Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Minggu, 11 April 2021, 21:00 WIB

Perlengkapan dan Aksesoris Kucing Peliharaan yang Wajib Dimiliki di Rumah

Perlengkapan dan Aksesoris Kucing Peliharaan yang Wajib Dimiliki di Rumah

aksesoris kucing peliharaan - crazy sales

Apakah Sobat Pintar baru pertama kali adopsi kucing? Jangan lupa sediakan perlengkapan dan aksesoris kucing peliharaan seperti berikut ini di rumah, ya!

Memelihara atau mengadopsi hewan peliharaan di rumah, salah satunya kucing tentu akan menjadi kebahagiaan yang tak terkira bagi sebagian besar kalangan.

Cara merawat kucing yang baik dan benar, tentu Sobat Pintar perlu memastikan mereka mendapatkan makanan kucing berkualitas, vaksin, serta rutin check-up untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

Mungkin untuk kamu yang baru pertama kali juga bingung apa saja perlengkapan yang perlu dipersiapkan untuk memelihara kucing di rumah, kan?

Nah, pada ulasan kali ini PetPi akan membahas mengenai aksesoris kucing peliharaan yang wajib dimiliki dan tersedia di rumah.

Kira-kira ada apa saja perlengkapan dan aksesoris tersebut? Yuk, langsung simak saja ulasan berikut ini.

Rekomendasi Aksesoris Kucing Peliharaan yang Wajib Tersedia di Rumah

Perlengkapan dan aksesoris kucing di bawah ini secara umum memiliki fungsi untuk menjaga kebersihan rumah, yang bermanfaat bagi pemilik, anggota keluarga, dan peliharaan itu sendiri.

Selain itu aksesoris kucing ini pula juga dapat membuat kucing nyaman selama berada di rumah. Sehingga dapat terhindar dari beberapa masalah kesehatan, misal kucing stres.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut aneka perlengkapan kucing peliharaan yang perlu Sobat Pintar miliki di rumah masing-masing.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Kandang Kucing

Aksesoris Kucing
Kandang kucing - cat life today

Dalam memelihara kucing, mungkin beberapa di antara Sobat Pintar akan membebaskan mereka berkeliaran di dalam rumah dan berinteraksi dengan anggota keluarga.

Namun ada pula beberapa yang juga perlu membatasi interaksi dengan kucing, misal tidak menginginkan tidur di ruangan yang sama dengan mereka.

Kandang kucing bisa dijadikan sebagai tempat kucing beristirahat di malam hari dan diletakkan di ruangan terpasang di dalam rumah.

Saat ini tersedia berbagai macam model kandang kucing, baik yang bermaterial kayu atau besi, dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain sebagai tempat beristirahat, kandang kucing juga berfungsi sebagai tempat isolasi saat kucing sakit atau tempat untuk melakukan perkawinan.

Jika kandang kucing sering digunakan, sebaiknya dibersihkan minimal 2 hari sekali guna mencegah timbulnya kuman dan bakteri penyebab masalah kesehatan pada kucing.

2. Tempat Makan dan Minum

Aksesoris Penting Untuk Kucing
Wadah makanan dan minuman kucing - pinterest

Rutin menyajikan makanan kucing berkualitas tak akan lengkap jika Sobat Pintar tidak menyediakan tempat makan dan minum yang sesuai dan bersih.

Karena kucing peliharaan mungkin makan secara berantakan, pilihlah model tempat makan dan minum yang bisa mencegah mencegah tumpahan makanan dan air mengotori lantai.

Selain memastikan makanan dan air selalu tersedia, kamu juga perlu menjaga kebersihan aksesoris kucing yang satu ini dengan mencucinya sehari sekali.

3. Litter Box

Litter Box Untuk Kucing
litter box untuk kucing - the purrington post

Sobat Pintar tidak mau kucing buang air dan kotoran sembarangan, kan? Makanya penting untuk menyediakan litter box alias toilet kucing di dalam rumah.

Pilih bentuk wadah yang sesuai dan pilihlah tempat yang sepi dari jangkauan. Sediakan juga pasir kucing terbaik yang mampu menyerap kotoran kucing dan tidak meninggalkan bau.

Memelihara kucing sedari kecil akan mempermudah kamu mengajarkannya buang kotoran di litter box. Namun jika kamu mengadopsi kucing yang lebih besar, tentu hal ini perlu perhatian ekstra, ya!

4. Kasur Kucing

Aksesoris Untuk Kucing Kesayangan
Tempat tidur kucing - amazon

Kucing menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Bahkan kucing dewasa rata-rata tidur selama 12-16 jam setiap harinya.

Untuk memastikan mereka bisa tidur dan beristirahat dengan nyaman, kamu bisa menyediakan perlengkapan berupa kasur kucing.

Aksesoris kucing ini bisa kamu buat sendiri dengan menggunakan wadah yang dilapisi dengan kain lembut. Ada juga pilihan kasur kucing lucu dalam berbagai macam bentuk, lho.

Letakkan kasur kucing di lokasi yang disukai oleh kucing peliharaan di rumah, misal di sudut ruangan atau di ruangan yang jarang didatangi anggota keluarga.

Dengan adanya kasur tidur, akan membuat dirinya jauh lebih hangat ketimbang ia tidur di lantai. Selain itu juga, akan membantu kita untuk tidak mengotori seisi rumah apalagi jika kucing tidur di sofa kesayangan kita.

5. Mainan Kucing

Mainan Kucing
mainan kucing - pet central

Sebagai hewan peliharaan, kucing juga memerlukan interaksi dengan pemiliknya. Sobat Pintar bisa menggunakan bantuan mainan kucing yang mudah didapatkan di pet shop terdekat.

Ada berbagai bentuk mainan kucing yang disukai mereka, misalnya pancingan bulu (cat teaser), bola, tikus mainan, boneka, sinar laser, dan sebagainya.

Mainan kucing dapat membantu mereka beraktivitas di dalam rumah, sekaligus dapat menghindari bahaya obesitas. Perasaan mereka yang senang juga dapat mencegah timbulnya stres pada kucing.

6. Tas Kucing

Tas Untuk Kucing
tas kucing - fani cat

Tak jarang ada kalanya kamu perlu membawa kucing bepergian ke luar rumah, misal saat hendak check-up ke dokter hewan atau bahkan pindah rumah.

Makanya kamu memerlukan tas kucing sebagai pengganti kandang kucing untuk sementara. Tas kucing ini juga dikenal sebagai cat carrier atau pet cargo.

Ada berbagai bentuk tas kucing yang tersedia di pet shop atau ecommerce. Misalnya yang dijinjing seperti keranjang atau digendong layaknya tas.

Untuk memilih tas kucing yang sesuai kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti material yang digunakan, keamanan, dan juga ventilasi udara yang memadai.

7. Kalung Kucing

Kalung Untuk Kucing Peliharaan
kalung untuk kucing - shopify

Kalung kucing bukan hanya berfungsi sebagai perhiasan yang digunakan oleh peliharaan. Aksesoris kucing ini juga bisa sebagai pembeda antara kucing peliharaan dengan kucing liar.

Harga kalung kucing bervariasi, mulai dari material dan bentuk yang diinginkan. Bahkan saat ini tersedia kalung kucing custom, yang bisa diberi nama kucing, nama pemilik, dan alamat, lho.

Hal ini bermanfaat sebagai tanda pengenal kucing yang dapat membantu mereka apabila sewaktu-waktu kabur dan menghilang dari rumah.

8. Scratcher Post

Tiang Scratching Kucing
tiang scratching kucing - pet sami

Kucing memiliki kebiasaan menggaruk kuku mereka yang tentu berisiko membuat furnitur rumah, seperti sofa cepat rusak.

Untuk mewadahi kebiasaan mereka, sebagai pengganti kamu bisa menggunakan perlengkapan kucing berupa scratcher post alias papan garuk di rumah.

Scratcher post banyak tersedia di pet shop atau ecommerce. Sebagai alternatif yang lebih murah, kamu bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan tiang dan tali lambang yang dililitkan.

Nah, itulah dia perlengkapan dan aksesoris kucing yang perlu Sobat Pintar sediakan di rumah yang membuat pemilik dan peliharaan merasa aman dan nyaman.

Selain hal-hal yang sudah PetPi sebutkan di atas, adakah aksesoris lain yang kamu rekomendasikan? Yuk, tuliskan pendapatmu pada kolom komentar di bawah, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Terbit: Rabu, 06 Januari 2021, 10:00 WIB
Update pada: Minggu, 11 April 2021, 21:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://cattime.com/lifestyle/1545-cattime-2012-holiday-gift-guide-cat-accessories
  • https://www.petfinder.com/pet-adoption-2/cat-adoption/cat-adoption-checklist/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar