Hari ini: Jumat, 16 April 2021
Minggu, 07 Maret 2021, 20:00 WIB

Mengenal Kucing Bengal, Dari Ciri-Ciri, Jenis, Sejarah, & Fakta Uniknya

Mengenal Kucing Bengal, Dari Ciri-Ciri, Jenis, Sejarah, & Fakta Uniknya

Kucing Bengal - zoogle tools

Tertarik untuk memelihara kucing bengal? Sebelum memilihnya, ketahui dulu profilnya yang satu ini supaya tahu bagaimana sifat dan cara merawatnya!

Sedang mempertimbangkan ingin membeli kucing dari ras apa? Apakah kucing bengal termasuk ke dalam salah satu wishlist-mu? Kalau iya, coba periksa dulu profilnya di sini!

Jika dilihat sekilas, kucing ras bengal terlihat seperti kucing liar yang hidup di hutan dan suka berburu mangsa. Hal ini dikarenakan bulunya yang berbintik-bintik dan berukuran besar.

Meskipun terlihat sangar, sebenarnya kucing ini termasuk penyayang. Mereka terkenal karena energetik, cerdas, dan suka melakukan aktivitas fisik.

Apakah kucing bengal termasuk ras kucing yang cocok untuk kamu pelihara? Untuk mengetahuinya, simak profil lengkap dari kucing yang satu ini!

Mengenal Kucing Bengal, Jenis Ras Kucing Aktif dan Cerdas

Kucing Bengal Adalah
Mengenal kucing bengal - pet central

Kucing bengal merupakan kucing yang berukuran medium-to-large. Tampilannya terbilang eksotis dan akan membuat siapapun akan tertarik untuk melihatnya lama-lama.

Bobotnya sendiri berkisar di antara 3 hingga 7 kilogram. Tidak hanya itu, masih ada banyak fakta penting seputar kucing ras yang satu ini. Apa saja?

1. Atribut Fisik

Kucing bengal memiliki tubuh yang panjang dan besar. Tulangnya kuat dan sangat berotot, terutama pada kucing jantan.

Kepala sedikit lebih kecil dari proporsi tubuh, tapi tidak sampai berlebihan. Dagu sejajar dengan ujung hidung dan moncong terlihat penuh dan lebar. Tulang pipi tinggi dan menonjol.

Telinga mereka cenderung pendek dengan mata yang oval dan besar. Kakinya sedang, di mana kaki belakang lebih panjang dari kaki depan. Ekornya tergolong sedang, dengan ujung yang membulat.

2. Bulu dan Corak

Salah satu kelebihan dari kucing bengal adalah bulunya yang pendek dan mudah dirawat. Kamu tidak perlu menyisir bulunya setiap hari, cukup lakukan setidaknya satu minggu sekali. Bulu bengal juga terlihat berkilau secara alami.

Warna bulunya pun bervariasi. Ada yang berwarna emas, oranye, coklat, gading, dan lainnya. Warna corak biasanya berwarna cokelat atau hitam.

Beberapa kucing memiliki bintik-bintik mencolok yang terdiri lebih dari satu warna, biasanya warna sekunder yang membentuk garis gelap pada bintik tersebut.

3. Aktif dan Cerdas

Bengal terkenal karena sangat aktif dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Mereka belajar dengan sangat cepat dan suka mempelajari perilaku baru.

Memelihara kucing ini sama artinya dengan tantangan membuatnya merasa betah dengan menyediakan berbagai macam hal.

Mereka akan sering menuntut perhatian dan interaksi denganmu. Jika mereka merasa bosan dan kamu tidak bisa menjadi teman bermain yang baik, bukan tidak mungkin mereka akan membongkar rumahmu untuk mencari mainan sendiri!

Mereka juga terkenal sebagai kucing yang percaya diri, banyak mengeong, ramah, dan selalu waspada.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KUCING?
Cari info Kucing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Suka Bermain

Sebagai kucing yang aktif, bengal tentu suka bermain game. Tapi jangan sampai kamu mengajaknya bermain PUBG Mobile ataupun Mobile Legends, ya!

Mereka menyukai permainan yang pada umumnya juga dimainkan oleh ras kucing lain seperti bermain bola atau mengejar tikus-tikusan. Kalau ada waktu luang, kamu juga bisa mengajarinya beberapa trik.

Kucing bengal juga suka memanjat dan sering ditemukan sedang bertengger di tempat tertinggi yang ada di rumah. Oleh karena itu, kamu harus menyediakan benda yang bisa ia panjat sesuka hati. Lebih bagus kalau kamu punya halaman yang memiliki pohon tinggi.

Kalau kucing ini merasa bosan, ada kemungkinan ia menyalurkan rasa kebosanan tersebut dengan melakukan perusakan di rumah.

5. Suka Bermain Air

Kebanyakan kucing membenci air. Kalau disiram air, mereka akan segera lari terbirit-birit. Kalau tidak sengaja masuk ke dalam bak mandi, mereka akan langsung loncat keluar secepat kilat.

Nah, kucing bengal bisa dibilang suka bermain air. Bukan dengan melompat ke bak lalu berenang sampai puas, melainkan mengobok-obok cakarnya ke dalam kolam atau akuarium.

Kalau kamu punya tempat memelihara ikan di rumah, sebaiknya kamu waspada karena kucing ini termasuk lihai dalam menggunakan cakarnya sebagai pancing ikan!

Jangan kaget kalau tiba-tiba kucingmu bergabung ketika kamu mandi di bawah pancuran!

6. Cocok dengan Anak-anak

Kucing bengal suka bermain dengan berbagai jenis makhluk, termasuk kucing lain ataupun hewan lain seperti anjing yang ramah terhadap kucing.

Selain itu, mereka juga cocok dengan anak-anak dan akan menikmati waktu bermain bersama. Mereka merasa cocok dengan tingkat energi dan keingintahuannya.

Oleh karena itu, banyak yang berpendapat kalau kucing ini cocok untuk keluarga yang memiliki anak-anak di rumah.

Sejarah Kucing Bengal

Sejarah Kucing Bengal
sejarah kucing bengal - laughing squid

Kucing bengal memiliki nenek moyang kucing macan tutul Asia. Hal ini menjelaskan corak bulu yang dimilikinya. Nama bengal sendiri diambil dari nama ilmiah kucing macan tutul Asia, Felis bengalensis.

Kucing ini merupakan perpaduan antara kucing macan tutul Asia dengan kucing shorthair lokal. Orang pertama yang membuat persilangan tersebut adalah Jean Mill pada tahun 1960-an.

Awalnya, ia mendapatkan kucing macan tutul asia yang menjadi teman kucingnya yang berwarna hitam. Tujuan awalnya adalah agar kucingnya tidak merasa kesepian karena memiliki teman.

Siapa yang menyangka kalau kedua spesies tersebut malah kawin dan menghasilkan anak kucing jenis baru, kucing bengal asli pertama.

Pada saat yang hampir bersamaan, Dr. Willard Centerwall sedang mengawinkan kucing macan tutul Asia dengan kucing peliharaan di Universitas Loyola.

Hal ini dilakukan karena kucing macan tutul Asia resisten terhadap virus leukemia kucing dan ia ingin tahu apakah sifat tersebut dapat diturunkan ke kucing hasil perkawinan silang.

Asosiasi kucing pertama yang mengakui bengal sebagai ras kucing adalah The International Cat Association pada tahun 1991. Selanjutnya, beberapa asosiasi kucing yang lain juga mulai mengakui ras ini.

Cara Memelihara Kucing Bengal

Cara Memelihara Kucing Bengal
cara memelihara kucing bengal - pinterest

Bengal cocok dipelihara untuk kamu yang menyukai kucing berbulu pendek. Salah satu alasannya adalah perawatannya yang jauh lebih mudah.

Kamu tidak perlu menyisirnya setiap hari, cukup satu kali seminggu untuk menghilangkan rambut mati dan mendistribusikan minyak kulit. Mandi juga jarang diperlukan.

Sikat gigi setiap minggu bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit periodontal. Kuku juga wajib dipotong setiap beberapa minggu sekali. Kebersihan mata dan telinga juga patut kamu perhatikan.

Jika memiliki kucing ini, sebaiknya Sobat Pintar menyimpannya baik-baik di rumah untuk mengurangi risiko seperti tertular penyakit kucing lain, diambil orang, terluka, dan lain sebagainya.

Karena mereka hewan yang aktif, Sobat Pintar juga harus menyediakan berbagai fasilitas agar mereka tidak mudah merasa bosan!

Akan lebih baik jika mereka memiliki teman bermain seperti kucing lain atau bahkan hewan lain seperti anjing. Mereka tidak punya takut dan tidak akan segan untuk mengajak hewan lain bermain bersama.

Hanya saja, jangan sampai memberi teman hewan yang berukuran lebih kecil seperti hamster. Bisa-bisa, hamster tersebut akan berubah menjadi mangsanya!

Itulah tadi profil singkat dari kucing bengal yang wajib diketahui jika kamu memang berencana memelihara mereka.

Harga kucing bengal sendiri tergolong mahal. Untuk ras asli, harganya bisa lebih dari sepuluh juta rupiah dan biasanya didapatkan melalui impor.

Kalau kamu mencari kucing yang tenang, suka minta pangku, dan lembut, kucing ini kurang cocok untuk kamu. Bengal cocok untuk kamu yang suka dengan hewan peliharaan aktif dan terus bergerak.

Apa ada kucing dari ras lain yang profilnya ingin Sobat Pintar ketahui? Kalau ada, langsung tulis di kolom komentar, ya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://www.vetstreet.com/cats/bengal#overview
  • https://cattime.com/cat-breeds/bengal-cats#/slide/1
  • https://www.99.co/blog/indonesia/daftar-harga-kucing-bengal/
  • https://www.petfinder.com/cat-breeds/bengal/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar