Hari ini: Kamis, 26 Mei 2022
Selasa, 19 April 2022, 12:00 WIB

Kenapa Kucing Mati Mendadak? Inilah 7 Penyebab Utamanya!

Kenapa Kucing Mati Mendadak? Inilah 7 Penyebab Utamanya!

penyebab kucing mati mendadak - pixabay

Sudah banyak kasus kucing mati mendadak yang ada di sekitar kita, ternyata ini penyebab kucing mati mendadak yang perlu kamu perhatikan

Sobat Pintar, banyak hal yang dapat menjadi penyebab kucing mati mendadak. Tentu saja hal tersebut sangat menyedihkan untuk pecinta kucing. Mencoba mengetahui penyebab kematian dari kucing yang secara mendadak pun juga sangat menyakitkan bagi kita sebagai pemiliknya. 

Namun, bagaimanapun juga kamu harus mengetahui apa yang sebenarnya terjadi agar kamu dapat memahami apa yang seharusnya dilakukan sehingga dapat menentukan apakah terdapat tanda-tanda masalah kesehatan pada kucing yang tidak terdeteksi sebelumnya.

Hal yang sangat sulit untuk dipahami dari kucing yang mati tiba-tiba yaitu jika kematiannya terjadi dengan dan pada tempat  tidak terduga atau terjadi pada usia yang masih muda. Pada kesempatan kali ini, Petpi akan membahas beberapa faktor penyebab matinya kucing secara tiba-tiba.

Penyebab Kematian Kucing Secara Mendadak

Penyebab Kucing Mati Mendadak
penyebab kucing mati mendadak - pixabay

Biasanya umur hidup kucing dapat berkisar 16 sampai 22 tahun. Kucing yang hidup di dalam rumah bisa hidup paling lama dibandingkan kucing liar yang berada di luar rumah. Kucing yang hidupnya di luar rumah mempunyai masa hidup lo pendek sebab terpapar oleh racun, serangan hewan, penyakit menular dan trauma.

Faktanya, terdapat banyak sekali penyebab kematian kucing secara tiba-tiba atau tidak terduga. Bicara mengenai penyakit dan juga kematian pada kucing, terdapat hal yang penting untuk kamu ingatnya itu kucing sangat cerdas untuk menyembunyikan penyakit nya menurut sifat bertahan hidup pada diri mereka.

Uraian fakta tersebutlah yang membuat sulitnya mengetahui bahwa kucing kamu ternyata sudah mengalami sakit sejak lama. Hal tersebut dapat terjadi khususnya bila kamu melihat kucing setiap hari sehingga tidak dapat melihat perubahan halus di dirinya seperti rontoknya rambut, bulu yang kusam dan berat badan yang menurun. 

Seiring dengan bertambahnya umur kucing, kamu mungkin percaya jika gejala seperti kelesuan atau penurunan berat badan dikarenakan oleh kucing yang telah menua, tetapi  mungkin saja hal tersebut adalah karena sebuah penyakit. 

Untuk itu, di bawah ini PetPi sudah siapkan penjelasan tentang beberapa penyebab kenapa kucing mati mendadak secara umum, yang diantaranya adalah:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Trauma

Menjadi salah satu penyebab umum dari kematian kucing yang secara tiba tiba adalah trauma. Hal tersebut sangat sering terjadi pada kucing yang tinggal di luar rumah, namun bisa pula terjadi pada kucing mana saja.

Contoh traumanya yaitu gigitan binatang lain atau anjing, jatuh, luka tembak, terlindas oleh roda, dan tertabrak oleh kendaraan.

2. Racun atau Toksin

Penyebab selanjutnya dari kucing mati mendadak yaitu bisa saja ia menelan ataupun terpapar racun serta obat obatan. Ini merupakan masalah lain yang sangat umum terjadi pada kucing yang tinggal di luar rumah, namun bisa juga terjadi pada kucing yang dipelihara di dalam rumah. 

Umumnya racun yang biasa ditemui yaitu obat obatan yang memiliki kandungan Asetaminofen, paparan potpourri, toksisitas dari tanaman misalnya bunga Lily dan juga tidak sengaja menelan racun tikus.

3. Serangan Jantung

Dulu diyakini jika kucing tidak dapat terkena serangan jantung, namun faktanya mereka pun dapat terkena penyakit tersebut yang istilah umumnya dipakai untuk orang orang yang terkena Infark Miokard (MI), yang sangat umum berhubungan dengan penyakit pada arteri koroner. 

Kamu harus tahu jika Miokardium merupakan jaringan otot jantung yang berguna untuk menerima nutrisi dan juga oksigen yang disalurkan arteri koroner yang merupakan pembuluh darah kecil pada otot jantung yang biasanya membawa darah dari Aorta, atau arteri utama pada tubuh.

Saat otot tidak dapat menerima suplai darah secara normal maka serangan jantung pun dapat terjadi pada kucing secara tiba-tiba.

4. Penyakit Jantung

Kucing Tiba-tiba Mati
kucing tiba-tiba mati - Liputan6

Sama seperti manusia, kematian mendadak pada kucing bisa juga disebabkan oleh penyakit jantung. Dimana jarang sekali pemilik menyadarinya, karena hanya terdapat sedikit kemungkinan ataupun bahkan tidak ada tanda peringatan sama sekali ketika kucing terkena penyakit organ vital ini. 

Selain itu, kamu harus tahu juga bahwa kucing itu bisa terlihat sangat normal meskipun sedang sakit, karena mereka pandai menyembunyikan gejala penyakitnya dengan sangat baik sehingga bisa saja dengan sangat cepat membuat keadaannya semakin memburuk sampai akhirnya memperlihatkan tanda tanda penyakit tersebut.

Sebagian kucing yang terkena penyakit jantung ini biasanya akan mengalami kesulitan untuk memakai kaki belakangnya dan kesulitan bernapas yang membuatnya merintih kesakitan. Sedihnya, bahkan ada sebagian dari pemilik kucing yang menemukan mereka mati tiba tiba begitu saja. 

Penyebab penyakit jantung yang paling sering terjadi pada tubuh kucing adalah Kardiomiopati hipertrofi (KMH). Selain itu, Heartworm atau penyakit cacing jantung yang terjadi di kucing pun bisa mengakibatkan kematian secara mendadak, lho.

5. Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal merupakan masalah lain yang paling umum terjadi pada kucing. Saat kucing mengidap gagal ginjal, maka mereka tidak lagi bisa mengeluarkan produk limbah sehingga terjadi penumpukan racun pada darah.

Hal tersebut menghasilkan beberapa tanda seperti penurunan nafsu makan, lesu, muntah, dan berat badan yang menurun. 

Sebagian kucing pun akan merasakan haus dan sering buang air kecil. Masalah tersebut sangat umum terjadi di kucing yang umurnya sudah tua, namun juga bisa terjadi di semua kucing tanpa memandang usia.

6. Syok

Syok diartikan menjadi sindrom mendalam yang mengakibatkan tekanan darah rendah sehingga bisa menyebabkan kematian secara cepat.

Syok bisa disebabkan karena adanya reaksi alergi, infeksi parah, kerusakan jantung, trauma, kehilangan cairan, racun, kehilangan darah dan trauma pada sumsum tulang belakangnya sehingga kucing yang syok pun bisa mati secara tiba-tiba.

7. Infeksi

Ada banyak sekali jenis infeksi yang bisa terjadi pada kucing kesayanganmu, tetapi secara umum apabila ia terkena infeksi yang berat biasanya dikenal dengan sebutan sepsis.

Infeksi berat atau sepsis ini bisa mengakibatkan beberapa gejala yang dapat menyebabkan meninggalnya kucing dengan tiba-tiba seperti anoreksia, lesu, berat badan menurun, demam, dehidrasi hingga kematian. 

Demikianlah beberapa penyebab kucing mati mendadak yang harus kamu ketahui. Setelah mengetahui informasi di atas, pastikan mulai sekarang kamu merawatnya dengan lebih baik lagi ya, Sobat Pintar! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://gerava.com/alasan-kucing-mati-mendadak/
  • https://kids.grid.id/read/473138107/penyebab-kucing-tiba-tiba-mati-mendadak-salah-satunya-akibat-trauma?page=all

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar