Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Senin, 11 Januari 2021, 16:00 WIB

Aromanya Semakin Menyengat, Begini Cara Menghilangkan Bau Mulut pada Kucing dengan Ampuh

Aromanya Semakin Menyengat, Begini Cara Menghilangkan Bau Mulut pada Kucing dengan Ampuh

cara menghilangkan bau mulut kucing - pixabay

Banyak kucing yang dipelihara namun sering mengeluarkan bau yang tidak sedap. Wajib coba, ini cara menghilangkan bau mulut kucing yang ampuh

Sebagai pecinta kucing, kamu sudah seharusnya merawat dengan baik kucing yang kamu punya. Seekor kucing memanglah hewan yang bisa menjaga dan merawatnya sendiri.

Ia mampu membersihkan badannya dari kotoran dan parasit yang menempel. Kebiasan ini yang membuat kucing tampak bersih saat kita pegang.

Namun bukan berarti semua kucing seperti ini. Tidak semua kucing bisa membersihkan dirinya sendiri sampai higienis. 

Perlu adanya bantuan dari pemiliknya untuk merawat kebersihannya agar bisa hidup sehat. Kucing yang terawat kemungkinan akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Walaupun sudah kamu rawat dengan baik, terkadang kamu terganggu dengan bau mulut dari kucing yang tidak bisa kamu tahan. Bau itu bisa jadi muncul dari mulutnya.

Hal ini pasti membuat kita tidak nyaman untuk menggendong-gendong kucing kesayangan kita. Nah kali ini PetPi akan kasih tau kamu cara menghilangkan bau mulut kucing berikut ini.

Penyebab Bau Mulut Pada Kucing

Penyebab Bau Mulut Kucing
penyebab bau mulut kucing - omlet

Sebelum kamu mengetahui cara mengatasi bau mulut kucing, kamu juga harus memahami penyebab mulut kucing bau. Ada beberapa penyebab mulut kucing bau dari faktor internal dan eksternal. 

Untuk tau lebih lanjut, PetPi akan jelaskan informasinya berikut ini.

  • Faktor usia dan riwayat penyakit
  • Nutrisi makanan yang tidak benar
  • Karang gigi yang menempel dan Infeksi pada gusi
  • Gangguan pada ginjal
  • Penyakit diabetes
  • Gangguan hati

Cara Mengobati Bau Mulut Pada Kucing

Cara Menghilangkan Bau  Mulut Kucing
cara menghilangkan bau mulut kucing -catster

Ada beberapa cara mengatasi bau mulut pada kucing. Cara ini bisa kamu terapkan tergantung dengan penyebab yang sudah kamu ketahui.

Berikut ini adalah cara mengobati bau muut pada kucing.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Berikan Air Mineral

Biasanya kucing peliharaan yang ada di dalam rumah cenderung jarang minum, dan itu bisa memungkinkan dia untuk mengeluarkan bau mulut.

Kamu harus selalu memberikan tempat minum di dalam rumah dan menggantinya secara rutin jika masih tersisa. Kucing yang sering minum bisa menghilangkan bau dari mulutnya.

Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut kucing dari sisa-sisa makanan yang bisa saja menumpuk pada giginya. Jika kamu masih memberikannya susu kucing, sebaiknya kamu mengurangi minuman seperti ini karena bisa membuat mulutnya bau.

Jangan Berikan Daging Mentah

Banyak sekali ditemukan beberapa kucing rumahan malah makan makanan yang masih mentah. Akibat dari kurangnya perhatian, kucing yang kamu pelihara bisa saja memakan apapun yang dia bisa makan seperti ayam, ikan, atau makanan lainnya yang bersifat mentah.

Kucing yang tidak kamu rawat bisa mengambil makanan yang ada di dalam dapurmu ataupun makanan dari rumah tetangga.

Keseringan memakan makanan yang mentah, akan membuat kucing mengeluarkan aroma yang tidak enak dari mulutnya.

Jadi sebaiknya kamu hindari makanan mentah yang bisa membuat mulut kucing bau. Lagipula memakan daging yang mentah bisa saja mengganggu kesehatan tubuh.

Memberikan Obat

Memberikan obat khusus untuk bau mulut pada kucing bisa mengobatinya. Kamu bisa mendapatkan beberapa obat ini di pet shop terdekat atau membelinya secara online.

Jangan lupa untuk memberitahukan kepada pemilik toko terkait dengan keadaan kucing kamu yang mempunyai masalah pada bau mulutnya.

Umumnya obat ini berbentuk tetes dan bisa langsung kamu teteskan pada mulut kucing yang bau. Baca aturan dari obat tersebut agar kamu tidak salah memberikannya dosis berlebih yang bisa menimbulkan masalah baru pada si kucing. 

Memberikan Vitamin untuk Kucing

Cara mengobati bau mulut kucing selanjutnya adalah dengan cara memberikannya vitamin.

Kucing yang memiliki masalah pada bau mulut pastinya memiliki masalah kesehatan juga yang sudah dijelaskan di atas, nah memberikan vitamin membantu untuk memulihkannya dari penyakit atau masalah kesehatan yang dideritanya.

Memberikan vitamin minimal 3 kali dalam satu minggu. Atau kamu bisa berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu untuk mengetahui berapa takaran yang pas untuk kucing kamu.

Pastinya harus sesuai dengan dosis yang berlaku. 

Mencoba Menggosok Gigi

Ini adalah hal yang mungkin paling sulit kamu lakukan terhadap kucing kamu. Jika di dengar memang agak terkesan janggal ya.

Kucing memang tidak bisa menggosok giginya sehingga ini menjadi pekerjaan yang berat untuk kamu. Sejak awal kamu memelihara kucing, seharusnya kamu melatihnya untuk menggosok gigi.

Apabila kamu sudah berusaha menggosok giginya pelan-pelan, kamu juga harus tetap berhati-hati karena bisa saja kucingmu yang jinak tidak nyaman dengan hal seperti ini.

Kamu juga harus menggunakan pasta gigi khusus hewan peliharaan agar aman bagi kesehatan tubuhnya. Jika bisa, lakukanlah secara rutin minimal satu minggu sekali agar kamu bisa mengatasi bau mulut pada kucing.

Memberikan Mainan Kunyah untuk Menyegarkan Nafas

Beberapa camilan dan mainan kunyah mengklaim dapat menghilangkan plak dan karang gigi pada kucing kesayanganmu. Setiap kucing berbeda-beda, namun camilan atau mainan kunyah ini patut kamu coba untuk melihat seberapa efektif menghilangkan bau mulut pada kucing.

Kamu sebaiknya memilih kudapan yang rendah karbohidrat. Selain itu, kamu harus baca komposisi dari kudapan tersebut ya biasanya merk yang aman adalah merek yang sudah terdaftar dari lembaga resmi terkait.

Sedikit catatan buat kamu, banyak yang bertanya perihal apakah tulang mentah bisa digunakan untuk menjaga kesehatan gigi? Jawabannya iya! Tulang mentah dapat membantu kucing untuk membersihkan gigi mereka karena di dalam tulang memiliki banyak enzim alami untuk melawan plak.

Jangan sesekali memberikan tulang yang sudah dimasak, hal itu justru akan membuat tulang mudah rapuh dan pecah saat digigit kucing. Pecahan tersebut justru akan membuat kucing tersedak.

Apakah Makanan Basah Menyebabkan Kucing Bau Mulut?

Seperti yang sudah kamu ketahui kamu sebelumnya, pola makan kucing yang salah akan menjadi penyebab utama bau mulut yang ditimbulkan pada kucing. Jadi, jika kamu mencari penyebab utama bau mulut pada kucing adalah lihat apa yang dia makan. 

Terkadang, makanan kucing basah bisa jadi penyebab bau mulut pada kucing. Makanan basah dapat menempel pada sela-sela gigi-gigi kucing, hal ini tidak akan terjadi jika ia mengkonsumsi makanan kering.

Kamu bisa mencoba mengganti makanan kucing yang basah dengan makanan kering dahulu untuk mencari penyebab utamanya.

Itulah dia 6 cara mengobati bau mulut pada kucing yang bisa kamu terapkan di rumah. Apabila cara-cara di atas tidak bisa kamu terapkan sendiri, minta bantuan dengan datang ke dokter hewan terdekat untuk mencari tahu solusi terbaik untuk menghilangkan bau mulutnya.

Sekian dari PetPi, semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Kamis, 29 Oktober 2020, 19:30 WIB
Update pada: Senin, 11 Januari 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://delicatecare.com.au/cat-has-bad-breath-how-to-get-rid-of-it/
  • https://kucingpedia.com/mulut-kucing-bau/
  • https://pethealth.oxyfresh.com/pet-health/5-secrets-to-fighting-cat-bad-breath-for-2019-2/
  • https://www.hillspet.com/cat-care/healthcare/cat-bad-breath
  • https://www.royalcanin.com/au/cats/health-and-wellbeing/what-causes-bad-breath-in-cats
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar