Hari ini: Kamis, 26 Mei 2022
Senin, 17 Januari 2022, 11:00 WIB

Kucing Kamu Galak? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kucing Kamu Galak? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

penyebab kucing galak - pixabay

Pasti banyak yang bertanya, mengapa kucing bisa galak? Nah, berikut ini kamu harus kenali penyebab kucing galak dan cara mengatasinya secara tepat.

Sobat Pintar, kamu pasti pernah bertemu dengan kucing galak, bukan? Kira-kira apa yang yang menjadi penyebab kucing galak?

Seperti yang kamu ketahui jika kucing merupakan hewan dengan perilaku yang penuh teka-teki. Walaupun mempunyai penampilan yang menggemaskan dan imut, seekor kucing dapat berubah menjadi galak pada manusia lho bahkan kepada pemiliknya. 

Tentu saja semua itu memiliki alasan yang masuk akal sebab banyak faktor pendukungnya. Nah, daripada membuat kamu semakin penasaran, lebih baik kita bahas ulasannya di bawah ini. 

Penyebab Kucing Menjadi Galak Pada Manusia

Penyebab Kucing Galak
penyebab kucing galak - pixabay

Penampilannya yang menggemaskan ini tidak menutup kemungkinan jika kucing juga bisa menunjukkan sisi galaknya, apalagi jika kucing tersebut tidak mengenali siapa yang menyentuhnya.

Tidak cukup sampai situ saja, ada beberapa penyebab lain mengapa kucing menjadi pemarah yang harus kamu ketahui seperti berikut ini. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Jarang Disentuh Manusia

Penyebab kucing galak yang pertama adalah karena kucing tersebut jarang disentuh oleh manusia. Jadi, ia akan merasa tidak nyaman ketika disentuh karena tidak terbiasa dan kucing akan menganggap sentuhan itu menjadi sebuah ancaman untuk nya.

Nah akibat dari kucing yang merasa tidak nyaman, biasanya kucing tersebut akan menggigit atau mencakar siapa saja yang menyentuhnya.

2. Jarang Bersosialisasi 

Bukan hanya manusia saja yang perlu bersosialisasi, namun kucing juga membutuhkan hal tersebut walaupun ia adalah hewan teritorial.

Kucing bisa menjadi galak apabila tidak pernah bersosialisasi dengan lingkungan tempat ia tinggal. Akibat dari hal tersebut yaitu kucing akan menolak secara kasar ketika ia disentuh oleh orang baru. 

Untuk itu, jika kamu memiliki kucing peliharaan di rumah, jangan selalu mengurungnya di dalam rumah atau di dalam kandang sehingga ia tidak bisa bersosialisasi dengan teman dan lingkungannya. Biarkan ia bebas saat pagi sampai sore agar ia bisa bersosialisasi. 

3. Memiliki Trauma Berat 

Untuk kamu yang baru saja mengadopsi kucing dan ia menjadi sangat galak, kemungkinan sebelumnya ia pernah mempunyai trauma berat kepada manusia.

Menghilangkan rasa trauma berat yang ada di dalam diri hewan bisa dikatakan cukup sulit dan kamu butuh banyak kesabaran. 

Trauma yang dialaminya bisa dari faktor lain juga seperti ketika ia masih kecil pernah di grooming dan ia merasakan sakit.

Karena penyebab itu, ia bisa menjadi galak saat disentuh oleh manusia. Nah, jika sudah seperti itu, kucing harus direhabilitasi sehingga sikapnya bisa berubah secara perlahan-lahan. 

4. Sedang Mengidap Penyakit 

Saat kucing sedang merasa tidak enak badan atau sakit, biasanya ia akan menjadi sangat agresif dan sama sekali tidak bersahabat. Hal ini merupakan sebuah insting alami yang dimiliki seluruh makhluk hidup. Saat sakit, kucing tidak akan suka didekati oleh orang asing. 

Apabila sudah seperti ini, lebih baik kamu langsung menghubungi dokter hewan terdekat untuk memeriksanya di rumah. 

5. Terlalu Dimanjakan Pemiliknya

Kesalahan dalam memelihara kucing bisa membuatnya menjadi galak. Contohnya, kamu selalu menuruti kemauan kucing mu.

Saat kucing melakukan kesalahan, kamu tidak memberikan hukuman atau mencontohkan hal yang benar sehingga kucing menganggap dirinya adalah pemimpin kawanan atau kepala kawanan. Hal ini tentu saja menjadikan kucing sulit untuk diperintah.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kucing yang galak ini bisa disembuhkan secara perlahan-lahan seperti berikut ini. 

Cara Mengatasi Kucing Yang Galak Pada Manusia

Cara Mengtasi Kucing Yang Galak
cara mengtasi kucing yang galak - pixabay

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, selanjutnya pasti kamu ingin dapat segera mengatasinya bukan. Nah untuk itu, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kucing yang galak, seperti: 

1. Mengenali Kucing Lebih Dekat

Kucing berubah menjadi galak merupakan salah satu ekspresi dari dirinya yang sedang merasa marah atau terganggu. Pada saat itu, kucing tidak akan segan-segan untuk melakukan apa saja untuk membuat dirinya merasa lebih baik. 

Salah satu cara mengatasi kucing galak yang wajib kamu lakukan yaitu mengenali kucing mu sendiri lebih dekat dengan baik. Tentunya sebagai pemilik, kamu pasti telah mengetahui sifat aslinya. 

Namun, bagaimana hal ini terjadi pada kucing asing? Pasti nya kamu harus mendekatinya secara perlahan dan berhati-hati jika ingin menyentuhnya atau melakukan sesuatu kepada nya. 

2. Memahami Keadaan Kucing

Kucing yang dipelihara di rumah bisa lebih jinak dan lebih tenang. Sifatnya pasti berbeda dengan jika kamu bertemu  kucing liar di luar sana.

Dengan demikian, untuk seseorang yang senang dengan kucing pasti selalu ingin menggodanya. Kamu harus memahami keadaan kucing sebelum ingin menggodanya, ya! 

Pada dasarnya, kucing yang hidup bebas atau liar akan memiliki sifat yang lebih agresif. Hal tersebut dilakukannya untuk menyelamatkannya dari gangguan manusia dan juga untuk menutupi ketakutannya jika ada orang asing yang mendekat. 

3. Memberikan Kebebasan Pada Kucing

Cara mengatasi kucing galak berikutnya adalah dengan membebaskan kucing. Maksudnya adalah dengan kamu memberikannya ruang atau kebebasan dapat membuat kucing tersebut mengurangi keagresifannya.

Banyak sekali jenis sifat agresif yang dimiliki kucing yang sedang takut sehingga ia bisa secara tiba-tiba menyerang orang yang ada di sekitarnya. 

Sehingga, saat kamu bertemu dengan kucing di jalan, jangan tiba-tiba berhenti di depannya sehingga membuatnya merasa tidak nyaman. Berikanlah jarak untuk nya agar tidak membuatnya takut. 

4. Memahami Ciri-ciri Kucing Galak

Biasanya kucing yang sedang agresif akan menunjukkan ciri-ciri seperti mengangkat ekor dan juga bulu nya. Ekor kucing akan melengkung berbentuk huruf U, tak jarang juga ia akan mendesis dan menunjukkan taringnya. Jika sudah seperti ini juga ia akan mengeram dan meratakan telinganya. 

Oleh karena itu, apabila kamu melihat beberapa gelagat tersebut jangan pernah memegangnya deh karena sudah pasti ia akan langsung menyerangmu tanpa segan.

5. Tidak Melakukan Kontak Mata Langsung dengan Kucing

Sama dengan manusia yang tidak senang ditatap oleh orang asing, kucing juga sama seperti itu.

Kucing itu biasanya akan menganggap orang asing yang menatapnya tersebut sebagai musuhnya. Dua hal yang akan dilakukan oleh kucing saat ada orang asing yang menatapnya, ia akan kabur dan yang paling parah, mereka akan menyerangmu, lho!

Nah, itulah ulasan mengenai penyebab kucing galak dan cara mengatasinya dengan tepat yang harus kamu ketahui sebelum ingin mengambil tindakan kepada kucing liar. Jangan lupa agar selalu berhati-hati ya, Sobat Pintar! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://bobo.grid.id/read/082606583/kucing-yang-galak-pasti-ada-sebabnya-ini-5-penyebab-kucing-jadi-galak?page=all
  • https://bukuipa.co.id/cara-mengatasi-kucing-galak-dan-agresif/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar