Hari ini: Senin, 15 April 2024
Rabu, 01 Maret 2023, 16:00 WIB

Kucing Savannah: Mulai dari Sejarah, Ciri-Ciri, Karakter & Harganya

Kucing Savannah: Mulai dari Sejarah, Ciri-Ciri, Karakter & Harganya

mengenal kucing savannah, ras kucing termahal di dunia - rover

Tertarik untuk merawat kucing savannah di rumah? Sebelum memeliharanya, ketahui dulu sejarah dan faktanya supaya tahu bagaimana sifat dan cara merawatnya!

Konon katanya, memelihara hewan seperti kucing merupakan salah satu cara terbaik untuk mengeluarkan insting penyayang dari diri manusia. Dari banyaknya ras kucing, kamu pasti ada yang belum mengenal kucing savannah, bukan?

Bagi yang belum tahu, kucing ini populer sejak tahun 1990-an dan hingga kini masih banyak peminatnya walaupun harganya mahal. Tidak hanya lucu dan manis, kucing savannah atau kucing sabana juga memiliki banyak daya tarik lainnya.

Mau tahu informasi lebih banyak seputar kucing savannah? Untuk itu, yuk simak artikel PetPi tentang berbagai informasi menarik mengenai kucing ras asal Amerika Serikat berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Sejarah Kucing Savannah

Asal Mula Kucing Savannah
asal mula kucing savannah - savannahcatassociation

Orang yang pertama kali menciptakan kucing berharga fantastis ini bernama Judee Frank, pria berkebangsaan Amerika Serikat. Frank melakukan perkawinan silang antara kucing ras serval jantan dengan betina Siamese.

Tepat pada 7 April 1986 lahirlah anakan kucing baru yang kini disebut sebagai ras kucing sabana atau savannah. Dari satu kelahiran menyusul kelahiran baru hingga jumlah kucing sabana semakin banyak.

Sobat Pintar, ada alasan mengapa kucing ras baru ini disebut sebagai kucing savannah. Alasannya sederhana, karena habitat aslinya seperti kucing serval yakni di padang rumput Afrika.

Setelah beberapa tahun usai kelahiran anakan ras kucing sabana. Pada tahun 2001, kucing ini diterima oleh asosiasi kucing internasional sebagai ras perkembangbiakkan baru.

Ciri Ciri Kucing Savannah

Ciri Khas Kucing Ras Savannah
ciri khas kucing ras savannah - meowwiki

Tahukah kamu apa saja membuat kucing savannah berbeda dari ras kucing lainnya? Ya, The Savannah Cat itu merupakan kucing berumur panjang yang bahkan dapat hidup hingga mencapai usia 20 tahun-an, loh!

Selain masa hidup yang panjang, ada beberapa ciri-ciri khas dari kucing sabana yang perlu juga kamu simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Postur Langsing, Panjang dan Tinggi

Dari segi postur tubuh, kucing jenis ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok karena tubuhnya tinggi, panjang dan juga ramping. Kucing ini panjangnya bisa mencapai 44 sentimeter.

Menariknya lagi, karena postur tubuhnya tersebut kucing sabana dinobatkan sebagai kucing terpanjang di dunia oleh Guinness World Records.

2. Bentuk Telinga Segitiga

Ada beberapa karakteristik khusus yang dapat kamu temukan saat menjumpai kucing sabana seperti kesiagaan. Ketika sedang waspada, telinga kucing ini secara reflek akan berdiri tegak.

3. Gerakan Gesit

Fakta kucing savannah lainnya adalah memiliki gerakan yang lincah. Tubuhnya yang ramping memungkinkan kucing ini untuk bergerak dengan gemulai selayaknya seekor macan.

Sobat Pintar yang pertama kali melihat dan menjumpai kucing ini mungkin akan terkejut saat melihat keaktifannya. Tapi respon tersebut merupakan respon yang normal dari kucing savannah.

4. Memiliki Taring dan Gigi yang Tajam

Sebutan macan kecil yang dialamatkan banyak orang pada kucing sabana bukan tanpa alasan. Selain karena gerakannya yang lincah, kucing ini juga mempunyai gigi dan taring yang tajam.

5. Bulu Tebal dan Kaki Panjang

Sama seperti anjing, kucing dikenal sebagai hewan berbulu. Khusus untuk kucing savannah, bulu yang dimilikinya cukup bercorak dan tebal. Ketika melihat kucing ini kamu akan menemukan berbagai kombinasi warna.

Sementara itu, ras kucing termahal di dunia ini juga memiliki kaki yang panjang dan berotot. Kaki depan kucing ras savannah jauh lebih pendek daripada kaki bagian belakangnya.

Karakteristik Kucing Savannah

Sifat Kucing Savannah
sifat kucing savannah - thesprucepets

Bagaimana Sobat Pintar, apakah kamu sudah tertarik untuk memelihara kucing ras savannah ini di rumah? Selain memahami ciri-ciri fisiknya, yuk kenali juga karakteristik dan kepribadiannya di bawah ini.

1. Energik

Jika alasan kamu ingin memelihara kucing bukan hanya sebagai teman mengobrol maka pilihlah kucing savannah. Berbeda dari beberapa kucing lainnya yang dikenal pemalas, kucing ini justru sangat energik.

Kamu bahkan harus mengajaknya bermain dan beraktivitas di dalam maupun luar rumah agar insting alaminya tidak memudar. Jalan-jalan sore akan menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi si kucing.

2. Cerdas

Cara merawat kucing savannah jauh lebih mudah karena ras kucing ini tergolong cerdas. Selain mengajarkan kucingmu bagaimana cara makan dan buang air yang benar, kamu juga bisa memberikan study lainnya.

Contohnya, melatih kucing untuk mempelajari beberapa gerakan mudah. Hebatnya lagi, kucing ini mempunyai rasa penasaran yang tinggi sehingga akan selalu antusias ketika kamu mengajarkannya hal baru.

3. Penurut

Berbanding terbalik dengan penampilannya yang tinggi besar sehingga terkesan mengintimidasi, kucing savannah sebenarnya sangat penurut. Kucing ini akan patuh dengan pemiliknya.

Sobat Pintar yang berhasil merawat kucing sabana dengan baik akan melihat beberapa sifat baru yang tidak ditunjukkannya pada orang baru. Kucing ini akan bersikap malu-malu dan cenderung hiperaktif.

Lalu, apakah kucing savannah galak? Bisa jadi, hal ini tergantung dari bagaimana kamu merawatnya, tetapi biasanya kucing ini hanya akan galak terhadap orang asing yang sama sekali tidak dikenalinya.

4. Tidak Takut dengan Air

Kelebihan lain yang dimiliki oleh kucing savannah adalah tidak takut air. Bila biasanya ras kucing akan kabur saat disiram air atau dimandikan, maka kucing ini tidak.

Kucing ras savannah justru senang bermain air baik itu pada genangan air dangkal maupun di dalam kolam. Dengan karakternya tersebut, kamu tidak akan sulit untuk membersihkan badannya secara rutin.

5. Setia

Selain dikenal sebagai hewan yang penurut, kucing sabana juga setia terhadap pemiliknya. Konon katanya, kesetiaan kucing ini hampir setara dengan kesetiaan anjing.

Apalagi, jika kamu merawat kucing dengan baik dan penuh kasih. Kucing sabana yang cerdas akan menunjukkan karakter ramah dan senang saat bersamamu.

6. Mampu Melompat Tinggi

Kucing memang identik dengan kemampuan melompat yang baik. Tapi tahukah kamu bila keunggulan kucing savannah adalah dapat melompat tinggi sampai 2,5 meter?

Kemampuannya tersebut, memungkinkan kucing ini untuk pergi dari satu atap ke atap lainnya dengan mudah. Jadi alangkah baiknya jika kamu menutup jendela lantai atas jika memelihara savannah di rumah.

Harga Kucing Savannah

scotsman

Di dunia ini ada banyak sekali ras kucing mahal yang harganya mungkin tidak pernah kamu bayangkan. Tahukah kamu dari 10 besar kucing termahal, ada di posisi berapa kucing savannah?

Jawabannya adalah posisi kedua dengan harga jual mencapai Rp390.000.000,- atau setara dengan US$25.000. Harga tersebut merupakan harga jual kucing ras savannah dewasa.

Lalu, berapa harga kucing savannah yang masih bayi? Untuk kitten-nya, harganya jauh lebih mahal yakni mencapai Rp1.900.000.000,- atau US$125.000. Mengapa demikian? Sulitnya proses perkembangbiakkan menjadi faktor utama.

Lantas, setelah mengetahui harga kucing savannah di Indonesia apakah kamu masih tertarik untuk memelihara ras kucing ini? Nah, bagi kamu yang tertarik memelihara kucing sabana atau kucing savannah tentu harus merawatnya dengan baik.

Agar selalu dalam kondisi prima, berikan jenis makanan yang disukai oleh kucing tersebut yakni mulai dari daging ayam, burung puyuh atau daging kelinci.

Sobat Pintar, itulah dia profil lengkap dari kucing savannah yang harus kamu pahami apabila tertarik untuk memelihara ras ini di rumah. Harga jual kucingnya memang mahal tapi sebanding dengan kualitas dan kelangkaannya.

Setelah mengadopsi atau membeli kucing sabana, maka kamu akan melihat secara langsung kepribadiannya yang menarik. Meski dari luar kucing ini memang terlihat besar dan mengintimidasi.

Tapi jika diperhatikan dengan baik, kucing ini sangat manis dan penurut. Kamu juga bisa mengajarkannya banyak hal yang baru karena kucing ini tergolong ras cerdas dan mandiri.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_sabana
  • https://muffingraphics.com/kucing-savannah/
  • https://p2k.unkris.ac.id/en3/1-3073-2962/Kucing-Savannah_96046_unkris_p2k-unkris.html
  • https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20221229124608-33-401142/harganya-rp-2-miliar-ini-10-ras-kucing-termahal-di-dunia

Tentang Penulis

Saya adalah alumni dokter hewan FKH Universitas Airlangga 2023 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar