Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Rabu, 04 Agustus 2021, 16:00 WIB

Kenali Dampak Memberikan Tempe Untuk Kucing yang Dapat Membahayakannya

Kenali Dampak Memberikan Tempe Untuk Kucing yang Dapat Membahayakannya

tempe untuk kucing - rumah budidaya

Tempe untuk kucing tidak baik untuk kesehatannya, sehingga kamu harus benar-benar bisa memperhatikannya dan tidak sembarangan. Berikut efek pada kucing

Sobat pintar, Ibarat memelihara anak, banyak penggemar kucing memberikan makanan terbaik untuk mempengaruhi tumbuh kembang dan kesehatan pada peliharaannya.

Hal inilah yang membuat beberapa orang selalu mencari makanan yang berkualitas.

Namun, apabila ini pengalaman pertama dalam memelihara kucing, lebih baik untuk menghindari memberikan tempe untuk kucing.

Meskipun terdapat beberapa kandungan yang baik untuk manusia, namun menu satu ini tidak baik untuk kesehatan kucing.

Nah, pada kesempatan kali ini kami mencoba mengulas secara lengkap mengenai beberapa dampak ketika memberikan tempe pada kucing. Yuk kita bahas bersama ulasannya lengkapnya berikut ini.

Dampak Memberikan Tempe Ke Kucing

Tempe Untuk Kucing
tempe untuk kucing - grid

Ada beberapa permasalahan jika kamu rutin memberikan tempe pada hewan peliharaan. Pada tahap ini Petpi akan menjelaskan beberapa ulasan lengkap mengenai beberapa dampaknya, simak ulasan lengkapnya. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Mempengaruhi Kebutuhan Nutrisi

Perlu dipahami bersama-sama kalau kucing itu termasuk hewan karnivora, sehingga sebagian besar kebutuhan nutrisinya didapatkan dari asupan protein hewani.

Dalam artian kamu harus memberikan makanan dari kandungan daging. Hal inilah yang membuat kucing begitu menggemari ayam, ikan, dan berbagai jenis daging lainnya. 

Sedangkan, apabila kamu memberikan tempe untuk semua kebutuhannya maka nutrisi yang dibutuhkan olehnya tidak bisa terpenuhi secara maksimal. Karena perlu dipahami tempe itu termasuk memiliki banyak kandungan protein nabati, sehingga tidak akan mencukupinya.

Oleh karena itu, apabila kamu terlalu sering memberikan tempe untuk kucing peliharaan dapat menimbulkan permasalahan pada kesehatan si kucing. 

Bahkan, beberapa dari berbagai sumber yang ada pencernaan kucing itu tidak bisa menerima protein nabati secara optimal, sehingga apabila kamu memberikan akan mempengaruhi dan mengganggu pencernaan nantinya.

Kondisi ini harus kamu perhatikan secara serius, jangan sampai kamu salah dalam memberikan makanan untuk hewan peliharaan kamu dirumah itu. 

2. Memicu Hipertiroidisme

Menu tempe apabila dikonsumsi oleh manusia memiliki efek yang baik, karena dalam tempe itu mengandung isoflavon yang bagus untuk kesehatan.

Karena kandungan tersebut ampuh untuk menghancurkan radikal bebas dalam tubuh, sehingga bisa menjadi antikanker yang murah untuk tubuh manusia apabila rutin dan mengelola dengan tepat. 

Tetapi, apabila tempe kamu berikan secara rutin untuk kucing kesayangan kamu dirumah itu memicu berbagai permasalahan, salah satunya menyebabkan hipertiroidisme.

Senyawa satu ini berdampak buruk pada kucing karena membuat peliharaan kamu tersebut kelebihan sekresi hormon tiroid dan menyebabkan kelenjarnya membesar. 

Kondisi ini apabila dilakukan secara terus menerus akan berpengaruh pada tumbuh kembang si kucing peliharaanmu.

Hal ini mengakibatkan kucing kamu merasa terus lapar dan tubuhnya tidak mengalami perkembangan yang baik, sehingga badannya tetap kurus. Tentunya ini akan membuat kesehatan kucing kesayanganmu terganggu. 

Oleh karena itu, lebih baik untuk menghindari memberikan tempe untuk kucing kamu dirumah dan mengganti dengan menu lainnya saja. 

3. Kekurangan Asam Amino atau Defisiensi Taurin

Jika kamu memberikan kucing kamu tempe secara rutin setiap harinya akan berdampak pada beberapa permasalahan yang akan terjadi.

Hal yang paling sering terjadi pada kucing itu akan mengalami defisiensi atau kekurangan asam amino. Kondisi ini akan berpengaruh pada tumbuh kembang si kucing dan menimbulkan berbagai dampak buruk kedepannya. 

Untuk itu apabila kamu memelihara kucing jangan sampai kamu memberikan tempe setiap harinya, karena akan merusak perkembangannya. Proses ini harus kamu pahami dan jangan sampai salah dalam menentukan menunya tersebut. 

Kucing itu membutuhkan kandungan taurin yang seimbang, apabila kamu terus memberikan asupan tempe yang notabenenya memiliki protein nabati itu tidaklah tepat.

Karena kandungan tersebut hanya didapatkan dari protein hewani saja. Untuk itulah kamu harus benar-benar memahaminya dan jangan sampai salah dalam memberikannya. 

4. Penurunan Berat Badan

Hal ini disebabkan oleh kandungan yang diberikan itu tidak sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan pada kucingmu.

Tindakan ini apabila kamu berikan tempe untuk kucing secara terus menerus maka akan membuat tumbuh kembang si kucing berpengaruh. Proses inilah yang membuat kucing kamu tetap lahap makan, tetapi tidak memberikan dampak perubahan pada tubuhnya.

Jika kamu ingin mendapatkan kucing yang sehat dan tumbuh kembang yang baik, penuhi berbagai nutrisi yang dibutuhkannya.

Apalagi saat ini ada banyak pilihan menu khusus kucing yang bisa kamu berikan. Proses inilah yang menjadikan kamu harus memahaminya dan tidak sembarangan dalam memberikannya. 

Hindari memberikan tempe, namun sesekali tidak ada salahnya untuk memberikannya asal prosesnya harus diberikan dalam bentuk yang matang. Tetap memberikan makanan kucing yang tepat dan jangan sampai kamu salah dalam melakukannya. 

5. Menghambat Nutrisi Lain

Jika kamu terlalu sering memberikan tempe tidak menutup kemungkinan kucing kamu tersebut akan lambat dalam tumbuh kembangnya dan berpengaruh pada kesehatannya.

Selain itu juga, tahapan ini juga berdampak pada nutrisi lainnya. Hal ini harus kamu pastikan dan jangan sampai kucing kamu nantinya lambat atau tidak sama sekali menyerap nutrisinya.

Untuk itulah berikan makanan yang sesuai dengan kebutuhannya dan harus memahaminya dengan sangat jelas agar tidak salah dalam memberikannya.

Selain itu juga, tempe memang bisa dijadikan alternatif pengobatan untuk diare, tetapi bukan dilakukan dalam kurun waktu yang panjang, karena akan mempengaruhi kondisi lainnya. 

Apabila kucing kamu mengalami permasalahan, lebih baik untuk membawa ke dokter hewan agar bisa ditangani lebih baik. Sebab, apabila kamu salah dalam memberikan akan berpengaruh pada aspek kesehatan yang lain. 

Sobat pintar, demikianlah penjelasan lengkap mengenai tempe untuk kucing yang bisa kamu pahami. Namun, karena menimbulkan berbagai dampak pada kesehatan kucing kamu kedepannya sebaiknya hindari untuk memberikannya, ya. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/17/182534320/tempe-tidak-disarankan-untuk-kucing-dapat-memicu-hipertiroid?page=all
  • https://www.blibli.com/friends/blog/kategori/tips-n-trick/pertolongan-pertama-pada-kucing-diare-00
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/23/103900476/kucing-tidak-boleh-diberi-makan-tempe-ini-4-efek-buruknya?page=all

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar