Hari ini: Kamis, 08 Desember 2022
Rabu, 15 Desember 2021, 10:00 WIB

10 Manfaat Catnip Untuk Kucing yang Jarang Diketahui Oleh Pemilik

10 Manfaat Catnip Untuk Kucing yang Jarang Diketahui Oleh Pemilik

manfaat catnip untuk kucing - the conversation

Kucingmu ketagihan catnip? Inilah manfaat dari tumbuhan catnip yang sangat berguna untuk kucing dan harus kamu ketahui fakta sebenarnya

Sobat Pintar, catnip merupakan tanaman sejenis mint yang bisa meredakan batuk dan dibuat menjadi teh serta semprotan serangga.

Lalu, adakah manfaat catnip untuk kucing? Apa pula yang menghubungkannya dengan kucing? 

Ya, harus kamu ketahui jika kucing mempunyai organ pendeteksi aroma yang biasa dikenal dengan kelenjar vomeronasal yang ada di langit-langit mulut kucing.

Hal ini memungkinkan aroma yang berkumpul di mulut dan hidung dibawa ke otak. 

Nepetalactone merupakan minyak yang ada didalam daun catnip dan dipercaya bisa menyebabkan perubahaan perilaku jika diberikan kepada kucing. 

Nah, ternyata masih banyak para pemilik kucing yang tidak mengetahui manfaat dari tanaman yang satu ini. Untuk itu, yuk simak bersama-sama penjelasan tentang beberapa manfaat tanaman catnip bagi kucing peliharaan di rumah berikut ini. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa Saja Manfaat Catnip untuk Kucing?

Manfaat Catnip Untuk Kucing
manfaat catnip untuk kucing - my modern met

Tidak semua kucing dapat terpengaruh dengan tanaman catnip ini. Berdasarkan data dari studi yang dilakukan, sekitar 20% populasi dari kucing tidak akan terpengaruh dengan catnip. Ini berhubungan dengan keturunan dan genetika. 

Apabila kucing peliharaanmu (induk jantan atau induk betina) dapat terpengaruh oleh catnip, maka umumnya anaknya juga dapat terpengaruh oleh catnip. 

Selain itu, hanya sebagian kecil saja populasi kucing yang menjadi sangat agresif ketika diberikan catnip dan umumnya ini terjadi pada kucing jantan. 

Sebelum memberikannya catnip, kamu harus tahu dulu apa saja manfaatnya untuk kucing seperti berikut ini. 

1. Membuat Kucing Menjadi Lebih Aktif

Tergantung dengan bagaimana reaksi kucing peliharaanmu pada catnip ini. Pada dasarnya catnip bisa digunakan saat sesi bermain kucing supaya ia menjadi lebih aktif. Kucing peliharaan yang selalu tinggal di dalam rumah bisa menggunakan manfaat dari catnip ini untuk membantu mendorong mereka supaya tetap aktif secara fisik dan mental. 

2. Membantu Kucing Agar Lebih Rileks

Catnip bisa mempunyai efek sedatif untuk sebagian kucing, terutama bila dimakan, tidak hanya di endus saja.

Sejumlah cat lover atau pemilik kucing memilih untuk memberi kucing nya sejumlah catnip untuk digunakan menjadi pengurang rasa cemas, stres dan juga mendorong kucing nya untuk bersantai. 

Menambahkan catnip ke dalam kandangnya sebelum memperkenalkan kucing kepada lingkungan baru dapat meminimalisir ketegangan dan membuatnya merasa lebih rileks.

Kamu juga bisa menambahkan sedikit catnip yang kering ke dalam makanan kucingmu, untuk membantunya dalam beradaptasi dengan situasi yang menurutnya stres dan banyak tekanan. 

3. Menenangkan Kulit Kucing yang Iritasi

Apabila kamu harus memandikan kucing karena beberapa alasan, catnip bisa membantu membuat proses tersebut menyenangkan untuk kamu dan kucing peliharaan mu.

Catnip bisa membantu menenangkan kulit kucing yang sedang iritasi. Lalu, wewangiannya juga bisa membuat kucing lebih tenang. 

Jika kucing mu harus mandi obat sebab ada alergi atau keadaan kulit, maka catnip ini bisa menjadi salah satu solusinya.

Jika kamu belum pernah memandikan kucing, memakai catnip ini adalah solusi yang tepat untuk pertama kalinya kamu memandikan kucing. 

4. Mengusir Serangga

Walaupun catnip disukai oleh kucing, namun catnip dibenci sekali oleh hama. Didalam catnip sendiri terdapat bahan aktif nepetalactone yang fungsinya untuk mengusir kutu, tungau dan nyamuk.

Faktanya, minyak catnip ini dipercaya 10 kali lebih efektif dibandingkan dengan DEET untuk mengusir nyamuk. 

Walaupun hal tersebut belum teruji aman untuk manusia atau hewan, kamu mungkin memperhatikan jika kamu dan kucingmu terganggu dengan lebih sedikit serangga bila kamu menanam catnip di kebun mu atau memakai semprotan minyak catnip di kandang kucing mu. 

5. Tidak Membuat Kecanduan

Manfaat catnip untuk kucing selanjutnya adalah kamu tidak perlu khawatir kucing kesayanganmu akan kecanduan oleh catnip sebab tanaman yang satu ini tidak bisa membuat ketagihan dan aman sekali untuk dipakai secara rutin oleh kucing mu. Catnip juga tidak beracun, sehingga kucing mu tidak akan overdosis. 

Sebagian kucing mungkin mengalami diare atau muntah bila mereka tidak terbiasa dengan catnip ini dan karena memakannya berlebihan. Namun, mereka bisa pulih dan tidak lagi menderita efek dengan jangka panjang. 

6. Bisa Menyembuhkan Luka

Kamu bisa membuat pasta luka dari catnip ini untuk kucing mu dan mengoleskannya di area yang terluka. Cara nya hanya perlu menumbuk daun catnip dan berikan sedikit air sehingga terlihat seperti pasta yang kental.

Setelah itu, oleskan pada goresan atau luka. Selain itu, tidak menjadi sebuah masalah jika kucing mu menjilatnya. 

7. Alat untuk Melatih Kucing

Melatih kucing kamu untuk pergi ke dokter hewan dengan memakai penguatan positif menjadi cara yang tepat supaya tidak membuat kucing mu stres.

Kamu bisa memakai catnip ini untuk melatihnya berdiri diam saat ingin di vaksin, memotong kukunya, dan memandikannya. 

Kamu bisa memakai catnip untuk melatih kucing mu. Hanya perlu “tandai” perilaku baik memakai clicker atau suara sebelum memberinya camilan catnip dan bisa juga kamu taburkan sedikit catnip ke dalam makanannya. 

Apakah Catnip Berbahaya Untuk Anak Kucing?

Apakah Catnip Berbahaya?
apakah catnip berbahaya? - animal path

Untuk kamu yang memiliki anak kucing, tidak perlu khawatir karena catnip tidak berbahaya untuknya. Namun, kebanyakan kucing tidak bisa bereaksi dengan dengan catnip hingga kucing tersebut berusia 6 bulan sampai 1 tahun.

Sebagian kucing bisa menjadi pengecualian, saat kepekaannya meningkat mungkin karena keadaan tertentu atau dilatih. 

Bukan hanya pada kucing saja, catnip juga bisa digunakan untuk manusia karena memiliki sifat antidiare.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk mencegah kucing mu mengkonsumsi catnip secara berlebihan sebab ini bisa menyebabkan masalah pencernaan. 

Demikianlah, ulasan lengkap mengenai manfaat catnip untuk kucing yang jarang diketahui oleh para pemilik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua ya, Sobat Pintar!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://gaya.tempo.co/read/1496925/7-manfaat-catnip-tidak-membuat-kucing-kecanduan
  • https://www.halodoc.com/artikel/apakah-catnip-aman-diberikan-pada-kucing

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar