Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Sabtu, 10 Juli 2021, 15:30 WIB

Ternyata Ini Ciri-Ciri Kucing Kedinginan yang Tidak Boleh Diabaikan

Ternyata Ini Ciri-Ciri Kucing Kedinginan yang Tidak Boleh Diabaikan

ciri ciri kucing kedinginan - rover

Ciri-ciri kucing kedinginan berikut tidak boleh diabaikan jika tidak ingin peliharaan mengalami hypothermia. Inilah ciri-ciri yang terjadi pada kucingmu.

Sobat pintar, menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan memang keputusan yang bijak. Karena selain menggemaskan, kucing juga mempunyai bentuk badan berbulu yang membuatnya terlihat lucu.

Ditambah dengan beragam tingkahnya yang unik tentu membuat banyak orang menginginkan hewan berbulu ini sebagai peliharaannya di rumah, bukan?

Namun, sebagian dari kamu mungkin tidak pernah membayangkan kucing kesayangan akan mengalami hypothermia.

Hal ini wajib diperhatikan jika kamu sudah memutuskan untuk mengadopsi kucing, karena segala hal bisa terjadi dalam dirinya, termasuk kucing yang sedang kedinginan.

Jangan abai dan lengah, pastikan kamu telah mengetahui ciri-ciri kucing kedinginan yang bisa jadi tanda serangan hypothermia berikut ini.

Ini Tanda Kucing Kedinginan yang Harus Diperhatikan

Ciri Ciri Kucing Kedinginan
ciri ciri kucing kedinginan - sepicat

Sebagai pemilik, kamu dapat mengenali apakah kucing kesayangan sedang kedinginan atau tidak. Meskipun memiliki bulu yang lebat, bukan berarti kucing kamu bisa terhindar dari serangan hypothermia.

Kemungkinan tersebut bisa terjadi pada hewan peliharaan manapun, dan untuk menghindari kondisi terburuknya, kamu dapat mengenal dari tanda-tanda berikut ini.  

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Tubuh Menggigil

Ciri pertama yang tampak saat kucing kedinginan adalah menggigil. Kondisi tersebut terjadi karena kucing kamu sedang berupaya untuk menghangatkan badannya secara alami.

Daerah seperti kaki, telapak tangan, telinga, dan beberapa wilayah yang jauh dari lokasi peredaran darah di tubuhnya akan mengalami penurunan suhu.

Jangan sampai kamu telat menyadari kondisi kucing tersebut, karena jika dibiarkan terlalu lama dapat memperburuk penurunan suhu tubuh.

Hal ini tentu bukan pertanda baik bagi hewan peliharaan, sebab mereka akan mulai menunjukkan sikap tidak wajar sebagai respon terhadap berbagai reaksi alami tersebut.

Segera lakukan langkah-langkah penghangatan apabila kamu sudah menyadarinya.

2. Nafsu Makan Menurun

Kucing yang sedang kedinginan biasanya akan kehilangan nafsu makan. Ini disebabkan oleh tenaga yang terkuras habis saat cadangan lemak di bawah kulit digunakan untuk membuat panas alami diwaktu yang bersamaan.

Akan sulit bagi kucing minta makan ataupun berjalan menghampiri pemiliknya. Kondisi tersebut cukup mengkhawatirkan, bukan? Apalagi jika kamu tidak sadar dan terlambat memberikan penanganan yang tepat.

Kucing membutuhkan asupan makanan untuk memulihkan tenaganya. Hal ini juga dibutuhkan supaya jumlah lemak yang diproduksi dalam tubuh bertambah, sehingga suhu badan kucing juga ikut naik.

Kamu bisa membantu kucing peliharaan makan dengan cara meneteskannya apabila kondisi mereka sulit untuk melakukannya sendiri. Berikan minum yang cukup sambil melakukan afeksi seperti mendekap atau menggendong kucing yang sedang kedinginan.

3. Terlihat Lemas dan Kelelahan

Tanda kucing kedinginan selanjutnya yang mudah dikenali adalah lemas dan kelelahan. Tubuh kucing bisa kehilangan tenaga apabila kamu tidak segera mengatasi respon menggigilnya.

Aktivitas jantung, pernapasan, dan anggota tubuh lain juga mulai tidak teratur dan ikut melemah seiring dengan tubuhnya yang semakin lemas.

Kondisi ini bukanlah sesuatu yang dapat diabaikan begitu saja, karena jika kamu tidak segera bertindak bisa gawat dan membahayakan nyawa kucing kesayangan.

Meskipun tubuh kucing secara alami melakukan pembakaran cadangan lemak, ini tidak cukup apabila mereka kehabisan tenaga.

Jika kondisi ini terus berlanjut, kucing yang tidak sanggup menahan dingin bisa pingsan hingga koma. Tidak ingin kucing kamu dalam kondisi tersebut bukan? Lebih siaplah lagi dan berikan kucing penanganan yang tepat.

4. Tidak Sadarkan Diri atau Pingsan

Berbagai masalah buruk bisa saja muncul pada saat tubuh kucing mengalami kedinginan, mulai dari tidak sadarkan diri hingga bahaya paling ekstrim yang bisa menghilangkan nyawanya.

Bagi pemilik, ini hal yang sangat menakutkan, karena kucing kesayangan bisa mati jika tidak segera ditangani.

Jika kucing sampai tidak sadarkan diri atau pingsan, kamu harus segera memberikan perawatan yang tepat jika tidak ingin kehilangan hewan peliharaan yang disayangi.

Cara pertama bisa dengan memberikan bantalan penghangat, menempatkannya di depan perapian, atau juga bisa dengan menyelimuti kucing dengan selimut hangat.

5. Menggosokkan Badan Ke Benda-benda Hangat

Gejala kedinginan yang sering ditunjukkan oleh kucing adalah menggosok-gosokan badannya ke benda-benda yang mengeluarkan panas. Tingkah ini menunjukkan upaya kucing untuk mentransfer hangat pada barang ke tubuhnya guna memulihkan kembali suhu badan yang menurun.

Kucing yang kedinginan biasanya akan mulai mendekati barang-barang elektronik yang mengeluarkan suhu panas atau juga menempatkan tubuhnya di perapian.

Saat kamu melihat kucing melakukan tindakan ini, kamu bisa memberikannya selimut untuk membantu menormalkan kembali suhu tubuhnya yang sempat turun.

Cara Mengatasi Kucing yang Kedinginan

Cara Mengatasi Kucing Yang Kedinginan
cara mengatasi kucing yang kedinginan - kittenoob

Kamu dapat membantu kucing kesayangan yang kedinginan dengan beberapa cara berikut ini. Yuk ikuti!

1. Pahami Ciri Kucing Kedinginan

Sebagai pemilik, kamu harus memahami tanda-tanda kucing kedinginan. Misalnya, kucing lebih sering bersin, terlihat lemas dan kelelahan, atau juga bisa menggigil.

Namun, kamu tidak bisa langsung menjadikan beberapa tanda tersebut untuk memastikan kucing sedang kedinginan atau tidak.

Kamu bisa lebih waspada jika kucing bersin sambil mengeluarkan air mata, tidur tidak nyenyak, dan nafsu makan menurun.

2. Siapkan Kain Tebal untuk Alas Tidur

Lakukan penanganan awal seperti menyiapkan kain tebal untuk alas tidur kucing peliharaan. Kain tersebut bisa dari handuk bersih, kemudian letakkan pada kandangnya supaya kucing merasa lebih hangat.

3. Berikan Selimut dan Bantalan Penghangat

Selimuti si manis dan berikan bantalan penghangat untuk menyergap rasa dingin yang dirasakannya. Cara ini efektif dalam membantu menormalkan kembali suhu tubuh yang turun.

4. Bawa Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Kedinginan dapat mengancam nyawa sang kucing, untuk itu segera hangatkan tubuh mereka dengan cara membawanya berjemur di bawah sinar matahari.

Biarkan kucing kamu berada di luar untuk merasakan hangat sinar matahari, ini bisa membantu menghilangkan rasa dingin pada tubuh kucing.

Sobat Pintar, memastikan kesehatan kucing adalah hal yang wajib dilakukan para pemiliknya. Segera berikan penanganan yang tepat jika ciri-ciri kucing kedinginan di atas dialami oleh peliharaan kamu.

Semoga kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara di atas.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.lyceum.id/ciri-ciri-kucing-kedinginan/
  • https://www.mainecoon.id/2021/03/tips-mengatasi-kucing-kedinginan.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar