Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Rabu, 10 Maret 2021, 10:00 WIB

Kucingmu Kehilangan Nafsu Makan? Ini Cara Agar Kucing Mau Makan Lagi!

Kucingmu Kehilangan Nafsu Makan? Ini Cara Agar Kucing Mau Makan Lagi!

cara agar kucing mau makan lagi - hills crest animals

Kamu ingin mengetahui cara agar kucing mau makan lagi? Sebaiknya, ketahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Berikut panduannya agar kucingmu kembali sehat

Sudah disediakan makanan tapi kucingmu menolak untuk memakannya? Khawatir kucingmu lagi sakit sehingga enggak nafsu makan?

Kucing dikenal sebagai salah satu hewan peliharaan yang sangat pemilih dalam hal makanan. Mungkin kamu pernah merasa frustasi karena kucingmu terus menolak makanan yang sudah diberikan.

Tenang, kamu enggak perlu bingung. Ada beberapa penyebab dan cara agar kucing mau makan!

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan
penyebab kucing tidak mau makan - wp engine

Tidak semua kucing memiliki sifat pilih-pilih makanan. Bisa saja ada penyebab lain yang membuatnya enggan memakan makanannya.

Agar tidak sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, ada beberapa penyebab kenapa kucing tidak mau makan agar kamu tahu gimana cara mengatasinya.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Makanan yang Tidak Cocok

Sebagai hewan yang sangat pemilih, makanan yang tidak cocok dengan seleranya merupakan alasan utama mengapa kucing tidak mau makan. 

Sebagai pemilik, kamu harus tahu makanan kucing apa yang disukai olehnya. Bisa jadi kucingmu lebih suka makanan kering, makanan basah, atau bahkan racikan sendiri menggunakan campuran tempe dan ikan.

Selain makanan, lokasi di mana kamu memberikan makan dan jenis wadah yang digunakan juga bisa berpengaruh. Jangan meletakkan tempat makan di dekat litter box yang ia gunakan untuk buang air.

2. Penyakit Gigi dan Mulut

Kalau kamu lagi sakit gigi, bawaannya males makan karena mengunyah menjadi aktivitas yang berat, kan? Kucing pun seperti itu, apalagi ada banyak penyakit gigi dan mulut yang rentang menyerangnya.

Beberapa di antaranya adalah gigi yang patah, akar gigi abses, tumor mulut, dan lain sebagainya. Kamu bisa melihat gejalanya dengan memperhatikan arena mulut si kucing.

Kalau kucingmu memiliki napas yang bau, air liur keluar tak terkendali, terdapat gigi yang hilang, gusi bengkak, bisa hampir dipastikan kalau kucingmu sedang sakit gigi atau mulut.

3. Penyakit Pernapasan

Kucing mengandalkan indra penciumannya untuk mencicipi makanan yang ada di hadapannya. Kalau saluran pernapasannya terganggu, otomatis ia akan malas untuk makan.

Penyakit pernapasan yang bisa terjadi pada kucing antara lain flu, infeksi saluran pernapasan atas, rinitis, hingga kanker hidung.

Kucing yang sudah tua juga biasanya mengalami penurunan kemampuan penciuman. Hal ini diperparah dengan berbagai penyakit yang kerap melanda kucing tua. Apalagi, kucing tua cenderung tidak banyak bergerak sehingga tidak membutuhkan makan dalam porsi besar

4. Penyakit-Penyakit Lainnya

Hampir semua penyakit yang menyerang kucing bisa membuatnya kehilangan nafsu makan. Beberapa penyakit lain yang patut kamu waspadai adalah gagal ginjal, demam, infeksi, pankreatitis, masalah usus, hingga kanker.

5. Baru Menjalani Operasi atau Vaksinasi

Jika kucingmu baru saja sakit dan menjalani operasi, besar kemungkinan nafsu makannya akan hilang untuk sementara waktu.

Periode penurunan nafsu makan ini juga bisa dikaitkan dengan perubahan rutinitas dan efek obat anestesi pada usus mereka. Beberapa obat dan kondisi medis juga bisa menyebabkan mual.

Selain suntikan bius pasca operasi, penyebab lain adalah karena kucingmu baru saja menjalani proses vaksinasi. Terkadang, ada reaksi negatif dari suntikan yang memberikan efek samping berupa hilangnya nafsu makan pada kucing.

6. Stres dan Depresi

Stres dan depresi yang melanda kucing juga menjadi penyebab kucing tidak mau makan. Jangankan makan, mau gerak dan beraktivitas saja magernya bukan main.

Kucing yang merasa tidak nyaman dengan lingkungan sekitarnya akan mudah merasa stres. Adanya perubahan rutinitas juga menjadi pemicunya.

Kehadiran orang atau hewan peliharaan baru juga bisa memicu depresi pada kucing, terutama jika kucingmu termasuk spesies yang sensitif.

Cara Agar Kucing Mau Makan

Cara Agar Kucing Mau Makan Lagi
cara agar kucing mau makan lagi - certapet

Membujuk kucing agar mau makan adalah salah satu kemampuan yang harus bisa kita lakukan sebagai pemilik. Kita harus melakukan pendekatan dengan lembut dan penuh kesabaran.

Terlepas dari apa penyebab kucingmu tidak mau makan, ada beberapa cara agar kucing mau makan yang bisa kamu coba. Apa saja?

1. Mencoba Variasi Makanan Lain

Salah satu penyebab utama kucingmu tidak mau makan adalah karena merasa tidak cocok dengan makanan yang disajikan. Alternatifnya adalah dengan coba mengganti variasi makanannya.

Kalau kamu biasanya hanya memberikan makanan kering, coba berikan makanan basah. Varian rasa makanan laut lebih diutamakan karena disukai oleh mereka. Selain itu, buatlah makanan kucing di rumah bervariasi agar mereka tidak merasa bosan untuk menyantapnya.

Berikan makanan yang memiliki aroma dan rasa kuat karena kucing mengandalkan indra penciumannya untuk mengetahui makanan apa yang akan disantapnya.

2. Beri Makan Sedikit Tapi Sering

Kucing yang sedang sakit atau stres biasanya akan lebih jarang menghabiskan makanannya. Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa memberinya porsi yang sedikit, namun sering.

Bisa jadi kucing merasa enek dengan jumlah porsi makanan yang terlalu banyak. Dengan memberikan sedikit makanan segar tapi teratur, kita bisa mendorong kucing makan agar kebutuhan gizinya tetap terpenuhi ketika kondisinya kurang fit.

Pola seperti ini cocok digunakan untuk kucing tua yang sudah sakit-sakitan.

3. Menyuapinya

Beberapa jenis kucing memiliki sifat manja kepada pemiliknya. Kalau kucingmu salah satunya dan ia sedang malas makan, kamu bisa coba untuk menyuapinya dengan tangan maupun alat bantu.

Untuk makanan basah, memang sebaiknya kamu menggunakan semacam sendok agar tanganmu tidak kotor. Untuk camilan yang kering, kamu bisa menggunakan tangan secara langsung.

4. Mengganti Wadah Makanannya

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak pecinta kucing, kumis kucing merupakan salah satu bagian tubuh kucing yang paling sensitif. Oleh karena itu, wadah makanan yang tidak tepat akan membuatnya merasa tidak nyaman untuk makan.

Hindari menggunakan tempat makan yang akan membuat kumisnya tersenggol-senggol. Sebagai gantinya, gunakan tempat makan yang lebar dan dangkal sehingga tidak mengganggu kumisnya. 

Untuk bahan wadahnya sendiri tidak ada ketentuan khusus, boleh dari plastik maupun aluminium. Jangan lupa untuk rajin membersihkan wadah makanannya agar kucingmu bisa terhindar dari penyakit.

5. Memberi Obat Perangsang Nafsu Makan

Dalam beberapa kasus, kucing perlu diberikan obat perangsang nafsu makan. Hanya saja, perlu diingat kamu enggak boleh sembarang memberikan obat ke kucing. 

Konsultasikan dengan dokter, apakah kucingmu membutuhkan obat atau bisa diatasi dengan cara lain. 

6. Membawanya ke Dokter Hewan

Jika penyebab malas makan kucingmu disebabkan oleh penyakit, sebaiknya kamu segera membawanya ke dokter hewan agar dia mendapatkan perawatan profesional secepat mungkin.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak jenis penyakit yang bisa menyerang kucingmu seperti penyakit gigi, mulut, pernapasan, hingga pencernaan.

Dokter akan melakukan diagnosis mendalam untuk mengetahui penyakit apa yang sedang diderita oleh kucingmu dan akan memberikan obat yang tepat untuknya. 

Ini adalah cara agar kucing mau makan saat sakit yang paling ampuh!

Cara Melatih Kucing Agar Ingin Makan Dry Food / Makanan Kering

Cara Agar Kucing Ingin Makan Makanan Kering
Cara melatih kucing makan makanan kering / dry food - all about cats

Banyak dari Sobat Pintar pastinya menemukan kucing yang tidak suka makan makanan kering.

Walaupun gizinya masih dibawah makanan basah, namun makanan kering berfungsi untuk melatih giginya supaya terbiasa makan makanan yang keras.

Sayangnya, masih banyak kucing yang tidak suka dengan makanan kering nih. Untungnya, PetPi punya cara nih untuk melatih mereka supaya suka dengan makanan kering.

Berikut caranya.

  • Campurkan makanan basah dan kering, carilah makanan basah yang paling disukai oleh kucingmu. Lalu kamu bisa campurkan perlahan dengan komposisi 75% makanan basah dan 25% makanan kering. Lakukan cara tersebut selama 4 minggu dengan komposisi yang berubah di setiap minggunya. Nantinya di minggu terakhir komposisi yang bisa kamu berikan adalah 100% makanan kering.
  • Sediakan selalu makanan kering di kandangnya, walaupun makanan kering jarang di makan di dalam kandang, ada baiknya kamu selalu menyediakan makanan kering di kandangnya. Jika tidak dimakan selama 1 hari lebih, ada baiknya kamu ganti secara berkala.
  • Pastikan tempat makan yang bersih, hal ini mungkin terlihat sepele ya sobat Pintar, namun masalah ini sangat berpengaruh pada nafsu makan kucing. Wadah yang baunya tidak sedap pasti juga meninggalkan bakteri yang dapat membuat kucing sakit. Oleh karena itu sebaiknya kamu cuci wadah makanan kucing sampai bersih sehingga tidak meninggalkan bau.

Itulah tadi beberapa cara agar kucing mau makan lagi yang bisa kamu coba di rumah. Kamu harus bisa mengetahui dulu apa penyebab kucingmu tidak mau makan sebelum memberikan penanganan yang tepat.

Kalau kucingmu rajin makan, badannya pun akan menjadi berisi dan lebih sehat. Tapi perlu diingat kalau kamu perlu mengontrol takarannya agar kucingmu tidak sampai obesitas.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Selasa, 26 Januari 2021, 10:00 WIB
Update pada: Rabu, 10 Maret 2021, 10:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/cara-membuat-kucing-makan-makanan-kering
  • https://pets.webmd.com/cats/guide/my-cat-wont-eat#1
  • https://www.preventivevet.com/cats/my-cat-wont-eat-how-to-stimulate-your-cats-appetite
  • https://www.thecatvet.co.uk/encouraging-sick-elderly-cats-to-eat.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar