Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Minggu, 01 Agustus 2021, 16:00 WIB

Beragam Jenis Antibiotik Untuk Kucing yang Terluka Agar Cepat Sembuh

Beragam Jenis Antibiotik Untuk Kucing yang Terluka Agar Cepat Sembuh

antibiotik untuk kucing - nbc 12

Ingin mengatasi penyakit kucing karena infeksi, pakai antibiotik untuk kucing yang dapat menyembuhkan luka dari bahan alami maupun kimia berikut ini

Sobat pintar, sebagai pemilik kucing memperhatikan kesehatan mereka adalah hal yang utama. Masalah yang paling sering dialami oleh kucing adalah adanya luka.

Luka pada tubuh kucing harus segera diatasi, karena jika tidak tentu saja akan menimbulkan infeksi. Untuk mencegah hal tersebut, maka pemberian antibiotik untuk kucing adalah hal yang paling disarankan untuk mencegah bakteri.  

Tapi, perlu diingat bahwa tidak semua jenis antibiotik bisa kamu berikan kepada kucing kesayangan. Petpi sendiri merangkum beberapa jenis antibiotik yang memang diberikan khusus untuk kucing. Ikuti terus pembahasannya berikut ini, ya. 

Hal Penting Sebelum Memberikan Antibiotik untuk Kucing

Antibiotik Untuk Kucing
antibiotik untuk kucing - freepik

Sebelum mengetahui antibiotik apa saja yang dapat diberikan kepada kucing kesayangan, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal penting sebelum memberikan obat ini.

Berikut ini adalah hal yang perlu kamu perhatikan: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Konsultasi dengan Dokter Hewan

Penggunaan obat apapun kepada kucing sendiri tidak boleh sembarangan. Hal ini tidak lepas dari komposisi obat serta kebutuhan setiap kucing berbeda.

Maka daripada itu, ada baiknya kamu terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter hewan untuk mengetahui apakah pemberian obat antibiotik aman untuk kucing kesayangan. 

Nanti, dokter hewan akan bertanya apa saja keluhan serta luka seperti apa yang dialami oleh kucing. Kamu hanya tinggal menjelaskan dan bertanya lebih jauh tentang obat antibiotik yang akan diberikan. 

2. Baca Aturan Pakai

Setiap obat, baik untuk manusia dan hewan akan diberikan petunjuk aturan pakai. Pada bagian ini harus kamu baca dengan baik.

Di dalam petunjuk ini tidak hanya menjelaskan tentang cara memberikan obat, tapi juga bagaimana cara yang baik untuk menyimpan, komposisi yang terkandung hingga efek samping. 

3. Buat Kucing Tenang

Ketika kucing ingin diberikan obat antibiotik ada baiknya kamu membuatnya tenang terlebih dahulu. Hal ini sendiri untuk memudahkan kamu dalam pemberian antibiotik.

Membuat kucing tenang sendiri sangatlah mudah, kamu dapat mengelusnya atau bahkan menggendongnya dengan erat agar kucing merasa lebih aman dan tenang. Baru selanjutnya kamu berikan antibiotik sudah diresepkan. 

Kedua hal tersebut sangatlah penting untuk kamu perhatikan agar luka ataupun sakit yang dialami oleh kucing tidak akan bertambah parah. 

Jenis Antibiotik Untuk Kucing Luka

Jenis Antibiotik Untuk Kucing
jenis antibiotik untuk kucing - healthline

Setelah memahami hal apa saja yang penting untuk kamu perhatikan sebelum memberikan antibiotik pada kucing, maka di bawah ini adalah beberapa jenis antibiotik yang bisa diberikan kepada anak bulu kesayanganmu, diantaranya: 

1. Amoxicillin

Jenis antibiotik pertama yang paling umum diberikan untuk kucing yang sedang terluka adalah Amoxicillin. Sudah banyak sekali pecinta kucing yang menggunakan Amoxicillin untuk menyembuhkan luka pada kucing.

Namun, penggunaan obat ini sendiri tidak bisa sembarangan, di mana kamu harus mengetahui dosis yang tepat untuk diberikan.

Maka daripada itu, pemberian Amoxicillin pada kucing harus dengan resep dokter hewan. Bahkan ada juga yang tidak menyarankan pemberian obat ini untuk mempercepat kesembuhan luka pada kucing.

2. Gentamicin

Antibiotik untuk kucing yang selanjutnya adalah Gentamicin. Untuk pemberian kepada kucing sendiri memang sangat jarang, padahal obat ini ada yang berbentuk salep.

Di mana untuk perawatan luka pada kucing pemberiannya akan lebih mudah dibandingkan dengan jenis Amoxicillin. 

3. Tetrasiklin

Penggunaan Tetrasiklin juga sering disarankan oleh para pecinta kucing. Obat antibiotik yang satu ini sendiri memang memiliki khasiat untuk mempercepat kesembuhan luka pada bagian kulit kucing.

Penggunaannya sendiri biasanya ditaburkan pada sekitar area yang luka. Ada baiknya kamu tidak menaburkan tepat di atas luka yang terbuka, karena sudah pasti kucing akan merasa perih atau sakit. 

4. Erythromycin

Antibiotik merk yang satu ini juga sangat disarankan untuk mengobati luka pada kucing. Erythromycin ini juga berbentuk salep yang tentu lebih mudah dalam penggunaannya kepada kucing.

Selain itu, obat yang satu ini juga sering dipilih karena cocok untuk kucing yang sekiranya memiliki riwayat alergi pada penisilin. 

Walaupun antibiotik tersebut dapat kamu beli dengan mudah di apotik, tapi tetap ingat harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter hewan. Apalagi untuk pengaplikasian obat antibiotik yang harus diminum. 

Antibiotik Alami Untuk Kucing Luka

Antibiotik Alamai Untuk Kucing
antibiotik alamai untuk kucing - time higher education

Jika memang sobat pintar merasa khawatir dengan pemberian obat antibiotik yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa bahan alami yang ternyata bisa digunakan untuk mengatasi luka pada kucing. Berikut ini adalah jenisnya: 

1. VCO

Mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa Virgin Coconut Oil bisa menjadi salah satu antibiotik alami yang bisa digunakan.

Pada VCO terdapat kandungan vitamin E yang tinggi dan juga antibiotik alami yang lebih aman. Penggunaan VCO sendiri kebanyakan untuk mengobati luka seperti memar, lecet ataupun jamur pada kulit kucing. 

Cara memberikannya sendiri sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengoleskan VCO dalam jumlah yang cukup di bagian tubuh kucing yang terluka atau kena jamur. Jangka waktu yang diberikan hingga luka menutup atau bahkan sudah tidak berbekas. 

2. Madu

Banyak sekali pecinta kucing yang memberikan madu untuk mengobati luka pada kucing. Madu mengandung antibakteri yang cukup tinggi untuk mencegah infeksi pada luka.

Cara menggunakannya juga tidaklah sulit, kamu bisa mengoleskan langsung madu ini ke bagian kulit kucing yang mengalami luka. Pemberiannya harus rutin agar luka cepat sembuh. 

Sobat pintar, itulah beberapa jenis dari antibiotik untuk kucing yang sedang terluka. Untuk obat yang berbahan kimia memang ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter hewan.

Di mana nantinya dokter hewan akan memberikan resep yang bisa mempercepat penyembuhan luka pada kucing. Tapi jika memang luka ringan, tidak ada salahnya menggunakan yang alami karena lebih aman.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kucingpedia.com/antibiotik-untuk-kucing/
  • https://rumahbudidaya.co.id/antibiotik-untuk-kucing-luka/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar