Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Kamis, 10 Juni 2021, 16:00 WIB

Berbagai Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing Kesayangan dan Efek Sampingnya

Berbagai Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing Kesayangan dan Efek Sampingnya

manfaat minyak ikan untuk kucing - world pets centre

Banyak manfaat pemberian minyak ikan pada kucing peliharaan, namun tetap harus sesuai dengan dosis. Berikut 6 manfaat minyak ikan untuk kucing kesayangan

Halo Sobat pintar, sebagai pemilik kucing, pastinya kamu akan selalu menjaga kesehatan kucing dengan cara memberikan asupan yang bergizi.

Selain makanan kucing yang penuh gizi, kamu juga bisa memberikan suplemen atau vitamin untuk membuat kucing kesayanganmu semakin gemuk.

Berbicara tentang kesehatan kucing, kali ini Petpi akan membahas mengenai manfaat minyak ikan pada kucing kesayangan kalian. Namun sebelum masuk ke pembahasan, kita ulas sedikit apa saja kandungan dari minyak ikan.

Minyak ikan memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama bagi kesehatan jantung, kulit, ginjal dan juga beberapa penyakit sendi seperti rematik.

Saking banyaknya manfaat pada minyak ikan, banyak sekali direkomendasikan oleh pecinta kucing senior kepada para pemilik kucing yang baru pertama kali memelihara hewan berbulu lembut ini.

Apalagi harga minyak ikan relatif ramah dikantong dan mudah didapatkan baik di pet shop maupun di apotik.

Biasanya jika kalian membeli minyak ikan, penjual akan menghitung per butir dan harga yang dibanderol berkisar Rp 150,- sampai dengan Rp 250,- per butir.

Namun jika kalian lebih memilih untuk membeli yang berupa botolan juga bisa, tapi harganya pasti akan lebih daripada kapsul dan pastikan jika merk yang kalian beli itu legal dan belum kadaluarsa.

Manfaat Minyak Ikan Bagi Kucing Peliharaan

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing
manfaat minyak ikan untuk kucing - butter

Petpi ingin berbagi sedikit informasi kepada sobat pintar tentang manfaat minyak ikan pada kucing kesayangan kalian.

karena minyak ikan memang menjadi vitamin andalan banyak pecinta kucing untuk memenuhi kebutuhan tubuh kucing, apalagi dengan begitu banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan, tidak hanya dalam jangka pendek tapi juga jangka panjang.

Menurut penelitian, pemberian minyak ikan untuk kucing setiap hari sebetulnya diperbolehkan asal sesuai dengan dosis yang pada umumnya dianjurkan yakni sebanyak 25 mg DHA dan 40 mg EPA per kilogram berat badan kucing.

Berikut ini adalah manfaat-manfaat dari minyak ikan yang perlu sobat pintar ketahui :

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Melindungi Jantung

Omega-3 yang terkandung pada minyak ikan dapat menyehatkan fungsi jantung kucing, pelindung ini disebut dengan anti-koagulan dan dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah jika si kucing memiliki sakit jantung.

Pastinya Omega-3 pada minyak ikan dapat mencegah berkembangnya penyakit pada jantung kucing peliharaan kalian.

2. Menjaga Fungsi Ginjal

Apabila sobat pintar memiliki kucing yang mempunyai gejala sakit ginjal atau bahkan menderita penyakit ginjal, sangat disarankan untuk memberikan minyak ikan pada kucing kalian.

Karena pada minyak ikan ada kandungan yang dapat mengurangi berproduksinya zat inflamasi, jika zat ini muncul, maka akan timbul peradangan pada ginjal atau yang biasa disebut dengan Nefritis.

3. Menjaga Kesehatan Kulit dan Bulu

Tentu banyak diantara pecinta kucing yang selalu merasa tidak nyaman dengan bulu-bulu hewan kesayangan yang rontok, belum lagi terkadang muncul seperti ketombe pada kulit mereka.

Karena itu disarankan untuk memberikan minyak ikan setidaknya satu sampai 2 kapsul setiap minggunya, gunanya untuk menjaga kelembaban kulit agar tidak kering dan nantinya akan berimbas kepada bulu kucing, tidak akan ada lagi kerontokan dan bulu akan menjadi lebih sehat juga semakin kuat.

4. Mengurangi Perkembangan Sel Kanker

Tidak hanya manusia saja yang dapat terkena kanker, karena pada kenyataannya kucing juga bisa terkena kanker.

Minyak ikan memang tidak dapat menyembuhkan kanker, namun kandungan dalam kapsul kecil ini dapat membantu mengurangi perkembangan sel kanker, karena itu disarankan untuk selalu mengkonsumsi minyak ikan.

5. Menjaga Kadar Kolesterol

Seperti pada manusia, jika kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh terlalu tinggi maka akan menyebabkan banyak penyakit.

Begitu pula kucing, karena itu sangat disarankan untuk memberikan pada kucing kalian minyak ikan secara rutin agar kolesterol baik (HDL) dapat meningkat dan menjaga kestabilan kolesterol dalam tubuh.

6. Menurunkan Kadar Trigliserida

Apa sih trigliserida itu? Trigliserida adalah jenis lemak yang sering ditemukan dalam darah, biasanya dihasilkan oleh hati, namun belakangan lebih banyak berasal dari makanan yang dikonsumsi. Seperti keju, daging, dan susu.

Pemberian minyak ikan dapat membantu menurunkan trigliserida pada kucing yang memiliki riwayat penyakit jantung, radang usus maupun bermasalah dengan pankreas.

Karena jika kadar trigliserida ini meningkat, akan membahayakan kesehatan kucing kalian.

Cara pemberian minyak ikan kepada kucing, bisa dilakukan dengan memberikannya secara langsung atau dicampur pada makanan.

Jika kalian ingin memberikan secara langsung dalam bentuk kapsul pastikan ada yang membantu untuk memegangi si kucing.

Namun jika kalian merasa hal itu merepotkan dan beresiko menimbulkan cedera baik pada diri kalian ataupun si kucing, kalian bisa membeli minyak ikan dalam kemasan botol dan pastikan tidak melebihi takaran yang dianjurkan.

Efek Samping Jika Dosis Pemberian Terlalu Banyak

Efek Samping Pemberian Dosis Terlalu Banyak
efek samping pemberian dosis terlalu banyak - healthful pets

Setiap meminumkan vitamin apapun pada kucing kalian, pastikan jika tidak melebihi dosis yang dianjurkan, karena sekalipun vitamin tersebut memiliki manfaat yang baik, jika terlalu berlebihan pasti akan ada efek samping yang tidak baik.

Karena itu tetap patuhi protokol pemberian dosis minyak ikan untuk kucing kitten maupun dewasa.

Seperti pemberian minyak ikan, meski memiliki banyak manfaat baik, nyatanya pemberian minyak ikan secara berlebihan dan tidak sesuai dengan anjuran justru dapat membahayakan kesehatan kucing kesayangan kalian. Bahkan dapat mengancam nyawa mereka.

Berikut adalah efek samping minyak ikan untuk kucing, yang diantaranya :

  • Jika dikonsumsi lebih dari 3 gram per hari, akan beresiko terjadi perdarahan.
  • Akan terjadi peningkatan gula darah.
  • Beresiko terkena stroke.
  • Dapat menyebabkan diare, mual, dan mimisan.
  • Meningkatnya asam lambung.
  • Keracunan vitamin A.
  • Aroma amis pada mulut.

Namun, jika ingin langsung memberikan minyak ikan pada si kucing, kalian harus pastikan jika minyak ikan tersebut mengandung trigliserida dan pastikan juga jika merek yang kalian beli terdaftar secara legal.

Petpi berharap informasi mengenai manfaat dan juga efek samping dari minyak ikan kali ini dapat menambah pengetahuan dan membantu sobat pintar semua dalam memelihara kucing kesayangan kalian. 

Jika sobat pintar takut memberikan minyak ikan pada kucing peliharaan kalian, kalian bisa mengkonsultasikannya dahulu pada dokter dan bertanya lebih jelas mengenai manfaat minyak ikan pada kucing.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/03/165610420/manfaat-minyak-ikan-untuk-hewan-peliharaan?page=all#page2
  • https://rumahbudidaya.co.id/manfaat-minyak-ikan-untuk-kucing-anggora/
  • https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4406672/baru-pelihara-kucing-ini-cara-melebatkan-bulunya
  • https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-minyak-ikan-untuk-kucing/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar