Hari ini: Selasa, 01 Desember 2020
Rabu, 18 November 2020, 16:00 WIB

Perhatikan Tanda Berikut, Ini Ciri Ciri Kucing Hamil yang Mudah Dilihat!

Perhatikan Tanda Berikut, Ini Ciri Ciri Kucing Hamil yang Mudah Dilihat!

ciri ciri kucing hamil - vivapets

Berikut ini adalah artikel mengenai ciri-ciri kucing hamil yang mudah dilihat dan cara mempersiapkan perawatannya agar kucing menjadi nyaman

Kucing menjadi hewan peliharaan yang cukup favorit bagi masyarakat Indonesia. Kita bisa memelihara kucing dari berbagai jenis yang ada.

Bagi para pemilik kucing apalagi kucing betina, hal yang perlu diperhatikan adalah saat perut kucing mulai menggemuk, ciri ciri kucing hamil wajib dikenali, karena pada masa kehamilan ini kucing memerlukan perhatian yang ekstra dari dirimu.

Tanda tanda kucing sedang hamil perlu diketahui dan dipersiapkan dengan baik. Walaupun pada dasarnya kucing pasti mempunyai kemampuan sendiri dalam proses untuk melahirkan, namun kamu juga bisa membantu untuk mempersiapkan hal-hal lain untuk mendukung kelancaran proses saat melahirkan.

Bukan cuma kucing dewasa, namun kucing yang baru berusia 4 bulan saja bisa hamil lho. Oleh karena itu bagi pemilik kucing wajib perhatikan tanda-tandanya. Berikut ini adalah ciri ciri kucing hamil tua yang bisa kamu ketahui dari bentuk fisik serta tingkah lakunya saat sedang hamil.

Ciri Ciri Fisik Kucing Hamil

Ciri Ciri Kucing Hamil
Ciri ciri fisik kucing hamil - the spruce pets

Sebagian besar ciri ciri kucing hamil bisa dideteksi lewat perubahan fisik dari si kucing tersebut. Hal ini pula yang mudah untuk kamu perhatikan saat kucing mengalami perubahan fisik ini. Berikut ciri cirinya.

Bulu Rontok

Ciri ciri kucing hamil yang pertama adalah dari bulunya yang rontok. Jika hal ini terjadi, maka ada indikasi bahwa kucing peliharaanmu sedang hamil. Biasanya buku kucing akan lebih gampang rontok dan menipis.

Kerontokan ini disebabkan oleh meningkatnya hormon kulit yang menyebabkan kulit kucingmu lebih berminyak dari biasanya.

Namun, hal itu tidak perlu dikhawatirkan karena ciri ciri kucing yang sedang hamil ini merupakan suatu kondisi yang sangat wajar. Jangan panik, karena tanda tanda ini akan terjadi sekitar 1 - 2 minggu pada masa kehamilan kucing.

Baca Juga: Kenapa Kucing Tidur Terus-menerus? Yuk, Kenali Beberapa Penyebabnya Ini!

Perut Membesar

Ciri ciri ini bisa kamu lihat sekitar tiga minggu setelah kucing kamu hamil atau paling tidak setelah kucing ini kawin. Perut akan semakin membesar saat memasuki usia kehamilan 5 minggu, selanjutnya perut akan semakin membesar sampai waktu melahirkan akan tiba.

Hal ini juga salah satu yang paling mencolok, karena perut membesar saat hamil dan perut membesar yang diakibatkan karena makan banyak itu sangat berbeda.

Buncit yang dialaminya tidak seperti biasanya, karena tidak diberi makan pun perutnya tetap membuncit. Hal ini dapat dipastikan bahwa kucingmu sedang mengandung anaknya.

Puting Susu Menjadi Lebih Merah

Ciri yang satu ini bisa kamu perhatikan saat kamu membedakan perut kucing membuncit karena hamil atau karena makan yang banyak. Ini bisa menjadi keterangan yang meyakinkan bahwa kucingmu sedang hamil. Cirinya adalah puting susu si kucing warnanya menjadi lebih merah muda.

Jika kucingmu sudah mengalami perubahan seperti ini, biasanya tandanya kucingmu sudah tidak lama lagi akan melahirkan. Puting susu yang memerah berarti tandanya kucingmu sudah bersia untuk memberikan susu kepada anaknya jika nantinya berhasil melahirkan.

Persiapkan segalanya dengan baik dan berikan tempat beristirahat pada kucing senyaman mungkin.

Sering Muntah atau Mual Tanpa Sebab

Bukan hanya terjadi pada manusia yang sedang hamil, namun kucing juga merasakan hal yang sama lho. Mereka akan sering muntah atau mual tanpa sebab yang jelas.

Nah, mual pada kucing sayangnya belum tentu menjadi ciri-ciri kucing hamil. Bisa saja kucingmu sedang mengalami sakit.

Cara mengenali mual atau muntah-muntah yang disebabkan dengan hamil biasanya dengan melihat karakteristik muntahnya yang datang berulang kali atau tidak.

Jika muntah atau mual pada kucing berlangsung sesekali namun dalam waktu yang lama, berarti tandanya kucingmu sedang hamil.

Punggung Kucing Sedikit Melengkung

Pada saat kucing sedang hamil, ciri ciri yang fisik yang berubah juga salah satunya adalah punggung yang sedikit melengkung.

Hal itu cukup berbeda dengan kucing normal biasanya yang akan terlihat datar seperti biasa. Jika punggung kucingmu agak sedikit melengkung, itu tandanya berarti kucingmu sedang mengandung.

Ciri Ciri Kucing Hamil dari Tingkah Lakunya

Ciri Kucing Mau Melahirkan
Ciri ciri kucing hamil dari tingkah lakunya - purina

Selain ciri-ciri fisiknya, tingkah laku kucing saat hamil juga mengalami perubahan lho. Perubahan sikap yang terjadi saat kucing hamil ini memang sangat wajar bagi setiap hewan. Berikut ini adalah sikap atau tingkah laku kucing yang bisa menandakan bahwa dirinya sedang hamil.

Baca Juga: Ada Kutu di Kucingmu? Yuk Kenali Penyebab & Cara Membasminya

Manja dan Menjadi Lebih Lembut

Ciri ciri kucing hamil mau melahirkan adalah sifat kucing yang menjadi lebih lembut dan lebih manja. Si kucing akan selalu lebih intens mendatangi dirimu sebagai majikan lalu ia meminta untuk di elus elus dengan lemah lembut.

Ada pula kucing yang sedang hamil malah terlihat lebih gelisah, maka dari itu tugasmu sebagai pemiliknya harus memberikan kenyamanan saat menjelang melahirkan anaknya.

Nafsu Makan Meningkat

Tanda selanjutnya bisa dilihat dari meningkatnya nafsu makan si kucing. Kucing yang sedang hamil biasanya akan meningkat nafsu makannya.

Hal itu sangat biasa terjadi, karena kucing membutuhkan lebih banyak energi dan protein saat hamil dibandingkan dengan kucing normal biasanya.

Hampir sama dengan manusia, kucing yang sedang hamil akan mengeluarkan lebih banyak energi di dalam tubuhnya, energinya juga terserap kepada janin yang sedang dikandungnya. Maka dari itu nafsu makan si ibu kucing akan meningkat disaat hamil dan akan melahirkan.

Bingung Mencari Tempat yang Aman

Pada masa-masa akhir kehamilan kucing, si kucing pun mulai mencari tempat yang dianggap aman dan nyaman untuk mempersiapkan kelahiran si bayi. Pada umumnya si kucing akan mencari tempat yang lebih hangat dan aman digunakan saat melahir kan.

Tempat itu juga akan menjadi sarang dimana bayinya akan menghabiskan hari-hari pertama sampai nanti menjadi beranjak besar. Apabila tingkah ini terus terjadi, sebaiknya kamu mulai membantunya untuk mempersiapkan tempat yang nyaman dan aman bagi dirinya dan si bayi kucingnya.

Diagnosis Klinis Kehamilan Pada Kucing

Diagnosis Kehamilan Kucing
diagnosis kehamilan kucing - koty

Jika kucing betinamu belum menunjukan tanda-tanda kehamilan, akan lebih baik lagi kamu segera membawanya ke dokter hewan terdekat untuk pemeriksaan medis lebih lanjut.

Pemeriksaan ini bisa menjamin apakah kucing betinamu benar-benar hamil atau tidak, jadi hasil ini sudah pasti bisa dipertanggung jawabkan.

  • Palpasi perut kucing: palpasi pada perut kucing berguna untuk merasakan apakah ada janin kucing di dalam perutnya. Dokter hewan nantinya akan meraba dan menekan perut kucing yang diduga hamil dengan lembut. Cara ini bisa dilakukan setelah kucing hamil berumur lebih dari 17 hari.
  • USG perut kucing: Cara ini adalah yang paling akurat untuk menentukan apakah kucing betinamu hamil atau tidak. Bukan hanya untuk manusia saja, tapi alat USG bisa dipakai untuk mengetahui adakah janin yang terdapat pada perut kucing. Biasanya alat ini bisa mendeteksi kehamilan pada minggu kedua setelah kucing tersebut dibuahi.
  • Pemeriksaan X-Ray: Dokter hewan juga bisa mengambil foto X-Ray untuk perut kucing untuk menentukan jumlah anak kucing yang dikandungnya. Tenang saja, X-Ray yang digunakan dijamin aman untuk janin kucing karena memiliki tingkat radiasi yang rendah. Hasil dari pemeriksaan medis ini, kamu bisa melihat tulang dan posisi tengkorak kepala yang berada pada perut kucing betinamu.

Jika setelah melewati pemeriksaan medis kucing betina mu dinyatakan hamil, maka hal yang harus diperhatikan adalah untuk menyiapkan tempat yang nyaman bagi kelahiran kucingmu.

Hal itu harus dilakukan sedini mungkin, sehingga kamu bisa memantau perkembangan atau proses kelahirannya.

Cara Membuat Tempat Ternyaman untuk Melahirkan Bayi si Kucing

Tempat Tidur Kucing
Cara membuat tempat nyaman untuk kucing - Royal canin

Kucing hamil sejatinya akan mencari sendiri tempat ternyaman buat dirinya untuk melahirkan dan bersarang.

Namun kadang kucing tentu saja membutuhkan bantuan kita untuk mencarikan tempatnya. Sikap kucing yang kebingungan, bisa menjadi pertanda bahwa dirinya membutuhkan pertolongan manusia.

Kamu bisa membuat kotak kardus yang besar dengan sisi yang rendah, untuk memudahkan kucing keluar masuk di dalam kotak tersebut.

Berikan alas pada kotak kardus dengan kain yang lembut dan bersih. Cukup letakkan kotak tersebut di dekat tempat dimana biasanya di tidur.

Jangan lupa kamu juga taruh litter box, makanan dan tempat minuman sehingga memudahkan dirinya untuk mengakses semuanya sambil menyusui anak-anaknya.

Jaga area tersebut dengan menghindari nya dari gangguan oleh kucing lain agar dirinya selalu merasa aman dan nyaman tinggal ditempat yang kamu berikan.

Nah itulah dia sedikit informasi mengenai ciri ciri kucing hamil yang wajib kamu ketahui sebagai pemiliknya. Selalu perhatikan dan rawat si kucing dengan sepenuh hati. Buatlah dirinya selalu nyaman dan aman pada saat sedang hamil dan menyusui.

Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang sedang menunggu kelahiran anak kucingmu ya.

Terbit pada: Jumat, 02 Oktober 2020, 16:00 WIB

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hot.liputan6.com/read/4285276/7-ciri-ciri-kucing-hamil-dan-akan-melahirkan-amati-perilaku-dan-fisiknya
  • https://www.petmd.com/cat/conditions/reproductive/cat-pregnancy-and-kittens-complete-guide
  • https://www.proplan.co.id/tips-artikel/kesehatan-kucing/tanda-tanda-kehamilan-pada-kucing-oleh-drh-tika-lina-putri
  • https://www.thesprucepets.com/signs-a-cat-is-pregnant-555419
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar