Hari ini: Selasa, 09 Maret 2021
Selasa, 29 Desember 2020, 10:00 WIB

Jenis dan Manfaat Vitamin Kucing, untuk Pemulihan Kucing Sakit Hingga Biar Gemuk

Jenis dan Manfaat Vitamin Kucing, untuk Pemulihan Kucing Sakit Hingga Biar Gemuk

vitamin kucing - the happy cat site

Memberikan vitamin kucing terbaik berguna sebagai suplemen untuk pemulihan kucing sakit atau biar kucing gemuk. Apa sajakah manfaat vitamin kucing lainnya?

Beberapa di antara Sobat Pintar mungkin mengonsumsi multivitamin dan suplemen tambahan setiap harinya untuk merasakan beberapa manfaat yang diperlukan.

Multivitamin dan suplemen ini tentu berguna, misal untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tertentu, menjaga kesehatan tubuh, atau mungkin juga sebagai pemulihan pascasakit.

Lalu bagaimanakah dengan kucing peliharaan di rumah? Apakah mereka juga membutuhkan vitamin kucing setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuhnya?

Nah untuk menjawab pertanyaanmu ini, PetPi sudah merangkum jenis dan merek vitamin kucing terbaik serta bisa kamu berikan pada peliharaan yang sudah dirangkum melalui berbagai sumber.

Apa Sajakah Jenis Vitamin Kucing yang Dibutuhkan?

Vitamin Kucing Terbaik
vitamin kucing terbaik - cat life today

Berbeda dengan manusia yang memperoleh beragam makanan setiap harinya, kucing peliharaan pada umumnya akan mendapatkan makanan yang sama setiap harinya.

Terlebih jika Sobat Pintar memberikan makanan kucing berkualitas yang berasal dari pabrikan, baik berupa makanan kucing kering (dry food) atau makanan kucing basah (wet food).

Melansir Dr. Bernadine Cruz pada laman Pets WebMD, kesehatan kucing sangat ditentukan oleh makanan yang pemilik berikan tiap harinya.

Apabila memberikan makanan berkualitas dan bernutrisi tinggi, tentu akan memenuhi kebutuhan mereka. Namun sebaliknya, tentu akan membuat mereka kekurangan nutrisi, bukan?

Dr. Bernadine Cruz pun menambahkan, pemberian suplemen tambahan berupa vitamin dan mineral sebenarnya dapat dilakukan. Namun hal ini hanya pada kondisi tertentu saja.

Misalnya, ada vitamin kucing sakit sebagai salah satu langkah penanganan kondisi kesehatan tertentu.

Ada pula vitamin kucing hamil, di mana pada kondisi ini induk kucing mengalami kekurangan nutrisi tertentu. Menurut Pets WebMD, ada beberapa tipe vitamin kucing yang dapat diberikan, seperti:

  • Kombinasi vitamin dan mineral: Beberapa produk vitamin atau multivitamin khusus kucing dapat ditemukan dengan mudah. Kebanyakan pula kombinasi vitamin dan mineral juga ditemukan pada makanan kucing pabrikan.
  • Asam lemak esensial: Jenis vitamin kucing untuk bulu mengkilap dan mencegah rontok dapat diperoleh melalui asam lemak esensial, yakni asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6. Keduanya juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga fungsi hati, mata, otak, jantung, dan persendian. Selain dari makanan kucing, asam lemak esensial dapat ditemukan pada produk vitamin kucing minyak ikan.
  • Probiotik: Suplemen berupa bakteri sehat yang membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan kucing. Pada umumnya mengandung bakteri, seperti Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus casei yang mampu mengendalikan pertumbuhan bakteri buruk di usus besar.

Rekomendasi Merek Vitamin Kucing Terbaik untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Berbagai merek vitamin kucing yang tersedia di pet shop dan ecommerce menawarkan berbagai macam kegunaan, mulai untuk anak kucing, kucing dewasa, hingga kucing hamil.

Adapun beberapa kegunaan lain yang dapat dirasakan, di antaranya adalah menjaga kondisi tubuh, merawat kulit dan bulu, meningkatkan nafsu makan, dan sebagainya.

Ini ulasan rekomendasi merek vitamin kucing terbaik yang dapat kamu pertimbangkan sebagai berikut.

1. Virbac Nutri-Plus Gel

Vitamin Kucing Paling Bagus
Virbac nutri plus gel - shopee

Virbac merupakan salah satu merek ternama di industri kesehatan hewan, termasuk untuk kucing. Salah satu suplemen yang banyak direkomendasikan adalah Virbac Nutri-Plus Gel.

Sesuai dengan namanya, Nutri-Plus Gel merupakan vitamin kucing gel yang berfungsi mengembalikan energi tubuh secara mudah dan cepat.

Dikarenakan fungsinya tersebut, Virbac Nutri-Plus Gel banyak digunakan untuk pemulihan kucing sakit, setelah melakukan operasi, dan kucing hamil hingga menyusui.

Harga vitamin kucing Nutri-Plus Gel sekitar Rp200 ribuan dapat dapat ditemukan dengan mudah di pet shop atau apotik khusus hewan.

Baca Juga: 7 Vitamin Bulu Kucing Terbaik | Bulu Langsung Sehat dan Lebat!

2. Vita-Gel

Merk Vitamin Kucing
Vita gel - tokopedia

Vita-Gel menjadi salah satu vitamin kucing terbaik dan harganya relatif terjangkau yang telah banyak digunakan dan direkomendasikan untuk dokter hewan.

Walaupun harga vitamin kucing ini jauh lebih miring dibandingkan produk sejenis, namun Vita-Gel memiliki manfaat lengkap. Mulai dari menambah nafsu makan hingga pemulihan pascasakit.

Di kalangan pemelihara kucing, Vita-Gel juga direkomendasikan untuk diberikan pada anak kucing untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari sejumlah penyakit.

Adapun harga vitamin kucing Vita-Gel saat ini berkisar Rp30 ribuan saja. Selain untuk kucing, Vita-Gel juga bisa diberikan pada peliharaan lain, seperti anjing, hamster, dan lainnya.

3. Body Fat Cat Fattener

Vitamin Kucing Terbaik
Body cat fattener - wcs store

Jika menginginkan vitamin kucing biar gemuk cepat dan tetap sehat, Body Fat Cat Fattener memiliki komposisi sempurna yang dapat meningkatkan nafsu makan kucing peliharaan.

Body Fat Cat Fattener dilengkapi dengan sejumlah kandungan multivitamin, nutrisi lengkap, dan protein tinggi yang memang dibutuhkan bagi tubuh kucing.

Harga vitamin Body Fat Cat Fattener ini relatif terjangkau, yakni berkisar Rp20 ribuan per bungkus (50 gram) untuk dicampurkan pada 25 kg pakan kering kucing (dry food).

Namun yang perlu diingat, jangan terlalu bergantung pada vitamin kucing gemuk, lho! Pasalnya kucing kegemukan alias obesitas bisa saja mendatangkan masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KUCING?
Cari info Kucing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Fish O Plus

Vitamin Untuk Bulu Kucing
fish o plus - tridaya varuna

Sesuai dengan namanya, Fish O Plus merupakan jenis vitamin kucing minyak ikan yang diperuntukkan untuk merawat kulit, memperindah bulu, menjaga kesehatan sendi, dan jantung.

Berbagai manfaat tersebut dapat dirasakan oleh kucing peliharaan berkat kandungan vitamin A, vitamin D, asam lemak omega-3, dan asam lemak omega-6 yang terkandung di dalamnya.

Fish O Plus memiliki bentuk sediaan berupa softgel yang berisi minyak ikan di dalamnya. Pemberian dalam dilakukan secara langsung atau dicampur pada makanannya.

Harga vitamin kucing minyak ikan ini relatif terjangkau, di mana Sobat Pintar bisa membelinya sekitar Rp25 ribuan hingga Rp30 ribuan di pet shop atau ecommerce.

5. Pure VCO

Vitamin Untuk Kesehatan Kucing
Pure vco - tokopedia

Pure VCO atau Virgin Coconut Oil merupakan vitamin kucing alami yang terbuat dari minyak kelapa, yang mana memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan hewan peliharaan.

Pemberian Pure VCO pada kucing dapat dilakukan baik secara oral maupun topikal. Pure VCO dapat diberikan dengan menggunakan pipet atau spuit dan juga ditambahkan pada makanannya.

Sementara penggunaan Pure VCO secara topikal dapat digunakan dengan mengoles pada luka atau jamur untuk mempercepat proses pemulihan.

Dibanding vitamin kucing lainnya, Pure VCO memiliki banderol harga relatif terjangkau di mana bisa dibeli seharga Rp20 ribuan per botol ukuran 60ml.

Demikianlah sejumlah rekomendasi merek vitamin kucing terbaik beserta manfaatnya yang berguna bagi kucing peliharaan di rumah.

Agar tidak perlu khawatir, sebaiknya sebelum memberikan vitamin ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter hewan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hewany.com/vitamin-kucing/
  • https://pets.webmd.com/cats/guide/cat-vitamins-and-supplements-do-they-work#1
  • https://www.bloomingpets.com/blog/post/should-i-give-my-pet-cat-supplements-a-guide-for-cat-nutritional-basics.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar