Hari ini: Kamis, 11 Agustus 2022
Kamis, 14 Juli 2022, 13:30 WIB

Apakah Flu Kucing Menular Ke Manusia? Yuk Ketahui Risikonya

Apakah Flu Kucing Menular Ke Manusia? Yuk Ketahui Risikonya

flu kucing menular ke manusia - true dell animal health

Apakah flu kucing menular ke manusia? Berikut ini adalah jawaban dan gejala flu pada kucing serta cara ampuh mengobati dan mencegahnya dengan mudah

Sobat Pintar, setiap hewan peliharaan bukan hanya membutuhkan kasih sayang berupa makanan atau hanya belaian. Tapi lebih dari itu, termasuk kucing.

Kamu harus memberikan perhatian dan perawatan yang baik supaya mereka dapat tumbuh dengan sehat dan terhindar dari segala macam penyakit.

Apalagi hewan menggemaskan satu ini bisa menularkan penyakit ke manusia.  Jadi, jangan abaikan, ya!

Menurut situs Very Well Health, kucing dapat menularkan penyakit ke manusia, seperti jamur, toksoplasma, dan Salmonella. Lalu bagaimana dengan flu? Flu pada kucing biasanya disebabkan oleh virus influenza.

Apakah flu kucing menular ke manusia? Ya, hanya saja risiko penularannya sangat rendah. Meskipun demikian, Kamu tetap harus waspada saat kucing terserang flu.

Gejala Kucing Flu

Gejala Kucing Flu
gejala kucing flu - medivet

Kucing sama seperti manusia, mereka juga bisa terserang flu dan sakit. Flu memang dapat membuat kondisi tubuh kucing menjadi kurang baik, bahkan pada kasus yang serius dapat berakibat fatal.

Mari ketahui lebih awal tentang gejala kucing flu berikut ini.

Penyakit flu pada kucing hampir sama dengan yang dialami manusia. Kebanyakan kucing bisa melawannya, seperti kucing dewasa. Hanya saja situasi tersebut kurang baik bila terjadi pada anakan kucing atau kucing yang lebih tua.

Flu yang menyerang kucing biasanya disebabkan oleh virus yang berhasil masuk ketika antibiotik tidak dapat bekerja dengan maksimal. Untuk mencegahnya, kamu dapat melakukan vaksinasi di klinik hewan.

Hanya saja itu bukan jaminan kucing kamu bisa sepenuhnya terhindar dari penyakit tersebut. Akan tetapi vaksin sangat berperan penting dalam membantu mereka melawan virus yang menyerang.    

Gejala flu pada kucing sebenarnya mudah untuk dikenali. Kamu dapat mengetahuinya dari tanda-tanda berikut:

  • Suhu tubuh meninggi
  • Mata berair
  • Kehilangan selera makan
  • Menunjukkan perubahan perilaku
  • Mengucurkan air lir
  • Sesak nafas
  • Pilek
  • Bersin (gejala utama penyakit flu kucing)
  • Tumbuh bisul di sekitar area mata, khususnya pada kasus yang serius.

Tingkat keparahan dapat mempengaruhi gejala flu yang dialami kucing. Segera bawa hewan peliharaan ke dokter ahli apabila kamu melihat gejala-gejala di atas, baik yang ringan apa lagi serius.  

Apakah Flu Kucing Menular Ke Manusia?

Flu Kucing Menular Ke Manusia
apakah flu kucing menular ke manusia? - cat world

Flu kucing sangat menular, selain menjangkiti hewan lainnya juga bisa menular ke manusia meskipun memang hal ini jarang ditemukan. Kucing yang sudah terinfeksi bisa menyebarkan virus ketika bersin.

Untuk mencegah terjadinya kontraksi, kamu dapat membantunya dengan membersihkan baki kotoran, mangkuk, dan tempat tidur kucing secara teratur. Kita tidak tahu kapan virus akan menyerang, bahkan ini bisa ditularkan oleh orang atau hewan lain.

Kamu harus waspada, karena tidak semua kucing menunjukkan tanda-tanda penyakit tersebut. Tapi jika sudah terlanjur sakit, kamu dapat menjauhkan kucing yang terinfeksi dari orang lain sebagai upaya mencegah kontaminasi.

Risiko penularan flu dari kucing ke manusia memang sangat rendah. Namun tetap ada risiko yang terjadi pada tubuh tergantung jenis virus yang menginfeksi.

Salah satu cara menghindari infeksi flu kucing (cat flu) adalah dengan mencuci tangan secara teratur setelah melakukan kontak langsung dengannya.

Meskipun sampai saat ini belum ada laporan medis tentang dampak berbahaya flu kucing bagi manusia, nyatanya ada penyakit berbahaya lainnya yang bisa berasal dari hewan menggemaskan ini. Apa saja?

  • Cakaran kucing yang menyebabkan luka. Harus segera diobati jika tidak ingin menyebabkan kerusakan pada kulit bagian dalam.
  • Toxoplasma Gondii yang menyebabkan infeksi toksoplasmosis. Berasal dari parasit yang sering menginfeksi burung dan hewan lain. Jangan sampai terlambat memberikan penanganan jika tidak ingin kondisi semakin memburuk.

Cara Mengobati Flu Kucing

Cara Mengobati Kucing Flu
cara mengobati kucing flu - eat heal love

Kucing mempunyai antibiotik yang dapat membantunya melawan infeksi penyakit tertentu, hanya saja saat ini belum ada pengobatan untuk penyakit flu. Lalu apa yang harus dilakukan pemilik untuk cara mengobati kucing flu?

Kamu dapat membuatnya merasa lebih nyaman dengan cara berikut.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Menjaga Kebersihan Mata dan Hidung Kucing

Untuk membersihkan kotoran mata dan hidung kucing, kamu dapat menggunakan bantalan kapas kemudian celupkan ke dalam air garam. Seka kotoran yang terkumpul dengan lembut.

Lakukan hal ini sesuai kebutuhannya saja, karena tindakan ini juga dapat mengganggu istirahat dari si kucing jika kamu melakukannya terlalu sering.

2. Menjaga Cairan Tubuh Kucing

Air dapat membantu melonggarkan sekresi pilek pada kucing flu. Kamu dapat mendorongnya untuk minum lebih banyak.

Cara lainnya adalah dengan memberikan uap. Kamu dapat mencobanya dengan membiarkan kucing di kamar mandi ketika kamu berendam di air panas.

3. Memberikan Madu

Sampai sekarang belum ada obat untuk flu kucing. Tidak perlu khawatir karena kamu dapat memberikannya madu yang memiliki banyak khasiat baik untuk si kucing.

Cara memberikannya pun mudah, cukup berikan madu setiap 4 jam sekali, dimana kamu bisa mencampurnya ke dalam air minum atau memberikan secara langsung.

4. Tidak Memandikan Kucing

Kucing pilek harus tetap hangat. Jika ingin membersihkan bagian tubuh kucing yang kotor, kamu bisa menggunakan kain lembab. Jadi jangan dimandikan, ya!

Apabila kucing tidak nafsu makan mungkin karena tenggorokannya sakit, maka kamu dapat memberikan mereka sedikit paksaan untuk menelan makan yang tidak sulit ditelan.

Kucing yang sedang flu juga mengalami anosmia atau kehilangan indra penciuman. Gunakan makanan berbau lebih kuat untuk menggoda mereka supaya mau makan.  

Jaga supaya kucing tetap nyaman, kering dan hangat. Sediakan tempat tidur dan baki kotoran di dekatnya. Kamu juga dapat menyediakan air dan makanan segar untuk berjaga-jaga saat kucing mau makan. 

5. Mengajak Kucing Berjemur

Cara mengobati cat flu berikutnya adalah dengan mengajaknya berjemur. Sama halnya dengan manusia, kucing yang terserang flu juga butuh untuk dijemur, lho.

Kenapa demikian? Karena berjemur di sinar matahari pagi dapat membantunya menghangatkan diri. Cukup lakukan hal ini 1x sehari pada pukul 8-9 pagi selama 10-15 menit.

6. Membiarkan Kucing Istirahat

Ketika kucing sedang terserang flu maka ia akan butuh banyak istirahat. Hal ini harus dilakukan karena untuk mengembalikan tubuhnya seperti sedia kala.

Agar ia mendapatkan istirahat yang cukup, pindahkan kucing ke lokasi yang lebih sepi sehingga ia dapat beristirahat dengan tenang dan cepat sembuh kembali.

Cara Mencegah Flu pada Kucing

Cara Mencegah Flu Pada Kucing
cara mencegah flu pada kucing - shopify

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Sama seperti flu manusia, cat flu juga dapat dicegah dengan melakukan beberapa cara seperti di bawah ini.

  • Berikan makanan dan asupan nutrisi yang cukup
  • Tambahkan suplemen dan vitamin yang bisa dikonsumsi sehari-hari.
  • Pastikan kucing beristirahat dengan cukup. Kamu dapat membantunya dengan menyediakan tempat tidur yang bersih dan nyaman.
  • Berikan vaksin untuk mencegah infeksi virus. Bawalah kucing ke dokter hewan yang terpercaya sehingga mendapatkan vaksin yang berkualitas.
  • Jangan biarkan kucing mandi hujan, ini bisa menyebabkannya kedinginan.
  • Jangan biarkan kucing bermalam di luar rumah pada malam hari.

Flu kucing menular ke manusia bisa dicegah dengan cara-cara di atas. Semoga artikel ini membantu ya, Sobat Pintar.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Senin, 23 Agustus 2021, 16:00 WIB
Update pada: Kamis, 14 Juli 2022, 13:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kucingpersia.co.id/cara-mengobati-kucing-flu/
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/07/090343676/flu-pada-kucing-gejala-pengobatan-dan-efek-jangka-panjang?page=all
  • https://www.sehatq.com/artikel/kucing-bersin-karena-infeksi-virus-influenza

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar