Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Rabu, 08 September 2021, 10:00 WIB

5 Jenis Vitamin Manusia Untuk Kucing Terbaik Yang Bisa Kamu Berikan

5 Jenis Vitamin Manusia Untuk Kucing Terbaik Yang Bisa Kamu Berikan

vitamin manusia untuk kucing - kitnipbox

Vitamin manusia untuk kucing itu bisa saja kamu berikan, tapi harus memperhatikan kadar dan dosisnya serta tidak boleh sembarangan. Berikut aturannya

Sobat pintar, memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk kucing peliharaan di rumah memang langkah yang baik.

Tapi, kucing kesayangan kamu itu juga membutuhkan vitamin untuk menjaga bulu, kesehatan, dan proses penyembuhan ketika sakit. Hal ini penting untuk kamu perhatikan dan pahami mengenai kebutuhannya. 

Sebenarnya untuk memberikan berbagai vitamin itu kamu bisa loh mendapatkannya di apotik, karena ada beberapa jenis vitamin manusia yang bisa diberikan ke kucing.

Pada kesempatan kali ini Petpi mencoba untuk mengulas lebih lengkap mengenai beberapa vitaminnya tersebut. Lantas, apa saja sih rekomendasi vitaminnya? Yuk kita bahas bersama-sama. 

Apa Saja Vitamin Manusia Yang Baik Untuk Kucing?

Vitamin Manusia Untuk Kucing
vitamin manusia untuk kucing - also known as
Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Stimuno

Mungkin kamu sering mengkonsumsi vitamin satu ini, khususnya untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap bugar dan fit. 

Pada multivitamin ini terdapat kandungan Echinacea yang mempunyai khasiat dan terbukti dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Tentunya pada manusia, vitamin ini memiliki dampak yang baik. 

Ternyata stimuno banyak juga diberikan dan direkomendasikan untuk hewan terutama pada kucing.

Sebelum memberikan vitamin manusia untuk kucing memang lebih baik dan tepat untuk konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya, karena kebutuhan setiap kucing itu berbeda-beda dan tidak bisa langsung disamaratakan, sehingga perlu untuk memahaminya dulu. 

Harga stimuno relatif terjangkau dan tidak terlalu mahal, beberapa apotik menawarkan dari harga 30 ribu sampai 50 ribu rupiah. Mengenai dosisnya, untuk kucing dewasa kamu bisa memberikan sekitar 1 ml per hari. 

2. Virgin Coconut Oil (VCO)

Untuk merawat kesehatan rambut, produk satu ini sudah biasa digunakan oleh manusia. Namun, apakah produk ini memiliki manfaat yang baik untuk kucing?

Beberapa praktisi menjelaskan dan merekomendasikan untuk menggunakan minyak VCO itu kepada kucing kesayangan kamu di rumah. 

Karena, beberapa kandungan yang ada pada vitamin manusia untuk kucing tersebut memiliki khasiat yang banyak untuk kucing kamu. Mulai dari menghilangkan bau pada mulut dan gigi kucing, mengobati penyakit kulit, mencret, luka, dan alergi.

Semuanya itu bisa didapatkan dari memberikan VCO pada kucing dan pengaplikasiannya itu untuk luar saja. 

Jika ada beberapa gejala yang ada tadi, kamu bisa menggunakan pada kucing kamu dan pastikan sudah berumur 3 bulanan. Proses penggunaannya sendiri, jika untuk kesehatan bulunya itu kamu bisa menggunakan sedikit minyak saja dan tidak berlebihan.

Apabila untuk pengobatan jamur, kamu bisa berikan 2 kali saja selama 3 hari dan selanjutnya kasih jeda 2 minggu atau sebulan baru dioleskan kembali. 

3. Curcuma Plus

Apabila kucing kamu mengalami kondisi nafsu makan rendah dan sering sakit-sakitan, rasanya kamu bisa memberikannya curcuma plus.

Dalam multivitamin tersebut terdapat beberapa kandungan mulai dari vitamin A, B, D kompleks, minyak ikan dan kalsium. Harganya di kisaran 15 ribu sampai 25 ribu rupiah untuk kemasan ukuran 60 ml. 

Terutama jika kamu memiliki kucing anggora di rumah, beberapa dokter hewan banyak merekomendasikan suplemen vitamin manusia untuk kucing yang satu ini. Biasanya banyak yang memberikan dalam bentuk yang cair dibandingkan dengan bentuk yang tablet.

Tetapi, kamu harus memahami untuk tidak memberikannya pada kucing yang masih dibawah umur 2 bulan, karena akan berbahaya. 

Mengenai takaran dosisnya kamu harus tepat dan tidak boleh sembarangan, karena curcuma plus vitamin yang diberikan kepada manusia. Untuk kucing kitten sendiri berikan pada dosis 0,2 ml dan dewasa 0,5 ml serta hanya diberikan 1 kali saja perharinya.

Selanjutnya tidak boleh diberikan secara berlebihan, karena mengandung pemanis buatan yang tidak sehat bagi kucing.

4. Madu

Pada manusia madu memang baik dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tetapi, berdasarkan riset dari Barbara, dkk menjelaskan juga kalau kandungan L-Mesitran yang terdapat pada madu mempunyai khasiat yang baik pada kucing. Terutama untuk proses penyembuhan. 

Apalagi madu ini termasuk suplemen alami, sehingga memberikan efek kesehatan yang baik untuk manusia dan kucing.

Beberapa manfaat yang didapatkan dari vitamin manusia untuk kucing ini adalah mulai dari meningkatkan energi, menyembuhkan flu, menyembuhkan luka, dan menjaga pencernaan tetap lancar.

Hal ini tentunya bisa menjadi pilihan obat ketika kucing kesayangan sedang mengalami gejala diatas. 

Sebelum memberikan kepada kucing kamu, pastikan madu yang kamu miliki itu berasal dari madu alami dan bukan campuran pemanis buatan.

Karena apabila terbuat dari bahan yang sudah ada pemanisnya akan berdampak buruk pada kucing. Dengan demikian, kadar dosis yang diberikan pun harus berbeda dan tidak boleh dipukul rata. 

Misalnya, jika kucing kamu mengalami flu. Apabila kandungan madu alami bisa kamu berikan 2 sdt madu pada kucing dewasa.

Tapi, bukan madu asli atau murni kamu harus mencampurkan air pada madu tersebut, takarannya mulai dari ½ - 1 sdt dan 5 sdm air. Hal tersebut untuk mengantisipasi agar kesehatan kucing tidak bermasalah. 

5. Cyproheptadine atau Periactin

Biasanya obat ini diberikan untuk pengobatan pada asma dan alergi, tetapi pada kucing obat ini biasanya digunakan untuk meningkatkan nafsu makan.

Namun, obat ini memiliki gejala efek samping yang membuat kucing kamu akan mudah ngantuk, mulutnya akan kering, dan dampak pada denyut jantung. 

Oleh karena itu, Periactin tidak direkomendasikan untuk kamu berikan pada kucing yang sedang hamil dan menyusui, karena akan berdampak serius.

Mengenai takaran saji atau dosisnya sendiri kamu bisa berikan untuk kucing dewasa 1-4 mg/kg sebanyak 1-2 kali sehari.

Sedangkan, kitten bisa kamu berikan 0,35 - 1 mg/kg sebanyak 1-2 kali sehari. 

Apabila tidak ingin ambil resiko terhadap efek sampingnya, lebih baik konsultasikan dahulu vitamin manusia untuk kucing ini pada dokter hewan langganan kamu ya. 

Sobat pintar, itulah beberapa jenis vitamin manusia yang bisa kamu berikan pada kucing kesayangan di rumah. Namun, tetap memperhatikan kadar dosis dan konsultasi ke dokter untuk keamanan dan kesehatannya ya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.goldenmaze.net/vitamin-kucing-yang-dijual-di-apotik/
  • https://www.orami.co.id/magazine/vitamin-kucing-yang-bagus/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar