Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Jumat, 05 Februari 2021, 19:30 WIB

Kucing Peliharaanmu Mencret? Ketahui 9 Penyebab Kucing Mencret dan Gejalanya

Kucing Peliharaanmu Mencret? Ketahui 9 Penyebab Kucing Mencret dan Gejalanya

penyebab kucing mencret - petpintar

Kucing yang sakit pada bagian pencernaan memang menyedihkan. Kamu harus tahu apa saja penyebab kucing mencret agar tahu cara mengobatinya.

Sebagai pemilik hewan peliharaan, pastinya kita akan selalu memberikan perawatan yang terbaik untuk hewan yang kita sayangi. Tidak terkecuali dengan memberikan makanan yang terbaik untuknya.

Namun dibalik itu semua, ternyata masih ada saja masalah kesehatan yang dialaminya. Salah satunya masalah pencernaan pada kucing yang kita pelihara.

Banyak pertanyaan mengapa kucing kamu mencret meski pola makan dan jenis makanan yang diberikan sudah sesuai dengan apa yang disarankan oleh dokter hewan? Kenali beberapa penyebab kucing mencret di dalam artikel ini.

Penyebab Kucing Mencret (Diare)

Penyebab Kucing Mencret
penyebab kucing mencret - tec review

Sebagai pemilik kucing, kamu harus tahu apa yang menjadi penyebab kucing diare sebelum terlanjur mereka diare terus menerus hingga mengeluarkan darah.

Ketahui penyebab dan ciri-ciri kucing mencret dengan beberapa daftar berikut ini sebelum diarenya jadi lebih parah.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Makanan yang Buruk

Perut si kucing hanya mencerna berbagai macam makanan yang sehat menurut mereka. Kandungan bahan dari setiap makanan yang akan diberikan kepada kucing seharusnya memiliki protein yang bagus sehingga proses kucing mampu memproses penghilangan bakteri berbahaya.

Kalau kamu sering memberi makanan kucing yang dijual di toko, sebaiknya carilah yang memiliki label verifikasi AAFCO untuk memastikan setiap komposisinya mampu memenuhi gizi si kucing.

Pastikan ketika kamu sudah menemukan makanan yang cocok, jangan terlalu sering menggantinya dengan makanan lain. Perut kucing kaget dan merasa tidak nyaman dengan makanan yang selalu diganti, sehingga menyebabkan mencret.

2. Memberi Susu yang Salah

Mungkin kamu sering melihat ada orang yang merawat kucing persia memposting foto kucingnya menjilat susu dengan tingkat yang menggemaskan di internet. Lalu, terpikirkan untuk memberi susu juga ke kucing kamu.

Ini tidak sepenuhnya salah. Namun, kamu harus tahu sebenarnya kucing tidak bisa meminum susu yang diproduksi oleh hewan lain, seperti sapi dan kambing. Karena, kandungan gula susunya tidak bisa dipecah oleh perut kucing yang tidak memiliki enzim layaknya manusia.

Goat Milk for Dogs and Cats adalah salah satu contoh produk susu kucing terbaik yang bisa kamu gunakan.

3. Alergi Makanan Tertentu

Kucing adalah hewan istimewa yang mau makan makanan yang sama dalam jangka waktu yang panjang. Bahkan, sampai bertahun-tahun. Tapi, beberapa kucing memiliki keunikan yang aneh, yaitu mereka akan merasa alergi dengan makanan tersebut pada jangka waktu yang tidak pasti.

Misalkan, kamu sudah sejak 2 tahun memberi daging sapi kepada kucing. Daging sapi ini bisa menjadi sumber alergi yang menjadi penyebab kucing mencret.

4. Kucing Stres

Stres tidak hanya dialami oleh manusia. Kucing juga bisa merasakannya. Parahnya, sistem kekebalan tubuh kucing akan menurun drastis sampai menjadi mencret, nafsu makan menurut, kurus, bahkan mati.

Sebaiknya ketahui cara mengobati kucing mencret dari sekarang sebelum stres pada kucing semakin naik. Bila ciri stres pada kucing tidak kunjung turun, bawalah kucing kamu ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan penanganan terbaik.

5. Infeksi Virus atau Bakteri

Penyebab Kucing Mengalami Mencret
Infeksi virus dan bakteri - petpintar

Diare pada kucing bisa disebabkan dari adanya bakteri dan virus yang menggerogoti perut. Jika dibiarkan terlalu lama, bakteri dan virus yang ada pada perut kucing akan menjadi penyebab kucing mencret terus menerus sampai tubuh kucing benar-benar kurus.

Tidak tahu pasti dari mana asalnya bakteri dan virus tersebut bisa hinggap ke perut kucing. Tapi, banyak orang yang masih menganggap remeh masalah ini sampai pada akhirnya harus kehilangan kucing kesayangan mereka. Kamu jangan seperti itu, ya! Periksakan ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan obat penyembuhnya.

6. Usus Kucing Terserang Parasit

Kamu pernah melihat kucing muntah kuning, dan diare? Sudah dapat dipastikan kucing kamu terserang parasit yang mengkontaminasi sistem kerja pencernaan. Parasit tersebut bisa datang dari kotoran yang hinggap ke dalam air ataupun makanan.

Kalau sudah seperti ini, jangan biarkan kucing merasakan rasa sakit itu terus menerus. Segeralah obati dengan obat alami, seperti Yoghurt. Klik disini untuk lihat cara pengobatan alami kucing mencret.

7. Terserang FIV (Feline Immunodeficiency Virus)

Sebagai informasi untuk kamu, HIV tidak hanya menyerang pada manusia. Kucing juga bisa mendapatkan penyakit ini, yang biasa disebut dengan FIV. FIV akan menyerang sistem kekebalan tubuh kucing secara perlahan (bahkan, hitungan tahun) setelah terinfeksi.

Meski jarang ada kucing yang terkena FIV. Tapi, sekali kucing kamu terinfeksi, maka sudah bisa dipastikan kucing kamu akan mudah terkena penyakit lain yang lebih membahayakan.

8. Minum Air Kotor

Ini adalah hal simpel yang bisa dijadikan sebagai alasan utama kenapa kamu harus tahu cara menjinakan kucing, agar mereka tidak minum air sembarangan. Sumber air yang tidak higienis tersebut biasanya berasal dari air bekas cucian, genangan air dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa orang ada yang bertanya, “lalu, apa fungsi papila pada lidah kucing?” Papila pada lidah kucing berfungsi untuk menahan air, menyikat kulit, dan mencengkram makanan. Papila tidak memiliki fungsi untuk menyortir mana minuman yang bersih, dan mana minuman yang kotor.

9. Fungsi Ginjal atau Hati Kucing Rusak

Ginjal dan hati adalah organ penting untuk menjaga kesehatan kucing. Mereka bisa jadi masalah besar ketika fungsinya tidak berjalan dengan normal. Diare atau mencret adalah diagnosa yang cukup sering menjadi gejala ginjal atau hati yang rusak.

Penyebab kucing mencret berdarah bisa menjadi diagnosa paling kuat. Pastikan kembali kepada dokter hewan langganan kamu untuk memastikan tidak ada kerusakan dan bisa mengobatinya lebih cepat.

Nah, itulah dia 9 penyebab kucing mencret terus menerus sampai berdarah. Jangan tunggu diare kucing berlangsung lama, klik disini untuk cari tahu cara pengobatan kucing mencret dengan cepat.

Bila sakit berlanjut dan tidak kunjung reda, segera bawa kucing kamu ke dokter hewan. Sayangilah kucing kamu layaknya merawat anak manusia yang harus diberi kasih sayang dan perhatian lebih.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Terbit: Rabu, 26 Agustus 2020, 10:00 WIB
Update pada: Jumat, 05 Februari 2021, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hot.liputan6.com/read/4050753/7-penyebab-kucing-mencret-yang-tak-boleh-disepelekan-kenali-dengan-tepat
  • https://pets.webmd.com/cats/the-scoop-on-cat-poop
  • https://vcahospitals.com/know-your-pet/diarrhea-in-cats
  • https://www.hillspet.com/cat-care/healthcare/cat-diarrhea-causes-and-treatment

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar