Hari ini: Kamis, 26 Mei 2022
Jumat, 13 Mei 2022, 10:00 WIB

Kucing Ambeien: Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Mengobatinya

Kucing Ambeien: Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Mengobatinya

penyebab kucing ambeien

Penyebab kucing ambeien memang banyak faktornya. Ketahui fakta tersebut untuk mempercepat mengatasi penyakit yang di derita kucing kesayanganmu.

Sobat Pintar, ada satu pertanyaan yang sering muncul dari para pecinta kucing tentang apakah kucing bisa sakit wasir (ambeien)? Sayangnya, jawabannya adalah bisa, yang dimana biasanya penyebab kucing ambeien ini juga diakibatkan oleh banyak faktor. 

Penyakit yang satu ini lebih sering disebut dengan wasir ini adalah kondisi dimana terdapat peradangan pada pembuluh darah vena di area sekitar anus dan bahkan terdapat kasus sebagian usus kucing keluar sehingga mengakibatkan kucing menjadi tidak nyaman untuk beraktivitas.

Lantas apakah kucing ambeien bisa sembuh? Kalau kamu ingin tahu jawabannya, yuk mari kita simak ulasan lengkap dari penyebab, ciri-ciri, cara mencegah dan mengobati kucing wasir berikut ini.

Penyebab Kenapa Kucing Bisa Ambeien

Penyebab Kucing Ambeien
penyebab kucing ambeien - pixabay

Kucing tidak dapat mengungkapkan rasa sakit yang mereka rasakan. Sebab kucing tidak dapat memakai bahasa manusia, tetapi sebagai pemilik kucing kamu harus bisa melihat gejala yang ditunjukkan oleh anabul saat ia merasa kesakitan atau kurang nyaman. 

Terdapat sejumlah masalah kesehatan yang bisa dialami oleh kucing kamu misalnya seperti wasir atau ambeien. Ya, mungkin beberapa dari kamu masih bingung mendengar kenapa ambeien bisa terjadi pada kucing, padahal penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang biasanya hanya terjadi pada manusia. 

Benjolan disekitar anus atau ambeien merupakan penyakit dimana kondisi pembuluh darah kecil yang terdapat di bagian rektum atau anusnya terkena infeksi sehingga membengkak yang dimana jika kucing kamu terkena penyakit ini, pastinya sangat mengganggu aktivitas mereka dan pada kasus paling parah bisa mengakibatkan kematian. 

Di bawah ini ada beberapa penyebab ambeien pada kucing yang umumnya terjadi, yaitu:

  • Faktor keturunan. Kalau induk kucing mempunyai riwayat penyakit ini, maka anaknya juga bisa terkena penyakit ambeien.
  • Pola makan. Sering terjadi pada kucing yang hanya diberikan makanan yang kering saja tanpa kombinasi makanan basah.
  • Kurang minum. Biasanya terjadi pada kucing yang jarang minum sehingga menyebabkan kucing kesulitan buang air.
  • Obesitas. Berat badan yang berlebih juga bisa menyebabkan ambeien terjadi karena bobot tubuhnya menekan area anusnya.
  • Diare berkepanjangan. Karena kucing yang pencernaannya sering mengalami gangguan seperti diare  juga dapat menjadi penyebab ambeien pada kucing.

Ciri-ciri Kucing Ambeien

Ciri-ciri Ambeien Pada Kucing
ciri-ciri ambeien pada kucing - hepper

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, wasir pada kucing itu dapat terdeteksi lebih cepat karena terdapat beberapa ciri-ciri khas yang bisa mudah kamu kenali dengan hanya melihat perilakunya. 

Agar tidak salah dalam merawatnya, di bawah ini ada beberapa ciri kucing yang sedang mengidap ambeien, seperti:

  • Kucing kesulitan untuk buang air besar pada box nya.
  • Adanya pendarahan pada area Anus kucing.
  • Kucing kesulitan duduk sebab membuatnya sangat kesakitan.
  • Merah dan membengkak pada bagian dubur kucing.
  • Terdapat perubahan sikap pada kucing yaitu ia sering menangkap ekornya karena merasa gatal dan sakit.

Apabila ciri-ciri tersebut terlihat pada kucing kamu, maka sudah hampir bisa dipastikan bahwa kucing kamu saat ini tengah mengalami ambeien.

Cara Mencegah Kucing Ambeien

Cara Mencegah Ambeien Pada Kucing
cara mencegah ambeien pada kucing - BeChewy

Ada pepatah mengatakan bahwa lebih baik mencegah ambeien pada kucing daripada mengobatinya. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan agar penyakit ini tidak terjadi dikemudian hari.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Memberikan Makanan Yang Berprotein Tinggi

Untuk kucing yang sedang menderita ambeien maka jangan lupa untuk tetap memberikannya makanan dengan protein yang tinggi seperti daging sapi atau ayam yang sudah dimasak dan juga dihaluskan. Umumnya kucing yang sedang sakit ini kehilangan nafsu makan sehingga tidak ingin makan sama sekali.

Oleh karena itu, kamu harus memberikannya makanan tinggi protein yang sudah dihaluskan sehingga membantunya untuk cepat pulih sebab protein adalah unsur nutrisi yang bisa memperkuat daya tahan tubuhnya dan makanan yang sudah dihaluskan pun memudahkannya untuk menelan sehingga asupan nutrisinya tetap terjaga.

2. Mencegah Terjadinya Dehidrasi Pada Kucing

Kurangnya atau pencairan atau dehidrasi pun bisa menjadikan keadaan kucing yang terkena wasir lebih parah, sebab kotoran akan jauh lebih sulit untuk dikeluarkan sehingga mengakibatkan ambeiennya tersebut menjadi membengkak sangat besar, oleh sebab itu sediakan air yang cukup untuk kucing kamu.

Lebih baik lagi bila kamu memberikannya minum air hangat.

3. Menjaga Pola Makan Kucing

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kucing yang memiliki berat badan berlebih dengan pola makan yang sembarangan dapat menimbulkan penyakit ambeien. Untuk mencegahnya terjadi, kamu harus mempunyai jadwal tetap dalam memberikannya makan.

Selain itu, jangan lupa untuk mengkombinasikan antara makanan kering dan basah pada jadwal pemberian makannya tersebut, sehingga kucing tidak akan kekurangan cairan dan serat dari apa yang ia makan.

4. Menyembuhkan Diare Secara Tuntas

Penyakit pencernaan itu jangan dianggap sepele, apalagi jika kucing mengalami diare secara terus menerus tanpa diobati karena menganggap bahwa penyakit tersebut dapat sembuh dengan sendirinya.

Apabila hal ini dibiarkan saja, itu sama saja dengan membuat kucing terkena ambeien secara sengaja. Padahal kamu dapat mencegah hal ini terjadi dengan mengobati diarenya tersebut secara tuntas dengan membawanya ke dokter hewan secepatnya.

Cara Mengobati Kucing Ambeien

Cara Mengobati Ambeien Pada Kucing
cara mengobati ambeien pada kucing - vetyvet

Apabila ambeien (wasir) sudah terlanjur terjadi pada kucing, maka kamu bisa melakukan sejumlah cara untuk mengobati ambeien pada kucing seperti berikut ini:

1. Kompres Menggunakan Air Dingin

Hal pertama yang bisa kamu lakukan sendiri adalah dengan mengompres area dubur atau anus kucing menggunakan air dingin. Lakukan cara mengobati ambeien pada kucing alami ini secara rutin sampai ambeien atau wasirnya terlihat mengecil. 

Selanjutnya setelah didiamkan beberapa saat, kamu dapat langsung mengeringkan bulunya dengan menggunakan handuk bersih yang memiliki tekstur yang lembut dan tidak kasar. 

Mempunyai ambeien pastinya membuat kucing mu merasa tersiksa. Oleh sebab itu kamu sebagai pemilik harus memahami dan juga banyak memberi perhatian serta perawatan untuk nya.

2. Gunakan Krim atau Salep Ambeien

Kamu bisa menyembuhkan wasir atau ambeien pada kucingmu dengan menggunakan salep atau krim ambeien khusus kucing. Obat luar ini bisa membantu meredakan pembengkakan dan juga rasa sakit serta gatal yang sedang dirasakan oleh kucing. 

Untuk caranya sendiri sangat mudah untuk dilakukan, cukup oleskan krim atau salep tersebut secara halus dan lembut pada area anus kucing yang terdapat ambeien dengan merata. 

Pada umumnya, salep atau krim ambeien yang biasa digunakan untuk manusia, biasanya juga dapat digunakan untuk kucing karena mempunyai komposisi yang sama tetapi tentu perlu berkonsultasi pada dokter hewan terlebih dahulu sebelum memberikannya.

Perlu diingat untuk jangan langsung saja secara serta merta memberikan obat ambeien manusia pada kucing kesayanganmu, karena bisa saja hal tersebut bisa membahayakan kesehatan dan nyawa dari kucing itu sendiri. 

3. Gunakan Obat Pelunak Tinja

Wasir atau ambeien yang kucing alami bisa mengakibatkan timbulnya rasa sakit saat kucing sedang buang air besar. Untuk itu, kamu bisa membantu agar kucing tidak lagi kesakitan dengan memberikannya obat pelunak tinja.

Hal ini dilakukan agar kucingmu dapat mengeluarkan kotorannya dengan lebih mudah tanpa harus merasakan rasa sakit dan juga perih.

Obat pelunak kotoran khusus kucing ini dapat ditebus pada toko hewan ataupun klinik dokter hewan terdekat, tentunya harus memiliki resep terlebih dahulu. Kemudian apabila kamu tidak mempunyai resep, kamu tinggal konsultasikan saja masalahmu secara langsung dengan petugas terkait di tempat tersebut.

4. Melakukan Operasi Ambeien

Apabila seluruh cara di atas sudah kamu lakukan seluruhnya, tetapi tidak bisa meredam wasir atau ambeien pada kucing tersebut, maka kamu bisa membantunya dengan melakukan operasi pada ambeiennya di klinik dokter hewan terdekat. 

Lalu, berapa harga operasi ambeien kucing? Biaya untuk operasi ini terbilang cukup mahal dan harganya tergantung dari klinik atau dokter hewan yang kamu datangi, namun demi kucing kesayanganmu sembuh, kamu pasti tidak akan ragu untuk mengeluarkan uang lebih, bukan?

Sobat Pintar, itulah dia ulasan lengkap terkait kucing ambeien, mulai dari penyebab, ciri-ciri, cara mencegah dan juga mengobatinya yang bisa menjadi pedoman bagi kamu dalam merawatnya. 

Semoga  dengan membaca ini, kamu bisa mengatasi penyakit ini dengan baik dan jangan lupa bahwa kesehatan dan kesembuhan dari kucingmu itu adalah nomor satu untuk didahulukan. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://bukuipa.co.id/cara-mengatasi-wasir-pada-kucing/
  • https://kucingmu.com/cara-mengatasi-kucing-ambeien/
  • https://tanyadokterhewan.com/question/anak-kucing-ambeien/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar