Hari ini: Kamis, 04 Maret 2021
Minggu, 25 Oktober 2020, 19:30 WIB

Jangan Sembarang Tempat, Ini 8 Tempat Menaruh Litter Box Kucing yang Benar

Jangan Sembarang Tempat, Ini 8 Tempat Menaruh Litter Box Kucing yang Benar

Tempat menaruh litter box yang benar - armand hammer

Akhir-akhir ini kucingmu sering buang air sembarangan? Mungkin bermasalah pada liter box nya. Berikut ini adalah tempat menaruh litter box kucing yang tepat

Saat kamu memelihara kucing di dalam rumah, banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari tempat tidurnya, tempat makanannya lalu kandang yang harus kamu taruh ditempat yang tepat.

Kamu harus mengetahui dasar-dasar cara merawat kucing terlebih dahulu sebelum memeliharanya di dalam rumah.

Dari semua hal yang dibahas, ternyata ada satu hal yang mungkin terlupakan. Yaitu menempatkan kotak kotoran kucing di dalam rumah.

Nah, kira-kira ada aturan apa saja terkait kotak kotoran kucing yang kamu persiapkan untuk merawatnya.

Yuk ikutin terus informasi mengenai tempat menaruh litter box kucing yang tepat dan benar agar tidak mengganggu di dalam rumah.

Tempat Menaruh Litter Box yang Benar

Tempat Menaruh Litterbox
Tempat menaruh litter box kucing - aspca

Jika kamu memilih memelihara kucing di dalam rumah, sudah pasti kamu membutuhkan yang namanya litter box. Litter Box berguna untuk pengganti tanah yang dipergunakan kucing untuk membuang kotorannya.

Kira-kira dimana saja tempat yang baik untuk menaruh litter box, yuk ikutin terus informasinya.

Lokasi yang Privasi

Kucing pada dasarnya sangat menyukai tempat yang tidak disentuh oleh manusia. Bukan karena ia tidak ingin disentuh oleh manusia, tapi kekhawatirannya dari musuh yang bisa menyerangnya kapan saja.

Kamu bisa menaruhnya di kamar mandi yang jarang dipakai atau di pojokan lemari yang tak terlihat oleh manusia.

Atau jika tidak ada ruangan yang kosong, kamu bisa menaruhnya di pojok rumah dengan diberikan sekat yang bisa membuatnya merasa nyaman.

Baca Juga: Rekomendasi Merek Pasir Kucing Terbaik dan Harganya, Wangi Tidak Bikin Kotor!

Lokasi yang Tenang

Cobalah untuk menaruhnya di luar rumah atau di dalam bagian rumah yang jarang orang rumah untuk ke tempat itu. Kamu bisa menaruh litter box di ruangan untuk mencuci baju atau menjemur.

Letakkan litter box jangan terlalu dekat dengan mesin cuci yang sedang menyala. Karena bunyi mesin cuci bisa membuat kucing menjadi stres. Sehingga ia tidak mau mendekati ruangan tersebut.

Jauh dari Makanan

Tempat menaruh litter box kucing selanjutnya adalah di tempat yang jauh dari tempat makanan yang dia miliki.

Selain alasan kesehatan yang tidak baik, hargai kucing peliharaanmu dengan cara menaruh tempat kotorannya yang layak.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KUCING?
Cari info Kucing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Jauhkan dari Ruangan yang Harus Melewati Tangga

Meskipun kucing biasanya bebas berkeliaran di dalam rumah kemana saja, namun jika kamu memiliki anak kucing atau kucing yang sudah tua, jangan memaksanya untuk menaiki tangga untuk menggunakan litter box yang ada di ruangan atas rumah.

Hindari juga ruang bawah tanah yang lembab dan gelap, bisa saja pasir di dalam litter box ini menjadi berjamur dan penuh dengan bakteri. Sebaiknya taruh litter box di lantai yang sejajar dengan tempat tinggalnya.

Desain Kotak Pasir

Banyak desain kotak pasir unik yang bisa kamu dapatkan di toko online. Hal ini bisa dikombinasikan dengan furnitur di dalam rumah kamu sehingga tidak mengganggu penglihatan tamu saat ada litter box di dalam rumah.

Kamu bisa mencari desain yang pas untuk kamu taruh di dalam rumah. Bahkan ada litter box yang berbentuk sekat sehingga tidak terlihat bahwa kotak sekat tersebut adalah litter box. Hal ini bisa tetap mempercantik rumahmu lho.

Cara Merawat Litter Box Kucing

Cara Merawat Litterbox
Cara merawat litter box kucing - mill creek vet

Bukan hanya menempatkan litter box saja yang tepat, namun ada cara merawat litter box kucing yang wajib kamu ketahui agar kucing bisa nyaman dalam menggunakannya. Berikut adalah cara merawat tempat kotoran kucing yang baik.

Baca Juga: Ternyata Ini 5 Alasan Kenapa Kucing Buang Air Tidak Pada Bak Pasirnya

Bersihkan Hanya Bagian Pasir yang Kotor

Ambil pasir yang menggumpal dengan sekop pasir kucing yang tersedia khusus. Buang semua urine dan tinja yang menggumpal pada pasir khusus kotoran kucing.

Menjaga kebersihan litter box dari kotorannya akan mencegah timbulnya bau tidak sedap dari kotak tersebut.

Pertahankan jumlah pasir di dalam litter box. Setelah mengambil kotoran dengan sekop dan membersihkannya, pastikan kamu mengisinya dengan pasir jumlah yang sama. Kucing mungkin akan memiliki seleranya sendiri tentang kedalaman pasir di dalam litter box.

Mengganti Pasir Kotoran Secara Menyeluruh

Buang pasir lama dan gantikan dengan pasir kotoran yang bersih dan baru. Jenis pasir kotoran yang kamu pilih biasanya akan menentukan seberapa sering kamu harus mengganti pasir kotoran.

Cuci litter box sampai bersih saat mengganti pasir kotoran. Hal ini mencegah bakteri yang menempel pada kotak pasir yang sering digunakan kucing kesayanganmu.

Setelah itu kamu juga bisa mempertimbangkan menaruh alas di dalam kotak kotoran sehingga memudahkan kamu untuk membersihkannya.

Nah itulah dia tips untuk menaruh tempat kotoran kucing yang baik dan benar. Setelah kamu mengetahui hal tersebut, kamu bisa langsung terapkan untuk menaruh kotak kotoran ditempat yang tepat.

Jangan lupa juga untuk selalu merawat litter box untuk membuatnya nyaman dalam menggunakannya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.wikihow.com/Merawat-Kotak-Kotoran-Anak-Kucing
  • https://www.thesprucepets.com/litter-box-placement-554839

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar