Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Senin, 08 November 2021, 10:00 WIB

Terungkap! Ini Dia Penyebab Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Terungkap! Ini Dia Penyebab Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya

induk kucing tidak mau menyusui anaknya - pixabay

Induk kucing tidak mau menyusui anaknya dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya terlalu sering dipegang oleh manusia. Yuk lihat ulasan lengkapnya

Hai, Sobat pintar. Ketemu lagi nih sama Petpi, adakah diantara kalian yang pernah memiliki pengalaman dengan induk kucing tidak mau menyusui anak-anaknya.

Pasti akan ada rasa khawatir di dalam diri kalian dan takut jika anak kucing tersebut tidak dapat bertahan. Kira-kira apakah kalian tahu penyebabnya?

Yuk, kita cari tahu bersama, mengapa si induk sampai tidak mau menyusui anak-anaknya. Padahal anak kucing yang baru lahir, akan sulit bertahan tanpa perawatan dari ibunya. Kebanyakan dari para kitten tersebut pasti akhirnya mati satu per satu.

Apa Penyebab Induk Kucing Tidak Mau Menyusui?

Penyebab Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya
penyebab induk kucing tidak mau menyusui anaknya - pixabay

Tidak jarang para pemilik kucing, khususnya yang memelihara kucing betina. Pasti pernah mengalami atau membantu kucing mereka melahirkan, bahkan kadang sampai merawat anak-anak tersebut karena si induk tidak mau merawat dan menyusui bayinya.

Berikut ini adalah beberapa alasan induk kucing tidak mau menyusui anak-anaknya :

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Induk Masih Berusia Muda

Usia matang jika ingin mengawinkan kucing betina adalah sekitar 10 bulan hingga 1 tahun. Pada rentang tersebut rahimnya bisa dikatakan siap untuk bereproduksi dan juga insting sebagai induk telah muncul.

Karena kebanyakan kasus, bila umur kucing terlalu muda. Mereka akan cuek pada anak-anaknya.

2. Induk Sedang Sakit

Ada kemungkinan jika induk kucing mengalami mastitis, yakni suatu penyakit yang menyebabkan produksi susu menjadi terhenti dan membuat si induk tidak dapat menyusui anak-anaknya.

Jika, kalian melihat bagian ambing susu kucing membengkak, maka bisa jadi si induk kucing terkena penyakit ini. Kalian dapat mengompresnya dengan air hangat untuk mengatasi rasa sakitnya.

3. Induk Tidak Mengenali Anaknya

Hal yang satu ini memang biasa terjadi apabila kalian terlalu sering memegang anaknya. Aroma yang tercium pada tubuh bayi kucing bukan lagi berasal dari induk melainkan bau lain, seperti bau kalian, sobat.

Jadi, sebaiknya bila kucing kalian melahirkan dan kalian ingin membantu. Kenakanlah sarung tangan serta jangan terlalu sering menyentuhnya ya. Karena akan berdampak induk tidak mau merawat dan menyusuinya.

4. Induk Kucing Kelaparan

Sama seperti manusia, dimana produksi air susu akan berkurang jika kekurangan asupan. Hal tersebut ternyata juga bisa terjadi kepada kucing.

Jadi, selalu siapkan makanan di dekat kucing kalian supaya dia tidak perlu pergi jauh untuk mencari makan.

5. Anak Kucing Sakit atau Mengalami Kelainan Genetik

Pernah dengar jika hewan tahu mana anak yang dapat bertahan hidup dan mana yang tidak.

Ini adalah fakta menarik serta memang banyak sekali terjadi, dimana sang induk akan meninggalkan anaknya bahkan ada juga yang memakannya ketika mereka tahu bila bayi tersebut tidak bisa hidup panjang.

Namun, ada kemungkinan juga bila bayi kucing tidak bisa menyusu karena memang si kecil terinfeksi virus atau bakteri dan membuatnya berhenti meminum susu dari induknya.

Bagaimana Cara Mengatasi Induk Kucing Tidak Mau Menyusui?

Cara Mengatasi Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya
cara mengatasi induk kucing tidak mau menyusui anaknya - pixabay

Jika tadi Petpi membahas tentang penyebab, sekarang kita bahas bagaimana caranya agar induk mau menyusui bayinya. Karena seperti yang tadi petpi sebutkan, bila bayi kucing yang baru lahir jarang bisa bertahan tanpa perawatan dari induk.

Berikut ini adalah solusi jika induk kucing tidak mau menyusui anaknya, yang diantaranya adalah:

1. Jangan Terlalu Sering Memegang Bayi Kucing

Hindari memegang anak kucing secara langsung dengan tangan telanjang, karena hal tersebut akan membuat aroma kalian menempel pada tubuh anak kucing dan menyebabkan aroma induk menghilang.

Jika, sudah begitu dampaknya adalah induk jadi tidak mau menyusui anaknya. Bahkan tidak lagi menganggap bayi-bayi tersebut sebagai anaknya.

Walau ada juga kasus, dimana kucing tetap mau menyusui. Namun, ini mungkin saja terjadi ketika hewan peliharaan kalian sudah benar-benar mempercayai hidupnya di tangan pemiliknya. Jadi, jagalah mereka dengan baik ya, sobat.

2. Gunakan Sarung Tangan untuk Memeriksa Bayi Kucing

Terkadang ada masa dimana kita sebagai pemilik ingin memeriksa keadaan bayi-bayi kucing tersebut, namun seperti poin pertama. Jangan memegangnya dengan tangan telanjang, gunakanlah sarung tangan atau handuk.

3. Bantu Bayi Kucing Menemukan Puting Induk

Siapa diantara sobat pintar yang pernah melihat bayi kucing kesulitan menemukan puting si induk? Kalian boleh membantu mereka, dengan menaruhnya di dekat perut induk. Namun, jangan lupa untuk mengangkatnya perlahan-lahan.

4. Ada Masalah Genetik

Kebanyakan jika bayi kucing tidak disusui oleh induknya dikarenakan si anak cacat dan induk merasa anaknya tidak bisa bertahan. Namun, sebenarnya bisa kalau kalian sebagai pemilik mau membujuk si induk.

Setiap kali induk memberikan susu untuk bayi yang lain, kalian harus menunggunya dan memastikan jika bayi yang cacat tadi juga mendapatkan jatahnya. Apabila ternyata ketika kalian lihat dia disisihkan, sobat harus segera menaruh si anak pada posisi putting agar bisa ikut menyusu.

5. Berikan Vaksin

Hal ini sebetulnya masih banyak diabaikan oleh para pemilik kucing, yaitu vaksin. Bayi kucing yang mendapatkan imunisasi sudah pasti tubuhnya akan memiliki kekebalan tubuh lebih baik daripada yang tidak di vaksin.

Tapi perlu sobat ingat, jika kalian ingin membawa anak kucing untuk vaksin. Pastikan jika mereka dalam posisi sehat. Jangan dibawa jika sedang sakit ya, karena hal tersebut justru dapat membahayakan.

6. Berikan Gizi yang Cukup untuk Induk Kucing

Pastikan induk kucing yang hamil mendapatkan asupan gizi yang baik. Karena dengan memperhatikan gizi pada makanan, dapat menjadi penentu apakah bayi-bayi kucing bisa lahir dengan sehat dan memiliki anggota tubuh yang lengkap.

Dengan Sobat memutuskan memelihara kucing, itu artinya kalian sudah siap dengan segala tanggung jawabnya. Termasuk merawat mereka sepenuh hati.

Mencari solusi bagi induk kucing tidak mau menyusui juga dalam kategori tersebut. Jangan hanya mau saat lucunya saja, tapi begitu masa sulit mereka kalian campakkan.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/cara-agar-induk-kucing-mau-menyusui-anaknya
  • https://www.kucinglucu.net/alasan-induk-kucing-tidak-mau-menyusui/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar