Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Senin, 23 Agustus 2021, 10:00 WIB

Amankah Memberi Air Kelapa untuk Kucing? Yuk Cari Tahu!

Amankah Memberi Air Kelapa untuk Kucing? Yuk Cari Tahu!

air kelapa untuk kucing - unsplash

Air kelapa untuk kucing ternyata memiliki manfaat sebagai penetralisir racun. Cari tahu manfaat lainnya dari air kelapa bagi kucing melalui ulasan berikut.

Sobat Pintar, tentu kamu ikut prihatin dan juga merasa kasihan terhadap kucing yang sedang sakit. Bagaimana tidak, kamu yang biasanya melihat kucing kesayangan aktif bermain dan berlari-lari kini malah terdiam sakit. Bahkan parahnya lagi mereka tidak mau diberi makan.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kucing sakit, salah satunya adalah keracunan makanan. Untuk mengobatinya, beberapa pecinta kucing menyarankan mencoba menggunakan bantuan air kelapa.

Seperti yang kita tahu, air kelapa sejak dulu sampai sekarang terkenal memiliki khasiat yang bagus bagi tubuh sehingga sering dijadikan sebagai obat alami. Air kelapa diklaim dapat menyembuhkan segala macam penyakit, baik yang diderita oleh manusia maupun hewan peliharaan.

Kucing misalnya, banyak orang mengatakan air kelapa memiliki khasiat yang bagus untuk kucing sakit. Yang jadi pertanyaan adalah apakah benar-benar aman memberi air kelapa untuk kucing? Yuk cari tahu dari pembahasan berikut ini.

Manfaat Air Kelapa Bagi Kucing

Manfaat Air Kelapa Untuk Kucing
manfaat air kelapa untuk kucing - happy purr

Kelapa adalah buah yang serbaguna. Dagingnya bisa dikonsumsi atau diolah menjadi minyak dan santan, sedangkan airnya bisa langsung diminum.

Buah kelapa mempunyai kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan tubuh kucing karena mengandung asam amino esensial dan asam lemak. Selain itu juga mampu menghidrasi tubuh karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Berbicara tentang minyak kelapa, ternyata minyak dari buah yang satu ini juga memiliki banyak manfaat untuk bulu kucing, lho. Karena selain dapat dikonsumsi dalam jumlah kecil, minyak kelapa juga dapat dioleskan pada tubuh kucing.

Tindakan ini dilakukan untuk membantu pertumbuhan bulu kucing sehingga terlihat lebih berkilau dan sehat alami.

Nah, yang jadi pertanyaan adalah amankah bagi seekor kucing mengkonsumsi air kelapa? Memberikan air kelapa pada kucing peliharaan sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan bentuknya masih alami dan belum diolah dengan pemanis buatan.

Air kelapa murni tidak beracun bagi kucing sehingga aman diberikan, bahkan beberapa kucing sangat suka dengan air kelapa.

Berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa untuk kucing, yaitu:

  1. Air kelapa bermanfaat untuk membangun imunitas kucing, terutama untuk yang masih anakan sehingga mereka mampu melawan bakteri atau kuman jahat yang menyerang mereka secara alami.
  2. Mengandung mineral dan vitamin yang bagus untuk menyehatkan bulu dan meningkatkan kekebalan tubuh kucing dengan lebih maksimal.
  3. Air kelapa juga mengandung trigliserida yang membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung, sakit perut, dan sebagainya.
  4. Kandungan isotonik pada air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang pada kucing sakit dan memberikannya tambahan energi.
  5. Dengan mengkonsumsi air kelapa, dipercaya dapat membantu kucing keracunan dalam menetralisir racun didalam tubuhnya dengan lebih maksimal.

Yang perlu diingat adalah tidak semua kucing yang minum air kelapa akan baik-baik saja. Karena beberapa ada yang menjadi tidak normal atau hiperaktif setelah minum air kelapa.

Kamu juga tidak disarankan memberi air kelapa dalam jumlah banyak pada kucing, karena untuk kebutuhan sehari-hari kucing lebih membutuhkan air minum biasa.

Kenapa demikian? Air kelapa memiliki kadar gula yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kucing obesitas jika diberikan terlalu banyak. Selain itu, ada kandungan kalium dan natrium yang bisa berdampak buruk dan menyebabkan hiperkalemia.

Bagaimana Cara Memberikan Air Kelapa untuk Mengobati Kucing Sakit?

Cara Memberikan Air Kelapa Untuk Kucing
cara memberikan air kelapa untuk kucing sakit - priventi vevet

Setelah mengetahui apa saja manfaat air kelapa untuk kucing, tentunya kamu juga harus tahu dalam memberikannya. Karena jika kamu asal-asalan dalam memberikannya, tindakan ini dapat memperparah keadaan si kucing itu sendiri.

Selain itu, kamu harus juga pandai dalam melihat keadaannya karena kucing itu bisa sakit karena beberapa hal, dan yang paling sering adalah keracunan makanan. Bisa saja si kucing tiba-tiba malas bermain, tidak bersuara, tidak mau bahkan, berdiam diri, bahkan sampai muntah.  

Untuk kamu yang memelihara kucing di rumah, perhatikan segala jenis minuman atau makanan yang diberikan kepada kucing. Karena jika sembarangan, kamu akan melihat kucing yang sering sakit.

Tentu kamu tidak ingin melihat kucing sakit karena kecerobohan diri sendiri, bukan?

Nah, jika kamu ingin memberikan air kelapa untuk pertolongan pertama pada kucing kesayangan yang sedang sakit, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tempatkan kucing pada ruangan yang bersih dan nyaman. Selanjutnya kamu dapat menyiapkan sedotan atau alat suntikan tanpa jarum.  
  2. Siapkan air kelapa yang segar, jangan yang sudah dicampur dengan gula. Air kelapa harus benar-benar murni karena efeknya akan lebih bagus.
  3. Gunakan sedotan atau suntikan tanpa jarum untuk memberikan air kelapa pada kucing.
  4. Jika kucing masih mau minum sendiri, kamu dapat menuangkan air kelapa ke wadah.
  5. Berikan secukupnya saja, dan kamu dapat sedikit memaksa  kucing membuka mulut untuk meminumkan air kelapa.
  6. Kucing yang keracunan makanan atau minuman akan bereaksi seperti muntah, jadi jangan terkejut.
  7. Biarkan si kucing beristirahat dan jangan luputkan perhatian darinya.
  8. Kamu dapat memberikan air kelapa lagi jika keesokan harinya ada perkembangan yang baik pada kucing.
  9. Jika dalam waktu 1-2 hari kucing tidak menunjukkan tanda-tanda sembuh atau malah bertambah parah, segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penangan yang tepat.

Perlukah Berkonsultasi dengan Dokter Hewan?

Air Kelapa Untuk Kesehatan Kucing
Perlukah konsultasi dengan dokter hewan? - pet place

Ya, sebelum memberikan air kelapa untuk kucing, sebaiknya kamu sudah berkonsultasi dengan dokter hewan. Apalagi ini adalah minuman yang bukan bagian dari makanan pokok kucing.

Terlebih jika kucing yang kamu pelihara mempunyai riwayat penyakit berat seperti diabetes, penyakit hati atau ginjal, serta gangguan pencernaan.

Meskipun air kelapa tidak mengandung lemak, nyatanya minuman ini kaya akan kalium yang dapat mempengaruhi fungsi jantung. Air kelapa juga bisa mengasamkan kadar darah kucing. Jadi, pastikan kamu sudah bertanya terlebih dahulu kepada dokter yang ahli.

Kesimpulannya adalah:

  • Air kelapa juga bisa jadi tambahan nutrisi pada kucing yang mengalami keguguran atau sedang dalam masa pemulihan kesehatan.
  • Kamu dapat mengobati kucing keracunan dengan meminumkan air kelapa yang masih alami kepadanya.
  • Selain keracunan, air kelapa juga dapat melancarkan pencernaan pada kucing sembelit dan meredakan gejala batuk pada kucing.
  • Tanyakan pada dokter hewan sebelum memberikan air kelapa pada kucing fip, selsema, parvo atau penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus.

Kini kamu telah mengetahui manfaat memberikan air kelapa untuk kucing. Semoga kucing kesayanganmu tetap sehat dan terhindar dari segala macam penyakit ya, Sobat Pintar.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id-id.facebook.com/BPKbandungpedulikucing/posts/shareinfobermanfaatair-kelapa-muda-dan-kuning-telur-p3k-andalan-saat-kucing-saki/2320438951515064/
  • https://www.ciri-ciri.id/2019/09/mengobati-kucing-sakit-dengan-air-kelapa.html
  • https://www.halodoc.com/artikel/amankah-kelapa-diberikan-pada-kucing

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar