Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Senin, 09 Agustus 2021, 16:00 WIB

Mulut Kucing Bengkak? Simak Yuk Penyebab dan Cara Mengobatinya

Mulut Kucing Bengkak? Simak Yuk Penyebab dan Cara Mengobatinya

mulut kucing bengkak - petmd

Mulut kucing bengkak itu disebabkan oleh berbagai permasalahan yang ada, sehingga harus dilakukan penanganan yang tepat. Begini cara mengobatinya

Sobat pintar, Kucing termasuk binatang yang banyak dipelihara oleh banyak orang, hal ini dipengaruhi oleh bentuk yang lucu dan menggemaskan.

Tidak heran setiap kamu bepergian akan menemukan kucing pada beberapa lingkungan yang ada. Di Indonesia sendiri ada banyak ras yang dipelihara oleh masyarakat, termasuk Anggora, Persia, dan kucing domestik seperti kucing kampung. 

Namun, ketika kamu ingin memelihara kucing penting untuk memperhatikan kesehatannya. Ada banyak kasus terjadi mulut kucing bengkak dan tidak diperhatikan sama sekali.

Jika kamu memelihara kucing dirumah, maka kesehatan menjadi tanggung jawab yang harus diperhatikan. Berikut ini ada beberapa penyebab adanya kasus mulut bengkak tersebut, simak ulasannya. 

Penyebab dan Cara Mengobati Mulut Bengkak Pada Kucing

Mulut Kucing Bengkak
mulut kucing bengkak - cat world

Dalam tahap ini ada beberapa permasalahan yang terjadi ketika mulut bengkak terjadi pada kucing. Berdasarkan kasus yang ada terdapat beberapa kasus yang membuat kucing tersebut mengalami permasalahan tersebut.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa penjelasan secara lengkap, yuk kita bahas bersama-sama.  

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Kanker Mulut

Salah satu permasalahan mulut kucing bengkak paling parah yang pernah ditemui itu adalah terjadinya kanker mulut pada kucing, kondisi ini terlihat dari adanya cairan yang keluar dan berbau sangat busuk dari mulutnya.

Bahkan, beberapa kasus beberapa kucing mengalami pendarahan dan menyebabkan beberapa gigi pada kucing akan mudah lepas dan mempengaruhi kesehatannya nantinya.

Apalagi jika kamu sudah memelihara kucing sudah berumur, maka akan sangat sulit dalam merawatnya dan membuat peliharaan kamu tersebut sangat menderita.

Karena kondisi ini akan sangat mempersulitnya dalam mengunyah makan dan tidak memiliki nafsu untuk makan. Proses ini apabila terus berlangsung akan menyebabkan kucing kamu tersebut meninggal. 

Untuk itulah, apabila kamu sudah melihat beberapa permasalahan pada kucing kamu tersebut penting untuk segera menyelidikinya.

Langkah terbaik lagi kamu langsung memeriksakannya pada dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan kucing kamu tersebut dapat diobati dan terhindar dari permasalahan yang terus berlarut kedepannya. 

2. Tumor Mulut

Penyebab mulut kucing bengkak selanjutnya adalah mengalami pembengkakan akibat terkena tumor pada mulutnya, kondisi ini biasa dikenal juga sebagai fibroma.

Area yang terkena itu berada pada gusi dan menyebar pada beberapa bagian yang lainnya. Untuk yang melihatnya sepintas memang tidak ada perbedaan yang mendasar terkait tumor tersebut. 

Namun, warnanya akan terlihat lebih pucat dan harus melakukan operasi ketika hendak untuk menyembuhkannya.

Karena prosesnya harus diangkat dan tidak bisa dibiarkan begitu saja, apabila diabaikan mulutnya akan tidak nyaman dan mengalami permasalahan terus menerus. Hal ini tentunya harus dipahami dengan jelas dan jangan sampai berlanjut. 

Sebelum semuanya menjadi lebih parah, lebih baik untuk menjaga kesehatan mulut pada kucing dan harus diperhatikan dengan jelas.

Sebab, menjaga lebih tepat daripada mengobati dan harus melihat kondisinya secara menyeluruh. Dengan demikian, pastikan kucing kamu tidak bermasalah dan rutin mengontrol kesehatannya pada dokter hewan terdekat. 

3. Mengalami Cedera

Ada faktor lain yang paling umum menyebabkan mulut kucing bengkak itu biasanya disebabkan oleh cedera, hal ini bisa saja disebabkan oleh kondisi kucing terjatuh atau terkena benda tertentu.

Apabila pas terkena pada bagian mulutnya akan mengalami bengkak. Namun, apabila semuanya tidak begitu terlihat parah, biasanya akan sembuh dalam kurun waktu tertentu. 

Setelahnya kamu juga harus memantau kesehatannya secara terus menerus, pastikan kondisinya masih bisa dikontrol dan tidak ada dampak yang lainnya.

Apabila kesehatannya terus menurun penting untuk langsung memeriksakannya. Hal ini menjadi bagian yang harus kamu lihat dan dipahami secara menyeluruh untuk memantau semuanya. 

Menurut drh. Puspasari R., cara mengobati mulut kucing bengkak akibat cedera bisa menggunakan obat alami seperti madu. Pemberian obat alami tersebut mungkin dapat membantu meredakan gejala dan mempercepat kesembuhan lukanya.

Tetapi sebelum memberikannya, kamu harus tahu dulu apa penyebab utamanya apakah karena sariawan, infeksi virus, atau luka akibat benturan. 

4. Terkena Sengatan Lebah

Terkadang mulut bengkak yang terjadi pada kucing itu tidak hanya disebabkan oleh beberapa penyakit saja, tetapi tersengat oleh lebah.

Hal ini biasanya terjadi pada kucing kampung yang penasaran dengan hewan tersebut dan memainkannya. Jika terjadi permasalahan tersebut, apabila pas terkena pada bagian mulutnya akan bengkak akibat disengat. 

Untuk beberapa kasus yang ada kondisi tersebut akan sembuh dengan sendirinya, sehingga tidak akan mengalami permasalahan serius.

Untuk mempercepat kesembuhannya, kamu juga bisa mengoleskan soda kue yang telah dicampur dengan air pada bagian yang tersengat. Biasanya sehari dua hari masalah mulut kucing bengkak tersebut akan sembuh dengan sendirinya dan pembengkakan akan hilang. 

Apabila tidak ingin kasus ini terjadi pada kucing kesayangan kamu di rumah, apabila dirumah kamu terdapat lebah penting untuk mengusirnya atau jangan biarkan kucing kamu mendekat.

Jika dibiarkan begitu saja akan berdampak pada kasus yang sama lagi nantinya. Oleh karena itu, faktor tersebut harus kamu lihat dan dipahami dengan jelas. 

5. Adanya Jamur Sekitar Mulut

Kondisi mulut kucing bengkak ini memang tidak akan begitu terlihat dengan jelas, namun hal ini mempengaruhi kesehatan pada kucing yang kamu pelihara tersebut.

Apabila kamu tidak memahaminya, proses ini akan mempengaruhi kucing kamu kedepannya. Oleh karena itu, penting sekali untuk melihat dan memperhatikannya dengan jelas. 

Tetap lakukan pertimbangan untuk pengobatan yang tepat agar permasalahan tersebut dapat sembuh dengan maksimal.

Hindari untuk membiarkannya begitu saja, karena proses ini akan berdampak ke dampak lainnya dan membuat area mulut pada kucing kamu mengalami permasalahan secara menyeluruh.  

Kamu dapat mengatasinya dengan cara memberikan obat antibiotik yang berupa salep. Tetapi untuk membelinya di apotik, tentu kamu harus memiliki resep dari dokter hewan terlebih dahulu.

Jadi, tidak ada salahnya untuk langsung pergi ke dokter hewan untuk penanganannya, ya.

Sobat Pintar, demikianlah penjelasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengobati mulut kucing bengkak. Beberapa faktor diatas mempengaruhi kesehatan pada mulutnya dan harus segera ditangani dengan baik, kalau perlu langsung melakukan pengobatan.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://bukuipa.co.id/jenis-penyakit-mulut-pada-kucing/
  • https://id.wikihow.com/Mengobati-Sengatan-Lebah-pada-Kucing
  • https://tanyadokterhewan.com/question/mulut-kucing-bengkak-2/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar