Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Minggu, 14 November 2021, 10:00 WIB

Jangan Asal, Begini Cara Membawa Kucing Perjalanan Jauh Yang Benar

Jangan Asal, Begini Cara Membawa Kucing Perjalanan Jauh Yang Benar

cara membawa kucing perjalanan jauh - pixabay

Kamu ingin bepergian jauh dengan membawa kucing kesayanganmu? Jangan langsung dibawa sebelum ikuti panduan cara membawa kucing perjalanan jauh berikut ini

Hai, sobat pintar. Apa kalian punya rencana untuk pergi jauh dengan mengajak hewan peliharaanmu? Tapi masih bingung dengan cara membawa kucing perjalanan jauh.

Pada artikel kali ini, PetPi bakal kasih kalian tips jitu agar kucing bisa anteng dan baik-baik saja ketika dibawa pergi jauh dengan kendaraan.

Kalian pasti ingin sekali bisa mengajak kucing kesayangan pergi-pergi kemanapun daerah yang dituju.

Namun, sering kali berkendala karena takut kucing tidak betah atau tidak bisa diajak pergi jauh serta berkendara dengan hewan berbulu ini bukanlah perkara mudah.

Bagaimana Cara Membawa Kucing Perjalanan Jauh?

Cara Membawa Kucing Perjalanan Jauh
cara membawa kucing perjalanan jauh - pixabay

Sebagai pemilik yang baik, tentu kamu perlu mempersiapkan semuanya untuk anabul kesayangan sebelum bepergian apalagi ketika perjalanan tersebut cukup jauh dan menyita waktu.

Nah agar kamu tidak kesulitan nantinya, berikut ini sudah PetPi siapkan beberapa tips yang dapat kamu coba, yang diantaranya adalah:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi Terutama Mobil

Ketika sobat ingin melakukan sebuah perjalanan dengan kucing kesayangan, maka ada baiknya menggunakan mobil pribadi daripada kendaraan umum.

Karena tentunya lebih nyaman, baik untuk si kucing dan juga kalian. Kalau menggunakan angkutan umum, belum tentu si supir memperbolehkan sobat naik, bahkan bisa saja ditolak oleh penumpang lainnya.

Selain adanya resiko gangguan yang bisa saja muncul, memakai kendaraan umum ketika bepergian jauh dengan membawa kucing dapat menyebabkan kucing stress, ketakutan dan juga bingung.

Jika sudah begitu, kucingmu bisa sakit, muntah bahkan buang air besar di dalam kendaraan. Hal ini tentu aman mengganggu penumpang lain.

2. Membawa Dokumen Penting Terkait dengan Kucing

Selama dalam perjalanan, baik menggunakan mobil pribadi ataupun umum. Sebaiknya mempersiapkan atau membawa segala dokumen kesehatan kucing kesayangan, misalnya buku vaksin dan surat-surat dokter yang menyatakan kondisi kesehatannya.

Dokumen-dokumen ini wajib kalian bawa sebagai salah satu cara membawa kucing perjalanan jauh.

Khususnya ketika akan menyeberang pulau atau ke luar negeri. Karena seperti kalian ketahui ada beberapa daerah diluar pulau jawa yang susah untuk ditembus bila berkas milik hewan peliharaan tidak lengkap.

3. Melakukan Persiapan yang Benar Sebelum Keberangkatan

Sebelum sobat melakukan perjalanan, persiapkanlah segalanya dengan baik dan benar. Berikut dibawah ini adalah hal yang wajib kalian perhatikan ketika akan bepergian :

  1. Persiapkanlah kebutuhan mereka, seperti makanan juga minuman untuk diperjalanan.
  2. Sesuaikan jumlah makanan dengan lamanya perjalanan. Jika diperlukan, kalian juga bisa mencampurkan vitamin pada makanan supaya kucing tetap dalam keadaan prima.
  3. Ada baiknya membiasakan kucing untuk diajak jalan-jalan dengan mobil, agar nantinya mereka tidak merasa takut dibawa pergi.
  4. Sobat bisa membawa serta alat makan, tempat tidur atau semua peralatan yang disukai oleh kucing.
  5. Jangan lupa untuk menggunakan pet carrier atau mungkin kandang, ini berguna agar kucingmu tidak loncat dari dalam mobil ketika berhenti.
  6. Tidak ada salahnya untuk memeriksakan terlebih dahulu kucing sebelum diajak pergi jauh.

4. Mempersiapkan Obat Mabuk Maupun Obat Penenang untuk Kucing Peliharaan

Cara membawa kucing perjalanan jauh berikutnya adalah dengan menyiapkan obat mabuk bagi kucing. Namun perlu diingat kalian harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan sebelum memberikannya ya.

Pemberian obat ini bertujuan agar kucing menjadi lebih tenang dalam perjalanan, tidak stres, dan juga gelisah. Tidak masalah jika selama perjalanan mereka tertidur.

5. Merencanakan Pemberhentian untuk Beristirahat

Jangan lupa merencanakan untuk beristirahat ketika kalian mengajak kucing. Selain ini baik untuk kalian, juga bagus untuk kucing. Apalagi jika perjalanan yang ditempuh lebih dari 2 jam perjalanan, berhentilah beberapa saat di rest area untuk waktu yang cukup.

Tujuan selain agar menghilangkan lelah bagi, sobat. Berikan waktu untuk kucing kalian buang air kecil atau besar. Berarti kalian juga harus mengenakan harnes untuk mereka agar tidak kabur.

6. Buat Kucing Selalu dalam Keadaan Tenang

Supaya perjalanan bersama kucing kesayangan lebih nyaman, selalu perhatikan serta jaga kondisi si kucing tetap tenang, hingga sampai di lokasi tujuan.

Saat kucing telah mulai memperlihatkan gejala gelisah dan tidak tenang, sebaiknya kalian berhenti untuk beristirahat. Ajak kucing berjalan-jalan sebentar hingga kembali tenang dan dapat melanjutkan perjalanan.

7. Tidak Bepergian dengan Kucing Sendirian

Bepergian dengan kucing peliharaan sebaiknya dilakukan menggunakan mobil pribadi dan jangan pergi sendirian. Setidaknya kalian harus berdua, supaya tidak kerepotan ketika kucing membutuhkan bantuan lainnya dan akan lebih mudah.

Bisa juga kalian membawa seekor kucing lainnya jika memang di rumah memiliki lebih dari satu ekor. Ini bertujuan agar kucingmu merasa tenang karena ada teman dan tidak bingung selama perjalanan.

8. Memahami Karakter Kucing

Selain beberapa cara membawa kucing perjalanan jauh diatas, kalian juga wajib mengetahui karakteristik dari kucing itu sendiri nih, seperti:

  • Apabila kamu memelihara kucing dengan karakter yang aktif dan memiliki rasa penasaran tinggi, kamu harus rajin-rajin mengajak mereka bermain ketika perjalanan agar ia tidak mudah bosan. Karena jika kucingmu bosan, bisa saja merusak benda disekitarnya. Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan kandang beserta mainannya, supaya dia tidak merasa bosan. Namun, biasanya mereka akan merasa senang melihat pemandangan diluar jendela mobil.
  • Kemudian apabila kamu memiliki kucing yang pasif dengan sifat pemalu, pencemburu, mudah gelisah, dan bahkan jika bertemu orang lain akan melarikan diri untuk bersembunyi, kamu harus selalu berada disampingnya dengan tujuan agar dia merasa tenang. Selanjutnya akan lebih baik untuk menaruhnya di dalam kandang atau pet carrier dan ditutup dengan handuk agar tidak stres dan panik.

Nah, sobat pintar, bagaimana informasi mengenai cara membawa kucing perjalanan jauh yang petpi bagikan kali ini? Mudah dipahami bukan? Yuk, selalu pastikan kondisi kucing dalam keadaan sehat apalagi ketika akan diajak pergi.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kumparan.com/kumparansains/6-tips-sebelum-bawa-kucing-kesayangan-pergi-mudik
  • https://tanipedia.co.id/tips-membawa-kucing-perjalanan-jauh/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar