Hari ini: Selasa, 01 Desember 2020
Sabtu, 07 November 2020, 10:00 WIB

7 Pilihan Makanan Kucing Kampung yang Murah dan Mudah Didapatkan

7 Pilihan Makanan Kucing Kampung yang Murah dan Mudah Didapatkan

Makanan kucing kampung Murah - mercurynews

Apakah kamu memiliki kucing kampung di rumah? Jangan anggap sepele! Berikut pilihan makanan kucing kampung murah dan paling disukai yang bisa jadi pilihan.

Apakah kamu pernah lihat kucing kampung yang banyak berkeliaran di sekitar lingkungan rumahmu?

Selain hidup liar di lingkungan sekitar, ada beberapa di antara kamu yang juga memilih menjadikan kucing kampung atau kucing domestik sebagai hewan peliharaan di rumah.

Salah satu alasannya karena biaya perawatannya yang jauh lebih murah ketimbang kucing ras, termasuk dalam hal jenis makanan kucing yang diberikan.

Namun faktanya, masih ada saja sebagian kalangan yang menganggap remeh makanan kucing kampung yang diberikan. Mulai dari makanan sisa dapur, tulang ayam, maupun ikan.

Padahal hal-hal tersebut tidak mengandung nutrisi yang cukup bagi kucing dan cenderung berbahaya untuk kesehatannya, lho.

Maka dari itu, pada artikel kali ini PetPi bakal mengulas pilihan makanan kucing kampung terbaik dengan harga murah dan mudah kamu dapatkan di rumah. Ada apa saja ya kira-kira?

Pilihan Makanan Kucing Kampung Murah untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Makanan Untuk Kucing Kampung
Makanan kucing kampung - suzionline

Kamu pasti ingin kucing kampung peliharaanmu punya umur panjang dengan tubuh yang gemuk dan bulu tidak rontok.

Atau buat kamu yang tidak memeliharanya, pasti ingin kucing kampung di sekitar lingkungan punya tubuh yang terawat, tidak kurus, dan tidak bikin risih, kan?

Makanya penting sekali untuk menjaga nutrisi yang dibutuhkan melalui makanan dan minuman yang diberikan, seperti mengandung:

  • Protein hewani (daging atau ikan);
  • Asam amino, seperti taurin dan arginin;
  • Asam lemak;
  • Vitamin;
  • Mineral; dan
  • Air.

Untuk memenuhi kebutuhannya tersebut, kamu bisa memberikan pilihan makanan kucing kampung murah, mudah didapatkan, dan bisa dibuat sendiri sebagai berikut.

Daging

Kucing pada dasarnya adalah hewan karnivora alias pemakan daging. Memberikan makanan kucing kampung berupa daging bisa jadi salah satu opsi yang bisa sobat PetPi berikan.

Bukan hanya daging sapi, kamu juga bisa memberikan daging ayam ataupun olahan daging lainnya.

Protein hewani yang didapatkan dari daging pun berfungsi untuk memperkuat fungsi jantung, indera penglihatan, dan sistem reproduksi pada kucing peliharaanmu.

Sebelum memberikannya, pastikan daging sudah dalam keadaan matang atau dimasak. Hal ini untuk mencegah daging mentah atau busuk yang bisa membuat kucing sakit.

Baca Juga: Biar Makin Penurut, Ini Rahasia Cara Merawat Kucing untuk Pemula yang Mesti Dilakukan!

Ikan

Bau amis pada ikan tentu bakal bikin kucing peliharaan tertarik dan mengeong di hadapanmu, kan?

Ikan yang sudah dimasak, misal dengan cara dikukus juga bisa menjadi opsi makanan kucing kampung agar cepat gemuk yang bisa didapatkan dengan mudah dan harganya lebih murah.

Terutama ikan laut juga mengandung banyak asam lemak omega-3 yang membantu penglihatan tetap tajam dan mengurangi risiko radang sendi, penyakit ginjal, hingga gangguan jantung, lho.

Telur Ayam

Siapa yang tidak pernah menemukan olahan telur ayam dalam makanan sehari-harinya? Selain untuk konsumsi manusia, telur ayam bisa kamu jadikan santapan untuk peliharaanmu, lho.

Telur ayam pun bisa dijadikan opsi makanan kucing kampung agar bulu tidak rontok karena dapat memenuhi kebutuhan protein hewaninya.

Pastikan telur dalam keadaan matang, karena telur ayam mentah berpotensi mengandung bakteri Salmonella yang berbahaya bagi pencernaan kucing.

Nasi

Sebagaimana sobat PetPi ketahui, nasi adalah makanan pokok bagi mayoritas penduduk Indonesia. Lalu apakah nasi diperbolehkan menjadi makanan kucing kampung?

Rebecca Remillard, ahli gizi hewan pada laman Pets WebMD menyatakan kalau konsumsi karbohidrat, seperti nasi atau jagung diperbolehkan pada kucing, tapi dalam jumlah terbatas.

Yang mana artinya kamu tetap boleh memberikan nasi, namun dengan variasi makanan kucing yang mengandung protein untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Rebecca juga menambahkan kalau karbohidrat sederhana ini dapat memberikan energi yang berguna sekaligus mengurangi beban pengeluaran pemilik kucing di rumah.

Makanan Kucing Kemasan

Makanan Bergizi Untuk Kucing Kampung
Makanan kucing kemasan - vetsonbalwyn

Kalaupun kamu malas mengolah makanannya, kamu juga bisa membeli makanan kucing kemasan yang tersedia di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau.

Kamu bisa mendapatkan dua tipe makanan, yakni makanan basah (wet food) dan makanan kering (dry food) yang biasanya sudah disesuaikan dengan umur kucing, lho.

Umumnya kucing kampung lebih memilih makanan basah (wet food) karena baunya lebih amis dan lebih menarik perhatiannya.

Dengan tersedianya berbagai merk di pasaran, kamu bisa mencoba berbagai variasi terlebih dulu untuk memilih mana yang cocok untuk peliharaanmu.

Pasalnya beberapa makanan kucing kampung dalam kemasan ini juga bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti kotoran kucing mencret.

Baca Juga: Sebelum Berpisah, Kenali 10 Ciri-Ciri Kucing Mau Mati yang Wajib Kamu Ketahui

Air

Semua mahluk hidup pasti membutuhkan air untuk menunjang kehidupannya, termasuk bagi kucing.

Oh ya, air yang diberikan pada kucing pastikan sudah kamu letakkan dalam wadah yang bersih dan kamu ganti secara rutin agar nggak tercemar.

Soalnya beberapa kucing kampung bisa saja minum air dari sumber yang tidak bersih, seperti genangan, wastafel, bak kamar mandi, atau lubang kloset.

Susu

Susu dan produk olahannya, seperti keju punya kandungan protein yang tinggi bagi kucing, namun dalam jumlah asupan yang kamu batasi ya.

Lebih baik lagi kalau produk susu yang kamu berikan memang dikhususkan untuk kucing. Kenapa begitu?

Pasalnya susu sapi mengandung laktosa yang tidak dapat dicerna dalam tubuh kucing. Pada beberapa kasus, pemberian susu sapi bisa menyebabkan muntah, diare, bahkan kehilangan berat badan.

Selain makanan kucing yang direkomendasikan di atas, ada pula beberapa tipe makanan yang berbahaya, seperti cokelat, anggur dan kismis, bawang, roti, alkohol, serta pemanis buatan.

Oh ya, dalam pengolahan makanan kucing kampung jangan lupa untuk memperhatikan kebersihannya.

Apa Saja Merek Makanan Kucing Kampung Murah yang Tersedia di Pet Shop?

Dibanding membuat makanan kucing sendiri dengan bahan alami, tentu akan lebih praktis menggunakan beberapa merek makanan kucing kemasan yang tersedia di pet shop.

Dan juga karena diperuntukkan untuk kucing kampung, yang mungkin akan kamu gunakan untuk street feeding, harga jadi salah satu faktor penentu, bukan?

Makanya berikut PetPi rekomendasi beberapa merk makanan untuk kucing kampung yang harganya murah dan mudah didapatkan.

1. Whiskas

Makanan Kucing Kampung Murah
Whiskas - shopee

Siapa yang tidak mengenal merek makanan kucing populer bernama Whiskas? Selain mudah didapatkan, makanan kucing Whiskas juga tergolong ramah di kantong.

Whiskas memiliki banyak kandungan nutrisi penting di dalamnya. Produk ini pula memiliki berbagai pilihan, mulai dari dry food atau wet food untuk kitten hingga kucing dewasa.

Sebagai contoh, untuk makanan kucing Whiskas dengan kemasan 1,2 kg dibanderol kisaran Rp60.000 - Rp65.000

2. Maxi

Rekomendasi Makanan Kucing Murah
maxi - wcstore

Makanan kucing Maxi juga tergolong mudah ditemukan di pet shop dan harganya relatif terjangkau. Maxi cocok diberikan untuk kucing muda hingga dewasa.

Maxi memiliki varian makanan berbahan ayam dan tuna. Kandungan nutrisi Maxi terdiri dari kalsium, lysine, vitamin A, vitamin D3, vitamin C, vitamin E, serta omega-3 dan omega-6.

Selain itu Maxi juga diklaim dapat mengurangi bau tak sedap dari kotoran kucing. Merek makanan untuk kucing kampung ini dibanderol Rp20.000 - Rp25.000 untuk kemasan 1 kg.

Baca Juga: Kucing Kamu Flu Berat? Begini Cara Ampuh Mengobati Kucing yang Flu, Dijamin Ampuh!

3. Bolt

Makanan Kucing Murah
bolt - wcstore

Bolt bisa dijadikan pilihan merek makanan kucing kampung agar cepat gemuk yang aromanya banyak disukai.

Karakteristik makanan kucing Bolt adalah bentuknya yang bulat-bulat sedang, sehingga kurang direkomendasikan untuk kitten atau anak kucing.

Untuk kamu yang hendak menghemat pengeluaran, harga makanan kucing Bolt dengan ukuran kemasan 1 kg berkisar Rp16.000 - Rp18.000 saja.

Oh ya, dalam pengolahan makanan kucing kampung, baik yang dibuat sendiri atau bermerek jangan lupa untuk memperhatikan kebersihannya.

Jangan sampai wadah makan yang kotor hingga metode dalam mempersiapkannya malah menimbulkan masalah kesehatan pada kucing yang tentu tidak kamu inginkan.

Jika kamu ingin melihat artikel tentang kucing lainnya, kamu bisa temukan di website PetPintar ya!

Terbit pada: Minggu, 23 Agustus 2020, 16:30 WIB

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://catinfo.org/
  • https://feline-nutrition.org/answers/answers-what-dry-food-does-to-your-cat-s-fur
  • https://hewany.com/makanan-kucing-kampung/
  • https://pets.webmd.com/cats/guide/homemade-cat-food-and-raw-cat-food#1
  • https://pets.webmd.com/feed-pets-17/slideshow-people-foods-cats-can-eat
  • https://www.hobinatang.com/2018/05/merk-makanan-kucing-yang-bagus-dan-murah.html
  • https://www.rd.com/article/can-cats-drink-milk/
  • https://www.vet.cornell.edu/departments-centers-and-institutes/cornell-feline-health-center/health-information/feline-health-topics/feeding-your-cat
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar