Hari ini: Selasa, 19 Oktober 2021
Jumat, 24 September 2021, 08:00 WIB

10 Cara Mencari Kucing Hilang Dari Rumah Dengan Cepat

10 Cara Mencari Kucing Hilang Dari Rumah Dengan Cepat

cara mencari kucing hilang - pixabay

Cara menemukan kucing yang hilang untuk para pemilik yang sedang kehilangan kucing. Berikut ini adalah cara terbaik untuk menemukannya di sekitar rumah

Sobat Pintar, pernahkah kamu kehilangan kucing dan tidak mengetahui cara mencari kucing hilang? Jika jawabannya iya, kamu harus tahu alasannya mengapa mereka bisa pergi dari rumahmu.

Biasanya kucing akan pergi dari rumah bila mereka tidak disayang dan dirawat dengan baik, stres, bosan, mencari betina, sakit parah, dan bersaing dengan kucing lainnya.

Sama seperti manusia, kucing juga bisa mengalami hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya.

Jika kamu sudah mengetahui alasannya, maka kamu tidak boleh membiarkannya begitu saja dan apabila kucingmu sudah terlanjur pergi dari rumah, kamu harus tahu apa yang harus dilakukan. Mari simak ulasannya yang sudah Petpi rangkum berikut ini. 

Bagaimana Cara Menemukan Kucing Yang Hilang?

Cara Mencari Kucing Hilang
cara mencari kucing hilang - pixabay

Apabila kucing kamu hilang atau kabur dari rumah, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencarinya. Umumnya saat menghilang kucing tidak akan merespon panggilan mu dan bersembunyi.

Saat mencarinya fokuskan usaha pencarian ke seluruh tempat bermainnya di sekitar rumah. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa cara seperti: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Cari di Seluruh Ruangan Rumah

Cara mencari kucing hilang yang pertama kali bisa kamu lakukan yaitu mencarinya di seluruh ruangan yang ada di rumahmu.

Kamu juga harus mengecek di setiap sudut di dalam rumah sebelum pergi mencarinya di luar rumah sebab biasanya kucing suka bersembunyi di sudut rumah. Jika kamu tidak menemukannya, maka kamu bisa mencarinya di luar rumah. 

2. Cari di Tempat Persembunyiannya

Kamu bisa mencari kucing yang hilang di daerah yang hangat dan tinggi, atau juga mencarinya sejauh 5 km dari rumahmu serta mencari pada sudut-sudut tersembunyi yang ada di lingkungan rumah. Kucing suka sekali bersembunyi di tempat yang teduh seperti kolong mobil, celah-celah tanaman dan halaman rumah yang teduh. 

3. Pancing Dengan Makanan Kesukaannya

Jika kamu mempunyai makanan kesukaannya, kamu bisa membawanya saat mencari mereka untuk memancingnya keluar dari tempat persembunyiannya dan juga membantu menghilangkan rasa takut yang ada di dalam diri kucing pada kamu.

Ini merupakan cara mencari kucing hilang paling jitu dalam menemukannya karena tentu saja kucing akan tergoda jika kamu membawa makanan kesukaannya

4. Panggil Namanya Secara Lembut

Seekor kucing yang hilang umumnya sedang merasa ketakutan sehingga mereka tidak ingin pergi dari tempat persembunyiannya walaupun kamu selalu memanggilnya.

Saat hal tersebut terjadi, kamu bisa melakukan cara dengan memanggil namanya secara lembut supaya kucing tidak ketakutan. Hal ini juga bisa memberikan rasa nyaman dan percaya kucing kepada kamu. 

5. Fokus Dengarkan Suara Kucing

Cara mencari kucing hilang selanjutnya jika kucing kamu terluka, terjebak maupun kelaparan biasanya mereka akan mengeong. Berikan waktu beberapa menit saja saat kamu mencarinya di setiap tempat untuk mendengarkan suara kucing mu.

Jika menggunakan cara ini kamu harus fokus dan tenang untuk bisa mendengarkan suara meongan kucingmu.  

6. Jauhkan Binatang Lain Dari Rumah

Saat kamu sedang mencari kucing yang hilang, kamu harus menjauhkan binatang lain dari area lingkungan rumahmu. Mungkin saja alasan kucing kamu hilang yaitu karena mereka dikejar oleh hewan yang ada di lingkungan rumahmu seperti anjing atau hewan lainnya.

Kamu bisa meminta pemilik hewan tersebut untuk memasukkan hewan peliharaannya ke dalam kandang ketika kamu akan mencari kucingmu. 

7. Cari Kucing Pada Malam Hari

Bila kamu tak kunjung menemukannya di siang hari, maka kamu bisa coba untuk mencarinya di malam hari karena kucing tergolong dalam hewan yang aktif di malam hari.

Kamu bisa ulangi cara mencari kucing hilang sebelumnya seperti membawa makanan kesukaan dan memanggilnya dengan lembut untuk menarik perhatiannya. Jangan lupa untuk membawa senter saat mencarinya di malam hari.

Biasanya kucing yang tersesat akan meninggalkan tempat persembunyiannya saat malam hari karena mereka merasa mendapatkan perlindungan dari kegelapan.

Kamu juga bisa menggunakan cara lain seperti membawa kaleng dan memukulnya saat mencari kucingmu. Hal ini dilakukan agar mereka tahu jika kamu sedang mencarinya. 

8. Melihat Rekaman CCTV

Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memasang CCTV yang bisa bergerak ke segala arah untuk mendapatkan gambar kucingmu di kamera dan juga kamu bisa mengetahui kucingmu pergi ke arah mana sehingga kamu bisa memusatkan ke satu arah saat mencarinya.

Jika kamu sudah memilikinya, kamu hanya tinggal melihatnya saja pada rekaman CCTV tersebut.

9. Meminta Bantuan Tetangga

Supaya kucing yang hilang bisa ditemukan dengan cepat, kamu bisa meminta bantuan ke tetanggamu saat mencari mereka. Dengan menggunakan cara mencari kucing hilang ini, area pencarian kucingmu akan menjadi sangat besar.

Jangan lupa untuk memberitahu tetanggamu saat berhasil menemukan kucing itu, karena mereka harus tenang agar kucingmu merasa aman. 

Langkah yang sangat disarankan yaitu hanya pemilik kucing saja yang mendekati kucingnya, hal ini dilakukan supaya kucing tidak merasa ketakutan.

Sebab jika orang yang tidak dikenali oleh kucing mencoba untuk mendekatinya saat kucing tersebut sedang ketakutan, maka yang terjadi kucing akan menghindar bahkan pergi ke tempat persembunyian lainnya. 

10. Sebarkan Poster Kucing Hilang

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan jika kucingmu tak kunjung ditemukan yaitu dengan menyebarkan poster kucing hilang di sekitar lingkungan rumahmu atau kamu bisa juga mempostingnya di media sosial.

Selain itu, mintalah juga bantuan dari keluarga, teman dan tetanggamu untuk menyebarkan poster kucing hilang tersebut. 

Nah, dari artikel ini kamu jadi bisa mengetahui cara mencari kucing hilang. Sebagai pemilik kucing kamu harus selalu memperhatikan dan merawatnya dengan baik agar kucingmu tidak pergi dari rumah ya Sobat Pintar. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.wikihow.com/Menemukan-Kucing-Hilang
  • https://kumparan.com/berita-update/5-cara-mencari-kucing-hilang-dengan-cepat-1w1ubEo81Jk/full
  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menemukan-kucing-hilang/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar