Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Senin, 18 Oktober 2021, 10:00 WIB

Jangan Kaget, Ini 5 Kepribadian Kucing yang Jarang Diketahui Pemiliknya

Jangan Kaget, Ini 5 Kepribadian Kucing yang Jarang Diketahui Pemiliknya

kepribadian kucing - pixabay

Kepribadian kucing harus kamu ketahui, terutama untuk kamu yang mempunyai banyak kucing peliharaan di rumah agar lebih memahaminya. Berikut ulasannya

Sobat pintar, untuk kamu yang sedang asyik pelihara kucing, rasanya perlu tahu deh kalau kucing itu mempunyai kepribadian juga loh.

Bahkan, beberapa kucing yang ada tersebut mempunyai beberapa kepribadian yang berbeda-beda antara satu sama lainnya. Bahkan, ada beberapa riset yang membahas kepribadian kucing tersebut. 

Menurut data Universitas Lincoln yang dipelopori oleh Lauren Finka menjelaskan bahwa telah melakukan wawancara terhadap 200 kucing beserta pemiliknya menemukan ada beberapa kepribadian yang dimiliki kucing.

Apalagi untuk teman-teman yang banyak memelihara kucing, mengetahui kepribadiannya tersebut akan lebih mudah dalam memberikan penanganan. 

Dengan begitu kamu akan mencari solusi yang tepat dan tidak membuat kucing kamu setiap hari berkelahi di rumah.

Bahkan, melalui kepribadian tersebut kamu juga bisa melihat keadaan kucing kamu baik-baik saja atau sedang sakit. Nah, apa saja sih kepribadiannya? Mari bersama-sama kita ulas selengkapnya.

Mengenal Kepribadian Kucing Lebih Dekat

Kepribadian Kucing
kepribadian kucing - pixabay

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, terdapat 5 jenis kepribadian kucing yang perlu kamu ketahui, yaitu:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Neurotic

Apabila kamu menemukan kucing peliharaan di rumah sering gelisah, pemalu, takut dengan manusia, dan gampang curiga, rasanya kucing kamu masuk dalam kepribadian Neurotic.

Bahkan, jika ada tamu kucing kamu langsung berlari dan merasakan tidak nyaman untuk memperlihatkan dirinya kepada orang lain. 

Untuk kamu yang melihat tingkah seperti itu, mungkin kamu bisa lakukan dengan memberikannya beberapa tempat sembunyi yang lebih banyak.

Tidak perlu yang mahal-mahal, kamu bisa memanfaatkan kardus bekas yang terpenting bisa dijadikan sebagai tempat bersembunyi dan dapat nyaman digunakannya. 

Keadaan tersebut memang sering terjadi pada kucing yang bersifat Neurotic, karena akan lebih memilih untuk menghindari permasalahan yang dianggap menakutkan dan berbahaya tersebut.

Sehingga cara terbaik dengan sembunyi dan tidak ingin terlihat. Apabila situasi sudah aman akan lebih percaya diri lagi dan bermain kembali. 

2. Extraverted

Jika kamu memelihara kucing rasanya sudah tidak asing dengan kucing yang ingin tahu semuanya dan terkadang sangat merepotkan.

Nah, kepribadian kucing yang satu ini disebut dengan Extraverted, biasanya hal tersebut memang sudah menjadi bawaan si kucing sejak lahir sehingga mereka akan selalu penasaran dengan yang dilihatnya.

Untuk kamu yang memelihara kucing yang ingin tahu, biasanya akan banyak energi yang dihabiskan. 

Dampak yang terjadi akan membuatnya akan cepat merasa bosan dan melakukan kerusakan pada beberapa benda yang ada disekitar.

Karena ada banyak energi yang terpendam dan bingung untuk melampiaskannya. Dengan demikian, apabila kamu mengetahuinya akan lebih mudah dalam melihatnya secara menyeluruh. 

Caranya mungkin bisa kamu lakukan dengan memberikan banyak mainan atau mengajaknya bermain sementara waktu untuk melampiaskan energinya tersebut.

Sehingga kucing kamu tidak akan merasa bosan dan tetap semangat menghadapi hari-harinya, meskipun menurutnya terkadang lebih sering merasa bosan. 

3. Agreeable

Karakter atau kepribadian kucing itu berbeda-beda, ada yang sulit untuk menerima lingkungan sekitar dan ada juga yang mudah menerima keadaan.

Biasanya kucing yang Agreeable akan selalu menerima manusia dan hewan lainnya mendekatinya. Bahkan, memberikan suara yang ramah dan ditunjukkan juga dengan bahasa tubuh yang terlihat selalu menyenangkan. 

Jika kamu memiliki banyak kucing dirumah, tidak ada salahnya memelihara kucing yang memiliki tipikal tersebut.

Keadaan yang ramah dan tidak pemarah terbentuk dari kecil yang sering berada pada tempat yang menuntutnya untuk bersosial. Sehingga perlahan membentuk dirinya untuk tidak buas dengan orang atau hewan lainnya. 

Namun, permasalahan kucing yang terlalu ramah dan mudah didekati tersebut akan lebih mudah dicuri oleh oknum tertentu.

Dengan begitu, harus dilakukan pengawasan ekstra dan tidak dibiarkan begitu bebas berada di luar rumah. Karena apabila Kamu lengah dan kelupaan ditakutkan akan hilang yang dicuri oleh orang lain atas keramahannya tersebut. 

4. Dominant

Tentunya kamu pernah melihat kucing yang tidak ingin diganggu dan merasa berkuasa, biasanya terjadi pada beberapa rumah yang memiliki banyak kucing dan tidak begitu diurus dengan baik.

Sehingga terbentuk lingkungan yang keras dan membuat yang paling kuat akan berkuasa dan tidak ingin diganggu oleh kucing lainnya. 

Biasanya kucing dengan kepribadian yang Dominant akan mengganggu dan mengambil hak kucing lainnya, baik itu makanan, mainan, dan tempat membuang kotoran

Apabila kamu mendapatkan kucing yang berkepribadian dominan lebih baik untuk tidak mencampurkan beberapa tempat makan, minum,dan tempat kotoran. 

Terpenting jangan samakan semua beberapa hal yang ada, karena apabila disatukan akan berantem dan membuat konflik antar kucing.

Dengan demikian, lebih baik untuk memisahkan dan hindari untuk menggabungkan. Karena kepribadian tersebut sudah menjadi sifatnya yang tidak dapat diubah dan tinggal kamu yang memperhatikannya. 

5. Impulsiveness

Berdasarkan dari KBBI impulsif itu tiba-tiba bertindak berdasarkan kata hati atau teman-temannya, tapi sifat tersebut berbeda dengan yang terjadi pada manusia.

Keadaan impulsif yang terjadi pada kucing biasanya disebabkan oleh lingkungan tempat tinggalnya yang membuatnya stress karena belum terbiasa dengan lingkungannya tersebut.

Bahkan, beberapa kucing merasakan kegelisahan berlebih dan membuat energi yang berlebih, sehingga harus benar-benar diperhatikan.

Apabila kamu memelihara kucing yang memiliki karakter Impulsiveness, sangat disarankan untuk tidak membentak dan memarahinya. 

Karena tindakan tersebut hanya akan membuat kucing kamu akan merasakan kegelisahan semakin tidak menentu dan mengalami perubahan perilaku.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membiarkan kucing beraktivitas seperti biasa serta membuatnya nyaman dengan keadaan sekitar, maka perlahan-lahan mereka akan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. 

Sobat pintar, demikianlah penjelasan mengenai beberapa kepribadian kucing yang jarang diketahui. Semoga dengan artikel ini, kamu dapat mengenal peliharaanmu lebih dekat dari sebelumnya. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://bobo.grid.id/read/081819040/ini-5-kepribadian-kucing-yang-mana-kepribadian-kucingmu?page=all
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/siti-nurdianti/mirip-manusia-ini-5-macam-kepribadian-kucing-menurut-ilmuwan-c1c2/2
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar