Hari ini: Kamis, 25 Februari 2021
Minggu, 04 Oktober 2020, 16:00 WIB

Sering Bersifat Aneh, Ini 5 Ciri Ciri Kucing Peliharaanmu Sedang Cemburu

Sering Bersifat Aneh, Ini 5 Ciri Ciri Kucing Peliharaanmu Sedang Cemburu

Ada tingkah aneh yang tidak biasa dilakukan? Mungkin kucing kamu tidak menyukai hal baru yang ada di rumah. Cari tau ciri-ciri kucing cemburu berikut ini

Kita sudah semestinya memahami bahwa hewan peliharaan kita tampaknya memiliki pandangan tersendiri tentang semua hal yang kita lakukan padanya.

Jika kita merubah rutinitas atau tidak melakukan kegiatan seperti yang diharapkan, kadang hewan peliharaan bisa memberikan sinyal bahwa mereka tidak suka atau tidak setuju dengan hal yang kita lakukan.

Hewan peliharaan seperti kucing, bisa menunjukan emosinya jika merasa cemburu. Pada penelitian dibuktikan bahwa kucing memiliki emosi terhadap manusia.

Walaupun emosinya hanya sementara, namun dalam banyak hal, kucing bisa menunjukkan kepada kita bahwa ia sedang tidak menyukai kita.

Hal itu sulit untuk dibuktikan, mana emosi yang sebenarnya ditujukan kepada kita ataupun dengan yang lainnya. Karena menyangkut itu emosinya, rasa cemburu adalah salah satu misteri yang sangat sulit dipecahkan bagi pecinta kucing.

Namun para peneliti melihat ada beberapa ciri ciri kucing cemburu jika diperhatikan dengan baik. Berikut ini adalah tanda kucing cemburu yang bisa kita ketahui.

Ciri-Ciri Kucing Sedang Cemburu

Ciri Ciri Kucing Cemburu

Seperti halnya dengan manusia, terkadang kucing memiliki sifat kepribadian yang berbeda-beda.

Menurut para ilmuwan dengan penelitian terbarunya, kecemburuan membutuhkan dua hal penting yaitu, hubungan yang kuat dan kemampuan mereka untuk mengukur ancaman yang terhadap hubungan dengan pemiliknya sendiri.

Nah, kira-kira ciri ciri kucing cemburu apa yang terdapat pada kucingmu?

Kucing Akan Lebih Agresif

Tanda kucing cemburu yang pertama bisa kamu perhatikan dari tingkah lakunya. Apakah ia cenderung lebih agresif ketika kamu melakukan hal yang tidak ia sukai?

Dilansir dari situs PETMD, menurut Dr Scarlett Magda, presiden pendiri veterinarians internasional berbasis di kota New York, Perilaku kucing yang cemburu bisa dalam bentuk gigitan terhadap pemiliknya ataupun menggigit objek yang mereka cemburui.

Misalkan, kamu membawa atau mengadopsi kucing lain dari luar. Kucing peliharaanmu yang sebelumnya, akan merasa kehilangan perhatian darimu, sehingga ia merasakan hal cemburu yang timbul dari emosinya.

Tingkat emosi di setiap kucing juga berbeda-beda, sehingga ia melakukan hal agresif yang bisa ia lakukan yaitu mencakar dan menggigit sesuatu yang bikin ia cemburu.

Baca Juga: Mau Punya Kucing Mata Biru? Ini Ras Kucing yang Memilikinya!

Membuang Kotorannya di Dalam Rumah

Hewan peliharaan kita tidak bisa mengungkapkan pikiran dan perasaannya dengan kata-kata, sehingga terkadang ia malah mengekspresikannya dengan tindakan yang salah.

Seperti penjelasan sebelumnya, kucing bisa saja berlaku aneh ketika sedang memberitahu bahwa dia sedang cemburu.

Jika kamu melihatnya sedang membuang urin atau kotorannya di tempat-tempat yang tidak seharusnya mereka biasa lakukan, hal itu bisa saja bahwa ia sedang memberitahumu sesuatu bahwa ada rasa emosi di dalam dirinya yang tidak bisa diungkapkan.

Hal ini pernah diungkapkan oleh salah satu Dr hewan di Amerika bernama Geoffrey Broderick.

Memberikan Perhatian Ekstra Kepada Majikannya

Selain itu, menurut Dr Broderick, perilaku hewan peliharaan yang tiba-tiba bertingkah manja atau mendekati kamu sebagai pemiliknya lalu ia menjilati kamu atau berusaha bersikap seperti memberikan perhatian, adalah salah satu tanda kucing cemburu.

Ia mencoba mendekati kamu untuk mengambil hati supaya kamu tetap memperhatikan seperti sebelumnya. Dekap dan berikan elusan perlahan seakan-akan memberikan tanda bahwa kamu tidak akan meninggalkannya.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KUCING?
Cari info Kucing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Mengeram, Mendesis dan Berkelahi

Ini bisa menjadi tanda yang paling dasar ketika kucingmu sedang mengalami cemburu kepadamu. Disaat kamu membawa kucing atau hewan peliharaan lain yang setara dengan tubuhnya, pasti kucingmu akan merasakan emosi yang membawanya pada hal yang bersifat agresif.

Ini sebenarnya adalah hal yang wajar ketika hewan peliharaan akan bersaing untuk mendapatkan perhatian dan sumber daya dari pemiliknya. Namun, hal ini tidak berlangsung lama.

Lama kelamaan kucingmu akan beradaptasi dengan hewan lainnya yang membuat kamu terbagi perhatian dengan keduanya.

Tidak Ingin Disentuh

Ciri ciri kucing cemburu yang terakhir, bisa kamu lihat dari sifatnya yang tidak ingin kamu sentuh. Seperti ketika manusia yang sedang marah, terkadang kucing bisa saja menunjukan sikap yang sama kepada pemiliknya.

Jika ia memang sedang merasakan cemburu, biasanya dia akan enggan untuk disentuh olehmu. Kucingmu akan cenderung menghindar darimu lalu lebih memilih untuk beraktivitas jauh dari orang-orang yang ada di rumahmu.

Penyebab Kucing Cemburu

Ciri Ciri Kucing Yang Cemburu

Menurut para ahli, kecemburuan hewan biasanya menandakan kebosanan atau ingin dapat perhatian yang ekstra dari pemiliknya. Salah satu penyebabnya ia merasa cemburu karena beberapa hal seperti berikut ini.

  • Kurang perhatian terhadap kucingmu, Jika kamu mempunyai kebiasaan untuk bermain bersama dengannya, maka lakukan lah terus walaupun kamu membawa hewan peliharaan baru di rumah. Jika kamu berhenti memperhatikannya, ia akan merasa rasa perhatian yang kamu berikan berkurang. Maka dari itu ia langsung menunjukkan sikap cemburunya terhadap hewan peliharaanmu yang baru.
  • Simpan barang-barang miliknya, Jika kamu memiliki kucing baru di rumah, sebisa mungkin kamu hindarkan kucing baru yang kamu pelihara untuk menempati kandang atau tempat tidur kucing lamamu. Berikanlah tempat tidur baru untuk peliharaan barumu sehingga kucing kamu yang lama tidak akan merasa cemburu. Langkah ini cukup sederhana, namun biasanya suka terlupakan oleh para pemilik kucing.

Nah itulah dia beberapa tanda ciri ciri kucing cemburu yang bisa kamu pahami saat ini. Banyak pemilik kucing yang belum memahami hal ini, sehingga mereka agak bingung disaat kucing kesayangannya bertingkah aneh.

Jangan biarkan kondisi ini terlalu lama, karena bisa saja rasa sayangnya kepadamu akan menghilang lalu ia pergi mencari pemilik baru. Semoga informasi yang PetPi berikan bermanfaat ya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.cuteness.com/article/deal-jealous-cat-behavior
  • https://www.petmd.com/dog/behavior/9-signs-your-pet-jealous-and-how-stop-it
  • https://www.thesprucepets.com/cats-and-phones-553907
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar