Hari ini: Kamis, 08 Desember 2022
Senin, 10 Januari 2022, 08:00 WIB

Inilah Penyebab Kucing Odd Eye Disertai 7 Fakta Menariknya

Inilah Penyebab Kucing Odd Eye Disertai 7 Fakta Menariknya

kucing odd eye - pixabay

Pernahkah kamu melihat kucing yang matanya berbeda sebelah? Yuk kenali penyebab dan beberapa fakta-fakta unik dari kucing yang mengidap odd eye tersebut

Sobat Pintar, apa kamu pernah melihat kucing dengan mata yang berbeda warna atau odd eye? Pada umumnya kucing itu akan terlahir dengan sepasang mata yang berwarna sama, namun apabila kucing mempunyai dua pasang mata dengan warna berbeda maka dia adalah kucing odd eye.

Kira-kira apa penyebabnya ya? Walaupun jenis kucing ini terkesan misterius, ternyata juga tersimpan beberapa fakta menarik yang berhubungan dengan keunikannya tersebut.

Nah jika kamu penasaran, yuk simak penyebab dan beberapa fakta yang berhubungan dengan keunikannya di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Penyebab Kucing Odd Eye

Seperti sudah dibahas sebelumnya, kucing odd eye adalah kucing yang memiliki sepasang mata yang berbeda warna antara satu dan lainnya.

Namun, apa yang menyebabkan mata kucing ini berbeda warna? Ternyata adanya perbedaan pada warna mata kucing tersebut disebabkan oleh adanya kelainan genetik di matanya. 

Kondisi ini bisa terjadi karena terdapat perbedaan lapisan melanin di mata kucing. Pada seekor kucing, biasanya proses pigmentasi berjalan dengan seiring waktu karena kucing tersebut dilahirkan dalam keadaan buta.

Namun, pada kasus ini, salah satu mata berhenti dalam proses pigmentasi sehingga menyebabkan munculnya mata dengan warna yang berbeda. 

Selain itu, umumnya warna mata kucing odd eye ini emas atau warna tembaga dan biru. Jarang sekali ditemukan warna lainnya selain warna tersebut. Mungkin ada warna lainnya tetapi kasus tersebut akan sangat sulit sekali untuk ditemukan. 

Fakta Menarik Dibalik Kucing Odd Eye

Kucing Odd Eye
kucing odd eye - pixabay

Setelah kamu mengetahui penyebabnya, inilah saatnya kamu untuk mengetahui fakta-fakta terkait kucing dengan mata beda warna ini. Untuk kondisi yang normal, umumnya mata kucing odd eye memiliki warna biru sampai ke kuning tembaga.

Namun, apabila terjadi perubahan warna pada mata kucing secara tiba-tiba, ini merupakan pertanda adanya masalah kesehatan yang serius pada kucing tersebut. 

Kucing mata beda warna ini memang menjadi kasus yang sangat unik dan menarik untuk diulas. Berikut ini adalah beberapa fakta terkait dari kucing odd eye yang harus kamu ketahui, yaitu:

1. Sering Dianggap Kucing Keturunan Setan

Karena keunikan yang dimilikinya ini, pada zaman dulu kucing odd eye ini selalu dihubungkan dengan hal-hal mistis sama seperti kucing hitam.

Bahkan kucing odd eye ini dianggap menjadi kucing keturunan setan sebab warna matanya yang tidak sama seperti kucing biasanya. 

2. Mitos Tentang Gangguan Pendengaran

Masih banyak orang yang menganggap jika seluruh kucing dengan mata biru dan kuning ini terlahir dengan tidak bisa mendengar atau tuli.

Mitos kucing odd eye ini muncul sebab terdapat cacat genetik yang biasanya terjadi pada kucing berwarna putih. Sebagian kucing putih memang ada yang mempunyai cacat genetik yaitu tuli bawaan karena degenerasi di bagian dalam telinga. 

Tetapi, anggapan itu ternyata tidak sepenuhnya benar sama sekali, sebab terdapat sebanyak 60% sampai 70% kucing odd eye yang bisa mendengar dengan sangat baik. Jadi, mitos tersebut tidak bisa dipercaya sepenuhnya. Untuk kamu yang memiliki kucing odd eye ini tidak perlu khawatir lagi. 

3. Kondisi Odd Eye Bisa Terjadi pada Kucing Selain Warna Putih

Banyak orang yang mengira jika hanya kucing yang berwarna putih saya yang dapat terlahir dengan keadaan mata yang warna nya berbeda.

Namun, anggapan tersebut pun salah sebab kelainan yang satu ini dapat terjadi atau ditemukan pada kucing lainnya yang tidak selalu berwarna putih. 

Jadi, jika kamu mempunyai kucing odd eye dengan warna selain putih, tidak perlu khawatir karena itu adalah kelainan yang normal seperti yang terjadi pada kucing odd yang berwarna putih. 

4. Di Turki Kucing Odd Eye Dilestarikan

Kucing odd eye di Turki ini dianggap menjadi kucing yang sangat istimewa. Oleh sebab itu, kucing ini dilestarikan oleh pemerintah Turki.

Bahkan kucing odd eye yang berwarna putih ini pernah menjadi simbol ketika pelaksanaan kejuaraan basket internasional. 

5. Termasuk Kucing Langka

Kucing odd eye ini termasuk ke dalam kucing yang langka sebab jarang sekali ditemukan.

Hal ini yang menjadikan kucing odd eye sangat spesial dibandingkan dengan kucing pada umumnya. Selain memiliki warna yang berbeda menjadikannya terlihat sangat misterius. 

Langkanya kucing odd eye ini pula menambah daya tarik nya sendiri untuknya di mata pecinta kucing. Bagi kamu yang memiliki kucing dengan mata beda warna, ini berarti kamu sangat beruntung karena tentu saja tidak semua orang bisa memilikinya. 

6. Harga yang Lumayan Mahal

Tentu saja harga dari kucing misterius dengan penuh karismatik ini cukup mahal di pasaran karena banyak sekali peminat dari jenis kucing ini. Lantas, berapa harga kucing odd eye? 

Nah, untuk harga dari anakan kucing mata biru sebelah kuning ini saja bisa mencapai 1,5 juta hingga 6,6 juta rupiah tergantung dari ras kucing tersebut seperti apakah persia, anggora, ataukah domestik (kampung).

Perawatan untuk kucing odd eye ini sendiri sama dengan perawatan kucing yang lainnya. Yang perlu kamu perhatikan saat ingin merawat kucing ini adalah membeli makanan yang cocok dengan kucing odd eye, kesehatan dan kebersihan tubuhnya. 

Si kucing misterius ini memang penuh dengan karismatik yang mempunyai banyak sekali mitos dan sulit ditemukan maka dari itu harganya pun menjadi sangat mahal.

Tetapi, kucing ini layak sekali untuk menjadi hewan peliharaanmu di rumah. Jadi, apakah kamu berminat untuk merawat kucing odd eye di rumah? 

7. Peliharaan Nabi Muhammad SAW

Mungkin ada yang belum mengetahui bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan penyayang hewan yang salah satunya adalah kucing. Nah, kamu mungkin pernah mendengar nama Muezza, kucing yang dipelihara oleh Nabi Muhammad SAW.

Menurut beberapa sumber, ternyata kucing tersebut juga merupakan kucing odd eye yang memiliki warna mata biru laut dan hijau. Kucing ini sangat di sayangi oleh Nabi Muhammad SAW dan kabarnya Muezza selalu mengeong ketika mendengar suara adzan di kumandangkan, lho! 

Nah, gimana sobat pintar? walaupun kucing odd eye ini adalah kelainan, justru kucing ini menjadi sangat istimewa di mata pecinta kucing dan banyak sekali peminatnya. Jadi, apakah kamu berminat untuk menjadikannya sebagai anak bulu kalian? 

Demikianlah ulasan lengkap mengenai penyebab dan fakta-fakta dari kucing odd eye yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan kamu dengan membacanya, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.idntimes.com/science/experiment/dwi-kurniawati-lestari/5-fakta-unik-kucing-odd-eye-c1c2/5
  • https://www.kaskus.co.id/thread/5dd7c287c0cad75ca5727325/fakta-menarik-seputar-odd-eye-kucing-dengan-mata-beda-warna-yang-perlu-kamu-ketahui/
  • https://www.starteducation.net/2019/11/fakta-mengejutkan-tentang-kucing-odd-eye.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar