Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Sabtu, 13 Maret 2021, 11:00 WIB

Mau Punya Kucing Mata Biru? Ini Ras Kucing yang Memilikinya!

Mau Punya Kucing Mata Biru? Ini Ras Kucing yang Memilikinya!

kucing mata biru - pinterest

Mau punya kucing tapi yang beda dari yang lain? Coba cari yang matanya biru! Berikut adalah daftar ras kucing mata biru yang bisa kamu miliki!

Suka gemes liat kucing mata biru yang sering kamu lihat di media sosial ataupun YouTube? Mau punya satu tapi enggak tahu jenis ras apa aja yang bisa punya mata seperti itu?

Kucing yang memiliki mata biru bisa dianggap langka. Meskipun kebanyakan anak kecil lahir dengan mata biru, ketika dewasa warnanya akan berubah karena adanya produksi pigmen melanin.

Kucing bisa memiliki mata berwarna biru dikarenakan faktor genetika, di mana si kucing kekurangan pigmen tertentu. Sayangnya, keindahan ini sering dikaitkan dengan ketulian!

Oleh karena itu, di sini PetPi akan jelaskan beberapa jenis kucing yang memiliki mata biru serta beberapa mitosnya!

Jenis Kucing Mata Biru

Ternyata ada banyak banget kucing yang memiliki mata biru. Ada ras kucing yang memiliki gen albinisme resesif yang membuat rasnya selalu bermata biru, ada yang memiliki gen ekstra hasil mutasi.

Lantas, apa saja ras kucing yang memiliki mata biru?

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Kucing Anggora

Jenis Kucing Mata Biru
Kucing anggora - wamiz

Walaupun bisa memiliki warna mata hijau, emas, atau kuning, ada loh kucing anggora yang memiliki mata berwarna biru!

Kucing ini cukup populer di Indonesia dan sering menjadi pilihan orang. Salah satu ciri khasnya yang terkenal adalah kepribadiannya yang ramah dan dalam beberapa kasus terlihat seperti anjing.

2. Kucing Bali

Ras Kucing Bermata Biru
Kucing bali - wamiz

Kucing bali atau balinese cat merupakan salah satu ras kucing yang terkenal karena memiliki mata biru tua. Kucing ini terkenal karena memiliki bulu halus panjang dengan tubuh yang panjang dan anggun.

Karakteristiknya sendiri terkenal sebagai kucing yang cerdas, punya rasa ingin tahu yang tinggi, penyayang, dan suka bermain. Kucing ini cocok untuk kamu yang ingin punya kucing manja dan suka diberi perhatian.

3. Kucing Birman

Kucing Bermata Biru
Kucing birman - wamiz

Kucing lain yang memiliki mata biru adalah kucing birman yang berbulu panjang. Ada beberapa warna bulu pada kucing ini, tapi yang hampir dimiliki oleh semua jenisnya adalah ada semacam “kaos kaki” pada kaki-kakinya.

Kucing ini diperkirakan berasal dari campuran kucing Burma dan kucing Siam. Memiliki sifat manis, menyenangkan, dan penuh cinta, kucing ini akan menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan.

Legendanya, kucing ini diberi bulu mewah dan mata biru dari seorang dewi karena dedikasi dan kesetiaan mereka kepada seorang pendeta!

4. Kucing Himalaya

Kucing Yang Bermata Biru
Kucing himalaya - wamiz

Kucing himalaya merupakan hasil perkawinan antara kucing Siam dan kucing Persia. Ciri khasnya yang mudah terlihat adalah matanya yang berwarna biru cerah. Bulunya terkenal panjang dan lebat. 

Meskipun penyayang, kucing ini bisa jadi sangat perusak apabila tidak mendapatkan perhatian yang cukup. Perlu diingat, ras kucing ini membutuhkan perawatan yang mahal dan bulunya harus disikat tiap hari!

5. Kucing Jawa

Kucing Yang Memiliki Mata Biru
Kucing jawa - cat breed selector

Kucing jawa atau javanese cat merupakan ras kucing bermata biru yang dikembangkan dari ras siam, colorpoint, dan bali. Walaupun nampak anggun dan halus, mereka memiliki tubuh keras dan berotot.

Oleh karena itu, jangan heran jika mereka bisa melakukan gerakan akrobatik dan jago dalam hal melompat dan memanjat. Kucing ini juga terkenal karena kecerdasannya yang tinggi sehingga sering dilatih.

6. Kucing Ojos Azules

Jenis Ras Kucing Mata Biru
Kucing ajos azules - wamiz

Selanjutnya ada kucing ojos azules. Enggak pernah denger, ya? Namanya sendiri memiliki arti Mata Biru dalam Bahasa Spanyol.

Di Indonesia, kamu akan sulit mencari jenis kucing ini karena termasuk langka. Walaupun begitu, kamu perlu tahu kalau jenis kucing ini memiliki warna biru yang sangat dalam. 

7. Kucing Persia

Ras Kucing Bermata Biru
Kucing persia - wamiz

Sebagai salah satu ras kucing paling populer di dunia, kucing persia ternyata juga ada yang memiliki mata biru, loh! Sayangnya, kombinasi genetik ini terkadang menyebabkan si kucing mengalami ketulian. 

Ras kucing ini terkenal karena tenang dan tidak banyak menuntut ke pemiliknya. Mereka sering meringkuk di pangkuan pemiliknya untuk sekadar mendapatkan perhatiannya. Hanya saja, persia terkenal karena biaya perawatannya yang tinggi!

8. Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll Mata Biru
kucing ragdoll - the spruce pets

Jenis kucing lain yang memiliki mata biru adalah kucing ragdoll yang terkenal memiliki sifat ramah dan cerdas. Bahkan, sifat ini kerap dibanding-bandingkan dengan anjing.

Kalau kamu memilih kucing ini karena terpikat dengan mata birunya yang seperti batu safir, kamu harus aktif bermain dengannya karena ragdoll terkenal energik dan suka bermain. Oh iya, kucing ini suka digendong, loh!

9. Kucing Siam

Kucing Siam Mata Biru
kucing siam - wamiz

Dengan warna mata biru yang mencolok dan berbentuk almond, wajar jika banyak orang yang menginginkan kucing siam sebagai hewan peliharaannya. 

Keanggunan yang dimiliki dipadu dengan kepintaran dan rasa ingin tahunya yang tinggi. Sebagai jenis kucing yang manja, kamu harus siap-siap mengalokasikan waktu untuk bermain dengannya kalau tidak mau dia menjadi depresi.

Kucing siam dianggap sebagai salah satu ras kucing tertua dan pernah dianggap suci sehingga digunakan untuk menjaga kuil Buddha.

10. Kucing Snowshoe

Kucing Mata Biru Terlucu
Kucing snowshoe - the spruce pets

Kucing snowshoe merupakan ras kucing lain yang tergolong langka. Mereka merupakan hasil persilangan antara kucing american shorthair dan kucing siam. 

Namanya sendiri diambil dari kaki cakar mereka yang berwarna putih seolah dicelupkan ke dalam salju. Ciri khasnya yang lain apalagi kalau bukan matanya yang berwarna biru.

11. Kucing Tonkin

Kucing Tonkin
kucing tonkin - ask ideas

Di urutan terakhir kucing bermata biru adalah kucing tonkin yang merupakan hasil persilangan antara kucing siam dan kucing burma. Kalau punya kucing ini, jangan sampai membiarkan dia keluar rumah karena kurang memiliki naluri bertahan!

Kucing ini sering menjadi kucing yang penyayang dan cerdas. Banyak pemilik mengatakan kalau kucing ini suka melompat ke bahu orang karena mereka suka ketinggian.

Apakah Kucing Mata Biru Tuli?

Mitos Kucing Mata Biru
Apakah kucing mata biru tuli? - pinterest

Ada mitos seputar kucing mata biru, yakni mereka dianggap memiliki keterkaitan dengan ketulian. Benarkah demikian?

Dilansir dari caster.com, ahli genetika kucing bernama Dr. Leslie A. Lyons menjelaskan bahwa mata biru tidak selalu menjadi indikasi kalau si kucing mengalami ketulian.

Mata biru disebabkan oleh iris yang memiliki lebih sedikit melanosit, sel yang membuat pigmen. Sel ini juga menciptakan pigmen kulit dan berperan dalam fungsi telinga bagian dalam.

Kucing yang memiliki melanosit lebih sedikit, seperti kucing bermata biru, bisa jadi tidak memiliki kemampuan pendengaran secara cukup baik. 

Apalagi jika kucing mata biru tersebut berwarna putih, kemungkinan pendengarannya terganggu semakin tinggi karena susunan genetiknya mirip dengan manusia albino yang kekurangan pigmen.

Sekitar 60% kucing yang berwarna biru memiliki warna bulu dominan putih. Kemungkinan kucing putih tersebut tuli mencapai angka 40 persen!

Meskipun angkanya tinggi, lebih besar kemungkinan kucing tersebut bisa mendengar secara normal.

Beberapa kucing memiliki warna mata campuran, seperti kucing mata biru dan hijau.

Menurut Dr. Lyons, kemungkinan gangguan pendengaran akan terjadi pada satu telinga, terutama sisi wajah dengan mata biru.

Kalau kamu khawatir kucingmu tuli, coba berdiri beberapa langka di belakangnya dan buat suara tepukan atau lainnya. 

Jika kucingmu masih memberikan reaksi, artinya pendengarannya masih bisa berfungsi. Untuk memastikan, kamu bisa membawanya ke dokter hewan terdekat, ya!

Itulah tadi beberapa jenis kucing mata biru yang mempunyai mata cantik. Pastinya kamu ingin memeliharanya kan?

Walaupun langka, ternyata tingkat kelangkaannya belum terlalu tinggi. Mata biru kalah langka dengan mata berwarna oranye, copper, bahkan dichroic!

Dari daftar ras kucing di atas, mana nih yang paling kamu inginkan? Tulis di kolom komentar, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Minggu, 31 Januari 2021, 12:00 WIB
Update pada: Sabtu, 13 Maret 2021, 11:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://excitedcats.com/types-of-cat-eye-colors/
  • https://www.catster.com/cat-health-care/all-about-cats-with-blue-eyes
  • https://www.purina.co.uk/cats/behaviour-and-training/understanding-cat-behaviour/cat-breeds-with-blue-eyes
  • https://www.thesprucepets.com/blue-eyed-cat-breeds-4843130
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar