Hari ini: Rabu, 19 Mei 2021
Rabu, 17 Februari 2021, 20:30 WIB

Awet nih! Ini 5 Jenis Ras Kucing yang Umurnya Panjang Sampai 20 Tahun!

Awet nih! Ini 5 Jenis Ras Kucing yang Umurnya Panjang Sampai 20 Tahun!

jenis kucing umur panjang - perfect pets

Khawatir dengan masa hidup kucing yang tidak panjang? Tenang saja, kamu bisa memelihara deretan jenis kucing yang umurnya panjang berikut ini

Bagi pecinta hewan, mempunyai hewan peliharaan yang selalu dekat setiap hari dengan kita bisa menjadi pereda stres dikala lelah. Hewan peliharaan sendiri sudah pasti kita anggap sebagai sahabat atau bagian dari keluarga.

Hewan yang paling banyak dipelihara di Indonesia adalah kucing. Sebagai pemilik kucing kita selalu menginginkan hewan peliharaan kita hidup lebih lama.

Walaupun kucing sendiri punya masa hidup yang lumayan panjang, namun hal tersebut tidak membuat kita puas.

Nah jika kamu memang menyukai kucing sebagai hewan peliharaan dan ingin masa hidupnya panjang, kamu bisa memilih jenis kucing yang mempunyai umur panjang ini.

Penasaran apa saja jenis kucing yang hidupnya panjang? Yuk ikutin terus informasi dari PetPi berikut ini.

Jenis Kucing Ras yang Masa Hidupnya Panjang

Walaupun semua ini tergantung saat merawatnya, namun beberapa kucing memang mempunyai tubuh yang lebih kuat daripada jenis ras lainnya.

Itu disebabkan karena beberapa faktor seperti gen keturunannya yang membuatnya lebih kuat dari jenis ras lain.

Dengan umur yang lebih panjang, hal ini pastinya akan membuat kamu senang kan sebagai pecinta kucing? Kamu bisa memelihara kucing ini lebih lama deh.

Nih PetPi kasih tau jenis kucing yang berumur panjang ini

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Siamese

Kucing Umur Panjang
Kucing siam - twitter image

Kucing pertama yang mempunyai umur panjang yaitu kucing Siamese. Kucing yang berasal dari Thailand ini telah mempesona orang-orang dari berabad-abad yang lalu.

Kucing ini dikenal dengan perawakannya yang tidak gemuk namun mempunyai ciri yang berbeda dari lainnya. Hal yang paling terlihat dari ujung-ujung tubuhnya yang berwarna agak kecoklatan.

Hal yang paling terlihat juga dari sifatnya yang berjiwa sosial dan sangat sering mengeluarkan suara. Kucing ini rentan terhadap penyakit gigi dan pernapasan, jadi kamu harus waspada dengan ini ya.

Umur rata-rata kucing ini dari 12 - 20 tahun lamanya.

Ragdoll

Kucing Yang Berumur Panjang
kucing ragdoll - indoor cat room

Selanjutnya ada kucing jenis Ragdoll. Kucing ini mempunyai sifat yang lembut dan santai pastinya sangat menggemaskan buat siapa saja yang memeliharanya.

Lebih lucunya lagi kucing jenis ras ini memang mempunyai sifat manja yang terkadang sering mengikuti majikannya ke mana pun kita pergi.

Ras ini umumnya tidak mempunyai masalah kesehatan yang cukup parah. Hanya saja beberapa kucing jenis ras ini pernah ditemukan mempunyai masalah di kandung kemih dan jantungnya.

Walaupun begitu, ras ini mempunyai umur yang panjang dengan rata-rata hidup mencapai 15 tahun.

Russian Blue

Kucing Yang Berumur Panjang
kucing russian blue - pet place

Di Indonesia memang agak jarang menemukan kucing ras ini, karena dari namanya saja kamu pasti tau kucing ini berasal dari mana kan?

Ya, kucing ini berasal dari Rusia, negara yang sangat jauh dari Indonesia. Kucing ini adalah salah satu kucing yang mempunyai masa hidup yang panjang.

Punya sifat yang agak pendiam, namun kucing ini sangat menyayangi sang pemiliknya. Jika kamu memeliharanya, kamu bakalan sering menemukan kucing ini sedang beristirahat di tempat yang cerah sambil mengamati lingkungan sekitar.

Rata-rata umur kucing ini bisa mencapai 15 hingga 20 tahun.

Balinese Cat

Kucing Yang Masa Hidupnya Panjang
kucing bali - the spruce pets

Mendengar namanya mungkin kamu akan berpikir bahwa kucing ini berasal dari Bali? Jawabannya, tidak sama sekali.

Tidak ada sangkut pautnya dengan pulau Bali karena kucing ini berasal dari mutasi kucing jenis Siam dengan bulu yang lebih panjang.

Seperti kucing siam, kucing balinese ini mempunyai sifat yang ramah, energik dan berisik. Apalagi jika kucing ini sedang meminta makan, sudah pasti suaranya akan memenuhi seisi ruanganmu deh.

Umur rata-rata dari kucing ini sekitar 12 -20 tahun. Lama juga ya.

The Savannah Cat

Kucing Dengan Umur Panjang
kucing savannah - wix

Kucing terakhir yang mempunyai umur panjang adalah kucing savana dari Afrika. Kucing ini memang terlihat seperti kucing liar yang cukup galak jika dipelihara.

Namun beberapa orang ada yang memelihara jenis kucing ini. Sudah pasti, kucing tidak direkomendasikan oleh kamu pemula untuk memeliharanya.

Meski tidak bisa sepenuhnya jinak, tapi dia bisa cukup bersahabat dengan manusia lho. Kucing ini memang mempunyai temperamen yang tinggi sehingga kita sebagai pemiliknya juga harus hati-hati dalam memelihara.

Sifatnya yang aktif dan berani membuat sebagian orang enggan bermain dengan kucing ini. Umur rata-rata kucing ini bisa mencapai 20 tahun lamanya.

Nah itulah dia beberapa jenis kucing ras yang mempunyai umur yang panjang. Kamu bisa memelihara beberapa jenis ras di atas, namun juga harus memperhatikan sifat, kebiasaannya dan cara merawat kucing yang benar ya.

Hal itu supaya menjaga dia tetap bisa hidup sampai usia yang panjang. Sekian dari PetPi, semoga informasi ini bermanfaat buat kamu!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Terbit: Minggu, 20 September 2020, 16:00 WIB
Update pada: Rabu, 17 Februari 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.idntimes.com/science/experiment/izza-namira-1/daftar-ras-kucing-dengan-umur-paling-panjang
  • https://www.thesprucepets.com/these-cats-live-the-longest-4693535

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar