Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Selasa, 19 Oktober 2021, 10:00 WIB

Ampuh! Ini 6 Cara Mengobati Kaki Kucing Bengkak Secara Alami

Ampuh! Ini 6 Cara Mengobati Kaki Kucing Bengkak Secara Alami

kaki kucing bengkak - pixabay

Kaki kucing bengkak terjadi oleh berbagai kasus dan penyebab, sehingga harus dipastikan terlebih dahulu penyebabnya. Berikut cara mengobati yang tepat

Sobat pintar, mungkin kamu pernah melihat kucing peliharaan dirumah merasakan kakinya bengkak dan pincang.

Biasanya keadaan tersebut disebabkan oleh beberapa permasalahan, diantaranya terjadi cedera, terkena gigitan atau infeksi, dan ada penyakit yang bersarang pada kaki kucing kesayangan kamu tersebut. 

Keadaan ini tentunya membuat hati ngilu dan tidak tega untuk membiarkannya, bahkan untuk meminimalisir rasa sakitnya kucing sering sekali menjilati kakinya tersebut.

Nah, dalam tahap ini ada beberapa keadaan yang harus kamu perhatikan. Apabila kucing kamu membiarkan untuk melihatnya, perawatan dari rumah saja bisa kamu lakukan. 

Namun, apabila kucing tidak nyaman dan merasakan kesakitan yang luar biasa, rasanya kamu harus membawanya ke rumah sakit.

Apabila keadaannya bisa dilakukan dari rumah, berikut ini ada beberapa cara untuk meringankan dan menyembuhkan kaki kucing bengkak tersebut. Apa saja itu? Simak yuk penjelasan lengkapnya. 

Cara Mengobati Bengkak Pada Kaki Kucing

Kaki Kucing Bengkak
kaki kucing bengkak - pixabay
Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Mencampurkan Cuka Sari Apel dan Hidrogen Peroksida

Jika kamu menggunakan cuka sari apel, sebenarnya sudah memberikan manfaat mulai dari anti jamur, anti bakteri, dan juga terdapat anti virus.

Semuanya didapatkan dari asam asetat dan asam malat, sehingga selain meringankan bengkak pada kaki, sari apel memiliki manfaat lainnya yang mampu membasmi kutu pada bulu kucing. 

Selain itu, kamu juga bisa membuat ramuan untuk mengobati kaki kucing yang bengkak dari bahan campuran cuka sari apel dengan hidrogen peroksida.

Prosesnya tidak begitu sulit untuk dilakukan, campurkan kedua bahan tersebut selama 30 detik, lalu langsung saja gosok pada bagian tubuh kucing yang bengkak. 

Metodenya sendiri bisa kamu lakukan dengan langsung mengoleskannya atau menyemprotnya, terpenting area yang bengkak terkena dengan cairan yang kamu buat itu.

Setelah semuanya selesai, langsung saja keringkan kaki kucing dan biarkan saja. Namun, hindari memberikan cuka apel yang komersil, karena tidak memiliki manfaat yang dibutuhkan. 

2. Campuran Air Hangat dan Yodium

Cara mengobati kaki kucing bengkak berikutnya dapat kamu capai dengan menggunakan yodium.

Pada dasarnya yodium sendiri memiliki sifat yang mudah larut dalam air, apabila kamu mencampurkannya tentunya akan mendapatkan iodine yang berguna sebagai desinfektan yang baik dan anti virus yang digunakan secara topikal.

Dengan demikian memberikan manfaat untuk mengobati luka yang terjadi pada kucing kesayanganmu di rumah. 

Apalagi bahan yang satu itu sangat mudah kamu dapatkan, melalui apotik saja bisa kamu temukan dan dibeli secara legal.

Jika kaki kucing kamu mengalami bengkak, tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan resep yang satu ini. Karena bermanfaat untuk mengurangi dari radang, rasa gatal, dan berbagai gejala yang terjadi lainnya. 

Untuk proses pembuatannya sendiri sangat mudah untuk dilakukan, caranya tinggal langsung mencari wadah dan ambil air hangat, selanjutnya tambahkan yodium sampai air yang ada tersebut langsung berubah warna layaknya teh.

Tahapan penggunaannya sendiri tidak begitu sulit, langsung saja celupkan kaki kucing yang bengkak selama 30 detik saja. 

3. Campuran Minyak Peppermint dan Lemon

Mungkin kamu sudah mengetahui kalau minyak peppermint sendiri mempunyai sifat sebagai pendingin dan antiseptik, bahkan juga bisa digunakan sebagai anestesi.

Oleh karena itu, minyak dari bahan ini akan memberikan dampak yang baik dan sangat cocok digunakan untuk mengobati kaki kucing bengkak. Tidak hanya itu saja, bulu rontok yang sering terjadi pada kucing pun bisa kamu atasi. 

Untuk pembuatan resepnya sendiri bisa kamu lakukan dengan mencampurkan beberapa bahannya, mulai dari cuka sari apel, 1 buah lemon, dan 20 tetes minyak peppermint.

Selanjutnya tinggal dicampurkan saja dan langsung rendamkan kaki kucing selama 40 detik dan jika sudah selesai langsung keringkan dengan handuk secara lembut. 

4. Membersihkan Luka Dengan Garam dan Disinfektan

Ada banyak penyebab bengkak pada kaki kucing, sehingga apabila kamu menemukan pembengkakan tersebut akibat gigitan oleh serangga atau hewan berbisa, kalian dapat langsung saja bersihkan bagian lukanya tersebut dengan garam dan disinfektan.

Kemudian, balut menggunakan perban pada area yang terkena gigitan yang menjadi permasalahan pembengkakan tersebut. 

Namun, apabila setelah melakukan beberapa tindakan pengobatan tetapi belum mendapatkan hasil yang penyembuhan yang signifikan, rasanya kamu harus membawanya ke dokter hewan.

Dengan demikian akan diberikan proses penanganan dan pemulihan dengan baik, sehingga kucing kamu tidak lagi merasakan kesakitan lagi. 

5. Rendam Dengan Kamomil

Alternatif lainnya yang bisa kamu coba untuk pengobatan kaki kucing bengkak adalah bisa dengan menggunakan kamomil.

Zat yang tidak beracun ini ampuh dan sangat baik untuk mempercepat kesembuhan kaki yang bengkak dan proses untuk pembuatannya sendiri sangat mudah untuk dilakukan, sehingga tidak ada salahnya mencoba bahan tradisional alami dari teh ini. 

Jika kamu tertarik untuk mencobanya, kamu bisa melakukannya dengan beberapa kantong teh kamomil, kemudian direndamkan pada air yang panas, setelahnya diamkan saja selama beberapa menit sampai cukup hangat.

Apabila sudah pas, langsung saja masukan kaki kucing yang bengkak tersebut selama beberapa detik saja, jika sudah selesai langsung lap dengan kain yang halus. 

6. Kompres Menggunakan Es

Cara terakhir dalam mengatasi kaki kucing bengkak yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan metode kompres es, prosesnya sendiri pasti kalian sudah mengetahuinya.

Tinggal masukan es pada kantong plastik dan letakan kantong tersebut pada bagian yang bengkak. Manfaatnya sendiri bisa langsung terasa, mulai dari berkurangnya rasa sakit hingga kaki akan terasa lebih ringan dibanding sebelumnya. 

Apabila kamu ingin mencegahnya dari iritasi, kamu dapat membungkusnya dengan handuk dan ulangi proses tersebut sesuai kebutuhan saja. Jika kamu ingin melakukan metode ini diamkan selama 2 jam untuk hasil yang lebih maksimal. 

Sobat pintar, itulah dia beberapa cara penyembuhan untuk kaki kucing bengkak secara alami dan tradisional. Mudah bukan? Selamat mencoba sendiri di rumah, ya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/cara-mengobati-bengkak-pada-kaki-kucing
  • https://kucingpersia.co.id/cara-mengobati-bengkak-pada-kaki-kucing/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar