Hari ini: Kamis, 11 Agustus 2022
Senin, 06 Desember 2021, 09:00 WIB

Membawa Petaka? Inilah 10 Mitos Kucing Hitam dan 3 Faktanya

Membawa Petaka? Inilah 10 Mitos Kucing Hitam dan 3 Faktanya

mitos kucing hitam - pixabay

Pernahkah mendengar tentang mitos kucing hitam? Berikut ini adalah mitos dan fakta tentang kucing hitam dari seluruh negara yang harus kamu ketahui.

Sobat Pintar, mitos kucing hitam memang sejak dulu sudah melekat di Indonesia. Sudah tidak menjadi rahasia lagi apabila kucing hitam sering dikaitkan dengan kesialan.

Ternyata, mitos ini juga terdapat di beberapa negara lainnya lho. Apa saja mitos yang ada di negara lain? Langsung simak saja ulasan nya berikut ini. 

Beberapa Mitos Kucing Hitam dari Seluruh Penjuru Dunia

Mitos Kucing Hitam
mitos kucing hitam - pixabay

Sebelum kita membahas tentang fakta dari kucing hitam, mari kita simak terlebih dahulu mitos yang berkembang di negara-negara lain tentang kucing hitam berikut ini.  

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Amerika Serikat

Dari salah satu survei yang dilaksanakan oleh Journal Of Applied Animal Welfare, ternyata didapat sekitar 13% warga AS percaya nasib buruk akan terjadi untuk orang yang melihat kucing hitam pada persimpangan jalan.

Oleh sebab itu, tidak banyak orang AS yang berminat untuk menjadikan kucing hitam sebagai peliharaan. 

2. Rusia

Mitos yang ada di Rusia tentang kucing hitam ini hampir sama dengan beberapa negara yang ada di Eropa.

Masyarakat di sana percaya bila melihat kucing hitam sedang melintas di hadapannya, maka mereka harus berbalik arah dengan memegang kancing di pakaiannya supaya mereka tidak mendapatkan kesialan. 

3. Italia dan Jerman

Di kedua negara ini, warganya percaya bila terdapat kucing hitam yang melompat di atas tempat tidur orang sakit, maka bisa diartikan jika kematiannya telah sangat dekat.

Oleh karena itu, banyak sekali warga yang dihantui rasa takut saat mereka melihat kucing hitam berada di rumah sakit. 

4. Inggris

Di negara yang satu ini, mitos untuk kucing hitam berbanding sangat jauh daripada di negara lainnya. Karena, apabila kamu memberikan hadiah kucing hitam ke sepasang pengantin, hal ini dipercaya bisa membawa keberuntungan untuk mereka. 

5. India

Mitos kucing hitam selanjutnya yaitu berasal dari India. Di negara ini brutal sekali sampai menyebabkan kontra untuk kalangan pecinta kucing.

Di India, warganya percaya bila jiwa reinkarnasi hanya bisa dibebaskan bila kamu melempar kucing hitam ini ke dalam api. Tentu saja hal ini memicu kontra yang tidak bisa diterima oleh banyak orang. 

6. Bengali

Di Bengali, disebutkan jika ada seorang perempuan yang dapat merubah jiwa manusia menjadi sebuah kucing.

Artinya yaitu, apabila kucing hitam ini disakiti, maka perempuan yang berubah menjadi kucing ini juga bisa merasakannya. Mitos yang sungguh unik bukan? 

7. Mesir

Negara yang terkenal dengan piramidanya ini, memiliki mitos tentang kucing hitam yaitu perwujudan dari seorang Dewa matahari atau Dewi Bast.

8. Tiongkok

Masyarakat di negara ini percaya jika bertemu dengan seekor kucing hitam dapat menyebabkan kesialan. Karena, mereka percaya bila hadirnya kucing ini dapat mendatangkan kemiskinan dan penyakit. 

9. Indonesia

Nah, kali ini kita akan membahas mitos kucing hitam dari tanah air tercinta. Untuk mitos-mitos tentang kucing hitam ini memang banyak sekali, diantaranya yaitu: 

  • Apabila kamu menabrak kucing ini sampai ia mati, maka kamu bisa mendapatkan kesialan bila kamu tidak langsung menguburkannya. 
  • Bila kucing hitam melompati jenazah, maka jenazah tersebut bisa bangkir kembali dan dimasuki dengan roh jahat yang ada di kucing hitam ini. 
  • Bila kucing hitam ini dipukul oleh pemiliknya sampai terluka, berarti rezeki dari orang tersebut bisa berkurang sampai 2 tahun lamanya secara terus menerus. 
  • Apabila saat dijalan kamu melihat kucing hitam, katanya usaha yang sedang dilakukan oleh kamu di hari itu akan sia-sia. Selain itu, untuk di sejumlah kasus, bertemu dengan kucing hitam juga dapat menjadi sebuah pertanda keberuntungan. 
  • Mempunyai kucing hitam dengan pola putih pada keningnya dikatakan dapat membawa berkah untuk kamu dalam mencari rezeki maupun nafkah. 
  • Bertemu kucing hitam yang melahirkan 7 anak di sekitar rumah dipercaya dapat menjadikan sang pemilik rumah kaya raya. 

10. Jepang

Mitos terakhir yaitu berasal dari Jepang, kucing Maneki Neko yang memiliki warna hitam dianggap bisa membawa kemakmuran dan keberuntungan. Selain itu, dikatakan juga jika kucing hitam bisa membuang energi jahat, iblis dan penguntit. 

Fakta-Fakta Kucing Hitam Si Pembawa Keberuntungan

Fakta Tentang Kucing Hitam
fakta tentang kucing hitam - pixabay

Setelah mengetahui tentang berbagai mitos kucing hitam dari negara lain. Selanjutnya mari kita bahas tentang fakta dari kucing hitam berikut ini. 

1. Membantu Perjalanan Percintaanmu

Di jepang ada sebuah kepercayaan yang mengatakan jika wanita memelihara kucing hitam bisa menarik banyak lelaki untuk meminangnya.

Lalu, di Inggris bagian tengah, kucing hitam dianggap menjadi hadiah pernikahan yang tepat. Kucing hitam di gadang-gadang dapat membawa kebahagiaan dan keberuntungan untuk sepasang pengantin.

2. Sahabat untuk Para Pelaut

Bukan hanya bisa mengusir tikus saja, ternyata kucing hitam pun dibawa para pelaut sebagai jimat keberuntungannya.

Kucing yang satu ini dipercaya bisa menjaga perjalanan pelaut menjelajah lautan. Dan istri dari para pelaut pun menjadikan kucing hitam sebagai peliharaan di rumah agar keselamatan suaminya semakin terjamin. 

3. Pembawa Keberuntungan

Negara lain seperti Jepang, Inggris Raya dan Rusia ini mempunyai kepercayaan jika bertemu kucing hitam di hadapanmu, kamu bisa memperoleh keberuntungan.

Lalu, di Jerman, jika kucing hitam berjalan di hadapanmu dari kiri ke kanan, maka kamu akan mendapatkan keberuntungan. Namun, jika sebaliknya, kamu bisa mendapatkan kesialan. 

Itu tadi merupakan fakta dan mitos kucing hitam yang menarik. Terlepas dari mitos tersebut, mereka pantas memperoleh kasih sayang dari kita sama seperti hewan lainnya, ya Sobat Pintar! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.99.co/blog/indonesia/mitos-kucing-hitam-dunia/
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/ina-suraga/membawa-keberuntungan-ini-8-fakta-menarik-seputar-kucing-hitam-c1c2/8

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar