Hari ini: Senin, 01 Maret 2021
Selasa, 23 Februari 2021, 17:30 WIB

Gak Pakai Mahal, Ini Cara, Manfaat, dan Biaya Steril Pada Kucing!

Gak Pakai Mahal, Ini Cara, Manfaat, dan Biaya Steril Pada Kucing!

Biaya Steril Kucing - human society

Punya rencana untuk mensterilkan kucing tapi tidak tahu berapa biayanya? Tenang, di sini kamu akan tahu cara, manfaat, dan berapa biaya steril kucing!

Berencana untuk mensterilkan kucingmu tapi masih ragu-ragu? Mau tau apa saja manfaat dari steril pada kucing? Berapa biaya steril kucing?

Kucing memang hewan peliharaan yang manis dan menggemaskan, walau terkadang mereka terlihat memposisikan diri sebagai tuan dan kita menjadi pembantunya.

Sama seperti hewan peliharaan lainnya, terutama mamalia, mereka akan selalu memiliki siklus birahi dan terdorong untuk beranak pinak. Tidak semua pemilik kucing senang dengan hal ini.

Jalan keluarnya adalah dengan sterilisasi. Kal ini, PetPi akan jelasin secara lengkap tentang apa itu sterilisasi, apa saja manfaatnya untuk kucing (dan pemilik), serta berapa biaya steril kucing!

Apa Itu Sterilisasi Pada Kucing?

Apa Itu Sterilisasi Kucing
apa itu sterilisasi kucing - youtube image

Pada umumnya, kucing akan mencapai kematangan seksual ketika berusia 4 bulan. Sejak itu, mereka mulai memiliki birahi dan mungkin akan mencari lawan jenisnya untuk kawin.

Bagi sebagian pemilik, kucing yang sedang birahi bisa sangat merepotkan. Tak jarang kita akan kewalahan menghadapi gejala-gejala kucing yang sedang birahi. Belum lagi kalau kucing di rumah betina, pasti jumlah kucing yang harus kita rawat jadi bertambah.

Oleh karena itu, sterilisasi pada kucing menjadi salah satu jalan keluar. Sayangnya, belum banyak yang tahu tentang hal ini.

Secara singkat, sterilisasi merupakan tindakan untuk menetralkan kucing agar mereka tidak bisa bereproduksi. Jantan dan betina memiliki prosedur yang berbeda.

Pemilik kucing biasanya menginginkan kucingnya steril sebelum mencapai kematangan seksual dengan berbagai alasan. Proses sterilisasi disarankan untuk dilakukan ketika kucing berusia sekitar 4 bulan, meskipun setiap ras memiliki waktu yang berbeda-beda.

Sterilisasi Pada Kucing Betina

Kucing betina dapat disterilkan dengan cara mengangkat ovarium dan rahim, sehingga otomatis ia akan menjadi mandul.

Hal ini membutuhkan operasi dengan menyayat perut kucing. Bulu di sekitar perut pun harus dicukur habis. Selama proses operasi, kucing akan diberikan obat bius total sehingga ia tidak akan merasakan sakit.

Selain membuat kucing steril secara total, pemilik kucing juga ada yang memanfaatkan obat-obatan tertentu untuk menekan birahinya. Hanya saja, cara ini bisa membawa efek samping yang berbahaya untuk si kucing.

Baca Juga: Tanpa Kawin! Inilah Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi yang Perlu Diketahui

Sterilisasi Pada Kucing Jantan

Pada jantan, proses sterilisasi dilakukan mengebirinya. Caranya? Dengan operasi pengangkatan kedua testisnya. Operasi yang butuh dilakukan tidak serumit sterilisasi kucing betina.

Kucing jantan yang tidak steril memiliki sifat senang berkeliaran, agresif terhadap jantan lain, suka berkelahi, dan kerap menandai wilayah mereka dengan menyemprotkan air seni mereka.

Kalau kamu tidak ingin memiliki kucing yang seperti itu, maka sterilisasi menjadi jalan keluarnya.

Manfaat Steril Kucing

Manfaat Steril Kucing
Manfaat sterilisasi kucing - cats

Meskipun terdengar kejam, sebenarnya ada banyak manfaat sterilisasi pada kucing. PetPi akan jelaskan apa saja manfaatnya di bawah ini!

Pengendalian Populasi

Pada betina, steril kucing bermanfaat sebagai pengendalian populasi. Seperti yang Sobat Pintar sudah ketahui, dalam setahun kucing bisa kawin beberapa kali dan melahirkan belasan hingga puluhan anak.

Pada jantan, mereka jadi tidak punya kemampuan untuk menghamili kucing betina liar yang sering lewat di depan rumah. Populasi kucing yang tak terkendali berasal dari kucing liar yang terus-menerus melahirkan anak.

Sekarang lagi banyak orang yang mengambil kucing liar dan menjadikannya pakan hewan lain seperti ular. Mereka menggunakan banyaknya populasi kucing liar sebagai pembenaran perbuatan mereka.

Oleh karena itu, sterilisasi menjadi salah satu jalan untuk mengurangi jumlah populasi kucing yang berlebihan.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KUCING?
Cari info Kucing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Mengubah Perilakunya

Ketika birahi, kucing jelas akan mencari lawan jenis untuk melampiaskan hawa nafsunya. Betina akan memancing para jantan untuk datang ke rumah.

Sobat Pintar tentu tidak ingin mengalami rumahnya menjadi tempat pertarungan para jantan yang memperebutkan kucing betinamu, kan?

Selain itu, kucing yang telah disterilkan juga akan lebih betah di rumah, tenang, manja dan tidak suka berkelahi. Risiko kucing hilang ataupun mengalami kecelakaan pun menjadi berkurang.

Menghindari Anak Kucing yang Tak Terawat

Beberapa kucing betina bisa saja tidak mau merawat anaknya. Ada beberapa alasannya, seperti baru punya anak untuk pertama kalinya hingga merasa stres.

Bahkan ada kasus di mana sang induk justru memakan anaknya sendiri! Kalau Sobat Pintar tidak yakin kucingnya bisa menjadi induk yang baik, lebih baik segera sterilkan.

Baca Juga: Berapa Biaya Vaksin Kucing? Ini Rincian Harga dan Jenisnya yang Perlu Diketahui!

Menghindari Penyakit Tertentu

Kucing yang steril akan terhindar dari penyakit kucing yang mematikan. Pada kucing betina, mereka bisa terhindar dari penyakit pyometra alias infeksi rahim dan tumor payudara.

Kucing jantan juga bisa menyebarkan penyakit seperti FIV dan FeLV ke kucing lain melalui hubungan seksual. Belum lagi luka yang diakibatkan perkelahian ketika memperebutkan betina.

Ada juga yang menyebutkan kalau sterilisasi bisa membuat hidup kucing menjadi lebih lama.

Berapa Biaya Steril Kucing?

Biaya Steril Kucing
biaya steril kucing - pakan master

Pertanyaan besarnya, berapa biaya steril kucing? Masing-masing daerah akan memiliki harga yang berbeda, tapi kurang lebih range harganya sama, tidak berbeda jauh.

Biaya steril kucing jantan berkisar di harga Rp200 ribu. Untuk kucing ras biayanya akan lebih mahal, yakni sekitar Rp300 ribu.

Biaya steril kucing betina jelas lebih mahal karena membutuhkan prosedur yang lebih rumit. Untuk kucing betina lokal, biaya berkisar di angka Rp300 ribu.

Kalau Sobat Pintar punyanya kucing ras, biayanya bisa mencapai Rp400 ribu. Kalau kucing betinamu sedang hamil, biayanya bisa lebih mahal dari itu walaupun biasanya hal tersebut dilarang.

Harga ini bisa berubah tergantung tempat kamu mensterilkannya. Jangan kaget kalau ada yang mematok harga hingga jutaan rupiah.

Kamu juga bisa memanfaatkan program sterilisasi massal yang kerap dilakukan oleh Pusat Kesehatan Hewan ataupun badan-badan lain. Kalau ikut program ini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mensterilkan kucingmu.

Itulah tadi penjelasan seputar sterilisasi kucing, mulai cara, manfaat, hingga berapa biaya steril kucing yang perlu kamu keluarkan.

Kalau Sobat Pintar memiliki alasan yang kuat untuk mensterilkan kucingmu, tidak ada salahnya kok. Kucingmu akan tetap menjalani kehidupannya sehari-hari. Hanya saja, Sobat Pintar harus lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain dan menyayanginya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://artikel.rumah123.com/syarat-manfaat-dan-biaya-steril-kucing-jantan-dan-betina-peliharaan-di-rumah-66954
  • https://harga.web.id/biaya-steril-sterilisasi-kucing-jantan-dan-betina.info
  • https://icatcare.org/advice/neutering-your-cat/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar