Hari ini: Minggu, 17 Oktober 2021
Senin, 04 Oktober 2021, 16:00 WIB

Jenis Shampo Manusia yang Cocok Untuk Kucing & Cara Menggunakannya

Jenis Shampo Manusia yang Cocok Untuk Kucing & Cara Menggunakannya

shampo manusia yang cocok untuk kucing - pixabay

Shampo manusia yang cocok untuk kucing tidak boleh dipilih sembarangan, sebaiknya pilih jenis shampo manusia yang tidak mengandung zat berbahaya berikut ini

Sobat pintar, memandikan kucing sangatlah perlu sekali dilakukan secara rutin agar anabul tetap dalam keadaan bersih dan sehat. Ketika memandikan kucing pun perlu menggunakan shampo layaknya manusia.

Pemilihan shampo sangatlah penting, karena ini akan berpengaruh dengan keadaan kucing. Lalu, apakah bisa menggunakan shampo manusia?

Petpi akan menjelaskan beberapa hal terlebih dahulu, baru membahas jenis shampo manusia yang cocok untuk kucing. 

Apakah Boleh Memandikan Kucing Dengan Shampo Manusia?

Bolehkan Memandikan Kucing Dengan Shampo Manusia?
bolehkan memandikan kucing dengan shampo manusia? - wide open pets

Perlu kamu ketahui, bahwa banyak sekali yang berpendapat bahwa shampo manusia tidak bisa digunakan untuk kucing. Alasannya sangatlah sederhana, karena kulit kucing berbeda dengan. Adapun alasan lainnya, seperti berikut ini: 

  1. Ph pada kulit manusia sangat berbeda dengan kulit kucing. 
  2. Kandungan ph yang ada pada shampo manusia dan kucing juga berbeda. 
  3. Adanya komposisi yang berbeda dalam shampo manusia dengan shampo kucing. 
  4. Kandungan pengawet pada shampo lebih tinggi dari pada shampo kucing. 

Dengan adanya alasan tersebut, banyak sekali yang tidak menyarankan penggunaan shampo manusia untuk kucing.

Tapi, bagi kamu yang memang terpaksa untuk menggunakan produk shampo manusia maka harus memperhatikan beberapa hal berikut ini: 

  1. Perhatikan kadar ph dalam shampo. 
  2. Tingkat keasaman pada shampo. 
  3. Kandungan bahan kimia yang ada pada shampo. 
  4. Perhatikan kadar busa dari shampo, karena semakin banyak bsa berarti kadar deterjen lebih tinggi dan ini akan membuat kulit kucing iritasi atau mengalami kerontokan parah. 

Jadi, selama kamu memperhatikan keempat hal tersebut, maka tidak masalah menggunakan shampo manusia untuk memandikan kucing. 

Rekomendasi Jenis Shampo Manusia yang Cocok Untuk Kucing

Shampo Manusia Yang Cocok Untuk Kucing
shampo manusia yang cocok untuk kucing - adam pets care

Dari penjelasan singkat di atas, Petpi merangkum beberapa jenis shampo manusia yang cocok untuk kucing. Berikut ini adalah jenisnya: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Shampo Bayi

Jenis shampo pertama yang cocok untuk kucing adalah shampo untuk bayi. Dalam shampo bayi terdapat kandungan bahan kimia yang terlalu tinggi. Tidak hanya itu saja, bahan pengawet dalam shampo ini juga tidak sebanyak jenis shampo manusia lainnya. 

Selain itu, dalam shampo untuk bayi tidak mengandung parfum secara berlebihan dan tingkat Ph sangat cocok untuk kulit kucing.

Penggunaan shampo bayi juga dirasa lebih aman karena tidak ada kandungan zat berbahaya, sehingga bila di jilat pun tidak akan memberikan efek yang membahayakan. 

Ada banyak sekali jenis shampo bayi yang bisa dipilih, seperti Johnson’s, Zwitsal, My baby dan masih banyak lagi. Untuk menggunakan shampo ini sama ketika kamu memandikan kucing.

Hal paling penting adalah air yang digunakan memiliki suhu yang hangat dan langsung dikeringkan ketika sudah selesai dimandikan. 

2. Shampo Herbal

Bila memang kamu terpaksa memandikan kucing dengan shampo manusia, lebih baik untuk menggunakan jenis shampo yang berbahan dasar herbal. Karena di dalam shampo ini tidak banyak kandungan kimia yang berbahaya.

Tidak hanya itu saja, biasanya shampo herbal memang dikhususkan untuk konsumen yang mempunyai tingkat sensitif yang lebih tinggi dari kebanyakan orang. 

Sehingga akan sangat aman sekali jika menggunakan shampo herbal untuk memandikan kucing. Ada banyak sekali jenis shampo herbal, hanya saja yang perlu kamu perhatikan adalah zat-zat lain yang terkandung.

Bila sekiranya dalam shampo tersebut masih menghasilkan banyak busa atau terlalu harum, lebih baik tidak dipilih.

3. Shampo Dengan Kandungan Minyak Kelapa

Jenis shampo manusia yang cocok untuk kucing selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk memandikan kucing adalah yang mengandung minyak kelapa.

Apabila kucing sedang terkena jamur, kamu bisa memberikan shampo manusia yang mengandung minyak kelapa ini. Walaupun, masuk dalam shampo herbal tapi tidak seluruh shampo herbal mengandung minyak kelapa. 

Dalam minyak kelapa terkandung kadar vitamin E yang terbilang tinggi, sehingga bisa membantu mengurangi infeksi jamur pada kulit kucing.

Hal paling penting ketika mengaplikasikan shampo jenis ini adalah dengan memastikan kamu sudah membersihkan dengan baik shampo yang melekat. Jangan sampai nanti, kucing menjilatnya karena bagaimanapun ini adalah shampo manusia yang berbeda dengan shampo kucing. 

Cara Memandikan Kucing Dengan Shampo Manusia

Cara Memandikan Kucing
cara memandikan kucing dengan shampo manusia - fastly

Setelah kamu mengetahui jenis shampo manusia yang cocok untuk kucing, tentu kamu harus tahu cara menggunakannya.

Meskipun saat ini masih banyak perdebatan mengenai penggunaan shampo manusia pada kucing, tetapi selama kamu tahu cara menggunakannya dan hanya dalam keadaan terpaksa maka tidak akan ada masalah apapun.

Berikut ini adalah cara memandikan kucing dengan menggunakan shampo manusia : 

1. Siapkan Air Hangat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa memandikan kucing lebih baik menggunakan air hangat. Hal ini sendiri untuk mencegah kucing merasa kedinginan ketika dimandikan.

Pastikan bahwa suhu air pas, tidak terlalu panas ataupun dingin. Lalu, kamu bisa mulai membasahi tubuh kucing secara perlahan. Sobat pintar jangan menyiramkan air secara langsung agar kucing tidak kaget ketika terkena air. 

2. Campurkan Shampo Ke Dalam Air

Selanjutnya, kamu campurkan shampo ke dalam air terlebih dahulu. Mengapa demikian, hal ini sendiri agar kulit kucing tidak merasakan panas.

Perlu kamu ketahui bahwa sebagian shampo manusia ini memiliki sifat panas pada kulit kucing. Untuk mengurangi sifat tersebut, maka mencampur shampo dengan air sebelum diberikan sangat disarankan. 

3. Siram Dengan Air Shampo

Apabila tubuh kucing seluruhnya telah basah, maka selanjutnya siramkan air shampo tadi secara perlahan-lahan sambil diusap.

Tujuan dari mengusap air campuran ini adalah agar shampo bisa merata membersihkan seluruh tubuh kucing. Pastikan busanya jangan terkena mata kucing serta airnya tidak masuk ke dalam telinganya. 

4. Bilas Hingga Bersih Dan Keringkan

Selanjutnya, kamu hanya perlu membilas seluruh tubuh kucing hingga bersih. Pastikan seluruh sisa shampo tidak ada lagi pada bagian tubuh kucing.

Setelah bersih, secepatnya keringkan tubuh kucing dengan handuk lalu di blower atau hairdryer sambil disisir. Pastikan tubuh kucing kering seluruhnya agar tidak menimbulkan jamur. 

Sobat pintar demikianlah ulasan tentang jenis shampo manusia yang cocok untuk kucing. Namun, perlu kamu ingat adalah tidak disarankan menggunakan shampo manusia terlalu sering ketika memandikan kucing.

Lalu, jika kucing sehabis dimandikan dengan shampo manusia ternyata mengalami iritasi atau kerontokan bulu, lebih baik langsung hentikan.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://myhewan.com/shampo-manusia-pengganti-shampo-kucing/
  • https://www.kucinglucu.net/bahaya-jangan-sembarangan-pakai-sampo-manusia-untuk-kucing/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar