis Kucing Peaknose Beserta Ciri-ciri dan Harganya

Mengenal Jenis Kucing Peaknose Beserta Ciri-ciri dan Harganya

Kucing peaknose, jenis kucing unik yang menawan dan mengagumkan (Gambar: pxfuel.com)

Kucing Peaknose dianggap sebagai kucing yang eksklusif, membuatnya menjadi incaran para pecinta kucing yang ingin memiliki hewan peliharaan yang istimewa.

Sobat Pintar, seperti yang kamu tahu bahwa kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan sekali, bukan? Tidak heran apabila kamu tertarik untuk memeliharanya. Nah, salah satu rekomendasinya adalah kucing peaknose yang terkenal lucu dan penurut.

Meskipun kamu tahu kalau kucing memiliki kebiasaan mencakar, tetapi hal itu tetap tidak mengurangi kelucuannya loh. Apalagi kucing termasuk cerdas dan sangat penyayang, sehingga bisa memahami perasaan pemiliknya.

Lantas, apakah kucing peaknose cocok untuk menjadi peliharaan di rumah kamu? Sobat pintar bisa menyimak terlebih dahulu apa saja sih asal usul, ciri-ciri, jenis hingga harga dari kucing ini sebagai bahan pertimbangan sebelum mengadopsinya.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Ciri-Ciri Kucing Peaknose

Keunikan Kucing Peaknose
keunikan kucing peaknose (Gambar: pxfuel.com)

Kucing peaknose merupakan salah satu jenis mamalia dengan harga paling mahal diantara ras kucing lainnya. Hal ini karena peaknose memiliki ciri unik yang tidak kucing lain miliki.

Bentuknya yang lucu serta tingkahnya sendiri sangat menggemaskan, tidak heran jika kucing tersebut menjadi pilihan favorit banyak orang untuk memeliharanya.

Beberapa ciri yang perlu kamu ketahui agar tidak salah memilih kucing antara lain :

  • Menjadi salah satu kucing dengan varietas persia paling populer di dunia;
  • Memiliki bulu lebih panjang dan lebat daripada kucing persia pada umumnya;
  • Peaknose memiliki struktur wajah yang bulat dan lembut. Tetapi bagian hidungnya lebih menonjol;
  • Tubuh dari peaknose cenderung besar dan kokoh, bahkan kakinya sangat panjang dengan bentuk bulat;
  • Warna bulunya sangat cerah dan indah seperti biru, kuning, dan juga merah;
  • Telinga dari peaknose cenderung besar dan lebar. Sedangkan matanya bulat serta besar;
  • Harga kucing peaknose cenderung mahal sebab perawatannya sendiri menghabiskan banyak biaya;
  • Kucing satu ini terkenal loyal dan setia kepada pemiliknya; hingga
  • Memiliki sifat pendiam dan tenang.

Asal Usul Kucing Peaknose

Mengenal kucing menggemaskan peaknose, pasti kamu penasaran sebenarnya dari mana sih asal mula hewan satu ini. Kucing peaknose ini ternyata telah lama dikembangkan sejak abad ke-16 di Persia, loh.

Mulai memasuki abad ke-17 namanya dikenal hingga ke Eropa. Tidak sampai di sana saja, pada abad ke-19 kucing satu ini juga mulai dipelihara di Amerika Serikat dan sejak saat ini menjadi terkenal hingga di berbagai belahan dunia.

Peaknose sendiri mudah dikenali karena memiliki wajah yang lembut dan bulat. Bulunya bahkan tebal dan lembut, sangat berbeda dari kucing persia pada umumnya. Warna bulunya juga cenderung cerah.

Masuk pada penangkaran membuat perkembangbiakan selektif dilakukan oleh beberapa peternak. Hal ini memungkinkan kucing peaknose mengalami pengembangan warna bulu. Di mana hal ini tentu saja akan membuat kucing ini semakin beragam.

Jenis-jenis Kucing Peaknose

Jenis Kucing Peaknose
jenis kucing peaknose (Gambar: pxfuel.com)

Memutuskan untuk membeli peaknose sebagai peliharaan, maka kamu harus mengenal jenis dari kucing satu ini. Pasalnya, kucing persia peaknose memiliki banyak sekali jenis yang dapat kamu temukan, antara lain :

1. Kucing Peaknose Exotic

Rekomendasi jenis peaknose yang bisa kamu masukkan ke dalam list calon binatang peliharaan adalah kucing peaknose exotic. Sebab, kucing satu ini menjadi idaman banyak orang.

Meskipun ciri-cirinya hampir sama seperti peaknose secara umum, tetapi varietas exotic memiliki bulu lebih panjang.

Selain itu, hidungnya yang pesek menambah kegemasan tersendiri. Penyebutan nama exotic karena peaknose memiliki warna marble exotic.

2. Persia Peaknose

Kucing persia adalah salah satu jenis asal mula dari ras kucing Peaknose yang sangat terkenal dan populer di kalangan pecinta kucing. Dengan bulu yang panjang dan lebat, serta hidung pesek yang elegan, menjadikan Persia Peaknose memiliki penampilan yang begitu menawan.

3. White Odd Eye

Kucing persia peaknose berikutnya yang bisa menjadi pilihan adalah jenis White Odd Eye. Kucing satu ini memiliki warna putih yang sangat cantik dengan bulu panjang. Tetapi, kucing White Odd Eye ini memiliki birahi meskipun cukup ringan.

4. Peaknose Hitam

Berbeda dengan peaknose berwarna putih, kucing peaknose hitam cenderung langka. Untuk mendapatkannya sendiri sangat susah dan membutuhkan effort lebih. Tidak heran jika harga dari kucing satu ini cenderung mahal.

5. Peaknose Long Hair

Kucing akan tampak menggemaskan apabila memiliki bulu yang sangat lebat, bukan? Nah, jika kamu salah satu pecinta kucing dengan ciri seperti ini maka peaknose longhair adalah pilihan terbaik.

Bulunya cenderung panjang dan sangat lebat. Namun, kelemahan kucing peaknose jenis ini adalah membutuhkan perawatan lebih extra. Karena jika bulunya tidak terawat akan mengurangi kecantikan dari kucing itu sendiri.

6. Short Hair Peaknose

Berbeda dengan jenis kucing longhair, kali ini kucing short hair juga bisa menjadi pilihan. Bisa kamu temukan dalam dua versi yaitu kucing jantan dan betina lebih memudahkan jika ingin melakukan perkembangbiakan.

Tidak hanya fisiknya saja yang menggemaskan, tapi sifat mereka pun dikenal dengan sifat yang tenang, manja, dan penuh kasih sayang sehingga sangat cocok untuk peliharaan kamu di rumah.

Namun sayangnya, kucing short hair kurang begitu menarik sebab bulunya yang tidak lebat. Meskipun begitu, pilihan tetap sesuai selera masing-masing.

7. Kucing Peaknose Scottish Fold

Scottish Fold Peaknose adalah gabungan yang unik antara kucing Scottish Fold dan kucing Peaknose. Mereka memiliki telinga yang melipat ke bawah, ditambah dengan hidung unik yang anggun.

Kombinasi ini menciptakan penampilan yang sangat menarik dan tidak biasa. Scottish Fold Peaknose dikenal dengan sifat yang lembut, penasaran, dan mudah bergaul dengan orang lain.

8. Munchkin Peaknose

Kucing Peaknose Munchkin adalah perpaduan antara kucing Munchkin yang berkaki pendek dengan ras persia yang memiliki hidung peaknose sehingga menghasilkan jenis ras ini.

Meskipun memiliki kaki yang pendek, mereka tetap aktif dan lincah loh. Tidak hanya itu, Munchkin Peaknose adalah kucing yang ceria, penuh semangat, dan suka bermain dengan pemiliknya.

9. Kucing Peaknose Ragdoll

Ragdoll Peaknose memiliki kepribadian seperti kucing Ragdoll pada umumnya yang tenang dan lembut. Mereka memiliki bulu yang lebat, mata yang indah, dan tubuh yang elegan.

Ras ragdoll dengan hidung unik ini adalah kucing yang penuh kasih sayang, suka bermain, dan mudah dijinakkan bagi siapa saja yang hendak memeliharanya.

10. Maine Coon Peaknose

Maine Coon Peaknose merupakan perpaduan menarik antara kucing Maine Coon yang besar dan berbulu tebal dengan persia peaknose. Mereka memiliki ukuran tubuh yang panjang dengan karakteristik fisik khas Maine Coon.

Tidak hanya itu saja, mereka memiliki kepribadian yang lembut, ramah, dan suka bermain sehingga sangat cocok nih buat kamu yang punya anak kecil di rumah.

Harga Kucing Peaknose

Harga Kucing Peaknose
harga kucing peaknose (Gambar: pxfuel.com)

Berapa harga jual kucing peaknose? Pastinya beragam sesuai dengan jenis serta kelangkaan dari kucing itu sendiri. Harga kucing Peaknose seringkali lebih tinggi daripada harga jenis kucing lainnya. Hal ini terutama disebabkan oleh keunikan dan ketenaran jenis kucing ini.

Selain itu, proses pemeliharaan kucing Peaknose memerlukan penanganan khusus dan pemilihan induk yang tepat untuk mendapatkan keturunan yang sempurna. Proses ini memerlukan waktu dan upaya ekstra dari para peternak kucing, sehingga tentu saja harganya pun menjadi lebih tinggi.

Sebagai bahan pertimbangansebelum memeliharanya, kamu bisa melihat beberapa daftar harga berikut ini :

Anak Kucing Peaknose

Karena harga dari Peaknose cenderung mahal, kamu bisa mengadopsi anakan kucing untuk dipelihara. Harganya lebih murah daripada kucing dewasa, meskipun untuk mendapatkannya pun tidak mudah.

Rentang harga anakan kucing peaknose berdarah campuran ini bervariasi mulai dari 200 ribu hingga jutaan rupiah tergantung campuran dari jenis ras apa anakan tersebut.

Peaknose Long Hair

Ingin memiliki kucing dengan peminat yang sangat banyak, maka kamu harus menyisihkan budget lumayan besar. Sebab, Peaknose long hair ini terpatok harga mulai dari 2 juta, 3 juta, hingga 4 jutaan rupiah.

Pasalnya bulu lebat dan panjang ini menjadi salah satu daya tarik kuat pada peaknose long hair.

Peaknose Exotic

Selanjutnya, kucing yang masih lumayan mahal seperti long hair adalah exotic. Kamu harus merogoh budget hingga 2–4 jutaan rupiah untuk kucing di bawah usia 1 tahun. Sebab, lebih dari 1 tahun harganya akan lebih mahal lagi.

Kucing Peaknose Jantan

Untuk kucing jantan jenis peaknose ini memiliki rentang harga Rp3.000.000. Tetapi, harga tersebut tetap tergantung dari seberapa besar dan terkait pada jenis serta usia kucing.

Kucing Peaknose Betina

Tidak berbeda jauh dari kucing jantan, pada jenis peaknose betina kamu juga harus mengeluarkan biaya sekitar Rp3.000.000. Tetapi, jika mendapatkan kucing dengan usia masih muda, kamu bisa menawarnya menjadi Rp2.000.000 saja.

Makanan Kucing Peaknose

Pakan Kucing Peaknose
pakan kucing peaknose (Gambar: pxfuel.com)

Tidak bisa kamu samakan dengan kucing liar pada umumnya, Peaknose memiliki jenis makanan sendiri. Seperti yang kalian tahu, makanan favorit kucing adalah ikan. Tetapi, kamu juga bisa memberikannya makanan lain seperti daging sapi, ayam, hingga kelinci.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan makanan kemasan yang sudah terbukti bergizi untuk kelebatan bulu kucing. Bahkan, kamu juga tidak perlu repot dalam mempersiapkannya.

Ada beberapa merek makanan kucing yang diakui memiliki kualitas tinggi dan cocok untuk kucing Peaknose. Berikut adalah beberapa merek makanan kucing yang dapat menjadi pilihan untuk pemilik kucing Peaknose, yaitu:

Cleo Persian Cat Food

Solusi pakan untuk kucing dari makanan laut adalah Cleo Persian Cat Food. Makanan kucing ini memiliki protein yang baik untuk otot, loh. Harganya mulai dari Rp67.500 per 1,2 kg.

Meski harganya tidak terlalu mahal, Cleo tetap memiliki reputasi yang baik dalam menyediakan berbagai jenis makanan kucing yang mengandung protein cukup tinggi dengan bahan-bahan terbaik.

Me-O Persian Dry Food

Berikutnya, makanan kucing favorit untuk mencegah hairball terlalu sering bisa kamu berikan dari merk Me-O Persian Dry Food. Makanan ini memiliki banyak sekali serat khusus untuk mengurangi gumpalan bulu dan melancarkan pencernaan.

Berbicara tentang harganya, pakan kucing ini dibanderol cukup murah jika dibandingkan merk lain yakni hanya mulai dari Rp250.000 per 2,5 kg.

Pemilihan merek makanan kucing yang tepat untuk kucing Peaknose dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan kesejahteraan anabul.

Selain itu, perhatikan pula kandungan makanan yang terdapat dalam merek yang dipilih. Pilihlah makanan yang mengandung bahan-bahan berkualitas tinggi dan bebas dari tambahan bahan kimia yang tidak sehat.

Makanan dengan bahan-bahan alami dan organik sering kali menjadi pilihan yang baik untuk kucing Peaknose, mengingat kepekaan hidung mereka terhadap aroma dan zat-zat yang terkandung dalam makanan.

Perlu diingat juga bahwa setiap kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda, jadi penting untuk berkonsultasi dengan dokter hewan atau ahli gizi hewan sebelum memberikannya jika kalian ragu.

[BONUS] Cara Merawat Kucing Peaknose

Sebagai pemilik kucing Peaknose, perawatan yang baik sangatlah penting untuk menjaga kesehatannya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat kucing Peaknose:

  • Perawatan Bulu: Bulu kucing Peaknose cenderung panjang dan lebat. Oleh karena itu, menyisir bulu kucing perlu dilakukan secara teratur untuk menghindari kekotoran dan membantu menjaga kebersihan bulu mereka.
  • Kebersihan Hidung: Karena hidung mereka, kucing Peaknose dapat mengalami masalah dengan hidung yang tersumbat atau berlebihan kotoran. Penting untuk membersihkan hidung kucing dan memastikan bebas dari masalah yang dapat mengganggu pernapasan.
  • Pemeliharaan Gigi: Kucing Peaknose juga rentan terhadap masalah gigi seperti pembentukan plak dan penyakit gusi. Oleh karena itu, menyikat gigi mereka secara teratur dan memberikan perawatan gigi yang tepat sangat penting.
  • Pemeriksaan Kesehatan: Meskipun kucing Peaknose umumnya sehat, mereka tetap perlu diperiksa secara berkala oleh dokter hewan untuk memastikan tidak ada masalah kesehatan yang terjadi.

Sobat Pintar, itulah beberapa informasi penting tentang kucing peaknose yang dapat kamu jadikan referensi sebelum memutuskan untuk memeliharanya.

Jadi, jika kamu mencari kucing yang memiliki penampilan yang istimewa, kucing Peaknose bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan karakteristik fisik yang luar biasa dan sifat yang ramah, mereka akan menjadi teman yang setia dan menghibur di rumah.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hewania.com/fakta-unik-kucing-persia-peaknose/11304/
  • https://katadata.co.id/intan/berita/615e70e08f4e6/5-jenis-kucing-persia-berdasarkan-variasi-warna-dan-corak-bulu
  • https://www.halodoc.com/artikel/mengenal-perbedaan-peaknose-dan-flatnose-pada-kucing
  • https://www.merdeka.com/jatim/perawatan-kucing-persia-peaknose-yang-perlu-diperhatikan-baca-selengkapnya-kln.html
  • https://www.pinhome.id/blog/kenali-kucing-peaknose/
  • https://www.tokopedia.com/find/kucing-peaknose

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom.) Binus University 2013 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, ikan dan juga hewan peliharaan lainnya.

Ingin bekerja sama dengan PintarPet? Hubungi saya disini.

Komentar