Hari ini: Kamis, 26 Mei 2022
Minggu, 03 April 2022, 10:00 WIB

Kenali 4 Jenis Pasir Kucing dan Beberapa Rekomendasinya Ini

Kenali 4 Jenis Pasir Kucing dan Beberapa Rekomendasinya Ini

jenis pasir kucing - py-pet

Jenis pasir kucing ada banyak macamnya dimana mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing. Sebelum kamu memilihnya, yuk lihat faktanya di sini

Sobat Pintar, ketika kamu memutuskan untuk memelihara kucing, maka pasir adalah benda yang harus kamu siapkan. Karena kucing sudah pasti akan buang air di pasir. Selain itu, menyediakan pasir juga akan membuat rumah menjadi bersih dan jauh dari bau.

Sekarang ini jenis pasir kucing sangat banyak. Dimana Petpi akan memberikan penjelasan lebih jauh akan pasir kucing ini. 

4 Jenis Pasir Kucing yang Banyak Digunakan

Jenis Pasir Kucing
jenis pasir kucing - kristin levine

Pasir kucing memang harus disediakan ketika kamu memelihara hewan imut yang satu ini. Dimana ini bagian dari kebersihan agar kucing dan kamu juga akan selalu dalam keadaan sehat. Adapun jenis dari pasir kucing yang harus diketahui. Berikut ini adalah jenisnya: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Pasir Zeolit

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa pasir ini berasal dari batuan zeolit yang kemudian dipecah lagi menjadi lebih kecil hingga menyerupai pasir. Kelebihan dari menggunakan pasir ini adalah bisa dicuci sehingga bisa menghemat pengeluaran. Hanya saja, pasir ini juga terbilang kurang disukai. 

Hal ini sendiri karena ketika digunakan pasir ini tidak bisa menggumpal, sehingga kerap kali membuat berantakan. Namun, jika kamu memang ingin menghemat, pasir zeolit ini sangatlah tepat untuk dipilih. Selain itu juga sangat mudah ditemukan karena hampir pet shop pasti menjualnya. 

2. Pasir Bentonite

Jenis pasir untuk kucing selanjutnya yang juga sangat umum digunakan adalah bentonite. Sering juga disebut dengan pasir wangi atau bisa juga pasir gumpal. Seperti namanya, pasir ini pun akan otomatis menggumpal ketika terkena pipis atau pup dari kucing. Sehingga sangat mudah sekali untuk dibersihkan. 

Selain itu juga ada aroma yang dapat menutupi bau. Dimana aroma yang disediakan juga beragam, mulai dari aroma buah, bunga hingga kopi. Kamu dapat memilih aroma yang disukai. Tapi, kekurangan pasir ini sendiri adalah harganya yang terbilang lebih mahal dan tidak bisa digunakan kembali. 

3. Pasir Kristal

Jenis pasir ini belakangan menjadi salah satu pilihan terbaik untuk pecinta kucing. Karena memang sangat cocok sekali digunakan bagi kamu yang tidak mempunyai waktu banyak untuk membersihkan litter box kucing. Pasir ini mempunyai daya serap yang sangat tinggi, bahkan mencapai 40 kali berat si kucing. 

Tidak hanya itu saja, pasir kristal juga tidak berdebu sehingga untuk membersihkannya sangatlah mudah. Tapi, ketika kamu memutuskan untuk menggunakan pasir ini haruslah hati-hati. Karena kandungan pada pasir ini akan sangat berbahaya bila tertelan oleh kucing kesayangan. Untuk harganya juga terbilang sangat mahal sekali. 

4. Pasir Organik

Semakin berkembangnya zaman, semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Termasuk untuk pasir dari bahan organik yang sekarang juga banyak digunakan. Banyak sekali bahan yang bisa dijadikan pasir organik, mulai dari serutan kayu, remahan jagung dan gandung, serta kertas. 

Untuk daya serap juga termasuk tinggi dan juga tidak mengeluarkan bau menyengat. Hanya saja kelemahan dari pasir ini adalah masih sulit sekali ditemukan. Kemudian, karena dari teksturnya tidak seperti pasir, kebanyakan kucing enggan buang air besar dan air kecil di pasir jenis ini. 

Rekomendasi Brand Setiap Jenis Pasir Kucing

Bagi kamu yang ingin mencari brand atau merk jenis pasir kucing apa saja yang bisa dibeli dengan mudah, Petpi akan memberikan beberapa rekomendasinya. Berikut ini adalah rekomendasinya: 

Super Zeolite - Merk Pasir Kucing Zeolite Terbaik

Merk Pasir Kucing Murah
Super Zeolite - Lazada

Untuk jenis pasir yang satu ini sendiri tidak ada brand pasti dimana memang kebanyakan dijual dalam bentuk tanpa merk. Namun berdasarkan rating dari beberapa marketplace, pasir kucing super zeolite-lah yang selalu muncul di pencarian teratas. 

Nah untuk harganya sendiri terbilang murah, kamu dapat membeli satu karung hanya dengan harga kisaran Rp. 25.000 hingga Rp. 30.000 untuk 30 kg atau sekitar 25 liternya di toko hewan terdekat ataupun online pet shop. Cukup terjangkau bukan? Hebatnya lagi, dengan pasir ini kamu bisa mencucinya berkali-kali, lho. 

Roesand - Merk Pasir Kucing Bentonite Murah

Merk Pasir Kucing Harga Terjangkau
Roe Sand Bentonite - Shopee

Merk yang satu ini juga banyak diburu oleh pemelihara kucing. Dimana pasir gumpal ini termasuk mempunyai kualitas yang sangat baik sekali. Roesand mempunyai standar pasir kucing gumpal yang cukup mengesankan. Kotoran kucing pun akan terikat dan menggumpal sehingga mudah sekali dibersihkan. 

Tidak hanya itu saja, kamu juga tidak akan mencium aroma yang tidak sedap. Karena pasir ini juga akan mengunci aroma tersebut sehingga rumah tidak akan bau. Ada empat aroma yang disediakan yaitu lavender, kopi, lemon dan strawberry. Pasir ini dijual dengan ukuran 25 liter, sehingga cukup untuk beberapa waktu. Selain itu harganya juga murah, yaitu sekitar Rp. 80.000 saja. 

KittySand - Merk Pasir Kucing Kristal Populer

Merk Pasir Kucing Gumpal
KittySand - Shopee

Brand yang satu ini adalah pasir kristal atau silika, dimana KittySand adalah brand terbaik untuk jenis pasir yang satu ini. Seperti yang sudah dijelaskan, pasir ini memang sangatlah mudah dibersihkan dan tidak akan mengeluarkan bau. Sehingga kamu pun akan tetap nyaman walau litter box diletakkan dalam rumah. 

Pasir Kitty Sand dijual dengan ukuran 3,8 liter dan 7,6 liter saja, dimana kamu mungkin bisa menemukannya di pet shop terdekat atau online shop. Harga jual dari pasir ini adalah sekitar Rp. 80.000 hingga Rp. 180.000, tergantung dengan ukuran yang akan dipilih. 

WoodWoot - Merk Pasir Kucing Organik yang Aman

Merk Pasir Kucing Alami
WoodWoot - Shopee

Brand yang satu ini sendiri khusus mengeluarkan pasir kucing organik dengan menggunakan serat kayu 100%. Sehingga bisa dipastikan bahwa tidak akan ada bahan kimia di dalamnya dan sangatlah aman sekali. Tidak hanya itu saja, WoodWoot juga terbukti mampu mengikat bau sehingga aroma dari kotoran kucing tidak akan tercium. 

Brand ini menjual pasir organik dengan ukuran 5 kg dan 10 kg. Harganya termasuk murah, yaitu sekitar Rp. 89.000 saja. Dimana pasir ini juga dapat digunakan berkali-kali dan tidak ada aroma atau wewangian yang mempengaruhi sensitivitas dari kucing kesayangan. 

Sobat Pintar, demikianlah beberapa jenis pasir kucing beserta rekomendasinya yang harus kamu ketahui. Untuk memilih mana yang cocok, lebih baik dilihat dari kebutuhan kucing dan dirimu sendiri. Karena kenyamanan kucing dan orang rumah adalah hal yang paling penting.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar